Bisnis

Tips Pemasaran Ikan Koi Online/Offline

Tips Pemasaran Ikan Koi Online/Offline

Bagi anda yang sekarang ingin menjajal sebagai pengusaha di bidang Ikan koi maka hal utama yang harus anda tanam dalam pikiran anda adalah keseriusan anda dalam hal mengembangkan bisnis Penjualan Ikan koi,anda pun harus menyadari bahwa aktivitas pemasaran dan juga promosi dalam usaha Penjualan Ikan koi ini harus dilakukan lewat berbagai cara dan untuk mencapai kesuksesan diperlukan kerja keras. Di halaman ini, kami akan memberikan  beberapa tips dan cara untuk mempromosikan usaha dan juga penjualan Ikan koi yang anda jalani saat ini agar usaha Penjualan Ikan tersebut mencapai kesuksesan.

Tips Pemasaran Ikan Koi Online/Offline

Namun,sebelum beranjak ke pembahasan mengenai  pemasaran ikan koi, maka izinkan sejenak untuk kami yang akan sedikit memberikan penjelasan tentang Strategi Pemasaran Ikan Koi Hingga Sukses. Pemasaran  adalah suatu proses dalam rangka penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan sebuah informasi mengenai barang atau jasa yang mana dalam kaitannya adalah dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia terutama dalam hal yang bersifat fisik maupun non fisik. Tips Pemasaran Ikan Koi Online/Offline

Baca Juga: Rahasia Sukses Memelihara Ikan Koi

Secara umum jenis kegiatan pemasaran ini berkaitan erat dengan adanya koordinasi dengan aktivitas kegiatan bisnis yang anda jalani. Strategi pemasaran ini dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut:

  1. Faktor mikrosis, yaitu antara perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan terakhir masyarakat
  2. Faktor makrosis, yaitu mempengaruhi sebuah hal demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya.

Berikut ini adalah beberapa jenis hal yang perlu anda perhatikan untuk melakukan sebuah  pemasaran (dari sudut pandang penjual):

  1. Tempat yang strategis (place),
  2. Produk yang dijual mempunyai mutu dan kualitas (product),
  3. Harga yang kompetitif (price), dan
  4. Promosi yang masif (promotion).

Tips Pemasaran Ikan Koi Online/Offline

Dari sudut pandang konsumen:

  1. Kebutuhan dan juga mengerti akan keinginan konsumen (customer needs and wants),
  2. Biaya konsumen (cost to the customer),
  3. Kenyamanan (convenience), dan
  4. Komunikasi (comunication).

Saat ini ada satu macam jenis strategi pemasaran yang sedang gencar dan cukup masif dilakukan oleh berbagai elemen masyarakat dalam hal promosi usaha atau produk yang mereka jual,baik skala kecil maupun besar dan hal semacam ini sudah dilakukan oleh banyak orang dari tahun ke tahun.

Ya,yang kami maksud adalah berpromosi secara online dengan cara melalui website. Anggaplah website adalah markas besar untuk para pebisnis untuk melakukan penjualan produk salah satunya contohnya adalah Ikan koi Anda.

Maka dengan adanya sebuah website, yang mana dapat anda jalani melalui cara-cara promosi yang akan segera kami sebutkan ini, dalam hal ini nantinya anda akan mempromosikan website sekaligus juga mempromosikan sebuah usaha atau produk ikan koi yang hendak anda promosikan.

Dimana di website tersebut nantinya akan berisi berbagai jenis ikan koi, harga, layanan, alamat, testimoni, dan lain sebagainya. Mengapa demikian? Karena seharusnya website yang khusus untuk promosi adalah jenis promosi antara offline dan online. Tips Pemasaran Ikan Koi Online/Offline

Berikut beberapa alasan singkat mengapa promosi website untuk Penjualan Ikan koi perlu juga dilakukan secara offline dan online:

