Jenis

Kupas Tuntas Jenis Ikan Koi Kohaku

Kupas Tuntas Jenis Ikan Koi Kohaku

Sejatinya jenis ikan koi merupakan salah satu jenis ikan hias yang banyak dibudidayakan akhir-akhir ini,pasalnya selain ikan ini mempunyai varian jenis serta mempunyai berbagai macam warna serta corak yang beragam ikan ini juga mempunyai nilai jual yang cukup tinggi.

Budidaya jenis ikan hias koi ini memang cukup menjanjikan,namun juga tidak membuat akan jenis yang satu ini kalah dengan jenis ikan yang lainnya. Filosofi ikan yang berasal dari negeri sakura jepang ini memang mempunyai pesona yang tak pernah membosankan,terlebih dengan ikan koi jenis kohaku yang mana jenis ikan koi yang satu ini merupakan jenis ikan koi tertua dari semua jenis yang ada. Mari kita ulas secara mendalam mengenai ikan koi jenis kohaku.

Beberapa sumber literasi dari berbagai sumber mengatakan bahwa  awal mula ditemukannya jenis koi kohaku ini dimulai pada tahun 1804 dan 1829,jenis kohaku ini merupakan ikan koi yang sangat terkenal di berbagai dunia dan dianggap sebagai ikan koi tertua di dunia,ikan koi kohaku ini mempunyai ciri khas warna merah dan putih.

Sebelum ikan koi kohaku ini muncul dengan warna putih dan merah,sebelumnya juga pernah ditemukan ikan koi dengan perpaduan warna nada-nada Red carps hitam. Ikan dikenal untuk Hookazuki.

Baca Juga: Jenis Ikan Koi Terbaik

Nah,dari ikan koi  jenis inilah yang kelak menjadi cikal bakal jenis koi kohaku yang mempunyai warna putih cerah. Lalu di kemudian hari terdapat pula jenis ikan koi dengan warna putih diresapi dengan warna yang mirip dengan api yang di dominasi oleh warna merah menyala,dan kelak varian tersebut  disebut dengan Higoi. Kupas Tuntas Jenis Ikan Koi Kohaku

Kupas Tuntas Jenis Ikan Koi Kohaku

Varietas ikan kohaku ini akan terus tumbuh secara besar-besaran terutama di daerah Niagata, yang mana hingga sekarang ulayat tersebut dikenal sebagai pusat untuk budidaya ikan koi terutama jenis kohaku. Tipe koi kohaku yang terkenal hingga sekarang merupakan hasil dari keturunan Hachi Hi, diriwayatkan bahwa dahulu kala salah satu ikan koi betina  dengan kepala merah,lalu disilangkan dengan Stud Sokura Kana di tahun 1880.

Penilaian pola dari merah dan putih pada kohaku:

Karena ikan koi jenis kohaku ini merupakan tipe ikan koi yang paling sederhana dalam hal pola, maka untuk melakukan sebuah penilaian untuk ikan koi ini akan menjadi sangat ketat dan menegangkan. Biasanya dalam kontes besar penilaian ikan koi jenis kohaku ini berdasarkan pada Pola,serta warna Merah dan putih yang sesua. Dari hal tersebutlah bisa dikatakan menjadi salah satu faktor penentu untuk penilaian jenis koi kohaku. Pola yang paling seimbang dianggap memiliki penilaian yang tinggi.

Pola Ikan Koi Kohaku:

Secara Umum,ikan  koi jenis Kohaku memiliki karakteristik warna Merah (Hi), dan juga  warna putih tulang. Pola kohaku idealnya memiliki kedalaman warna yang bagus,halus,dan yang lebih penting lagi adalah jika warna Merah (Hi) memiliki sebuah garis tegas, lalu perpaduan pola yang seragam. Batas garis merah dan hitam disebut “kiwa”.

Warna Merah pada ikan koi kohaku ini harus benar-benar merah menyala layaknya sebuah api,hal ini merujuk bahwa ada juga jenis ikan koi kohaku yang biasanya terdapat dua varian warna, yaitu antara warna merah sedikit kekuning-kuningan, namun juga cenderung agak gelap, dan ada juga warna yang tidak mudah untuk memudar. Namun,akan tetapi warna ini dianggap kurang elegan dan kurang istemewa.

