Anda ingin membuat kolam untuk budidaya ikan koi? Maka anda wajib mengikuti tips berikut ini,yang mana dengan tips ini mungkin akan membantu anda untuk merealisasikan keinginan anda dalam membangun kolam koi tersebut.

Pada dasarnya jenis Ikan koi (Cyprinus Carpio) adalah salah satu jenis ikan yang banyak dipelihara khusus nya di negara Indonesia,karena ikan koi ini mempunyai keindahan tubuh dan juga corak yang beragam.

Persiapan Pembuatan Kolam Koi

Jenis Ikan koi ini mempunyai corak dan juga warna yang khas dan dipercaya mampu membawa keberuntungan oleh beberapa orang di negara Jepang. Ikan koi ini merupakan slaah satu ikan hias yang mempunyai sifat dan tingkah laku yang menggemaskan,serta mempunyai gerakan yang cukup  lincah dan juga gesit,maka dengan sifat dan karakter tersebut membuat ikan koi ini sangat ampuh untuk menghilangkan rasa penat dan juga stres untuk beberapa saat.

Baca Juga: Pembuatan Filter Kolam Ikan Koi

Biasanya, jenis ikan koi ini tidak dipelihara di dalam akuarium,melainkan di budidayakan di kolam,sebab keindahan ikan koi ini terdapat pada bagian punggungnya. Selain itu,ukuran kolam yang kebanyakan luas dan besar yang lebih besar juga memungkinkan koi bisa bergerak lebih leluasa.

Ciri Khas ikan koi :

  • Ikan koi sangat senang menggosokkan tubuhnya di pinggir atau dasar kolam.
  • Ikan koi ini dominan membutuhkan oksigen dalam jumlah yang begitu melimpah
  • Ikan koi ini sangat menyukai kolam bertipe rarus
  • Ikan koi ini memerlukan paparan cahaya matahari secara langsung untuk menjaga keindahan pada sisiknya
  • Ikan koi merupakan ikan yang lebih menyukai air dengan kadar suhu hangat daripada suhu dingin.

Berikut panduan pembuatan Kolam Ikan Koi :

  1. Pemilihan Lokasi

Menurut beberapa titik yang cocok untuk lokasinya, kolam untuk budidaya ikan koi ini mempunyai  dua buah macam yakni jenis kolam indoor dan ada juga kolam outdoor. Nah,dari kedua jenis tersebut terdapat beberapa aspek yang cukup berbeda untuk varian kolam indoor merupakan jenis kolam yang lokasinya berada di dalam suatu bangunan atau restoran dan Rumah Sakit,dengan tujuan untuk menghibur para pengunjung. Sedangkan jenis kolam outdoor adalah kolam yang berada di luar ruangan dan sangat cocok untuk budidaya ikan koi.

  1. Perancangan Desain Kolam

Setidaknya, untuk saat ini terdapat 3 jenis desain untuk kolam ikan koi yang mana 3 jenis itu berdasarkan bentuk, yakni persegi, lingkaran, dan model bebas. Namun,hingga detik ini bentuk persegi ini masih laris dan dipakai di banyak tempat dan penggunaan nya pun macam-macam tidak hanya untuk budidaya ikan koi saja,melainkan juga untuk budidaya jenis ikan lainnya.

Persiapan Pembuatan Kolam Koi

Bentuk persegi ini  diciptakan agar kolam tetap mempunyai style formal. Gaya seperti  ini sangat cocok untuk pelengkap rumah minimalis, modern, dan ruangan untuk keperluan lainnya.

Bentuk persegi ini  diciptakan agar kolam tetap mempunyai style formal. Gaya seperti  ini sangat cocok untuk pelengkap rumah minimalis, modern, dan ruangan untuk keperluan lainnya.

  1. Perancangan Sistem Filterisasi

Sebagaimana kolam ikan pada umumnya, jenis kolam koi pun juga perlu dilengkapi oleh beragam sistem filterisasi yang berguna untuk menghasilkan oksigen dan juga menjaga kebersihan air di dalam kolam.

Untuk anda yang ingin membuat kolam koi,sediakan pula untuk sistem filterisasi yang juga dilengkapi dengan dua macam saluran, yaitu saluran untuk air bersih dan juga saluran untuk air kotor.

  1. Penentuan Ukuran Kolam

Pada tahap ini, setidaknya anda memerlukan sebuah ketelitian dan juga perhitungan yang begitu matang,agar nantinya kolam yang dihasilkan bisa sesuai dengan rancangan dan juga desain yang anda inginkan.

