Bisnis

Memulai Bisnis Ikan Koi

Memulai Bisnis Ikan Koi

Jenis ikan koi merupakan salah satu jenis ikan hias yang biasa hidup di air tawar yang mana jenis ikan hias yang satu ini memang banyak digemari oleh para pecinta ikan hias.

Sejatinya jenis Ikan koi ini merupakan salah satu jenis ikan hias yang berasal dari kawin silang antara jenis ikan mas atau ikan karper,yang mana jenis ikan hias yang satu ini merupakan jenis ikan yang berasal dari negara jepang, yang mana jenis ikan ini sangat banyak digemari oleh berbagai orang khusus nya di negara Indonesia, hal ini dikarenakan ikan koi ini mempunyai warna serta corak nya yang indah dan juga sangat beragam. Di negara asalnya Jepang.

Biasanya, jenis ikan koi ini tidak dipelihara di dalam akuarium,melainkan di budidayakan di kolam,sebab keindahan ikan koi ini terdapat pada bagian punggungnya. Selain itu,ukuran kolam yang kebanyakan luas dan besar yang lebih besar juga memungkinkan koi bisa bergerak lebih leluasa.

Baca Juga: Tips Singkat Pembuatan Kolam Ikan Koi

Ciri Khas ikan koi :

  • ย ย ย  Ikan koi sangat senang menggosokkan tubuhnya di pinggir atau dasar kolam.
  • Ikan koi ini dominan membutuhkan oksigen dalam jumlah yang begitu melimpah
  • Ikan koi ini sangat menyukai kolam bertipeย  rarus
  • Ikan koi ini memerlukan paparan cahaya matahari secara langsung untuk menjaga keindahan pada sisiknya
  • Ikan koi cenderung lebih menyukai air dengan suhu hangat daripada suhu dingin

Memulai usaha sampingan ikan hias koi.

Jika anda tertarik untuk menekuni budidaya ikan koi, maka sebaiknya anda terlebih dahulu untuk melakukan perbandingan keuntungan budidaya ikan koi atau memilih budidaya ikan konsumsi. Sebagai catatan saja,bahwa jenis usaha di bidang budidaya ikan hias ini akan memberikan sebuah potensi keuntungan yangย  cukup menjanjikan dan mempunyai prospek yang lebih besar pula. Karena hal ini lebih mementingkan dari segi kualitas saja, jenis ikan hias koi ini juga mempunyai harga yang cukup mahal dan biasa nya per ekornya pun dapat mencapai ratusan ribu,tergantung jenis serta ukuran yang anda pilih. Sementara, untuk ikan konsumsi dihargai per kilo. Maka, dengan sebuah perbandingan yang dilakuakn semacam ini maka dapat di pastikan bahwa harga jual untuk ikan hias jauh lebih mahal dari pada ikan yang hanya untuk kebutuhan konsumsi.

Memulai Bisnis Ikan Koi

Konsumen yang sudah menyukai jenis ikan hias pun akan berani membayar dengan tarif yang lebih mahal,hanya untuk menyalurkan kesenangannya saja. Karena tidak mengejar kuantitas, maka dengan ini usaha budidaya ikan hias tidak memerlukan tempat usaha yang luas. Anda juga tidak perlu susah payah untuk membangun kolam ikan yang luas, Cara pemeliharaan ikan hias koi ini juga hampir sama dengan pemeliharaan ikan konsumsi dan bahkan relatif lebih mudah dan cenderung efisien. Memulai Bisnis Ikan Koi

Begitu pula dengan pemeliharaan ikan koi. Yang mana jenis Ikan koi ini bisa anda pelihara di dalam kolam semen ataupun jenis kolam tanah. Untuk pembuatan kolam ikan koi ini minimal anda membangun dengan Ukuran panjang kolam sekitar 2 meter dan lebar 3 meter, dan itu pun sudah cukup bagi ikan koi untuk berenang.

Supaya tidak menghambat dalam hal pertumbuhan dan dapat pula merusak warna punggung ikan koi, maka anda dapat menagtur kedalaman kolam yang telah dianjurkan oleh para breeder yakni 50 – 100 centimeter saja. Dengan ukuran semacam itu sudah cocok untuk mencegah agar ikan koi tidak sering melompat, lalu ada ambang batas antara jarak air ke bibir kolamย  yang direkomendasikan minimal 30 centimeter saja.

