Cara Tips

Pengobatan Ikan Koi Dengan Garam

Pengobatan Ikan Koi Dengan Garam

Bagi para pemelihara Ikan Koi tentu sudah tidak asing lagi dengan pengobatan Garam Ikan koi. Nama ‘Garam ikan’ yang dimaksud disini adalah jenis garam murni yaitu dengan komposisi kimia NaCl (Natrium Clorida), dan ini merupakan jenis garam yang agak sedikit berbeda dengan jenis garam yang biasa untuk masak,yang kerap sekali digunakan sebagai penguat rasa pada makanan yang mengandung banyak yodium.

Perlu anda ketahui secara mendasar,bahwa penggunaan Garam dapur untuk mengobati ikan koi benar-benar tidak disarankan, hal ini disebabkan karena garam dapur bisa saja mengandung zat-zat lain yang tidak diperlukan dan justru akan membahayakan kehidupan ikan koi. Namun demikian dalam keadaan terpaksa, pemakaian garam dapur untuk mengobati ikan koi ini masih diperbolehkan dan dapat digunakan asalkan tidak terlalu sering.

Sejatinya garam ikan ini sudah sekian cukup lama dikenal dan digunakan sebagai salah satu obat alami untuk membasmi berbagai macam jenis parasit protozoa seperti Costia, Trichodina dan Chilodonella serta Cacing dan ektoparasit lainnya. Penggunaan Garam ini juga dapat membantu menjaga keseimbangan dalam proses osmoregulasi yang terjadi pada insang ikan koi,dan kebayakan disebabkan oleh ulkus bakteri dan dengan hal ini dapat membantu mengurangi stres pada koi anda.

Baca Juga: Cara Agar Ikan Koi Tidak Mudah Mati

Karena pada dasarnya garam ikan ini akan bekerja dengan cara yang berbeda tergantung jenis penyakit yang diobati,kebanyakan pengobatan penyakit yang di obati dengan garam adalah jenis jamur yang mengakibatkan tubuh ikan koi tumbuh luka atau serangan parasit, Garam merupakan cara aman untuk digunakan pada perawatan kolam dan juga tidak akan mempengaruhi filtrasi biologis yang bekerja di dalam filter kolam ikan koi sepanjang kadarnya tidak berlebihan.

Konsentrasi larutan garam yang sangat pekat,dapat dipakai untuk perendaman (pemandian) ikan koi yang ada di dalam jangka waktu yang cukup pendek. Disamping itu juga larutan dari garam ini juga bisa anda gunakan sebagai salah satu terapi suportif jangka panjang yang dapat anda gunakan untuk mensterilkan kolam koi anda.

Pengobatan Ikan Koi Dengan Garam

Garam dapat membunuh parasit

Garam ikan  ini dapat difungsikan secara optimal untuk digunakan secara maksimal dalam memberantas parasit bersel tunggal seperti Ich (white spot), jamur dan juga berbagai macam bakteri lainnya yang membahayakan kehidupan ikan koi.

Fungsi utama garam  juga dapat digunakan sebagai sebuah antiseptik dan tentunya bersifat juga anti jamur (fungisida). Namun,dalam hal ini sangat bertolak belakang dengan kejadian akhir-akhir ini,yakni dalam hal penggunaan garam sebagai fungisida relatif yang tentunya jarang dilakukan karena memang telah banyak bermunculan zat kimia atau jenis obat anti jamur dengan ke efektifan yang juah lebih akurat dan tentunya sangat cepat dan dibuat khusus untuk terapi ikan koi.

Membantu mengurangi koi stres

Bila ikan koi yang anda pelihara ini mengalami keadaan stress, maka hal ini  akan sangat mengganggu dalam kelangsungan proses osmoregulasi yang bekerja di dalam tubuh ikan koi. Hal ini lah yang akan terjadi terutama pada ikan koi yang baru saja masuk ke kolam. Maka,oleh karena itu penggunaan garam dapat digunakan untuk membantu dan mengurangi rasa stres pada ikan koi secara optimal.

Pemakaian garam dalam kasus ini dapat dilakukan dengan cara menaburkan garam dengan konsentrasi rendah yaitu sekitar 5 gram per liter air kolam. Proses ini juga dapat membantu anda untuk meringankan rasa stres osmotik pada ikan koi dengan cara mengurangi gradien osmotik sehingga dapat mengurangi aliran air ke dalam tubuh koi.

