Tips Komplit Budidaya Ikan Koi

Tips Komplit Budidaya Ikan Koi

Posted on

Tips Komplit Budidaya Ikan Koi

Budidaya ikan koi. Banyak di antara beberapa petani yang lakukan budidaya ikan koi. Ikan koi adalah semacam ikan hias yang disebut primadona serta memiliki harga jual yang tinggi. Dengan harga yang tinggi itu bisa jadikan daya tarik sendiri untuk membudidayakan ikan koi.
Dengan harga ikan koi yang tinggi serta keringanan dalam pembudidayaannya seringkali banyak petani yang peroleh keuntungan berlimpah. Untuk lebih memudahkan pemahaman kita tentang ikan koi, jadi dalam artikel ini bakal dibahas banyak hal yang terkait dengan ikan koi supaya dalam membudidayakannya merasa lebih gampang.
Budidaya Ikan Koi Pada budidaya ikan koi, bakal diterangkan bagaimana tehnik untuk membedakan indukan dan langkah merawatnya.

Jual Ikan Koi melayani penjualan bibit koi dan koi dewasa partai maupun eceran dengan harga murah dan kualitas terjamin kirim ke seluruh Indonesia. Untuk Info pemesanan dan harga silahkan menghubungi :

Bawang Koi Farm
Dsn. Rembang Kec. Ngadiluwih Kabupaten KediriĀ 

Kontak : M. Taufiqurrahman (0822-3240-8800)

Indukan budidaya ikan koi

Dalam pilih indukan ikan koi mesti diambil ikan yang masak kelamin. Arti dari masak kelamin yakni untuk indukan jantan telah membuahkan sperma sedang untuk indukan betina telah bisa membuahkan sel telur yang masak.

Cermati fisik ikan koi

Fisik ikan untuk indukan yang bakal dibudidayakan mesti bagus. Arti dari bagus yakni memiliki fisik yang bagus, sirip dan sisiknya komplit dak yang paling utama cermati juga gerakan ikan saat berenang sebaiknya lincah serta seimbang.

Supaya kita tak jadi bingung jadi kita bisa pilih indukan dari usia dua hingga tiga th.. Tanda-tanda ikan betina yakni perutnya semakin besar dari pada jantan, ukuran tubuhnya juga semakin besar. Untuk ikan koi jantan, kita bisa tahu dari bentuk tubuh yang lebih ramping dan mempunyai perut yang rata. Sirip ikan koi jantan juga berwarna bintik-bintik putih.

Pemisahan indukan
pemisahan indukan budidaya ikan koi. Untuk membudidayakan ikan koi jadi indukan mesti disendirikan dari ikan-ikan yang lain. Wajarnya seekor ikan koi indukan betina bisa dipasangkan dengan tiga ekor indukan ikan koi jantan.

Supaya anak dari indukan bagus, baiknya pilih ikan yang memiliki ciri fisik umum saja namun masih tetap mempunyai karakter unggul. Tujuannya karakter unggul yakni ikan yang mempunyai warna yang pekat. Untuk menyeleksi benih, nanti bisa diambil mana ika yang bagus serta mana yang kurang bagus.

Type Ikan Koi
Ikan koi memiliki banyak type. Sebagian type dari ikan koi salah satunya yakni seperti berikut.

Gosanke
ikan koi gosanke Type ikan koi yang pertama yakni Gosanke. Ciri dari gosanke memiliki warna hitam, merah serta putih. Yang termasuk juga dalam kelompok Gosanke yakni Kohaku, Sanke, serta Showa.
Pada kelompok Kohaku memiliki ciri pada pola warnanya. Warna ikan pada type ini yakni merah serta putih. Meskipun ada beragam jenis pola pada Kohaku tetapi kohaku yang baik memiliki ciri pada pola warnanya yg tidak turun melalui mata ikamiliki gabungan yang seimbang.

Ikan koi type Sanke memiliki pola yang sama juga dengan Kohaku. Ciri pada warna hitam pada selama punggung. Sanke yaitu type ikan koi hasil persilangan dari Ikan type Kohaku dengan Shiro Bekho.Serta kelompok paling akhir yakni Showa. Showa mempunyai warna hitam, merah dan putih. Ini adalah hasil persilangan dari Kohaku serta Shiro Utsuri.