Dalam hal pembuatan kolam ikan koi,maka tentunya akan sangat berhubungan erat dengan pendistribusian air. Selain,itu anda pun juga harus senantiasa untuk memperhatikan estetika dalam kolam, maka anda pun harus sedikit memperhatikan tentang perencanaan dalam hal pendistribusian air bersih yang hendak du pasok di dalam kolam. Pengelolaan air ini merupakan suatu hal yang sangat penting. Yang mana distribusi air yang baik haruslah yang mampu untuk mengalirakan air bersih ke semua kolam. Selain itu juga,pastikan agar jalur koneksi dengan sistem penyaringan juga diperhatikan secara seksama. Desain kolam yang baik akan menjadikan pemakian pompa air menjadi lebih efektif.

Memulai Bisnis Ikan Koi

Perihal cara serta penerapan budidaya ikan koi sudah admin paparkan untuk anda,maka tak lengkap jika admin tidak mengulas juga tentang kekurangan serta kelebihan budidaya ikan koi,yang mana ulasan ini merupakan opini pribadi dari admin sendiri,dan hanya sebagai perbandingan saja. Memulai Bisnis Ikan Koi

Keistimewaan dalam memelihara ikan koi

1. Ikan Koi Mudah beradaptasi.

Jenis Ikan koi ini merupakan salah satu jenis ikan koi yang bisa hidup disegala macam lingkungan dan tidak perlu memilih milih tempat. Misalkan saja,ketika anda ingin memelihara ikan koi ,maka anda memilih berbagai jenis kolam yang anda senangi baik di dalam kolam tanah atau kolam semen,maupun di kolam terpal sekalipun tentunya dengan jumlah ikan koi yang harus disesuaikan pula. Asalkan saja tetap rutin untuk suhu airnya agar tidak berubah secara drastis.

2. Ikan koi adalah jenis ikan omnivora

Artinya ikan koi merupakan salah satu jenis ikan yang mau menerima semua jenis makanan apapun,tak hanya pelet,namun pakan racikan pun juga akan mau. Namun untuk perihal makanan utamanya adalah jenis pellet, dan tentunya dalam hal ini sudah banyak dijual dipasaran atau sentra toko ikan hias, selain pelet ikan koi ini juga menyukai makananย  sayur-sayuran atau udang-udang kecil.

3. Ikan Koi Mempunyai Umur Yang Panjang

Jenis ikan koi merupakan salah satu jenis ikan hias yang mempunyai umur yang bisa dikatakan berumur panjang,tercatat ada salah satu jenis ikan koi yang mencapai usia hamprย  200 tahun, dengan fenomena seperti ini,maka sangat cocok sekali bila ikan koi ini harus dipelihara dan dijadikan untuk peliharaan seumur hidup.

Kekurangan memelihara ikan koi

  1. Butuh tempat yang luas

Ikan koi merupakan salah satu jenis ikan hias yang harus membutuhkan oksigen yang tinggi dan dibutuhkan setiap saat, maka dari itu kita tidak bisa menempatkan ikan ini dalam aquarium yang kecil apalagi jika anda memeliharanya dalam jumlah yang banyak. Jadi kalau pun anda ingin memelihara ikan koi ini di wadah aquarium, maka setidak nya jumlah nya tidak banyak dan juga selalu untuk menyediakan aquarium yang cukup besar agar ikan koi lebih bebas berenang dan tidak saling berebut oksigen.

  1. Ikan koi membutuhkan perhatian lebih

Ketika anda sudah matang dan memutuskan untuk memelihara ikan hias koi ini, maka kalian harus selalu siaga dan bersiap-siap dalam hal pemeliharaannya,yang mana meliputi kebersihannya, makanan, dan pemeliharaan aquarium atau kolam dengan rutin menguras setengah dari air kolam tersebut. Memulai Bisnis Ikan Koi

3. Pestisida

Pestisida merupakan satu jenis zat pembunuh yang mana dalam hal ini menyebabkan kematian pada ikan koi,jika kolam ikan koi yang anda kelola dialiri air dari selokan, tentu saja zat pestisida ini bisa saja masuk dan bercampur dengan air kolam dengan sangat mudah.