pakan ikan koi

Kumpulan Jenis Pakan Ikan Koi Selain Pelet

Posted on

Pakan ikan koi yang paling bagus diberikan adalah pakan yang bisa merangsang pertumbuhan ikan koi, meningkatkan warna ikan koi sekaligus menjaga kesehatan ikan koi tersebut.

Ikan koi sendiri mempunyai fungsi metabolisme tubuh bagus saat suhu mencapai lebih dari 21 derajat celcius, karena itulah pakan yang mengandung nutrisi penting sangat dibutuhkan untuk ikan koi.

Komposisi yang seimbang harus selalu diperhatikan selain tentunya juga memperhatikan dari beberapa aspek lain seperti kualitas air, kepadatan ikan, luas kolam, faktor keturunan dan lainnya. Berikut ini, kami memiliki beberapa nama Pakan ikan koi selain pelet yang sangat baik untuk diberikan pada ikan koi dan mengandung nutrisi yang dibutuhkan ikan koi.

Cacing sutera

Cacing sutera menjadi salah satu pakan bagus yang bisa diberikan untuk ikan koi. Dalam cacing sutera memiliki protein yakni asam amino yang sangat dibutuhkan ikan koi agar bisa menghasilkan sel telur dan juga sperma yang berkualitas.

Jika ikan koi kekurangan nutrisi protein, maka akan menghambat pertumbuhan ikan koi dan juga bisa menyebabkan deformasi tulang belakang ikan koi.

Kedelai

Kedelai bisa menjadi sumber protein yang baik bagi koi supaya bisa menyimpan trigliserida dan juga fosfolipid yang menjadi bagian dari komponen vital penting diseluruh dinding sel.

Apabila ikan koi kekurangan asam lemak esensial seperti kandungan yang terdapat pada kedelai, maka bisa membuat sirip ikan menjadi rusak, masalah jantung dan juga kesehatan hati yang terganggu.

Roti

Roti yang mengandung karbohidrat tinggi juga baik untuk pembentukan energi yang digunakan sebagai metabolisme ikan koi. Akan tetapi, dalam pemberian roti ke ikan koi juga tidak boleh terlalu berlebihan, sebab jika terlalu diberi asupan yang tinggi akan karbohidrat bisa menyebabkan menurunnya kemampuan hati untuk menyimpan glikogen.

Bekicot

Ikan koi yang merupakan hewan omnivora ini membuatnya bisa mengkonsumsi beberapa jenis pakan alami hewani seperti bekicot. Bekicot sangat baik untuk digunakan sebagai pakan ikan koi sebab akan membantu pertumbuhan ikan koi semakin maksimal.

Ganggang

Ganggang hijau yang sering tumbuh pada bagian dasar kolam ikan ini juga sangat baik sebagai Pakan ikan koi selain pelet. Ganggang hijau mengandung banyak karoten yang bermanfaat supaya warna ikan koi bisa terjaga dan mempengaruhi pigmentasi warna merah.

Akan tetapi, jika karoten terlalu banyak dikonsumsi oleh ikan koi dan konsentrasinya terlalu tinggi maka akan menghasilkan pigmen putih pada koi sehingga warnanya berubah menjadi merah muda.

Jeruk

Salah satu jenis buah-buahan yakni jeruk merupakan Pakan kesukaan dari ikan koi dan memiliki nutrisi serta vitamin tinggi yang sangat dibutuhkan ikan koi. Namun untuk ikan koi yang belum terbiasa mengkonsumsi buah-buahan, harus dilakukan secara bertahap agar ikan koi bisa beradaptasi dengan pakan buah tersebut.

Udang

Udang merupakan Pakan alami yang bagus untuk ikan koi sebab bisa meningkatkan pigmen warna atau chromatophores pada ikan koi yang terletak dibagian kulit ikan koi.

Apabula ikan koi kekurangan chromatophores maka warna koi akan berubah menjadi albino atau berwarna putih.

Salmon

Salmon juga menjadi Pakan baik untuk ikan koi sebab mengandung karoten tinggi yang akan membuat warna dari ikan koi semakin cemerlang dan juga cerah selain itu juga akan memenuhi kebutuhan protein ikan koi tersebut.

Selada Air

Selada air menjadi pakan alami ikan koi untuk memenuhi nutrisi ikan koi khususnya serat yang sangat dibutuhkan supaya pencernaan koi bisa bekerja dengan lancar. Untuk pemberian selada ini bisa dilakukan sebanyak 1 minggu sekali saja.

