Cara Tips

Tips Cara Mencerahkan Warna Ikan Koi

Tips Cara Mencerahkan Warna Ikan Koi

Para penikmat ikan koi yang ada di dunia sudah menyepakati bahwa ikan koi merupakan salah satu ikan hias terpopuler dan bahkan melebihi jenis ikan hias lainnya,seperti awrna dan louhan. Ikan koi merupakan satu diatara sekian banyak ikan hias yang banyak dipelihara oleh masyarakat tak terkecuali di Indonesia. Namun,masih banyak orang yang belum paham betul bagaimana pemilihan ikan koi yang dinilai anggun nan indah.

Tips Cara Mencerahkan Warna Ikan Koi

Pasalnya ikan koi yang bisa dikatakan bagus adalah koi yang mempunyai varian warna yang cerah dengan kontras yang tajam, selain dasar itu hal yang membuat ikan koi ini menarik terdapat sebuah batas warna yang cukup tegas dan terlihat cukup tajam,di sela-sela tubuh ikan koi baik antara warna serta kontras pada tubuh ikan koi itu sendiri. Untuk menjadikan warna koi ini terlihat cerah dan pastinya menarik, hendaknya perlu diketahui beberapa faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Baca Juga: Perawatan Ikan Koi Agar Tidak Mudah Mati

Kali ini akan kami sebutkan tentang beberapa hal yang dapat menentukan terbentuknya warna pada ikan koi:

  • Chromatophores
  • Background color
  • Ganggang koi

CHROMATOPHORES

Chromatophores aatau yang biasa dikenal dengan sebutan zat pigmen adalah penghasil warna yang mana zat ini biasanya terletak pada jaringan sel kulit pada ikan koi, yang terdiri dari pigmen merah (erythrin), hitam (melanin), dan pigmen warna kuning (xanthin).

Warna pada ikan koi ini ternyata diperoleh dari salah satu jenis pigmen warna atau gabungan diantara tiga pigmen warna tersebut. Misalnya jika ikan koi ini mempunyai warna orange, maka sebenarnya adalah gabungan dari pigmen warna merah dan pigmen warna kuning. Misalnya ketika anda mempunyai ikan koi jenis Chagoi dengan warna yang tidak seperti jenis chagoi pada umumnya,yang berwarna coklat tua atau coklat gelap, dapat dipastikan bahwa warna tersebut didapatkan dari gabungan zat pigmen warna hitam dan pigmen warna kuning.

Tips Cara Mencerahkan Warna Ikan Koi

Warna serta ketajaman yang ada pada ikan koi ini sangat bergantung sekali pada sebah tata letak posisi chromatophores ini, dan juga sangat tergantung kepadatannya karena memang tiap jenis ikan koi ini mempunyai kadar kepadatannya sangat berbeda dan tentunya berbeda pula tata letaknya,namun kebanyakan bersemayam di dalam sel kulit. Semakin dekat dengan permukaan kulit, maka dapat dipastikan juga bahwa warna ikan koi ini akan jauh semakin lebih cerah dan sangat terang. Tips Cara Mencerahkan Warna Ikan Koi

Zat Pigmen warna ini tidak disintetis sendiri oleh ikan koi, namun akan tetapi diperoleh dari konsumsi pigmen warna yang bersumber dari makanan. Maka dengan begitu yang kelak akan sangat banyak digunakan oleh para breeder untuk dapat mengatur pola serta ketajaman agar mendapatkan kecerahan warna pada ikan koi. Nutrisi pada makanan ini memang sangat penting dan yang paling pengaruh untuk mencerahkan warna ikan koi.

Jadi inilah tahapan awal untuk membuat warna ikan koi menjadi lebih cerah adalah…

PEMBERIAN PAKAN COLOR ENHANCHER UNTUK IKAN KOI

Ikan koi yang tidak rutin untuk diberikan pakan yang berkualitas,yang mana pakan ini di khusus kan untuk meningkatkan kepadatan pigmen warna, maka ikan koi ini akan mempunyai warna yang lebih pucat dan tampak kurang indah untuk dipandang. Ikan koi yang semula memiliki jenis serta kualitas bagus, bisa menurun drastis kualitasnya jika pakan yang diberikan tidak sesuai dan tidak menambahkan unsur penguat zat pigmen warna.

