13 Jenis Makanan Ikan Koi Alami dan Buatan

Makanan Ikan Koi. Ikan koi hampir semuanya pemakan omnivora dan dapat mengkonsumsi berbagai jenis buah-buahan, sayuran dan hewan, tidak seperti kebanyakan ikan pada umumnya. 

Meski demikian, masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memberi makan buah dan sayuran berserat tinggi. Sering orang bertanya, Apa Makanan Ikan Koi ? Makanan Ikan Koi adalah semua jenis pakan yang bisa dikonsumi oleh ikan koi baik dari bahan nabati maupun hewani.

Ikan koi tidak dapat mencerna protein terlalu tinggi dan kandungan serat yang kasar karena tidak mempunyai lambung seperti ikan lainnya. Kotoran yang dihasilkan akibat makanan ikan koi yang buruk dapat menyebabkan sistem pompa filter mati akibat kotoran ikan koi yang berserat. 

makanan ikan koi

Makanan ikan koi yang baik tentunya harus dapat memenuhi kebutuhan nutrisi ikan koi tersebut. Selain itu anda juga perlu memperhatikan pemeliharaan kolam yang digunakan untuk membudidayakan ikan koi ini.

 

Jika kolam ikan koi yang Anda miliki memenuhi standar perawatan ikan koi, tentunya hal positif untuk Anda agar tetap menjaga dan bisa memaksimalkannya dengan memilih pakan koi yang tepat. 

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pakan ikan koi. Seperti diketahui, ikan koi ini dari dahulu memang terkenal dengan sifatnya yang omnivora yang artinya dapat memakan tumbuhan dan hewan kecil yang mengelilinginya.

Pakan ikan koi terbagi menjadi dua jenis yaitu alami dan buatan. Kebanyakan makanan ikan koi terdiri dari sayuran, roti, cacing bahkan buah. Tentu pakan yang bisa diberikan pada ikan koi adalah udang dan cacing, namun ikan koi juga menyukai ganggang hijau atau algae. Bisa juga diberikan ulat, pakan alami yang mengandung kandungan protein tinggi untuk ikan.

Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa memberi makan ikan koi sendiri-sendiri sehingga bisa memberikan nutrisi yang maksimal.

Memilih bibit ikan koi yang bagus pula tidak kalah berarti bagaikan langkah dini buat membudidayakan ikan koi terbaik yang di idamkan. Oleh karena itu jangan pula salah seleksi penyedia bibit ikan koi. Hendaknya cari yang baik serta percayakan saja pada JOGLO KOI FARM dengan alamat website jualikankoi. id. Sebab disini ialah penyedia ikan koi luar biasa unggulan serta dipastikan tidak mengecewakan.

JOGLO KOI FARM

Mojoroto gg 8 Barat. Kota Kediri, Jawa Timur

Hubungi:  082339754779

Makanan Ikan Koi Alami

Makanan Ikan Koi Dibagi menjadi 2 jenis yaitu Pakan Alami dan Buatan. Dari Segi Ukuran, Pakan ikan koi burayak, pakan ikan koi kecil, pakan ikan koi dewasa maupun Pakan Ikan Koi Indukan.

Alga hijau

Di dalam kolam ikan koi hal yang positif ialah yang terdapat banyak sekali tanaman alga hijau,nah sebenarnya peran alga hijau ini sangat bagus untuk ikan koi agar pigmen warnanya selalu terjaga. Namun dari segi tampilan, kolam yang dipenuhi ganggang hijau sangat tidak sedap dipandang karena membuat air kolam menjadi kehijauan dan kotor.

Kerapas kepiting dan udang

Kepiting dan udang sangat baik diberikan pada ikan koi sehingga dapat mencerahkan warna pigmen ikan koi.

Caranya yaitu dengan menghaluskan kepiting dan udang hingga halus, lalu tambahkan air dan kanji hingga membentuk pasta.

Setelah semua bahan tercampur, pakan racikan ini dilanjutkan dengan tahapan mengukus dan setelah itu pakan dapat disimpan untuk nantinya di kasihkan ke ikan koi beberapa kali.

Untuk pemberian pakan dapat dilakukan 2 kali sehari yaitu pagi dan sore hari dengan ukuran 1/40 dari berat ikan koi. Misal jika panjang ikan koi 30 cm maka anda bisa memberikan 2 buah pasta seukuran kelereng.

Buah Semangka

Semangka ini merupakan alternatif berikutnya dalam pemberian pakan ikan koi,jenis buah ini merupakan buah yang banyak mengandung  air, semangka, juga bisa menjadi makanan ikan koi. 

Buah Semangka ini tentunya Tidak hanya berkutat pada kandungan air dan seratnya saja, semangka juga mengandung karbohidrat yang dibutuhkan ikan koi. Namun, perlu diingat untuk tidak memberi makan semangka secara berlebihan karena akan mengganggu kesehatan ikan koi.