Kuning Telur

Kuning telur menjadi pakan tambahan yang sangat bagus untuk diberikan pada larva koi atau burayak namun pemberiannya harus dibatasi karena akan membuat air kolam lebih cepat keruh.

Untuk pemberian kuning telur ini adalah beberapa butir kuning telur rebus dicampur dengan air dan diberikan pada kolam ikan koi.

Cacing Darah

Selain cacing sutera, cacing darah juga sangat baik untuk diberikan pada ikan koi. Dalam cacing darah atau juga dikenal dengan sebutan bloodworm ini memiliki banyak nutrisi penting yang dibutuhkan ikan koi seperti mineral, protein dan juga lemak.

Cacing darah ini sering dijadikan pakan utama oleh para pemelihara ikan koi. Untuk mendapatkan cacing darah ini bisa mencarinya langsung di alam atau membelinya di toko ikan hias yang umumnya dijual dalam keadaan beku.

Kutu Air

Pilihan pakan ikan koi selanjutnya adalah kutu air. Meskipun kutu air memiliki ukuran yang sangat kecil namun mengandung banyak nutrisi yang penting untuk ikan koi. Kutu air ini umumnya lebih sering diberikan sebagai pakan anakan koi dan untuk nutrisi terbaik, maka pilih kutu air yang masih hidup.

Bayam dan Kangkung

Bayam dan kangkung yang merupakan jenis sayuran ini juga sangat baik untuk diberikan sebagai pakan ikan koi. Dua macam sayuran ini mengandung pigmen warna merah yakni astaxanthin serta pigmen warna kuning yakni lutein, akan tetapi kandungan pigmen warna kunign jauh lebih tinggi pada jenis sayuran ini ketimbang pigmen warna merahnya.

Bayam dan kangkung juga memiliki kandungan serat tinggi yang sangat disukai ikan koi dan baik untuk pencernaan. Apabila pencernaan ikan koi terjaga dengan baik, maka kotoran akan berbentuk padat dan besar. Namun jika koi kekurang serat alami, maka kotorannya akan tampak berlendir.

Sistem pencernaan koi yang tergganggu juga akan menyebabkan nafsu makan ikan koi juga menurun dan daya tahan tubuh ikan koi juga semakin berkurang sehingga mudah terserang penyakit.

Jenis Pakan Lain

  • Kepiting
  • Tomat
  • Kubis
  • Wortel
  • Jentik nyamuk
  • Jangkrik
  • Tepung ikan
  • Tepung udang
  • Gandum
  • Sawi
  • Cabe Hijau
  • Krill
  • Trout
  • Cacing rambut

Pemberian Pakan Koi

Untuk memberi makan ikan koi sebaiknya dilakukan dengan tepat dari segi takaran, ukuran jenis dan juga waktu pemberian pakannya. Apabila pemberian makan tidak dilakukan dengan benar, maka akan menghambat pertumbuhan dari koi dan warna juga semakin pudar.

Volume Pemberian Pakan

Volume pakan yang diberikan pada ikan koi juga sebaiknya tidak terlalu berlebihan dan juga tidak terlalu kurang. Sebab jika pakan tersisa, maka akan membuat air menjadi kotor dan mengendap di dasar kolam. Sselain itu, produksi kotoran ikan atau feses juga semakin bertambah sehingga membuat kotoran koi yang terlalu lama mengendap berubah menjadi busuk dan menghasilkan zat amonia yakni racun untuk ikan.

Meskipun kolam ikan koi sudah dilengkapi dengan filter, akan tetapi endapan juga masih akan tersisa di dasar kolam dan semakin membebani kinerja dari filter tersebut. Sebaliknya, jika pakan yang diberikan kurang, maka bentuk badan ikan koi menjadi kurang proporsional.

Pakan Anakan Koi

Untuk pakan anakan koi yang berumur kurang dari 1 tahun dengan panjang badan antara 15 sampai 25 cm serta berat 50 sampai 110 gram bisa diberikan pakan dengan jumlah 5 persen dari berat tubuh anakan koi atau sekitar 2.5 sampai 5 gram untuk satu ekor anakan koi setiap harinya.

Demikian ulasan yang bisa kami berikan kali ini mengenai Pakan ikan koi selain pelet. Semoga bisa bermanfaat dan menambah informasi anda khususnya pemula pemelihara ikan koi.

Artikel selanjutnya : Jual Ikan Koi

One thought on “Kumpulan Jenis Pakan Ikan Koi Selain Pelet

Comments are closed.