Tips Mengenal Ikan Koi

Tips Mengenal Ikan Koi

Posted on

Tips Mengenal Ikan Koi. Kenapa ikan Koi di Jepang begitu mahal dibanding ikan Koi yang di jual di Amerika?
Ikan koi adalah satu diantara type ikan hias air tawar yang popular, serta banyak disukai oleh penggemar ikan. Ikan hias ini pertama kalinya diperkembang di Jepang. Sebenarnya ikan koi yaitu ikan mas hasil persilangan dari bermacam warna ikan mas. Awal mulanya, ikan ini yaitu ikan yang dikonsumsi oleh orang-orang Jepang. Tetapi, bersamaan perubahan jaman ikan ini dikembangbiakan hingga varietas-varietas ikan koi cantik juga bermunculan, baik type warna ataupun pola warna. Oleh karenanya, sekarang ini ikan koi tak akan dikonsumsi serta beberapa orang yang jadikan ikan koi ini sebagai ikan hias.

Banyak type ikan koi yang dibuat dari perkawinan silang bikin ikan koi ini mempunyai banyak pengagum dari semua dunia. Terkecuali warnanya yang jernih serta cerah, coraknya juga begitu unik serta beragam. Karenanya, ikan koi ini jadi satu diantara ikan hias paling cantik sekalian paling baik didunia ini. Varietas serta beberapa jenis ikan koi ini dibedakan berdasar pada corak yang ada pada badannya. Corak-corak unik yang melekat pada sisiknya itu bikin ikan ini tampak demikian anggun serta terkesan elegan.

Aspek Penyebabnya Tidak samanya Harga Ikan Koi
Harga ikan koi begitu beragam. Ikan koi ini ada yang di jual dengan harga yang begitu murah serta ada juga yang di jual dengan harga yang demikian tinggi. Harga itu begitu tergantung pada kwalitas serta kesempurnaan corak yang dipunyai ikan koi.
Tetapi sebagai pertanyaan sekarang ini yaitu kenapa ikan koi di Jepang begitu mahal dibanding ikan koi yang di jual di Amerika? Untuk tahu jawaban dari pertanyaan diatas, jadi simak keterangan tersebut :
Rumitnya usaha memperoleh ikan koi berkwalitas tinggi. Nilai ikan koi di Jepang begitu tinggi, hal semacam ini karena prosesnya begitu rumit, beberapa peternak ikan koi tidak bisa begitu saja pelihara ikan-ikan itu, karna mereka mungkin saja mempunyai 10, 000 ekor ikan koi serta begitu mahal untuk pelihara semua. Bersamaan dengan perkembangan ikan-ikan itu, peternak ikan bakal lakukan sebagian penyisihan serta pemilahan. Peternak mesti begitu selektif dalam menyisihkan ikan yang mempunyai bentuk yang kurang baik. Sebagian ikan koi yang tidak jelek namun kurang baik bahkan juga bisa di jual di toko ikan di Jepang. Di Amerika, hal itu umum dimaksud koi ” Kelas Kolam ” serta di jual pada harga yang lebih rendah.

Pada step selanjutnya, mereka mulai memisah-milah kelompok ikan yang sesuai sama type ikan koi yang dibiakkan. Umpamanya, dalam membiakkan Kohaku (merah serta putih), ikan koi dengan warna kuning serta hitam mesti dipisahkan.Setelah itu peternak ikan bakal memastikan ikan koi mana yang bisa di jual dengan harga lebih tinggi serta pilih yang mana yang selalu dipelihara yang lalu di jual dengan harga lebih mahal lagi, mungkin saja sekitaran $10-20, 000. Tak semuanya ikan koi Jepang mahal, walau demikian semuanya ikan koi Jepang yang berkualias memanglah condong mahal karna sudah lewat sistem penentuan yang panjang. Dari 10, 000 ekor mungkin saja cuma bakal diketemukan 20 – 30 ekor yang berkwalitas dengan panjang 18 ” lalu berkembang jadi 26 ” serta selanjutnya cuma 2 – 3 yang betul-betul berkwalitas tinggi serta bekasnya bakal di jual.Sepanjang masa panen, peternak ikan mesti melindungi gerakan ikan koi dari kolam ke pasar di samping melindungi mutunya. Dalam prosesnya mereka harus juga bikin ketentuan yang berat tentang ikan mana yang bakal dipelihara serta ikan yang mana yang bakal di jual pada beragam umur ikan. Beberapa peternak mesti dapat tahu kalau seekor ikan sudah meraih potensi maksimalnya serta bisa di jual atau menditeksi bahwwa ada seekor ikan mulai tunjukkan sinyal tanda perubahan yang kurang baik hingga ikan itu mesti di jual. Meskipun tak kerap, kadang-kadang peternak ikan juga bikin kekeliruan dalam memastikan ketentuan.

