Tipe-Tipe Kolam Budidaya Ikan Koi

Hai,sobat semua para pecinta ikan koi dimanapun anda berada,Kali ini saya akan berbagi sebuah tips untuk anda semua tentang bagaimana cara tepat budidaya ikan koi di beberapa jenis kolam seperti tanah, beton, aquarium ataupun kolam terpal.

Ikan koi adalah jenis ikan hias yang saat ini sedang naik daun dan menjadi hype,lantaran mempunyai harga yang cukup tinggi serta mempunyai warna yang menarik,dalam hal ini jenis ikan koi memang menjadi salah satu jenis usaha yang telah banyak dilakukan oleh beberapa orang,mungkin dari anda juga sedikit penasaran dan ingin mengetahui tentang bagaimana budidaya ikan koi dengan baik dan benar.

Tipe-Tipe Kolam Budidaya Ikan Koi

PERSIAPAN BUDIDAYA IKAN KOI

Hal yang pertama kali kita lakukan tentunya mempersiapkan terlebih dahulu tentang hal atau perlengkapan apa saja untuk melakukan persiapan budidaya ikan koi. Pada tahapan ini, ada beberapa parameter dan juga step yang mana harus anda ketahui. Mulai dari persiapan bibit, kolam, pakan sampai ke tahap perawatan.

Baca Juga: Tips Budidaya Ikan Koi Di Aquarium

Step tahap pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mempersiapkan perhitungan budget atau dana. Karena pada dasarnya ada beberapa macam pilihan pada metode budidaya ikan koi yaitu dengan menggunakan kolam beton, tanah terpal ataupun aquarium. Maka sudah jelas bahwa dana yang akan berpengaruh pada penentuan jenis kolam yang hendak akan digunakan.

Jika memang anda memiliki budget yang mana kisaran menengah, maka sebaiknya anda lebih efisien lagi untuk menggunakan kolam jenis terpal atau juga bisa dengan aquarium. Selain harga nya lebih murah, nantinya kolam jenis ini juga akan memudahkan anda untuk perawatan dan pemindahan. Intinya,sudah sangat simp;e dan efisien digunakan,tapi juga ada ketentuan yang perlu dierhatikan secara lebih yaitu tentang perawatan dan juga ukurannya yang terbatas.

Tipe-Tipe Kolam Budidaya Ikan Koi

Pemilihan Indukan Koi

Tahap kedua di dalam budidaya ikan koi yaitu dengan seksama dalam memilih indukan ikan koi,tentunya yang mempunyai kualitas bagus serta mempunyai postur tubuh yang ideal,untuk melakukan pemijahan terhadap ikan koi,maka anda perlu mengetahui sedikit bahwa pada step ini diperlukan ketelitian dan benar-benar harus sesuai dengan kriteria. Tipe-Tipe Kolam Budidaya Ikan Koi

Sebab, bila anda mendapatkan indukan ikan koi yang mempunyai kualitas kurang bagus,maka kedepannya akan berdampak kepada kualitas anakannya atau keturunan yang kurang bagus pula.

Oyagoi yang mana salah satu sebutan yang biasa diberikan oleh orang di negara Jepang di dalam menentukan indukan ikan koi. Dalam pemilihan induk biasanya sang ikan ini setidaknya sudah memiliki ukuran diatas 60 centimeter. Kalau di Jepang, koi yang menjadi ukuran terbaik atau yang benar-benar ideal untuk pemijahan yaitu sekitar 80 cm.

Karena ikan koi ini memiliki sifat genetik atau warisan yang sama dengan leluhurnya, maka dari itu pemilihan indukan ikan koi ini harus benar-benar selektif. Cepat besar dan berukuran jumbo sudah tentu diinginkan bagi semua pembudidaya.

Selain memiliki ukuran yang sudah ditentukan tadi, ada beberapa syarat indukan ikan koi yang lain yaitu :

  • Warna yang sangat cerah. Pada kohaku akan terlihat warna merah yang tebal dan pekat.
  • Mengkilat warna dibagian tubuhnya serta pekat. Hal ini berlaku untuk jenis koi lain yaitu memiliki warna dan kepekatan yang tinggi.
  • Sehat dan tidak cacat pada bagian badannya atau siripnya.

Tanda-tanda indukan ikan koi yang akan siap dipijah yaitu :

  • Ditandai pada bagian perutnya yang sudah mulai membesar dan cukup lembek jika dipegang.
  • Jika diurut akan keluar putih telurnya.
  • Pada pejantan akan terasa kasar pada bagian tutup insangnya seperti halnya amplas.
  • Keluar cairan sperma bila diurut.

