Bisnis

Trik Jitu Bisnis Ikan Koi

Trik Jitu Bisnis Ikan Koi

Dewasa sekarang ini sudah banyak sekali sebuah usaha yang banyak digeluti oleh berbagai orang,namun terdapat 2 macam peluang usaha yang sampai saat ini masih menjadi daya tarik oleh semuanya para hobiis ikan hias,terlebih jenis ikan koi,yang mana jenis ikan hias yang satu ini hanya membutuhkan modal yang relatif lebih kecil saja.

Dari hasil telusuran admin yang mana tadinya kebanyakan para pembudidaya ini awal mulanya hanya menyalurkan hobi saja yang dapat membantu mengurangi rasa stress akibat kejenuhan dalam menjalani aktivitas sehari-hari,terlebih mereka-mereka ini memiliki beberapa ekor ikan koi,dan dari situ semuanya sudah mulai berfpikir untuk dijadikan sebagai usaha kecil kecilan. Dengan berjalannya waktu dan juga seiring dengan semakin memahami perawatan dan seluk-beluk ikan Koi, maka langsung saja untuk menjajal usaha ikan koi,dan dai tahun ke tahun mulai berkembang secara pesat dan menguntungkan.

Trik Jitu Bisnis Ikan Koi

Bisnis di bidang ikan hias koi ini sampai sekarang pun masih cukup memberi keuntungan yang berlipat bagi kebanyakan orang, tentunya dengan keaneka ragaman ikan hias koi itu sendiri,baik ikan hias air tawar dan ikan hias air laut dapat menjadi sebuah usaha yang cukup memberi keuntungan lebih. Pebisnis dan juga pedagang hingga penggemar sekalipun dapat meraup keuntungan hingga puluhan juta rupiah, dan salah satu cara agar dapat budidaya ikan koi dengan sukses ialah tekun dan teliti dalam memilih ikan koi.

Baca Juga: Info Harga Ikan Koi Update Februari 2020

Kenapa ikan Koi memiliki peluang usaha bagus?

Ikan Koi sebenarnya masih merupakan keluarga ikan hias jenis Karper atau biasa disebut dengan ikan Mas yang mana dari kedua persilangan ini telah mengalami serangkaian perjalanan sehingga menghasilkan ikan hias koi ini akan menghasilkan berbagai macam warna yang tentunya sangat indah dan sejuk ketika dipandang dari atas.

Trik Jitu Bisnis Ikan Koi

Harga indukan atau bibit ikan Koi ini juga sangat bervariasi mulai dari harga yang murah sampai dengan harga yang cukup mahal. Jenis ikan Koi yang berkualitas baik merupakan jenis ikan koi yang biasanya mengikuti berbagai acara kontes dan meraih juara,walaupun hanya satu kali dalam sebuah kontes. Maka dengan begitu ketika ikan koi yang sudah juara ini dilelang maka tak heran jika akan di banderol dengan harga puluhan juta, dan hal semacam itu juga tergantung pada level event lomba tersebut.

Untuk harga ikan Koi ini  secara tidak baku akan diklasifikasikan berdasarkan kualitasnya. Ikan koi yang mempunyai kualitas paling rendah akan dihargai setara dengan Ikan Mas konsumsi. Trik Jitu Bisnis Ikan Koi

Setelah ikan koi tersebut  naik kasta yakni diatas kualitas Konsumsi yang kebanyakan akan diklasifikasikan dalam kode Grade A, B,C dan seterusnya. Maka untuk kualitas ikan koi yang tampil untuk show tentunya akan memiliki harga yang jauh lebih tinggi. Ikan koi dengan Kualitas show ini setidaknya harus memenuhi standard-standard yang sudah ditentukan dalam penjurian kebanyakan yang akan di nilai adalah perihal ketajaman warna, kebersihan kulit, bentuk tubuh, pola warna dan lain sebagainya.