Ulat sutera

Ulat sutera juga merupakan sumber makanan alami yang baik untuk ikan koi. Kandungan protein yaitu asam amino yang terdapat pada ulat sutera sangat baik untuk produksi telur dan sperma yang berkualitas baik. Pengambilan sumber protein seperti ulat sutera penting dilakukan karena jika ikan koi kekurangan asam amino dan protein, perkembangan ikan koi juga akan lambat dan dapat menyebabkan deformasi tulang belakang.

Gandum dan kedelai

Gandum dan kedelai merupakan sumber lemak yang juga merupakan nutrisi yang baik untuk ikan koi. Lemak tersebut akan menyediakan asam lemak seperti trigliserida dan juga fosfolipid yang merupakan komponen vital membran di sekitar dinding sel.

Pada dasarnya ikan koi dapat menghasilkan hampir semua asam lemak yang dibutuhkan kecuali asam linoleat yang hanya bisa didapatkan dari makanan seperti gandum dan kedelai.

Lemak esensial penting karena jika ikan koi kekurangan zat ini akan menyebabkan kerusakan pada sirip, gangguan jantung bahkan gangguan hati.

Pakan yang Diberikan Pada Ikan Koi

Minyak ikan atau Fish Oil

Minyak ikan atau minyak ikan mengandung lemak atau lemak yang merupakan komponen penting dalam makanan ikan koi. Lemak sangat berguna sebagai sumber energi ikan koi dan juga meningkatkan penyerapan vitamin. Minyak ikan mengandung omega 3, EPA dan DHA yang sangat baik untuk ikan koi, namun perlu diingat untuk tidak memberikan minyak ikan secara berlebihan pada ikan koi.

Sorgum dan kentang

Sorgum dan kentang juga merupakan makanan penting untuk memberi nutrisi pada ikan koi. Gabungkan pakan pellet dengan sorgum dan kentang secara bergiliran untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ikan koi.

Zooplankton Daphnia

Bagi anda yang ingin membudidayakan ikan koi dan ingin menghasilkan pertumbuhan larva ikan koi yang berkualitas, dapat diberikan zooplankton daphnia yang sangat baik sebagai pakan alami karena sangat cocok dengan bukaan mulut larva.

Kuning telur

Larva ikan koi juga sangat baik bila diberi pakan tambahan alami berupa kuning telur rebus agar pertumbuhannya lebih cepat dan tingkat kelangsungan hidupnya juga lebih tinggi.

Tepung ikan dan tepung cumi-cumi

Kedua jenis tepung ini juga sangat baik untuk pakan alami ikan koi. Beberapa jenis bahan hewani akan memenuhi kebutuhan gizi ikan koi dan dalam pemberian pakan ini akan lebih baik bila dikombinasikan dengan bahan nabati seperti bungkil kedelai, tepung jagung, tepung daun, tepung terigu dan sebagainya.

Marigold dan daun paprika

Daun marigold dan juga buah paprika adalah jenis buah yang merupakan sumber protein yang baik untuk memberikan ikan koi warna yang lebih cerah dan cerah. Kedua sumber makanan nabati ini bisa dicampur bersama dengan food pellet ikan koi atau roti.

Pakan yang Diberikan Pada Ikan Koi

Lumut

Lumut sejatinya sering menempel dan mampu tumbuh di dasar kolam koi tidak hanya mencegah ikan koi terluka saat berenang di dasar kolam, tetapi juga menjadi sumber makanan alami bagi ikan koi.

Oleh karena itu, saat membersihkan kolam koi, hindari menyikat lumut hingga bersih. Namun jika tampilannya agak menyeramkan, Anda bisa membersihkannya dan menggantinya dengan jenis pakan alami lainnya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ikan koi.

Bawang putih

Bawang putih tidak hanya menyehatkan tubuh manusia tetapi juga merupakan obat alami ikan koi untuk melawan berbagai penyakit.

Bawang putih dapat menyembuhkan penyakit ikan koi seperti KHV atau Koi Herpes Virus. Penyakit ikan koi bersifat akut, ganas, dan menyebabkan kematian masal ikan koi dalam waktu yang cukup cepat.

Untuk membuat pakan ikan koi dengan bawang putih caranya adalah dengan membersihkan bawang putih dari kulitnya kemudian di blender hingga halus dan disaring untuk memisahkan sari dari daging bawang putihnya.

Cara pemberiannya adalah 50 gram per 100 ml air hingga 70 gram per 100 ml air. Pastikan ukurannya tidak lebih besar karena rumus tidak akan bekerja dengan sangat efektif.

Jus bawang putih tersebut kemudian ditaburkan ke pakan ikan koi dan diangin-anginkan agar jus bawang putih bisa menyatu dengan pakan. Setelah dijemur, pakan bisa diberikan ke kolam ikan koi.

Pemberian pakan bawang putih dapat diberikan dua kali sehari jika ikan telah terpapar KHV, namun untuk pencegahan dapat diberikan seminggu sekali.

Pakan Ikan