Persiapan Kolam Budidaya Ikan Koi

Di tahapan ini setidaknya anda mengetahui sedikit tentang beberapa jenis kolam yang bisa dijadikan sebagai tempat budidaya ikan koi. Persiapan kolam seperti ini merupakan hal yang sangatlah diperlukan, karena kedepannya akan mempengaruhi untuk melakukan proses pemijahan dan step lainnya. Hal ini juga bisa dimasukan kedalam kategori perawatan ikan koi. Yang mana semuanya ini sama-sama mempunyai artian persiapan yang lebih matang untuk kolam yang akan digunakan,dan tentunya hal ini akan menentukan tentang kelayakan hidup serta kesehatan pada ikan koi.

Kolam Beton

Yang pertama yaitu jenis kolam beton. Terlebih sejarang ini sudah sangat banyak sekali referensi yang tentunya bisa anda lihat atau dapat anda rasakan secara langsung kepada pembudidaya ikan hias lainnya atau pembudidaya jenis ikan konsumsi. Namun demikian adanya bahwa dalam hal ini saya pikir kurang lebih sekitar lebih dari 24% saja pembudidaya yang setidaknya mengerti secara menyeluruh tentang kebutuhan akan desain dan juga ukuran untuk kolam ikan koi yang baik dan benar. Tipe-Tipe Kolam Budidaya Ikan Koi

Rata – rata kolam yang berada diwilayah kita semua ini kebanyakan hanya untuk memelihara jenis ikan konsumsi dan cenderung biasa-biasa saja. Namun bila anda disini ingin membangun kolam beton yang notabene mempunyai tujuan untuk budidaya ikan koi yang mana semuanya itu meliputi berbagai macam segmentasi. Seperti kolam pemijahan, pembenihan dan juga pembesaran,maka sudah harus diperhatikan terlebih dahulu.

Yang pertama  harus anda lakukan adalah melihat tentang luasan daerah yang hendak akan dijadikan sebagai kolam beton. Untuk budidaya ikan koi ini idealnya diperlukan setiaknya 3 atau 4 kolam. Yaitu yang pertama untuk pemijahan, pembenihan dan pembesaran ikan koi. Ukuran yang bisa dibuat untuk pemijahan yaitu sekitar 4 x 5 meter.

Tipe-Tipe Kolam Budidaya Ikan Koi

Untuk tahap pembenihan dan juga persiapan kolam sentralisasi, maka anda setidaknya membuat kolam yang lebih kecil,yakni ukuran 2 meter dan dalam hal itu sudah lebih dari cukup,karena nantinya hal semacam ini bisa terkontrol secara maksimal.

BUDIDAYA IKAN KOI DI AQUARIUM

Budidaya Ikan Koi lewat media Aquarium ini merupakan tahapan yang hanya bisa dilakukan untuk perawatan pada ikan koi yang khusus nya masih dalam keadaan bibit atau hanya bisa dilakukan untuk pembenihan saja. Maka,dibuatnya aquarium ini supaya dapat mengontrol ikan koi ketika masih di  usia larva,maka sudah dapat di pastikan bahwa ikan koi ini akan cepat menetas. Pemilihan aquarium ini bertujuan agar lebih praktis dan juga memudahkan dalam pengontrolan serta pemberian pakan ikan koi.

KOLAM TANAH

Kalau jenis yang satu ini sudah pasti ada kaitannya dengan kolam tembok atau kolam jenis beton. Dengan adanya kolam tanah,maka anda pun setidaknya bisa juga untuk buat dengan dasaran yang terbuat dari  tanah dan nantinya akan menggunakan dinding yang terbuat dari beton. Atau benar-benar full tanah. Namun saran saya untuk penggunaan kolam tanah sebagai karantina indukan atau pembesaran. Selain pakan buatan yang bisa dimakan nantinya, pakan alami akan ditemukan pada kolam tanah. Tipe-Tipe Kolam Budidaya Ikan Koi

Kolam Terpal

kolam terpal merupakan jenis kolam yang cukup fleksibel dan mudah untuk dipindah,maka dengan ini jenis kolam terpal pun bisa anda letakkan di dalam maupun berada di luar rumah, yang penting kondisi air di kolam terpal ini masih bisa terjaga dengan sebaik-baiknya.

Dalam hal ini maka kondisi ikan dan juga media kolam akan senantiasa terjaga dari berbagai macam serangan hewan predator maupun tangan-tangan usil manusia (pencuri). Selain itu, kolam terpal ini juga harus benar-benar terjaga dari pergantian cuaca.

Add a Comment

Your email address will not be published.