Dalam satu peranakan Ikan Koi ini nantiny akan menghasilkan beraneka ragam jenis serta kualitas ikan koi yang mana dapat dilihat dari mulai jenis yang biasa untuk konsumsi hal ini biasa disebut dengan dengan Ikan Koi Kropyok hingga ke jenis koi  grade yang tentunya kualitas nya jauh lebih tinggi. Nah,jika anda beruntung maka anda akan mendapatkan ikan Koi dengan Kualitas show dan terkesan mewah

Kunci utama hanya terletak pada indukan ikan koi yang mempunyai perawatan yang cukup baik dan tentunya dengan kondisi yang sehat. Indukan ikan Koi yang baik adalah indukan yang pernah menghasilkan ikan koi yang pernah tampil di ajang  terbesar atau mengikuti kelas Koi show. Maka pastikan juga Indukan ikan koi yang baik adalah yang mendapatkan predikat ikan koi Kualitas show,meskipun hanya  5% saja sudah cukup baik.

Peluang Usaha Ikan Koi

1. Budidaya Usaha Ikan Koi

Bisnis Budi daya Ikan Koi merupakan hal mudah dari rangkaian bisnis lainnya. Berbekal indukan Koi dan lahan cukup sudah bisa usaha ini dijalankan. Indukan yang baik biasanya didatangkan dari Jepang harganya tentu cukup mahal.

Jika terlalu sulit atau mahal, Indukan Koi Lokal juga cukup sebagai modal untuk memulai usaha ini. Dengan membeli indukan Koi, kita sudah bisa menghasilkan anakan ikan Koi dari berbagai macam kualitas, dan tentunya hal yang paling dominan adalah cara mensortir yang dilakuakn di setiap periode sebelum berlanjut ke proses budidaya.

Trik Jitu Bisnis Ikan Koi

  1. Pembesaran Usaha Ikan Koi

Tahapan  semacam ini dapat dimulai dengan cara membeli beberapa benih ikan koi yang tentunya harus mempunyai ukuran yang jauh lebih kecil,lalu kemudian dibesarkan hingga ke ukuran yang standar antara 30 cm sampai mencapai batas ukuran tertentu,lalu kemudian dijual dengan harga yang relatif lebih tinggi. Maka,dengan demikian akan jauh lebuh sedikit dapat mengurangi kerumitan dalam hal pemijahan ikan Koi.

Sebagai pemula maka anda akan terasa rumit ketika sedang akan melakukan pemijahan ikan Koi, maka dengan meminimalisir tahap pemijahan maka ada baiknya juga anda mengganti cara tersebut dengan dengan membeli benih dan hal ini juga akan jauh lebih mudah dan usaha ikan koi anda dapat dimulai. Membeli benih dari penghobi ikan koi ini ternyata juga mempunyai kesulitan,yang mana kesulitan ini adalah tentang mencari Indukan ikan Koi dengan Kualitas bagus. Maka dari itu hal ini juga cukup sulit karena biasanya  ikan koi yang bagus nantiny akan dibesarkan sendiri oleh pemilik dan tidak dijual. Trik Jitu Bisnis Ikan Koi

Mereka telah terlebih dahulu untuk menyortir sendiri ikan-ikan koi yang dinilai mempunyai kualitas bagus dan kebanyakan dari itu akan mereka besarkan untuk dijadikan indukan. Tapi tidak masalah nanti setelah beberapa periode dari hasil kawin silang kita juga dapat indukan yang bagus

Hambatan Dalam Bisnis Ikan Koi

Disetiap bisnis pastinya akan ada sebuah hambatan atau kegagalan, dan semua iItu merupakan hal yang sangat wajar terjadi dalam hal bisnis. Demikian pula dalam bisnis budidaya ikan koi. Kebanyakan masalah ini timbul akibat warna ikan koi yang didapat tidak sesuai keinginan ataupun malah tidak sesuai kriteria.

Tidak dipungkiri juga bahwa daya tarik ikan koi saat ini terletak  pada warna serta corak yang ada di tubuhnya. Semakin baik dan indah warna ikan koi maka semakin diminati dan pasti akan bernilai puluhan juta rupiah.

Kendala warna itulah yang mana seringkali menjadi sebuah hambatan para petani ikan koi untuk memasarkan ikannya. Dalam kasus seperti ini anda harus terlebih dahulu memberikan jenis pakan ikan koi yang mempunyai kualitas,agar dapat mempercepat tumbuh kembang ikan koi. Jangan sembarang pakan Anda berikan karena itu akan sangat berpengaruh. Selain itu Anda harus menjaga kualitas tempat budidaya dan air yang digunakan. Trik Jitu Bisnis Ikan Koi