Bekko
type ikan koi bekko
Yang termasuk juga kelompok Bekho yakni Shiro Bekho, Ki Bekho, serta Aka Bekho. Shiro Bekho adalah type ikan koi yang mempunyai warna putih serta hitam kecil-kecil. Namun warna hitam pada Shiro Bekho tajam serta seimbang. Ki Bekho mempunyai warna kuning serta hitam. Warna kuning pada ikan type ini tajam dan warna hitamnya juga tajam serta seimbang.Warna ini lebih tidak sering dari pada Shiro Bekho. Sedang Aka Bekho mempunyai warna yang menarik yakni merah serta hitam. Warna merah lebih menguasai serta warna hitam membuat spot hingga menarik perhatian untuk yang memandangnya.

Utsurimono
Yang termasuk juga kelompok Utsurimono yakni Shiro Utsuri, Ki Utsuri, Hi Utsuri. Shiro Utsuri mempunyai pola warna yang menarik, yakni hitam serta putih. Warna putih lebih menguasai dari pada hitam. Sisi kepalanya berwarna hitam serta putih. Warna ikan type ini pada kepalanya mesti terbagi dalam dua warna, yakni hitam serta putih.
Type ikan Ki Utsuri memiliki pola warna yang nyaris serupa dengan Shiro Utsuri. Cuma saja ki Utsuri mempunyai warna kuning serta hitam. Warna kuning lebih menguasai dari pada hitam. Serta yang paling akhir yakni Hi Utsuri mempunyai warna merah serta hitam. Warna hitam lebih menguasai dari pada warna merah hingga bikin warnanya lebih menarik dan unik.

Sesungguhnya ada banyak type ikan koi yang lain yakni Asagi, Tancho, Hikarimono, Goromo, Hikarimoyo, Matsuba, Kawarimono, serta Hajiro. Tetapi biasanya type ikan yang kerap dibudidayakan yaitu ketiga type ikan diatas.
Kolam Ikan Koi
Budidaya ikan koi tak komplit tidak ada kolam. Kolam adalah sisi paling utama dalam budidaya ikan karna hidupnya di air. Agar bisa bikin kolam, kita butuh untuk coba tekniknya.

Langkah bikin kolam
bikin kolam ikan koi
Agar bisa bikin kolam, pertama-tama yang perlu disediakan yakni tempat atau tempat. Tempat begitu memastikan bentuk kolam dan konstruksinya. Tempat yang bisa diambilyakni didalam atau diluar ruang.
Cermati juga kedalaman kolam. Baiknya dalam kolam lebih kurang 70 sampai 100 cm. Hal semacam ini karna bila ikan telah besar bisa bergerak bebas serta tumbuh dengan optimal.Janganlah lupa juga bangun system filter dengan kemiringan sekitaran 40% supaya aliran untuk menyaring kotoran bisa terukur pada lubang filter hingga mempermudah penyaringan kotoran. Dengan system filter yang baik jadi situasi kolam juga tampak bersih serta nyaman.

Hal yang perlu di perhatikan sesudah kolam jadi
penyortiran budidaya ikan mas koi
Sesudah kolam jadi jadi kita harus juga memerhatikan beberapa hal utama supaya koi bisa hidup lebih lama. Salah satunya yakni isi air ke kolam memakai conditioner air. Air mesti ditukar satu minggu sekali supaya senantiasa bersih serta mesti meyakinkan kalau filter lancar. Pemberian makan ikan baiknya tiga kali satu hari supaya ikan tak kelaparan dan cermatilah suhu pada kolam baik saat kemarau ataupun musim hujan.
Harga Ikan Koi
Ikan koi mempunyai harga yang beragam. Harga ikan koi bergantung pada kwalitas ikan. Kita bisa tahu harga yang termahal hingga termurah berdasar pada macajuga.
Termahal
Harga yang termahal sedunia yakni type ikan koi Koi Ginrin Showa. Ikan ini datang dari Jepang serta memiliki panjang 75 cm. Pada th. 1986 ikan ini memiliki harga sebesar 50. 000 Pounsterling.
Termurah
Sedang ikan termurah yakni sebesar Rp. 2000,00 dengan panjang sekitaran 3cm-5cm. Ikan termurah ini bisa kita dapatkan pada peternak ikan koi yang ada di sekitaran kita.

Sekian sebagian penjelasan mengenai ikan koi. Memanglah keindahan ikan koi bisa menarik perhatian untuk yang memandangnya hingga siapa saja yang bakal sukai dengan warna serta memiliki bentuk. Mudah-mudahan dengan tahu budidaya ikan koi, kolam ikan koi, type ikan koi, harga ikan koi bisa berguna untuk kita.