  1. Tidak semua calon konsumen secara potensial memiliki waktu untuk mencari website Anda, dan bahkan juga mungkin tidak mau susah-susah dalam mencari dan terkesan buang-buang waktu. Ketika website anda sudah diingat pertama kali, maka mereka akan mencari cara  yang lebih efisien untuk dapat mengakses website yang anda jalani dan jika beruntung, terjadilah sebuah transaksi.
  2. Tidak semua orang yang biasa menggunakan internet sekalipun orang tersebut paham dan juga mengerti tentang cara memanfaatkan search engine untuk memenuhi kebutuhan yang mereka butuhkan saat ini,bahkan mungkin juga akan tetap bertanya pada orang di sekitar mereka. Sehingga, jika Anda beruntung,maka website Anda-lah yang nantinya  akan sering diakses, dan terjadilah transaksi.
  3. Untuk saat ini pun dalam hal menaikkan ranking di search engine sudah semakin ketat dan juga makin banyak persaingannya,sehingga dengan inu sangat kecil kemungkinan bagi calon konsumen untuk menemukan website Anda secara langsung. Jika website Anda sudah ada di benak mereka, maka mereka tidak perlu lagi mencari apa yang mereka butuhkan melalui search engine.
  4. Hukum probablilitas yakni salah satu tipe  pemasaran yang  berlaku hingga saat ini. Dengan perabndingan semakin banyak orang mengenal website anda melalui berbagai macam cara,dan juga masif nya anda melakukan promosi, maka akan semakin banyak pula calon-calon konsumen yang nantinya akan penasaran dengan ikan koi yang anda jual dan menjadi konsumen yang benar-benar serius
  5. Dimana ada kesempatan disitu ada kesiapan, dan disitulah maka keberuntungan berpihak pada anda. Ungkapan seperti ini barangkali sangat cocok bagi Anda yang sedang mempromosikan website melalui berbagai macam cara.

Tips Pemasaran Ikan Koi Online/Offline

Melakukan sebuah promosi untuk dagangan yang anda jual merupakan suatu upaya untuk memberitahukan atau bisa juga untuk menawarkan produk ataupun jasa yang bertujuan untuk menarik minat calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Maka,sudah jelas bahwa adanya sistem promosi, produsen atau distributor maka akan diharapkan dapat menaikkan angka penjualan secara signifikan.

Tujuan promosi diantaranya adalah:

  1. Menyebarkan informasi produk kepada target dengan akurat dan memilih wilayah pasar yang potensial
  2. Untuk mendapatkan kenaikan dan ketahanan dalam penjualan dan mendapatkan profit/laba
  3. Untuk mendapatkan konsumen baru dan menjaga kesetiaan konsumen lama atau pun baru
  4. Untuk menjaga kestabilan dan juga meningkatkan penjualan ketika terjadi sepi pasar
  5. Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
  6. Membentuk citra produk yang baik di mata para konsumen yang harus sesuai dengan yang diinginkan.
  7. Mengubah tingkah laku dan juga pendapat positif dari konsumen.

Nah, dari ketujuh tujuan promosi diatas, berikut adalah beberapa teknik promosi website yang nantinya akan berisi sebuah profil bisnis Penjualan Ikan koi yang  anda jalani. Sehingga,nantinya begitu mereka mengakses website Anda, Anda juga sekaligus mempromosikan usaha Penjualan Ikan Anda di website tersebut. Tips Pemasaran Ikan Koi Online/Offline

Ketika hendak melakukan sebuah aktivitas yang berkaitan dengan promosi,maka kami akan menyebutkan dibawah, dan tentunya jangan lupa untuk selalu memberitahukan alamat website Anda ke calon konsumen Anda lewat media apapun.

  1. Memasang iklan tepat berada di sisi baris di koran.
  2. Memasang sebuah iklan di buku telepon (yellow pages) jika masih berlaku.
  3. Menyebarkan katalog promosi dan juga penyebaran iklan di pusat perkulakan.
  4. Mendekati calon konsumen lewat telepon secara aktif.
  5. Mendatangi langsung konsumen yang dinilai mempunyai potensl.
  6. Berpromosi lewat surat (direct mail). Jika masih berlaku
  7. Menjadi seorang motivator atau moderator dalam berbagai macam seminar, dan membicarakan hal-hal yang hanya dikuasai dalam usaha ikan koi.
  8. Menjadi pembicara tamu acara dialog di radio.
  9. Membuat data konsumen lengkap dengan alamat dan juga kontaknya. Jaga terus agar tetap up to date agar tak lekang oleh waktu.
  10. Membangun citra perusahaan dengan bagian kop surat yang menarik.
  11. Merancang sebuah brosur yang nantinya akan menjelaskan keuntungan produk yang anda jual.
  12. Mengembangkan cara pemesanan lewat jarak jauh (delivery) seperti lewat surat, email, SMS, Telpon, BBM atau media online lainnya
  13. Membuat toko online secara khusus yang bertujuan untuk memamerkan usaha Penjualan Ikan koi