Sebagian peternak begitu mengagumkan, mereka begitu jujur tentang potensi jual ikan koi yang dipunyainya. Beberapa peternak menginginkan pelanggannya terasa suka karna sebagian pelanggan menginginkan berlomba, menunjukkan ikan koi mereka serta memenangkan perlombaan itu. Untuk beberapa besar orang, ikan koi mesti dibagi serta dikira sebagai bentuk seni yang hidup.Jadi sekali lagi, mengapa ikan koi Jepang condong mahal? Karna, orang Jepang berusaha keras tidak cuma dalam meningkatkan ikan Koi, walau demikian mereka juga berusaha keras bagaimana membuahkan ikan Koi yang penuhi standard begitu baik.Beberapa konsumen mesti siaga, berapakah tempat menyebutkan kalau mereka jual ” Ikan Koi Jepang “, tetapi bila ikan koi itu yaitu Koi kelas kolam, jadi harga nya juga mesti harga kelas kolam, tak utama dari tempat mana ikan koi itu berasal, meskipun dari Jepang Jadi, bila peternak Amerika bisa pelihara ikan koi dengan kwalitas yang baik di Amerika, jadi harga nya juga dapat tinggi. Masalahnya yaitu, beberapa peternak Amerika tak mempunyai pengalaman untuk membiakkan ikan koi dengan kwalitas itu. Di Jepang, produksi ikan koi di turunkan dari generasi ke generasi serta telah digerakkan sepanjang banyak generasi terlebih dulu. Sehinggan mereka sudah mempunyai banyak pengalaman, keadaan pembiakan yang mengagumkan, serta keturunan ikan koi yang begitu baik.

Ikan Koi Termahal

Ikan koi termahal bukanlah didapat lewat cara yang gampang pastinya. Ada usaha serta usaha keras di dalamnya. Di samping ada pula aspek gen dari ikan koi itu. Ikan koi termahal terlahir dari nutrisi serta ketrampilan dalam perawatan ikan koi. Perihal ini pula sebagai satu diantara aspek penyebabnya ikan koi mahal di Jepang.
Di bawah ini yaitu sebagian ikan koi dalam kelompok ikan koi termahal yang mungkin saja bisa kita tekuni sebagai studi masalah.

Ginrin Showa

Ikan berjenis Ginrin Showa ini sudah memenangkan beragam kontes ikan koi bergengsi di Jepang. Ia bergelar Supreme Championship Nasional dengan memenangkan kontes ikan koi pada th. 1976, 1977, 1979, serta 1980. Ikan ini terjual pada th. 1986, sejumlah 50. 000 Poundsterling, yang setara dengan 17 juta yen, atau setara dengan 425 juta rupiah waktu itu, Bila dinilai saat ini, ikan ini sejumlah Rp. 1, 8 milyar. Ikan ini dibeli oleh Derry Evans, yakni seseorang yang memiliki Kent Koi Center di Inggris.

Dainichi Showa

Ikan koi ini terjual dengan harga 21, 5 juta yen, atau setara dengan 2,15 milyar rupiah. Ikan ini dalam type Nisai Showa yang indah datang dari keturunan Oyagoi “Gacchami”. Lelang ikan ini dikerjakan pada 27 Nopember 2013.

Black Dragon

Diluar itu ada lagi ikan koi termahal yang menembus harga transfer yang begitu fantastik. Koi ini bernama Black Dragon. Usia ikan koi berjenis kelamin betina memiliki ukuran 57 cm yaitu 2 th. serta tembus dengan harga sekitaran 26 juta yen atau setara dengan 2, 9 M dalam lelang yang diselenggarakan di Jepang tepatnya di Momotaro Farm. Okayama-Jepang. Harga ini jadikan Black Dragon jadi ikan koi termahal yang pernah ada.
Nah bagaimana begitu mahal bukan? Pengembangan serta pembudidayaan ikan koi memanglah membutuhkan kecermatan yang tinggi. Melahirkan koi-koi super bukan sekedar perlu saat yang sebentar. Rekam jejak panjang indukan berkwalitas ini betul-betul terbangun kemurniannya. Baik dari sisi rekam jejak keturunan, perawatan, rekam sejarah kolam, pakan, air serta nutrisi untuk ikan memerlukan keakuratan yang tinggi. Mudah-mudahan artikel bisa memberikan inspirasi kita semuanya, terlebih beberapa penggemar ikan koi di tanah air. Menarik bukanlah. ? Nyatanya, walau cuma seekor ikan hias, namun type ikan koi dapat meraih harga yang begitu tinggi.

One thought on “Tips Mengenal Ikan Koi

Comments are closed.