Penyakit

Tips Singkat Pengobatan Ikan Koi

Tips Singkat Pengobatan Ikan Koi

Ikan koi adalah salah satu jenis ikan hias yang mana banyak dinikmati banyak orang dikarenakan ikan hias yang satu ini mempunyai  keindahan warna yang terletak pada tubuhnya.

Maka sebab itu,jika ikan koi yang kita pelihara ini terserang jenis  penyakit tertentu dan umumnya menyerang sistem syaraff atau organ penting pada  ikan koi tersebut maka hal itu dapat merusak keindahan warnanya dan bahkan mendadak mati. Simak paparan artikel dibawah ini mengenai berbagai macam jenis jenis penyakit yang biasa dialami oleh ikan koi.

Tips Singkat Pengobatan Ikan Koi

Secara umum sebenarnya memelihara jenis ikan koi itu digolongkan kedalam tahap yang cukup mudah dan tidak begitu rumit baik dalam proses budidaya,pemilihan indukan dan pemilihan jenis kolam yang cocok, namun akan tetapi dalam menjaga keindahan pada warna tubuh ikan koi serta perawatannya merupakan suatu hal yang cukup dimengerti dan digolongkan mudah.

Baca Juga: Tips Sederhana Memelihara Ikan Koi

Penyakit Sirip Merah

Penyakit sirip merah pada ikan koi merupakan jenis penyakit yang sering muncul pada lingkungan yang mana kondisi parameter di dalam air kolam buruk atau juga bisa karena sering muncul pada saat pergantian musim.

Penyebab penyakit ini adalah bakteri Aeromonas Hydrophila yang mana jenis ini merupakan tergolong bakteri gram negatif yang bersifat patogen.

Bakteri ini hidup di lingkungan kolam dan bersifat oportunis dengan cara menunggu kekebalan ikan menurun,lalu kemudian menginfeksi masuk ke sirip ikan koi dan menyebabkan munculnya bercak merah pada sirip ikan koi.

Pada kondisi normal dimana  kekebalan tubuh ikan koi di bilang cukup baik, maka bakteri penyebab sirip merah ini akan selalu bisa di tangkal sehingga ikan koi tidak terinfeksi.

Tips Singkat Pengobatan Ikan Koi

GEJALA IKAN KOI TERKENA PENYAKIT SIRIP MERAH

Ketika bakteri Aeromonas mulai menginfeksi tubuh dan juga sirip ikan koi, maka ikan koi akan menunjukan gejala-gejala sebagai berikut:

Tahap Awal (1-2 hari setelah infeksi)

  • Ketika ikan koi terlihat sering berdiam dan bahkan cenderung malas bergerak walaupun masih memiliki nafsu makan yang dibilang cukup baik.
  • Selepas itu maka ikan koi ini akan cenderung berdiam di bagian dasar kolam dan terkadang ikan koi ini akan terlihat menyendiri dan memisahkan diri dari kawanannya.
  • Tubuh ikan koi ini kebanyakan akan memproduksi cairan lendir (mucus) dengan jumlah berlebihan,sehingga dengan begitu,maka warna ikan koi ini terlihat kusam.

PENGOBATAN IKAN KOI YANG TERKENA PENYAKIT SIRIP MERAH

Metode pengobatan semacam ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Metode pengobatan oral treatment ini dapat dilakukan dengan cara sedikit mencampurkan cairan antibiotik ke dalam pakan ikan koi, yang mana cara ini hanya efektif pada ikan koi yang di sinyalir baru terinfeksi atau paling tidak 1 hari setelah terinfeksi sirip merah.
  • Lalukan tahapan perendaman ke dalam air yang sudah berisi dengan antibiotik (untuk infeksi tahap lanjut)
  • Pakaialah juga Injeksi antibiotik yang berfungsi untuk infeksi ikan yang sudah pada tahap akut

PENYAKIT BUSUK SIRIP

Penyakit busuk sirip merupakan jenis penaykit yang disebabkan oleh adanya jenis  bakteri liar seperti Aeromonas Hydrophylia. Yang mana,biasanya jenis bakteri ini akan lebih senang menempel pada bagian tubuh ikan koi yang sedang mengalami luka. Tips Singkat Pengobatan Ikan Koi

Bakteri semacam ini akan senang membusukkan kedalam luka dan nantinya akan meninggalkan luka berdarah di dalam tubuh ikan koi. Bagian-bagian tubuh ikan koi lainnya seperti sirip dan juga ekor,yang mana semuanya ini merupakan salah satu bagian yang sangat rawan akan terkena berbagai macam penyakit ini. Apalagi jika kondisi pada air yang ada di dalam kolam terlihat dengan keadaan kotor dan tidak sehat.

