Kumpulan-Jenis-Pakan-Ikan-Koi-Alami-dan-Pengobatan

Kumpulan Jenis Pakan Ikan Koi Alami dan Pengobatan

Posted on

Kumpulan Jenis Pakan Ikan Koi Alami dan Pengobatan

Ikan koi pada dasarnya adalah pemakan segala dan bisa mengkonsumsi beberapa jenis buah, sayuran dan juga hewan tidak seperti kebanyakan ikan pada umumnya. Akan tetapi, tetap ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memberikan beberapa buah serta sayuran yang mempunyai kadar serat tinggi.

Kadar serat yang terlalu kasar dan tinggi tidak bisa dicerna baik oleh ikan koi dan juga menyebabkan sistem pompa filter menjadi terganggu karena kotoran ikan koi yang berserat tersebut. Berikut ini adalah daftar pakan ikan koi alami yang bisa anda gunakan supaya ikan koi peliharaan anda bisa tumbuh dengan sehat.

GREENFISH KOI FARM
Dsn. Bulurejo Kawedusan Kec. Plosoklaten Kabupaten Kediri
M. Menot (08113030175)

Ganggang Hijau

Di dalam kolam ikan koi yang banyak mengandung ganggang hijau sebenarnya sangat baik untuk ikan koi sehingga pigmen warna bisa selalu terjaga. Akan tetapi jika dilihat dari segi penampilan, kolam yang dipenuhi dengan ganggang hijau ini kurang sedap dilihat sebab membuat warna air kolam terlihat seperti kehijauan dan tidak bersih.

Kerapas Kepiting dan Udang

Kerapas kepiting dan juga udang sangat baik untuk diberikan pada ikan koi sehingga mencerahkan warna dari pigmen ikan koi.

Cara membuatnya adalah menghaluskan kerapas kepiting dan juga udang sampai halus lalu tambahkan dengan air dan kanji sampai membentuk pasta.

Setelah semua bahan tercampur lanjutkan dengan mengukus pakan dan bisa disimpan untuk memberik makan ikan koi sampai beberapa kali.

Untuk pemberian pakan bisa dilakukan 2 kali sehari yakni pagi dan sore dengan ukuran 1/40 berat ikan koi. Sebagai contoh jika panjang ikan koi adalah 30 cm, maka bisa diberikan 2 butir pasta dengan ukuran kelereng.

Semangka

Salah satu jenis buah-buahan yang banyak mengandung air yakni semangka juga bisa menjadi salah satu makanan untuk ikan koi. Tidak hanya mengandung air dan serat, namun semangka juga memiliki kandungan karbohidrat yang dibutuhkan ikan koi. Akan tetapi, perlu diingat supaya tidak memberikan semangka secara berlebihan sebab akan berakibat buruk untuk kesehatan ikan koi.

Cacing Sutera

Cacing sutera juga menjadi sumber makanan alami yang baik untuk ikan koi. Kandungan protein yakni asam amino yang terdapat pada cacing sutera sangat baik untuk menghasilkan sel telur dan juga sperma berkualitas baik. Pemberian sumber protein seperti cacing sutera ini menjadi penting sebab jika ikan koi kekurang asam amino dan juga protein, maka perkembangan tumbuh ikan koi juga akan berjalan lamban serta bisa mengakibatkan deformasi tulang belakang.

Gandum dan Kedelai

Gandum dan kedelai merupakan sumber lemak yang juga menjadi salah satu nutrisi baik untuk ikan koi. Lemak akan menyediakan fattyacids seperti trigliserida dan juga fosfolipid yang merupakan komponen vital dari membran di sekeliling dinding sel.

Pada dasarnya, ikan koi bisa memnghasilkan hampir seluruh asam lemak yang dibutuhkan kecuali asam linoleat yang hanya bisa didapatkan dari asupan makanan seperti gandum dan kedelai.

Lemak esensial menjadi penting sebab jika ikan koi kekurangan zat ini, maka akan menyebabkan kerusakan pada sirip, masalah jantung dan juga hati.

