Budidaya

Tahapan Awal Budidaya Ikan Koi

Tahapan Awal Budidaya Ikan Koi

Ikan Koi merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang mana ikan hias yang satu ini meman sangat banyak digemari oleh para penghobi dan pecinta ikan hias. Pada dasarnya ikan koi ini mempunyai banyak jenis yang dapat dilihat dari warna,corak dan juga body ikan.

Untukย  mengetahui jenis ikan koi kualitas terbaik, maka tahapan awal nya kita perlu mengenal masing-masing ikan jenis koi terlebih dahulu dengan melihat beragam kelebihan dan juga kekurangan masing-masing.

Tahapan Awal Budidaya Ikan Koi

Menurut berbagai macam kepercayaan masyarakat di negara Jepang, jenis ikan koi merupakan sebuah simbol akan eratnya persahabatan dan juga simbol untuk mencintai sesama makhluk.

Baca Juga: Proses Memelihara Ikan Koi

Bagi anda yang tertarik atau ingin mencoba untuk memelihara ikan koi,namun tidak mempunyai pengetahuan lebih akan jenis ikan ini,maka anda sekarang ini janganlah khawatir lagi,karena sejatinya memelihara ikan koi ini tidak begitu menyusahkan.

Kali ini sebelum kami membahas tentang pemilihan pakan dan juga jenis kolam untuk ternak ikan koi,alangkah lebih baik jika kami ulas terlebih dahulu tentang cara ikan koi sebagai ikan hias tentunya dengan kualitas unggulan,langsung saja simak ulasan kami dibawah ini:

CARA MEMILIH IKAN KOI SEBAGAI IKAN HIAS

Untuk keperluan koi hias, maka ikan koi harus berada di kolam atau juga bisa di aquarium dengan ukuran yang besar, berikut ini adalah beberapa tips mengenai cara memilih ikan koi yang baik:

  1. Untuk tahap awal,anda bisa memilih ikan koi berdasarkan bentuk tubuh,dan pastikan yang anda pilih adalah ikan koi dengan postur tubuh ideal. Secara spesifik tubuh ikan koi ini bisa anda lihat dari jumlah perbandingan yakni antara panjang dan juga tinggi tubuh pada ikan koi,ikan koi pun mempunyai tubuh ideal antara 1:2 atau 1:3. Jadi, jika dilihat dari atas, tubuh ikan ini koi akan terlihat bulat memanjang dan juga tidak terlalu gemuk.
  2. Pastikan pula bahwa anda memilih bibit atau indukan ikan koi yang mempunyai banyak sebuah garis punggung yang tegak dan lurus, atau bisa juga opsi lain garis yang tidak terlalu melengkung.
  3. Ikan koi yang baik memiliki gaya berenang yang seimbang, hal ini dapat terjadi karena ikan koi merupakan salah satu jenis ikan hias yang memiliki pasangan antara sirip yang seimbang pada bagian kanan dan juga kiri, tak hanya itu saja melainkan ikan koi ini juga memiliki sebuah garis tubuh yang seimbang dan tentunya simetris,.
  4. Pahami dan juga perhatikan secara seksama pada bagian bentuk serta posisi sirip pada ikan koi,yang mana secara umum ikan koi yang mempunyai ciri-ciri bagus adalah yang memiliki ukuran sirip pada bagian punggung agak sedikit tipis dan kecil,lalu untuk sirip pada bagian ekor sedikit melebar dan begitu proporsional, seimbang, dan tentunya sesuai dengan panjang dan tinggi ikan koi

Persiapan Budidaya

Sebelum beranjak ke jual beli ikan koi,maka dibutuhkan terlebih dahulu tentang budidaya ikan koi, yang mana budidaya ikan koi ini terdapat beberapa sarana dan juga prasarana yang dibutuhkan seperti wadah โ€˜jerry canโ€™, terpal, pembuatan kolam ikan, koi, lahan, bibit ikan koi, jaring, sumur dan pompa air, selang, paralon, timba, dan drum untuk wadah anakan ikan koi.

