Cara Tips

Teknik Sederhana Memelihara Ikan Koi

Teknik Sederhana Memelihara Ikan Koi

Bagi kalian yang ingin memelihara jenis ikan hias terutama jenis koi, maak ada baiknya dari kalian semua sedikit memperhatikan akan hal-hal yang menjadi keistimewaan serta kekurangan dalam memelihara ikan koi tersebut.

Sejatinya jenis Ikan koi ini merupakan salah satu jenis ikan hias yang berasal dari kawin silang antara jenis ikan mas atau ikan karper,yang mana jenis ikan hias yang satu ini merupakan jenis ikan yang berasal dari negara jepang, yang mana jenis ikan ini sangat banyak digemari oleh berbagai orang khusus nya di negara Indonesia, hal ini dikarenakan bahwa ikan hias jenis koi merupakan ikan hias yang memiliki warna dengan perpaduan corak yang indah dan tentunya dengan varian yang sangat beragam.

Teknik Sederhana Memelihara Ikan Koi

Baca Juga: Tahap Awal Budidaya Ikan Koi

Ikan koi juga dipercaya dapat mendatangkan sebuah keberuntungan di bidang karir maupun rumah tangga,yang mana ini hanya berlaku bagi mereka yang mempercayai akan mitos ini yang mana semua yang memeliharanya akan mendapat keberuntungan. Namun dengan beberapa keuntungan dalam memelihara ikan koi, selalu pula ada kekurangan nya.

Pada topik sekarang mari kita bahas mengenai kelebihan dan kekurangan dalam memeliharan ikan koi.

Keistimewaan dalam memelihara ikan koi

1. Ikan Koi Mudah beradaptasi.

Jenis Ikan koi ini merupakan salah satu jenis ikan koi yang bisa hidup disegala macam lingkungan dan tidak perlu memilih milih tempat. Misalkan saja,ketika anda ingin memelihara ikan koi ,maka anda memilih berbagai jenis kolam yang anda senangi baik di dalam kolam tanah atau kolam semen,maupun di kolam terpal sekalipun tentunya dengan jumlah ikan koi yang harus disesuaikan pula. Asalkan saja tetap rutin untuk suhu airnya agar tidak berubah secara drastis. Teknik Sederhana Memelihara Ikan Koi

2. Ikan koi adalah jenis ikan omnivora

Artinya ikan koi merupakan salah satu jenis ikan yang mau menerima semua jenis makanan apapun,tak hanya pelet,namun pakan racikan pun juga akan mau. Namun untuk perihal makanan utamanya adalah jenis pellet, dan tentunya dalam hal ini sudah banyak dijual dipasaran atau sentra toko ikan hias, selain pelet ikan koi ini juga menyukai makananΒ  sayur-sayuran atau udang-udang kecil.

Teknik Sederhana Memelihara Ikan Koi

3. Ikan Koi Mempunyai Umur Yang Panjang

Jenis ikan koi merupakan salah satu jenis ikan hias yang mempunyai umur yang bisa dikatakan berumur panjang,tercatat ada salah satu jenis ikan koi yang mencapai usia hamprΒ  200 tahun, dengan fenomena seperti ini,maka sangat cocok sekali bila ikan koi ini harus dipelihara dan dijadikan untuk peliharaan seumur hidup.

4. Ikan Koi Mempunyai Corak Yang Indah Dan Beragam

Ikan koi ini terkenal sekali mempunyai corak dan juga varian warna yang sangat cantik,hal inilah yang menjadi faktor utama orang menyukai jenis ikan hias koi,disatu sisi mempunyai jenis yang beragam jenis koi ini juga mempunyai warna warni dan memiliki banyak motif, membuat kalian akan bisa untuk leluasa dalam memilih ikan koi untuk dipelihara. Teknik Sederhana Memelihara Ikan Koi

5. Harga nya bervariasi

Ibarat barang, jenis ikan koi ini merupakan salah satu jenis ikan hias yang juga memiliki kualitas yang sangat beragam. yang mana nantinya dari setiap kualitas ikan koi tersebut akan mempunyai harga yang berbeda-beda pula,sehingga nantinya kita bisa memelihara ikan koi ini sesuai dengan budget yang kita miliki.

