Tahapan-Mudah-dan-Cara-Budidaya-Ikan-Koi-Bagi-Pemula

Tahapan Mudah dan Cara Budidaya Ikan Koi Bagi Pemula

Posted on

Untuk anda yang ingin membudidayakan ikan koi, sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang cukup mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun. Selain mudah, bisnis ikan koi ini bisa menjadi sumber penghasilan bagus mengingat harga ikan koi yang semakin tinggi sekarang ini.

Cara budidaya ikan koi bagi pemula ini bisa dilakukan pada media terpal ataupun kolam, namun akan lebih baik jika anda sebagai pemula menggunakan terpal untuk mulai memelihara ikan koi tersebut. Berikut ini kami akan menjabarkan budidaya ikan koi secara lengkap yang bisa anda gunakan sebagai panduan awal terbaik dalam memelihara ikan koi.

Budaya Ikan Koi

Jika dilihat dari sejarah, masyarakat Cina merupakan orang yang pertama kali mulai membudidayakan ikan koi atau juga dikenal dengan nama ikan karper ini yakni sekitar tahun 1300-an. Yang menyebabkan ikan koi ini lebih terkenal berasal dari negara Jepang adalah karena masyarakat Jepang tepatnya di daerah pegunungan Oyija, Niigata menghasilkan banyak ikan koi yang digunakan sebagai lauk saat musim panas.

Dengan budidaya yang sudah berjalan selama beberapa tahun berikutnya, barulah strain merah serta biru cerah dihasilkan dan terus berkembang sampai sekarang.

Memilih Lokasi Kolam Koi

Lokasi untuk membuat kolam koi juga penting untuk dipertimbangkan. Jika dilihat dari segi teknis, makaperhatikan lokasi kolam tidak akan tergusur oleh bangunan saat anda hendak memperluas bangunan rumah anda.

Saran terbaik, bangun kolam ikan koi dengan jarak setidaknya 4 meter dari lokasi bangunan utama rumah anda. Sedangkan untuk anda yang hanya memiliki lahan kecil, maka bisa membuat kolam ikan berukuran kecil juga sehingga kelembapan tidak terlalu banyak dihasilkan.

Selain itu, hindari membangunan kolam dekat dengan pohon yang rindang, sebab daun yang rontok akan mengotori area kolam dengan cepat dan menurunkan tingkat keasaman air atau pH sehingga lingkungan kolam menjadi tidak sehat.

Membuat Kolam Ikan

Tidak seperti kolam ikan hias, kolam budidaya ikan koi tidak perlu diukur evalasinya, kola bisa dibuat dipermukaan tanah atau kombinasi antara permukaan tanah dan dalam tanah. Namun seringkali orang membuat kolam ikan koi di permukaan tanah seluruhnya sebab menjadi area temptat berlalu lalang, hal ini sangat baik sebab kolam ikan tidak akan cepat kotor.

Sesudah menentukan bentuk kolam ikan, maka langkah selanjutnya adalah merancang kolam diatas tanah dengan tali plastik atau dengan slang air sehingga perkiraan bentuk kolam bisa terlihat dengan mudah. Langkah selanjutnya adalah mulai mencangkul tanah dengan dua kedalaman yang berbeda yakni dangkal dan semakin dalam. Kolam dengan 2 kedalaman ini sangat berguna agar koi bisa berteduh saat matahari sedang terik.

Untuk bahan baku kolam ikan bisa menggunakan batu bata sebab lebih fleksibel dan menyesuaikan dengan bentuk yang diinginkan sedangkan jika memakai batako akan sedikit sulit sebab ukurannya yang terlalu besar. Untuk bentuk dasar kolam yang sedikit memiliki lekukan maka bisa menggunakan batu bata cor dibagian dasar kolam tersebut. Pastikan juga untuk membuat pembuangan dan tempat aliran air masuk, sedangkan untuk pintu pembuangan harus dibangun seluruhnya di dalam tanah.

Pikirkan juga mengenai lokasi air terjun atau air mancur serta peletakkan pompa, filter air yang akan dibuat. Ini untuk menghindari pembongkaran kolam ikan kembali saat kolam yang sudah jadi ternyata tidak sesuai.