Sebelum memulai, tentunya Anda harus terlebih dahulu membaca buku-buku panduan budidaya ikan koi untuk belajar atau bisa saja anda melihat di beberapa channel youtube yang menyediakan berbagai macam video seputar budidaya ikan koi,atau anda juga dapat untuk saling bertukar informasi dengan pelaku usaha yang sudah lebih dulu terjun ke dunia budidaya ikan koi.ย Meraih Sukses Dengan Budidaya Ikan Koi

Di Kabupaten Kediri, pada umumnya telah menggunakan sistem bagi hasil dimana ada satu pihak yang menyediakan lahan dan juga persiapannya (termasuk membuat sumur) dan satu pihak lain yang mengetahui dunia tentang per koian.

Meraih Sukses Dengan Budidaya Ikan Koi

Memilih indukan untuk budidaya ikan koi

Setelah anda melakukan serangkaian tahapan persiapan budidaya ikan koi,maka selanjutnya adalah tentang memilih indukan merupakan peranan yang sangat amat penting dalam hal budidaya ikan koi. Pemilihan Indukan ini harus sesuai dengan kriteria dan juga kualitas yang bagus baik secara genetis maupun fisik,yang mana nantinya akan menghasilkan keturunan yang bagus pula,dan hal itulah yang menjadi sebuah patokan bagi para pebisnis ternak hewan. Memilih Indukan ikan koi yang berkualitas ini biasanya dimiliki oleh penangkar atau para penghobi ikan koi.

Penghobi ikan koi biasanya banyak mengoleksi ikan koi yang berkualitas dan bervarian jenis nya, baik untuk dipelihara sendiri maupun untuk tampil di ajang kontes. Namun para penghobi koi ini rata-rata tidak memiliki keterampilan atau waktu untuk mengawinkan ikannya. Tahapan Awal Budidaya Ikan Koi

Padahal, untuk menjaga agar ikan koi ini tetap dalam kondisi yang prima dan sehat,maka salah satu cara yang harus anda lakukan adalah dikawinkan jika telah tiba waktunya,dan hal ini sudah di pahami oleh sebagaian besar para pembudidaya ikan koimdan tak jarang akan melakukan kerja sama dengan pemilik ikan koi. Dimana dengan adanya cara seperti ini,maka pemilik diuntungkan karena ikannya bisa dikawinkan dan untung bagi pembudidaya adalah pembudidaya bisa mendapatkan keturunan yang berkualitas. Sebagai rasa ucapan terimakasih maka akan mendapat imbalan yang cukup berharga,yakni si pemilik ikan koi ini akan dipersilakan memilih satu atau dua ekor ikan hasil perkawinan tersebut.

Meraih Sukses Dengan Budidaya Ikan Koi

Pelajari tentang pemilihan calon indukan ikan koi ini dan harus mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  • Umur ikan koi minimal sudah cukup matang, atau lebih dari 3 tahun
  • Memiliki jenis yang sama atau juga bisa mendekati, misalnya jenis kohaku dengan kohaku
  • Perhatikan Bentuk tubuh,pilih indukan dengan tubuh ideal, dari atas tampak seperti torpedo
  • Mempunyai Gaya berenang yang tenang dan seimbang
  • Mempunyai Warna yang cemerlang dengan kontras tinggi
  • Pastikan juga bahwa ikan koi anda dalam keadaan sehat,dengan ciri-ciri mempunyai gerakan yang gesit dan juga tidak banyak diam di dasar kolam. Tahapan Awal Budidaya Ikan Koi

Pemeliharaan Dan Perawatan indukan ikan koi

Sebaiknya calon indukan ikan koi ini dipelihara dalam wadah atau kolam khusus. Dengan kedalaman kolam setidaknya berkisar 150 cm, atau juga bisa lebih dalam lebih baik. Dalam hal kepadatan pada kolam juga harus sering diperhatikan, kolam ikan koi yang bagus adalah dengan ukuran 4ร—5 meterย  dan maksimal diisi denganย  20 ekor indukan betina atau juga bisa dengan 40 ekor indukan jantan. Tahap semacam ini harus dilakukan karena indukan betina ikan koi ini,mempunyai kebiasaan cenderung diam dan tidak begitu aktif daripada indukan jantan.

Indukan ikan koi betina dan jantan dipelihara di kolam yang berbeda, hal ini berguna agar saat dipijahkan indukan iniย  tidak perlu mengalamiย  masa pemberokan lagi. Secara,garis besar pemeliharaan ikan koi di dalam kolam indukan sama saja dengan pemeliharaan ikan koiย  yang ada di dalam kolam pembesaran.ย  Tahapan Awal Budidaya Ikan Koi