Adapun kedalaman kolam yang cocok untuk budidaya ikan koi yang cukup ideal adalah kurang lebih sekitar 1 meter untuk jenis ikan koi yang mempunyai ukuran kurang dari 30 cm, lalu kemudian ukuran 1-1,5 meter untuk ikan koi yang berukuran antara 30-50 cm, dan yang terakhir dengan kedalaman lebih dari 3 meter untuk ikan koi yang berukuran lebih dari 60 cm.

Selain itu,terdapat sebuah hal yang mana harus anda perhatikan juga dalam pembuatan sebuah kolam ikan koi,yakni tentang sistem filtrasi yang ada pada kolam ikan koi. Persiapan Pembuatan Kolam Koi

Sistem Filtrasi Air Pada Filter Kolam Koi

Tidak seperti jenis ikan arwana yang mana dapat dipelihara di dalam aquarium, jenis ikan koi ini umumnya dipelihara di dalam sebuah kolam yang cukup besar dan luas,lalu di dalam kolam inilah ikan koi hidup secara berkelompok, dari mulai makan hingga membuang kotoran.

Kotoran ikan koi ini juga bukan hanya menghasilkan limbah fisik saja,namun juga menghasilkan limbah kimia, maka dari itu adanya sistem filtrasi pada kolam ikan koi ini diperlukan,dan juga seharusnya dirancang secara profesional dan terjamin agar dapat secara signifikan dapat menangani kedua masalah tersebut.

Yang kedua adalah adanya sistem filtrasi Mekanis, yang mana dengan adanya sistem filtrasi mekanis ini  untuk membasmi bagian limbah fisik seperti kotoran ikan, daun kering, serangga mati dll.

Membuat bottom drain atau pembuangan bawah

Sebagian besar kolam yang sudah jadi atau yang sudah siap untuk buidaya ikan koi,pada umumnya telah memiliki adanya saluran pembuangan di bagian bawah. Dal tahap ini mempunyai tujuan supaya mempermudah dalam urusan membersihkan kotoran yang jatuh ke bagian dasar kolam.

Yang perlu anda ketahui adalah bahwa lokasi penempatan saluran bawah ini dapat anda buat di bagian terdalam dari kolam yang anda bangun. Kolam yang tidak memiliki saluran pembuangan bawah akan membuat kotoran menumpuk pada dasar kolam lalu tumbuh menjadi bahan kimia berbahaya yang dapat mengganggu kehidupan ikan koi.

Persiapan Pembuatan Kolam Koi

Untuk tipe kolam dengan saluran bottom drain  ini juga harus rutin untuk disedot/dikuras,yang mana bertujuan untuk membuang kotoran yang mengendap di dasar kolam.Pada bagian kolam yang memiliki saluran pembuangan dasar, saluran biasanya diarahkan pada tangki penampungan atau tangki pengendapan. Persiapan Pembuatan Kolam Koi

Cara Membuat Saluran Bawah Kolam

Untuk membantu anda dalam pembuatan saluran pembuangan bagian bawah yang tepat, Maka anda dapat memilih dengan bahan pipa atau besi batang dengan ukuran masing-masing  3 inchi dan juga gunakan pompa hisap dengan kekuatan mencapai 2500 galon per jam,lalu kemudian jika anda menggunakan pipa dengan ukuran  5 inchi berarti anda juga membutuhkan pompa hisap dengan kekuatan 3500 galon per jam.

Hal ini untuk memastikan saja bahwa anda memilih tangki pengendapan dengan ukuran sesuai yang anda inginkan dan untuk mencocokkannya dengan saluran bawah yang anda buat. Umumnya ukuran pada tangki yang tepat adalah sekitar 20% dari kapasitas pembuangan bawah kolam. Maksudnya jika anda menggunakan pipa dengan ukuran 4 inchi yang mana dengan aliran 2500 galon per jam, berarti ukuran volume ideal dari tangki pengendapan sekitar 250 galon

Dengan pengaruh gaya gravitasi,maka hal ini akan membuat sendimen serta kotoran  yang tadinya mengendap ke dasar kolam pengendapan akan segera tersapu bersih. Begitu pula yang terjadi pada kolam ikan koi anda,banyaknya  kotoran yang mengendap akan tersedot secara maksimal melalui saluran bawah dan nantinya akan ditampung pada tangki pengendapan. Persiapan Pembuatan Kolam Koi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now
WhatsApp