Minyak Ikan atau Fish Oil

Minyak ikan atau fish oil mengandung lemak atau fat yang merupakan komponen penting dalam makanan ikan koi. Lemak sangat berguna sebagai sumber tenaga ikan koi dan juga meningkatkan penyerapan vitamin. Dalam minyak ikan mengandung omega 3, EPA dan DHA yang sangat bagus untuk ikan koi, namun perlu diingat agar tidak memberikan minyak ikan secara berlebihan pada ikan koi.

Sorgum dan Kentang

Sorgum dan kentang juga menjadi makanan penting untuk memberikan nutrisi pada ikan koi. Kombinasikan pemberian pakan berupa pelet dengan sorgum dan juga kentang secara bergantian sehingga kebutuhan nutrisi ikan koi bisa terpenuhi.

Zooplankton Daphnia

Untuk anda yang ingin membudidayakan ikan koi dan ingin menghasilkan pertumbuhan larva ikan koi berkualitas, maka bisa diberikan zooplankton daphnia yang sangat baik sebagai pakan alami sebab cocok dengan bukkan mulut larva.

Kuning Telur

Larva ikan koi juga sangat baik jika diberikan pakan tambahan alami berupa kuning telur rebus sehingga pertumbuhan akan lebih pesat dan presentase bertahan hidup juga akan semakin besar.

Tepung Ikan dan Tepung Cumi

Kedua jenis tepung ini juga sangat baik diberikan untuk pakan ikan koi alami.. Beberapa jenis bahan hewani ini akan memenuhi kebutuhan nutrisi pada ikan koi dan dalam pemberian pakan ini akan lebih baik jika dikombinasikan dengan bahan nabati seperti tepung kedelai, tepung jagung, tepung daun, tepung gandum dan lain sebagainya.

Daun Marigold dan Paprika

Daun marigold dan juga paprika adalah sumber protein yang baik untuk memberikan warna lebih cerah dan tegas pada ikan koi. Kedua sumber makanan nabati ini bisa dicampurkan bersama dengan roti ataupun pelet makanan ikan koi.

Lumut

Lumut yang tumbuh di dasar kolam ikan koi tidak hanya mencegah perut ikan koi terluka saat sedang berenang di dasar kolam namun juga menjadi sumber makanan alami untuk ikan koi.

Oleh karena itu, saat membersihkan kolam ikan koi sebaiknya hindari menyikat lumut sampai bersih. Akan tetapi jika penampilannya terlihat cukup mengganggu, maka anda bisa membersihkannya dan mengganti pakan alami berjenis lain untuk mencukupi kebutuhan gizi ikan koi.

Bawang Putih

Bawang putih ternyata tidak hanya menyehatkan untuk tubuh manusia, namun juga menjadi tonik alami bagi ikan koi dalam melawan berbagai penyakit.

Bawang putih bisa menyembuhkan penyakit ikan koi seperti KHV atau Koi Herpes Virus. Penyakit ikan koi ini bersifat akut, ganas dan menyebabkan kematian pada ikan koi secara massal dalam waktu yang cukup cepat.

Untuk membuat pakan ikan koi dari bawang putih, caranya adalah dengan membersihkan bawang putih dari kulitnya lalu di blender sampai halus dan disaring untuk memisahkan sari dengan ampas bawang putih.

Untuk pemberiannya adalah 50 gram per 100 ml air sampai 70 gram per 100 ml air. Pastikan ukuran tidak melebihi sebab formula tidak akan bekerja dengan efektif.

Sari bawang putih lalu disemprotkan pada pakan ikan koi dan dianginkan supaya sari bawang putih bisa menyatu dengan pakan. Sesudah kering, maka pakan tersebut bisa diberikan ke kolam ikan koi.

Pemberian pakan dengan bawang putih ini bisa diberikan sebanyak 2 kali sehari jika ikan sudah terkena penyakit KHV, akan tetapi untuk pencegahan bisa diberikan 1 kali dalam seminggu.

Ciplukan

Daun dan buah ciplukan juga bisa dimanfaatkan sebagai pakan ikan koi alami sebab mengandung physalin, asam klorogenat dan juga elaidic acid yang bermanfaat untuk menyembuhkan kemerahan atau radang pada ikan koi.

Cara membuatnya adalah dengan merebus 15 sampai 30 gram buah dna daun ciplukan dalam 100 ml air dan setelah dingin dicampur dengan air kolam tempat ikan koi sakit tersebut.