Racikan Pakan Berkualitas Untuk Ikan Koi

Apabila kita mau pelihara jenis ikan koi, maka pastinya kita harus memperhitungkan semua segala macam sesuatunya,yang mana hal ini seharusnya dilakukan sebelum dan sesudah ikan koi itu datang ke rumah kita. Dimulai dari kolam ikan koi, peralatan kolam yang meliputi aerator dan filter pada kolam,serta perawatan sampai persoalan tentang pemberian pakan ikan koi. Persoalan pakan ikan koi ini setidaknya harus menjadi salah satu perhatian yang cukup serius,yang mana dengan ini tak hanya keadaan kolam saja, pasalnya pakan anak ikan koi tidak sama dengan pakan ikan koi yang berukuran dewasa.

Racikan Pakan Berkualitas Untuk Ikan Koi

Beberapa pendapat dari penghobies umumnya memang tidak menginginkan hal yang terbilang ribut,maka pada saat pelihara ikan koi. Kebanyakan dari mereka ini akan memulai pelihara ikan koi yang telah berusia di atas 2 bulan atau mungkin bisa juga disebut dengan baby koi, di mana corak, warna serta kualitas ikan koi mulai dapat dipandang dan sudah dapat di sortir pula.

Baca Juga: Pakan Ikan Koi Alami

Tetapi beberapa lagi lebih suka pelihara ikan koi lewat sistem pemijahan atau mungkin pembiakan ikan koi sendiri. Memanglah, ada sebuah kenikmatan tersendiri apabila jenis ikan koi yang akan kita pelihara adalah hasil pembiakan kita sendiri, bahkan juga pada waktu ikan koi itu tak penuhi ‘standar’ sekalipun.

Namun yang harus anda perhatikan adalah tentang bagaimana cara memberi makanan yang baik untuk pertumbuhan ikan koi ikan koi dan tentunya dengan takaran yang sesuai,maka untuk anda yang hendak akan memelihara ikan koi dalam jumlah yang cukup banyak.

Maka sebelum itu pastikan terlebih dahulu agar memikirkan tentang pola makan koi,agar ikan koi dapat hidup secara seimbang dan kelak nantinya akan menghasilkan ikan koi dengan perpaduan warna yang cemerlang dan juga tubuh yang sehat nan ideal.

Untuk pemberian pakan untuk ikan koi bisa anda berikan secara bervariasi tentang jenis makanan,baik pakan yang tersedia secara alami ataupun juga bisa menggunakan pakan buatan.

Racikan Pakan Berkualitas Untuk Ikan Koi

Apapun pakan yang hendak akan anda berikan, maka haruslah dipastikan pula agar pakan ikan koi itu sangat sesuai dengan kebutuhan ikan koi dan pastikan pula bahwa pakan tersebut haruslah mengandung gizi yang seimbang.

Dalam sebuah sesi wawancara bersama para penghobi ikan koi,kebanyakan dari mereka ini sedikit memberikan suplemen yang etrbuat dari bahan alami seperti sayur, potongan roti, cacing, udang kecil, bahkan tak jarang di tambahkan pula sari buah-buahan sekalipun seperti semangka dll.

Saat ini terdapat banyak banyak sekali jenis makanan untuk ikan koi,dan dapat diwujudkan dalam bentuk pelet yang mana sudah tersedia banyak di toko hewan peliharan ata toko yang khusus yang menjual perlengkapan ikan hias.

 

Setelah memberi makan ikan koi , maka pastikan anda menempatkan pakan ini benar-benar terisolir dan pastikan juga terjaga dari suhu panas,untuk penerapan lebih singkat maka anda bisa menempatkan pakan ini ke dalam wadah kering dan pastikan mempunyai tempat yang tertutup agar terjaga kualitasnya, dan digunakan tidak lebih dari 3 bulan untuk menghindari oksidasi pada pelet tersebut.

 

Selain pakan umum yang tadi saya sebutkan,kebanyakan dari penghobi ini juga menyematkan sebuah pakan khusus yang bisa diberikan untuk meningkatkan agar ikan koi mempunyai kualitas tertentu. Seperti ingin pertumbuhan gemuk dan memanjang, misalnya,anda dapat memicunya  dengan rutin memberikan wheat germ yakni sebuah campuran pakan ikan huas yang mempunyai protein cukup tinggi. Racikan Pakan Berkualitas Untuk Ikan Koi

Sedangkan makanan untuk mempertegas dan mempercantik tampilan warna pada  koi bisa anda maksimalkan dengan makanan yang memiliki kandungan zat beta karoten yang cukup tinggi, yaitu sayuran (tomat, wortel, kubis) ataupun sumber hewani seperti kepiting dan cacing. Yang perlu diwaspadai adalah dalam memberi pakan nasi dan roti harus diperhatikan, sebab kadar karbohidratnya bisa jadi penyebab kegemukan.