Secara umum jenis penyakit busuk sirip ini tidak terjadi pada jenis ikan koi saja,namun jenis penyakit semacam ini juga dapat menyerang ikan hias lainnya seperti ikan cupang sampai ikan mas hias.

Tips Singkat Pengobatan Ikan Koi

CARA PENGOBATAN PENYAKIT BUSUK SIRIP PADA IKAN KOI

Gunakan pengobatan antibakteri untuk mengatasi masalah busuk sirip.

Jika penyakit  busuk sirip pada ikan koi ini  tidak hilang dalam beberapa hari setelah Anda membersihkan dan juga memproses akuarium, maka anda wajib mencoba untuk menggunakan pengobatan antibakteri untuk busuk sirip.

Anda bisa membelinya tanpa adanya sebuah resep di toko hewan atau bisa juga di toko yang menjual perlengkapan ikan hias di wilayah sekitar anda. Belilah obat busuk sirip yang ditujukan untuk diformulasi khusus untuk jenis ikan koi, misalnya saja jenis obat busuk sirip untuk ikan cupang atau ikan mas hias lainnya. Dan ikuti tentang aturan pakai yang tercantum pada label kemasan.

Mungkin dari anda yang masih awam,belum sepenuhnya mengetahui tentang jenis serta gejala ikan koi yang terkena penyakit,dan tentu jika ikan koi anda ini terkena penyakit,tentunya anda akan panik dan tidak tahu langkah cepat apa yang harus anda lakukan. Nah,ternyata ada sedikit cara atau tips sederhana yang dapat anda lakukan ketika mengetahui bahwa ikan koi anda ini menunjukkan gejala terkena penyakit,yang perlu anda siapkan adalah GARAM. Tips Singkat Pengobatan Ikan Koi

Sebelum lanjut ke pembahasan selanjutnya,haruslah anda tahu betul bahwa jenis garam yang digunakan untuk pengobatan ikan koi merupakan jenis garam murni yaitu dengan komposisi kimia NaCl (Natrium klorida), dan ini merupakan jenis garam yang agak sedikit berbeda dengan jenis garam dapur atau garam yang biasa  digunakan sebagai bahan atau bumbu masakan yang mengandung banyak yodium.

Perlu anda ketahui secara mendasar,bahwa penggunaan Garam dapur untuk mengobati ikan koi benar-benar tidak disarankan, hal ini disebabkan karena garam dapur bisa saja mengandung zat-zat lain yang tidak diperlukan dan justru akan membahayakan kehidupan ikan koi. Namun demikian dalam keadaan terpaksa, pemakaian garam dapur untuk mengobati ikan koi ini masih diperbolehkan dan dapat digunakan asalkan tidak terlalu sering.

Garam dapat membunuh parasit

Garam ikan  ini dapat difungsikan secara optimal untuk digunakan secara maksimal dalam memberantas parasit bersel tunggal seperti Ich (white spot), jamur dan juga berbagai macam bakteri lainnya yang membahayakan kehidupan ikan koi.

Fungsi Garam  ini juga dapat digunakan sebagai antiseptik dan juga anti jamur (fungisida). Namun,hal ini bertolak belakang dengan kejadian akhir-akhir ini,yakni dalam hal penggunaan garam sebagai fungisida relatif jarang dilakukan karena memang telah banyak bermunculan zat kimia atau jenis obat anti jamur dengan ke efektifan yang lebih akurat dan cepat lain dan dibuat khusus untuk ikan koi.

Membantu mengurangi koi stres

Bila ikan koi yang anda pelihara ini mengalami keadaan stress, maka hal ini  akan sangat mengganggu dalam kelangsungan proses osmoregulasi yang bekerja di dalam tubuh ikan koi. Hal ini lah yang akan terjadi terutama pada ikan koi yang baru saja masuk ke kolam. Maka,oleh karena itu penggunaan garam dapat digunakan untuk membantu dan mengurangi rasa stres pada ikan koi secara optimal.

Pemakaian garam dalam kasus ini dapat dilakukan dengan cara menaburkan garam dengan konsentrasi rendah yaitu sekitar 5 gram per liter air kolam. Proses ini juga dapat membantu anda untuk meringankan rasa stres osmotik pada ikan koi dengan cara mengurangi gradien osmotik sehingga dapat mengurangi aliran air ke dalam tubuh koi. Tips Singkat Pengobatan Ikan Koi