Kolam Minimalis Ikan Koi

Kolam Minimalis Ikan Koi. Ketika anda ingin berhasrat untuk membangun kolam ikan koi dan benar-benar ingin memelihara ikan koi,namun sedikit ada masalah tentang keterbatasan lahan.Hal ini tentunya seringkali menjadi pertimbangan untuk anda dengan mengurungkan niat agar tidak jadi membangun kolam ikan di rumah, apalagi jika Anda tinggal di daerah perkotaan. Namun kolam ikan dengan gaya kolam minimalis akan mengatasi hal ini karena memenuhi aspek estetika yang diinginkan, karena air dan ikan kecil memberikan efek relaksasi setelah bekerja. Hal ini mungkin karena seluruh area pekarangan atau pekarangan rumah Anda tidak membutuhkan kolam ikan minimalis.

Banyak manfaat yang bisa Anda rasakan dengan membuat kolam ikan minimalis, di antaranya: Membuat rumah semakin indah. Apalagi jika rumah Anda penuh dengan taman pepohonan dan kebun. Ini akan menciptakan suasana baru dan asri bagi penghuninya. Selain terasa sejuk dan tentram, memiliki kolam ikan di rumah diyakini bisa membawa keberuntungan bagi penghuninya.

Kolam Minimalis Ikan Koi

Panduan Membangun Kolam Ikan Koi Minimalis

Jadi dengan tegas anda tidak usah hiraukan lagi dalam hal membuat kolam ikan koi di rumah. Kali ini akan admin jelaskan kepada anda yang  ingin membuat kolam ikan koi dengan gaya minimalis, 

1. Desain Kolam Ikan Koi

Sebagai tambahan dan juga dapat anda jadikan sebagai bahan referensi untuk mengetahui tentang apa saja dan bagaimana desain kolam gaya minimalis tersebut. Maka,anda pun bisa mencari di internet atau tanya tanya kepada sanak saudara yang secara kebetulan mempunyai kolam ikan koi walaupun dengan ukuran mini, atau anda pun juga bisa menemukan referensi ditempat lain seperti di majalah atau buku panduan. 

Sesuaikan desain dengan luas rumah dan lebar pekarangan Anda. Jangan memaksakan diri untuk membangun kolam seperti yang diharapkan. Selanjutnya, sesuaikan desain kolam minimalis dengan tema rumah. Untuk hunian tipe minimalis sepertinya lebih cocok jika desain kolam berbentuk persegi atau persegi panjang. Jika medan lebih banyak, desain melingkar atau melengkung akan menjadi alternatif berikutnya. Anda bisa memperbaiki dan berkreasi sendiri dengan membuat kolam minimalis seperti yang diharapkan.

2. Ukuran Kolam

Gambarlah desain yang diinginkan, lalu buat menjadi mungkin. Sebelumnya, tentukan ukuran kolam yang ingin Anda bangun. Sesuai dengan namanya, kolam ikan minimalis biasanya tidak membutuhkan ukuran yang sangat besar. Misalnya berukuran sekitar 2×1 / 2 m, Anda sudah akan memiliki kolam yang indah dengan air mancur sederhana di tengah, dan taman minimalis di tepinya yang dihiasi batu alam. Faktor penting lainnya dalam pengukuran kolam adalah lokasi penempatan kolam. Harus strategis bagi seluruh anggota rumah tangga untuk menikmatinya dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Misalnya, memperbesar ukuran halaman beranda Anda. Kemudian Anda bisa memperpanjang kolam ikan yang ingin Anda buat. Atau halaman depan Anda terlalu kecil dan Anda tidak perlu memaksanya menjadi halaman depan agar dilihat banyak orang. Jika letak atau ukuran medan lebih memadai Anda bisa membuatnya di bagian samping atau belakang rumah. Prinsipnya simple dan asri yang membuat rumah menjadi lebih menarik.

Kolam Minimalis Ikan Koi

3. Bahan Baku Pembuatan Kolam Minimalis

Membuat kolam yang indah tidak selalu harus mahal, Anda hanya harus lebih diskriminatif dengan bantuan yang Anda berikan kepada orang lain. Meski begitu, memiliki satu bahan yang masih di luar jangkauan orang kebanyakan atau jarang ada orang yang beli. 