Kupas Tuntas Jenis Ikan Koi Kohaku

Pola kohaku selanjutnya adalah perpaduan antara warna kecokelatan dan warna merah. Yang mana jenis koi kohaku yang satu ini mampu menghasilkan warna yang indah, atau bisa juga semi-transparan, namun dari waktu ke waktu  warna tersebut mudah memudar.

Jenis koi kohaku lainnya yang tak kalah bagus adalah yang mempunyai warna putih dan bahkan seputih salju. Warna yang tergolong jelek biasanya mempunyai warna putih namun sedikit kekuningan. Hal ini dianggap dapat membuat warna merah tidak menonjol.

Pola kohaku sejatinya terdiri dari warna Hi atau warna merah, yang mana persentase nya mencapai angka 50 sampai 70% dari keseluruhan tubuh koi terutama jenis kohaku. Kupas Tuntas Jenis Ikan Koi Kohaku

Tipe-tipe kohaku:

Sesuai pola yang tersebar banyak di dunia inilah beberapa pola yang ada pada jenis koi kohaku.

Inazuma kohaku, koi kohaku jenis ini,merupakan jenis yang mempunyai pola warna merah yang terus berlanjut dari mulai kepala hingga ke ujung ekor, namun,akan tetapi biasanya jenis kohaku ini akan terlihat zig zag saat dilihat dari atas. Secara harfiah, Inazuma ini mempunyai artian sebagai Petir.

Nidan kohaku, kohaku yang satu ini mempunyai ciri-ciri memiliki dua tanda hi (dua nuansa warna merah seperti di tubuhnya).

Sandan Kohaku, merupakan jenis koi kohaku yang memiliki tiga warna Merah (3 warna merah yang berbeda pada tubuhnya).

Yondan kohaku adalah jenis koi kohaku yang memiliki sebuah tanda,dan terdapat  4 tanda dengan warna merah

Goten zakura kohaku, jenis kohaku yang satu ini memiliki sebuah warna seperti bunga ceri. Yang notabene berwarna Merah brindle dan membentuk sebuah warna seperti anggur.

Kanoko kohaku, sebuah jenis kohaku dengan kepala penuh warna merah cerah, namun pada bagian dari tubuhnya berwarna merah brindle. Ini sebenarnya termasuk dalam Koi Kawarimono, bukan Kohaku.

Gin Rin Kohaku, dengan perpaduan seperti ini kohaku cenderung mempunyai warna putih mengkilap layaknya minuman susu. Bahkan zat pigmen yang terdapat pada jenis koahku ini akan memantulkan cahaya ketika di dalam ruangan yang minim cahaya..

Maruten Kohaku, Jenis kohaku yang satu ini merupakan varian kohaku dengan pola yang cukup dominan dan tentunya mempunyai warna Merah merona yang terselimuti di beberapa bagian lain dari tubuh koi kohaku. Kupas Tuntas Jenis Ikan Koi Kohaku

Di antara sekian banyak jenis ikan koi kohaku yang admin sebutkan diatas,kebanyakan para penggemar ikan koi, terdapat salah satu corak atau perpaduan warna yang tidak begitu disukai dan masuk dalam kategori non unggulan,di antaranya adalah jenis kohaku Bozu dan Menkaburi.

Jenis kohaku Bozu adalah istilah untuk koi fishaku yang mana jenis yang satu ini tidak memiliki warna merah di bagian kepalanya. Warna merah untuk kohaku ini merupakan hal yang sangat penting. Bozu biasanya dihindari karena alasan kecantikannya. Tetapi jika faktor lain seperti halnya bentuk tubuh, maka harus dipertimbangkan lebih dalam lagi.

Jenis kohaku Menkaburi dalam bahasa jepang disebut dengan topeng. Artinya, jika kepala koi kohaku ini diisi dengan warna merah,maka warna tersebut akan melewati batas mata, bahkan ada juga yang sampai ke mulut. Jenis menkaburi juga tidak terlalu diharapkan, dan selama lomba, jenis ini sangat mungkin tidak lulus bahkan pada tahap awal sekalipu

 

Ukuran Ikan Koi KohakuHarga/Ekor
Ikan Koi Kohaku 7-12 cmRp 70.000
Ikan Koi Kohaku 12-18 cmRp 100.000
Ikan Koi Kohaku 18-25 cmRp 160.000
Ikan Koi Kohaku 25 cmRp 190.000
Ikan Koi Kohaku 30 cmRp 550.000
Ikan Koi Kohaku 45a cm-upRp 750.000