Memilih Ikan Koi

Untuk memilih ikan koi juga merupakan salah satu cara budidaya ikan koi bagi pemula yang perlu untuk diperhatikan. Saat memilih ikan koi, maka perhatikan cara mereka bergerak dan gerakan harus mulus tanpa sendatan. Perhatikan juga pergerakan dari insang dan pastikan kedua insang bergerak dengan pelan dan teratur.

Jangan membeli koi dengan kulit yang agak kemeraham, memiliki titik putih, sisik berdiri, mata buram, sirip busuk dan terdapat bejolan pada kepala serta katup insanganya. Anda bisa meminta penjual untuk memindahkan ikan yang sudah anda pilih ke bak dangkal sehingga bisa anda periksa secara dekat.

Tanyakan juga pada penjual apa saja kelebihan dan kekurang dari ikan koi yang sudah anda pilih. Selain itu tanyakan juga jenis ikan koi tersebut dan jangan hanya memperhatikan kekurangan dari ikan koi saja.

Beberapa hal yang penting untuk diperhatikan diantaranya adalah bentuk badan koi yang bagus, pola seimbang dengan kiwa yang terlihat tajam, mata yang jernih dan juga gaya berenang yang gesit.

Memilih Pakan Koi

Untuk mendapatkan kualitas budidaya ikan koi terbaik, maka kualitas pakan sangat penting untuk dipikirkan. Pastikan pakan yang digunakan seimbang dan tidak memiliki bahan kimia beracun. Pakan koi yang beredar saat ini sangat bervariasi dari segi merk dan harga.

Pakan ikan koi yang beredar di Indonesia saat ini, memang masih produksi luar negeri dan itulah yang menyebabkan pakan ikan koi masih terbilang cukup tinggi. Untuk itulah, teliti pakan ikan koi sebelum anda membelinya dengan memperhatikan komposisi nutrisi yang ada, sifat fisik, spesifikasi dan juga kondisi kemasan pakan yang akan anda beli tersebut.

Pilih Pakan Bebas Zat berbahaya

Pakan koi yang cepat basi memiliki kadar zat berbahaya yang juga rendah dan biasanya dijual dalam kemasan kedap udara dengan tujuan supaya tidak mudah terkontaminasi dengan bakteri.

Jika pakan yang mengandung banyak zat berbahaya biasanya terlihat dari ciri pakan yang mengkilap seperti lilin dan zat ini harus anda hindari sebab merupakan zat pewarna dan zat pewaran seperti betakaroten tidak boleh dikonsumsi ikan koi terlalu berlebihan sebab akan mengalami gangguan pada hati.

Pakan ikan koi yang baik tidak akan membuat air kolam menjadi keruh dan sebaliknya pakan ikan koi yang banyak mengandung pewarna akan membuat air kolam ikan menjadi lebih cepat keruh. Pastikan juga anda memilih pakan yang disukai ikan koi serta sesuaikan ukuran butiran pelet dengan ukuran ikan koi yang anda budidayakan, sebab ikan koi akan malas makan jika ukuran pakan terlampau besar.

Usahakan untuk memilih pakan koi yang terapung atau floating food sebab koi lebih senang menyantap makanan yang mengapung tersebut. Jangan terlalu banyak memberikan pakan sebab sisa pakan akan sangat cepat mengotori kolam ikan koi anda.

Agar kandungan gizi pakan ikan koi bisa terpenuhi, anda bisa mencampur beberapa merk pelet koi seperti nozomi, hoki, hikari dan beberapa merk lainnya. Pakan koi yang ada dipasaran juga memiliki jenis yang berbeda, ada yang berfungsi untuk mencerahkan warna ikan koi dan ada yang khusus untuk pembesaran ikan koi. Pilihlah pakan ikan dalam golongan pembesaran tersebut namun pilih yang rendah kandungan lemak dan tinggi protein.

Sementara untuk pakan buatan bisa diberikan tomat, caing sutera, cacing darah, kepompong ulat sutera, selada air, jeruk, tomat, udang dan juga lumut yang diberikan sebanyak 1 kali dalam seminggu.

Demikian ulasan yang bisa kami berikan kali ini mengenai cara budidaya ikan koi bagi pemula yang bisa anda lakukan dengan mudah. Semoga ulasan kali ini bisa memberikan banyak informasi bagi anda yang ingin memulai bisnis budidaya ikan koi, selamat mencoba.