Mengendalikan kolmnaris

Penambahan garam dalam yang dilakukan di dalam kolam ini merupakan hal yang sangat efektif dalam mencegah serangan bakteri yang disbeut dengan fexibactercolumnaris, yang mana jenis infeksi semacam itu akan menginfeksi ikan koi dengan pertanda muncul luka dengan warna putih di sekitar mulut ikan koi seperti terserang jamur.

Terkadang akan menampakkan sebuah tanda yang jauh lebih parah,yakni terdapat semacam luka di bagian insang ikan koi,bila sudah terjadi demikian,maka pengobatan dengan garam saja tak akan cukup. Maka,untuk segera memberi pakan yang telah di campur dengan obat teramicin (1,5 gram per 20kg berat ikan )untuk jangka waktu selama 10 hari.

Pengobatan Ikan Koi Dengan Garam

Mengendalikan jamur sprolegnia

Dengan menggunakan bahan alami seperti garam,maka hal ini dapat  menghindarkan ikan koi dari berbagai macam jenis jamur serta parasit yang menempel dan akan sangat berbahaya dalam kurun waktu yang singkat, termasuk parasit jenis saprolegnia yang tanda seranganya berupa munculnya serabut mirip kapas berwarna kehijauan.

Mengurangi keasaman hujan .

Menurunya kadar pH di dalam air yang terjadi secara mendadak akan menyebabkan stress bagi ikan koi.Dan biasanya ikan koi ini akan tampak resah dan akan mencoba untuk lari kesana kemari,dan bahkan ada yang rela melompat-lompat.

Ketika dalam hal ini kondisi ikan koi akan menunjukan perbaikan dan juga secara optimal mampu mengurangi rasa stress pada ikan koi. Bila air kolam ini terjadi peningkatan dalam keasaman,maka sudah pasti pemberian air garam akan tetap berlanjut sampai 3 hari kedepan.

Dalam hal semacam ini terjadinya sebuah kasus dimana tingkat keasaman di dalam kolam tidak kunjung normal,maka hal ini diperlukan penambahan buffer untuk menurunkan kadar keasaman, seperti hydrated time yang dapat diperoleh di toko ikan.

Mengurangi Stress Saat Handling & Penyortiran

Dengan rutin melakukan pembilasan dengan air yang dicampur dengan garam,atau lebih tepatntya ketika anda sedang memilih, menyortir atau penaganan yang berhubungan langsung dengan ikan koi maka hal ini akan membantu ikan koi akan menjadi lebih tenang dan siap bila harus mendapat tekanan yang tak diduga seperti dikejar kejar jaring, diangkat, dibolak-balik, dll.

Fungsi Garam akan bekerja efektif dengan cara membebaskan ingus ikan koi agar tidak kelebihan,dan dengan bercampurnya garam kedalam air dapat berfungsi untuk merangsang pelepasan agar zat amoiak dan asam nitrat dari dalam darah. Hal Ini tentu saja dapat membantu  untuk menciptakan keseimbangan kadar darah dan jaringan tubuh lainya.

Mengurangi Stres Pengangkutan ikan

Konsentrasi setinggi setidaknya berkisar antara 1% dan hal ini dapat pula digunakan secara aman dalam kurun waktu yang agak lama juga, sesampai di tempat tujuan, pemberian garam juga masih sangat diperlukan untuk kepentingan yang sama, mengurangi stress dan relak sasi bagi otot- otot tubuh ikan.

Mengendalikan problem pada insang ikan koi

Salah satu masalah ikan di kolam yang paling menonjol adalah adanya sisa-sisa dari pakan ikan koi itu sendiri (bila pemberian berlebihan) yang akan berdampak pada akumulasi berlebih dan menjadi `tamu`asing pada jaringan insang.

Kondisi semacam inilah yang nantinya akan sering mengundang berbagai polemik kesehatan pada saluran insang. Pemberian garam secara rutin, sedikitnya seminggu sekali akan membersihkan insang dan juga kulit tubuh dari kelebihan lendir yang berisi `tamu-tamu` asing dan partikel /organisme lain yang menempel.