Bahan baku pembuatan kolam minimalis yang bagus mungkin membutuhkan biaya yang sedikit agak banyak namun tentu saja akan membuat kolam yang anda buat menjadi lebih kuat dan lebih tahan lama. Barang-barang dengan harga yang cenderung murah hanya akan membuat Kolam yang anda bangun akan tampil cantik di awal dan bersifat sesaat saja antara 1 atau bahkan kurang dari 1 tahun, dan sisanya akan menimbulkan puing-puing reruntuhan dinding kolam akibat bahan yang murah,dan pastinya lama kelamaan akan membutuhkan banyak pengeluaran juga untuk memperbaiki.

Sebagian besar bagian  inilah yang nantinya akan jadi topik khusus yakni mencari pengganti bahan yang rusak dan yang sudah tak layak pakai, atau Anda bisa juga anda akali dengan cara sederhana yakni dengan sedikit menambahkan elemen atau metarial lain untuk menunjang usia pada kolam, seperti taman mini yang bisa anda taruh di samping kolam, atau dengan bantuan batu alam, atau patung air mancur mini.

4. Isi kolam dengan Ikan Koi Pilihan

Untuk tipe kolam minimalis sebaiknya memilih mengisinya dengan ikan berukuran kecil dan sedang seperti ikan koi dan ikan mas. Ikan koi dipercaya membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Jenis ikan koi ini juga termasuk kedalam jenis ikan hias yang sangat mudah dirawat dengan catatan anda harus rutin dalam hal  pergantian air,minimal 2 atau 3 minggu sekali. 

Yang terpenting adalah memilih jenis ikan yang mudah dirawat dan tentunya ketika anda sudah paham akan perawatan ikan koi maka anda tidak perlu lagi khawatir dan tidak perlu melakukan perawatan khusus. Anda bisa menambahkan tanaman air kecil ke kolam atau hal lain yang mudah perawatannya.

Kolam Minimalis Ikan Koi

Anda bisa memikirkan ornamen lain untuk mengisi kolam dengan selera dan keinginan Anda. Kolam ikan minimalis bisa dibangun tidak hanya di pintu tetapi juga di dalam ruangan. Namun untuk mendapatkan keindahan dan kesan natural, Anda harus membuatnya di pekarangan rumah.

Pertimbangan untuk membangun kolam minimalis

Beberapa hal berikut ini bisa menjadi pertimbangan Anda, saat membangun kolam minimalis, agar semua elemen dapat bekerja dengan harmonis dan indah, di antaranya:

Tata letak kolam

Setelah menentukan lokasi kolam yang akan dibangun, pertimbangkan intensitas cahaya matahari yang menerpa area kolam. Paparan sinar matahari yang berlebihan akan membuat air kolam rentan terhadap pertumbuhan berlebih dari lumut dan alga yang berakibat pada kondisi kolam yang kotor.

Terlepas dari faktor estetika, pilih lokasi teduh untuk kolam yang akan membuat hewan peliharaan Anda berkembang biak dengan baik.

Volume air

Penempatan ikan yang berlebihan dan tidak sebanding dengan volume air yang tersedia hanya akan perlahan menyebabkan hewan peliharaan Anda mati, akibat kekurangan oksigen. Volume air yang tidak sesuai juga cenderung membuat air kolam keruh.

Asupan oksigen. Ketersediaan oksigen yang melimpah pada air tambak merupakan salah satu ciri tambak yang baik. Oleh karena itu, air harus dibiarkan mengalir dan bergerak. Caranya dengan menggunakan pompa submersible yang berfungsi menghisap dan mendorong serta mengaduk-aduk air melalui sistem filter. Selain itu, oksigen juga dapat dihasilkan dengan menempatkan aerator di dasar kolam yang berfungsi menghasilkan gelembung udara yang baik untuk hewan peliharaan Anda.

Kedalaman kolam. Faktor ini biasanya ditentukan oleh jenis ikan peliharaan yang akan mengisi kolam. Misal, jika ingin meletakkan ikan koi, maka kolam minimal diperlukan kedalaman 80cm. Hal ini disebabkan ikan koi bergerak dan berputar secara vertikal yaitu naik turun.

Memisahkan Tumbuhan Air

Untuk menjaga kualitas air di dalam kolam dan untuk memudahkan pemeliharaannya, maka perlu dilakukan pemisahan tanaman air yang ada dengan keberadaan ikan di dalam kolam.