6. Ikan nya jinak

Ikan koi ini ini merupakan ikan yang suka bergerombol dengan sekutunya,namun tidak mempunyai pemimpin dalam kelompoknya tidak seperti jenis ikan lainnya,, sehingga ikan koi yang sudah lama berada di kolam tidak akan menyerang iakn koi pendatang, dan juga jenis ikan koi jantan juga bukan tipe ikan pengganggu jenis koi betina. Jadi ikan koi merupakan salah satu jenis ikan hias yang bersahabat satu dengan yang lainnya.

7. Termasuk ikan mewah

Ikan ini bisa dijadikan pajangan mewah dirumah. Corak dan warna nya yang indah serta gaya berenang yang elegan membuat ikan ini berkesan mahal dan bergengsi. Padahal kalau kita memelihara ikan koi ini sejak dini,maka tentunya harga nya pun akan jauh lebih murah.

Teknik Sederhana Memelihara Ikan Koi

Kekurangan memelihara ikan koi

  1. Butuh tempat yang luas

Ikan koi merupakan salah satu jenis ikan hias yang harus membutuhkan oksigen yang tinggi dan dibutuhkan setiap saat, maka dari itu kita tidak bisa menempatkan ikan ini dalam aquarium yang kecil apalagi jika anda memeliharanya dalam jumlah yang banyak. Jadi kalau pun anda ingin memelihara ikan koi ini di wadah aquarium, maka setidak nya jumlah nya tidak banyak dan juga selalu untuk menyediakan aquarium yang cukup besar agar ikan koi lebih bebas berenang dan tidak saling berebut oksigen.

  1. Ikan koi membutuhkan perhatian lebih

Ketika anda sudah matang dan memutuskan untuk memelihara ikan hias koi ini, maka kalian harus selalu siaga dan bersiap-siap dalam hal pemeliharaannya,yang mana meliputi kebersihannya, makanan, dan pemeliharaan aquarium atau kolam dengan rutin menguras setengah dari air kolam tersebut.

3. Pestisida

Pestisida merupakan satu jenis zat pembunuh yang mana dalam hal ini menyebabkan kematian pada ikan koi,jika kolam ikan koi yang anda kelola dialiri air dari selokan, tentu saja zat pestisida ini bisa saja masuk dan bercampur dengan air kolam dengan sangat mudah.

Atau bisa juga ketika air hujan yang masuk ke kolam dari genteng dan luapan dari selokan memungkinkan masuknya pestisida dan zat mematikan lainnya yang masuk ke kolam koi anda. Pestisida merupakan zat yang berfungsi untuk menetralisir zat-zat berbahaya yang bisa masuk melalui peralatan kolam, atau bisa juga melalui makanan dan tangan manusia. Supaya ikan koi yang anda pelihara ini tidak terjadi kematian massal,maka hal utama yang harus anda lakukan adalah mencegah ikan koi terkena efek dari zatΒ  pestisida,dengan cara mem batasi akses zat pestisida agar tidak masuk ke dalam kolam,ketika ikan sedang didalam nya.

4. Ikan koi melompat

Kematian yang sering kali dialami dan terjadi pada ikan koi saat awal-awal, adalah ketika masuk ke kolam baru lalu dengan sengaja melompat keluar air. Jika terlambat diketahui maka hal ini akan membuat ikan koi mati karena terlalu lama di daratan dan tak mendapat suplai oksigen yang dibutuhkan.

Ikan koi ini melompat juga bisa di karenakan berkejaran, berebut makanan atau bisa juga padfa bagian permukaan air yang terlalu tinggi. Maka,untuk mengatasi solusi semacam ini agar ikan koi tidak mudah lompat adalah dengan cara membuat permukaan air yang jauh dari bibir kolam, sehingga ketika ikan koi ini melompat nantinya akan jatuh kembali ke air, atau bisa juga dengan cara lain yakni dengan cara memasang pelindung berupa jaring atau paranet. Teknik Sederhana Memelihara Ikan Koi

5. Ikan kekurangan oksigen

Ikan koi sangat sensitive terhadap kebutuhan oksigen, maka ketika terjadi kekurangan oksigen pada kolam,hal ini akan sangat berbahaya dan akan membuat ikan koi cepat mati. Untuk menghindari kematian pada ikan koi karena kekurangan oksigen.