Di alam bebas, jenis ikan koi ini banyak mendapatkan zat pigmen warna dari makanan seperti ganggang, udang, siput, dan makanan yang alami lainnya. Di kolam breeder, penambahan pigmen warna ikan koi ini setidaknya diberikan pada makanan yang disebut makanan yang mengandung unsur color enhancher. Tips Cara Mencerahkan Warna Ikan Koi

Hanya saja, perlu anda perhatikan secara seksama,bahwa jangan terlalu berlebihan dalam hal memberikan pakan yang mana banyak mengandung color enhancher secara brutal. Misalnya saja pada ikan koi jenis kohaku,pemberian makanan yang banyak mengandung unsur color enhancher secara berlebihan akan membuat zat pigmen erythrin yang ada di tubuh koi kohaku ini akan menjadi terlalu kuat, sehingga warna putih yang ada pada koi jenis kohaku akan berubah menjadi warna merah muda atau bahkan warna merahnya menjadi gelap.

Tips Cara Mencerahkan Warna Ikan Koi

Jika demikian adanya maka pastikan juga ketika ikan koi ini kelebihan pakan yang mengandung color enhancher, maka pemberian pakan dapat dihentikan sampai warna ikan koi pulih seperti sedia kala.

Jumlah chromathophores yang ada pada tubuh ikan koi ini cenderung konstan hinggaΒ  sepanjang hidupnya, sehingga dengan begitu setiap ikan koi ini mulai tumbuh besar, maka dapat dipastikan pula tentang kepadatan zat pigmen yang berpusat pada warna ikan koi yang ada di dalam tubuhnya akan menjadi semakin berkurang akibat luas penampang pada tubuh ikan koi yang semakin besar.

BACKGROUND COLOR

Background color atau dalam istilah lain disebut dengan satuan warna dasar,yang mana hal ini didapatkan dari jenis ikan koi itu sendiri. Dalam metode ini terdapat beberapa faktor pendukung yakni pemberian zat tambahan pada kolam ikan koi, dengan cara pemberian garam pada kolam ikan koi saat sedang dilakukan perawatan dan juga pengobatan ikan koi, yang mana garam itu sendiri dapat menyebabkan sel kulit ikan koi akan berkonsentrasi untuk menghasilkan zat pigmen warna secara lebih sedikit.

Hal yang dapat dilakukan misalnya saja dalam hal pemberian zat antibiotik yang mana kebanyakan di sini masuk ke ranahΒ  tahap perawatan ikan koi. Dan biasanya para breeder profesional ini akan menambahkan zat gizi lainnya kedalam kolam ikan koi atau bisa dengan cara disuntikkan. Hal ini dapat berdampak positif untuk menambahkan kecerahan yang ada warna pada ikan koi.

GANGGANG KOI

Tambahan tanaman hijau yang ada di Kolam ikan koi seperti ganggang hijau, merupakan sebuah tambahan yang cukup positif dan tentunya berdampak sangat bagus sekali untuk ikan koi,yang mampu menjaga agar zat pigmen pada ikan koi ini akan tetap stabil,dan tentunya juga sangat ampuh untuk menjaga warna tubuh pada ikan koi. Makanan yang diracik secara alami juga berperan penting dalam memenuhi berbagai macam nutrisi dan tentunya akan sangat bagus pula untuk menjaga zat pigmen pada warna koi. Tips Cara Mencerahkan Warna Ikan Koi

Sebagai tambahan bahwa untuk mencerahkan warna pada ikan koi ini tidak harus menggunakan pakan yang dari pabrik,anda pun dapat membuatnya dengan cara sederhana,berikut cara simple nya

Racikan Pakan Alami untuk mencerahkan warna ikan koi dengan kerapas kepiting dan udang

  1. Pelet ikan koi yang sudah disiapkan sebelumnya harus direndam terlebih dahulu di dalam air hangat selama kurang lebih sekitar 15-25Β  menit.
  2. Lalu kemudian Giling atau blender kulit udang dan jangan lupa untuk menambahkan sedikit karapas kepiting,lalu habis itu tumbuk sampai benar-benar halus.
  3. Pelet yang sudah lunak tadi kemudian dicampur dengan kulit udang dan kerapas kepiting yang sudah di giling.
  4. Perbandingan pemberian pelet, kulit udang, dan karapas kepiting adalah 7:1,5:1.