Racikan Pakan Berkualitas Untuk Ikan Koi

Dі ѕаmріng itu juga ikan koi yang masih dalam keadaan bibit harus wajib terpenuhi dengan gizi уаng cukup dan pas, maka dari itu pastikan jika stok makanan ikan koi anda ini harus benar-benar terjaga kualitasnya.

 

Mungkin ada sebagian dari anda yang merasa ragu akan makanan ikan koi pabrikan yang banyak dijual di pasaran. Apakah kandungan gizinya benar-benar cukup atau kurang? Nah, untuk menjawab keraguan tersebut, anda bisa untuk menambahkan sendiri nutrisi pada pakan buatan yang biasa anda gunakan untuk ikan koi, agar ikan koi yang anda pelihara benar-benar terpenuhi semua kebutuhan gizi dan nutrisinya. Lalu, bagaimana cara membuatnya?

 

Tips Singkat Membuat Pakan Ikan Koi Alami Dan Tanpa Efek Samping

  • Siapkan udang kecil yang masih segar
  • Siapkan telur, wortel, bawang putih, agar-agar dan Vitamin C
  • Tambahkan sedikit air dingin,lalu blender semua bahan diatas hingga tercampur secara rata hingga halus.
  • Siapkan pelet ikan yang biasa kita gunakan, rendam dengan air panas kemudian masukan serbuk agar-agar
  • Campurkan kedua adonan tadi kemudian dinginkan,dan pendinginan ini memakan waktu sekitar 3 jam
  • Setelah dingin, maka selanjutnya adalah membentuk adonan yang telah dibuat tadi agar menyerupai seperti cacing tanah
  • Keringkan dengan menjemur pada terik matahari selaam 2 hari atau anda juga bisa menggunakan bantuan alat seperti oven
  • Pakan ikan koi penuh gizi siap untuk diberikan.

 

yang mana kandungan ini sangat baik untuk segera diberikan pada bibit atau indukan ikan koi,dan tentunya pakan racikan sendiri merupakan jenis pakan yang banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan ikan koi dan tentunya jauh lebih alami.

Cacing sutera

Jenis pakan hewani yang satu ini memang sangat direkomendasikan untuk pakan bibit ikan koi,ya jenis hewan ini adalah cacing sutra,yang mana jenis cacing ini merupakan salah satu jenis hewan yang telah menjadi salah satu makanan favotit bagi ikan koi terutama ketika masih dalam keadaan bibit atau baru menetas,jenis pakan yang satu ini tergolong cukup bagus yang bisa diberikan untuk ikan koi. Yang mana dalam cacing sutera sendiri memiliki kandungan protein yang sangat mendominasi,selain itu juga terdapat senyawa lain yakni asam amino yang mana senyawa tersebut sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan ikan koi agar bisa menghasilkan sel-sel telur dan juga cairan sperma yang banyak dan berkualitas.

Jika ikan koi yang anda pelihara kekurangan nutrisi dan kekurangan protein, maka hal tersebut akan menghambat proses pertumbuhan ikan koi dalam jangka panjang dan juga bisa menyebabkan deformasi pada bagian tulang belakang ikan koi. Racikan Pakan Berkualitas Untuk Ikan Koi

Biji Kedelai

Biji Kedelai ini ternyata bisa menjadi salah satu sumber peningkatan kadar protein yang mana sangat baik untuk kehidupan bibit atau anakan ikan koi,pemberian biji kedelai ini berfungsi supaya bisa menyimpan trigliserida dan juga fosfolipid yang mana kandungan tersebut merupakan hal yang sangat penting dan juga menjadi bagian yang diperlukan dari komponen vital penting di seluruh dinding sel pada tubuh ikan koi.

Apabila ikan koi ini disinyalir kekurangan kandungan asam lemak esensial maka dapat dipastikan ikan koi yang anda pelihara akan mempengaruhi bentuk serta kualitas sirip ikan koi menjadi rentan rontok dan rusak.

Add a Comment

Your email address will not be published.