Budidaya

Kiat Sukses Budidaya Ikan Koi

Kiat Sukses Budidaya Ikan Koi

Jenis Ikan hias Koi merupakan salah satu jenis ikan hias yang telah menjadi sebuah simbol cinta dan persahabatan khusus nya bagi masyarakat di negara Jepang. Ada juga sebagian orang yang telah menganggap bahwa ikan koi merupakan jenis ikan hias yang mampu membawa sebuah keberuntungan dan juga kehokian. Namun,akan tetapi secara umum jenis ikan hias koi dapat berfungsi sebagai ikan hias yang dapat menambah keindahan pada eksterior rumah.

Apakah anda tahu ? Bahwa sesungguhnya jenis ikan koi ini masih ada kaitan erat dengan jenis ikan mas atau bisa juga ikan karper. Maka,dengan hal ini tidak mengeherankan kalau di negeri matahari terbit ikan KOI ini dahulunya sering disebut Ikan karper bersulam emas.

Kiat Sukses Budidaya Ikan Koi

Di satu sisi ikan koi ini mempunyai warna yang cantik dan jenis yang cukup banyak,harga jual ikan koi ini juga relatif lebih mahal dan tak kalah dengan jenis ikan hias lainnya seperti louhan ataupun ikan hias arwana,banyak orang yang sukses berbisnis di bidang ikan koi dan ada pula yang mungkin merasa rugi.

Baca Juga: Cara Memelihara Ikan Koi

Kerugian ini disebabkan oleh berbagai macam faktor,dan yang sering menjadi masalah saat akan budidaya ikan koi adalah minim nya pengetahuan akan ikan koi itu sendiri,baik dari segi pemilihan indukan,atau ketika ikan koi jatuh sakit. Maka,untuk meminimalisir kejadian semacam itu,alangkah baiknya untuk anda terutama yang awam,untuk sejenak mencermati tulisan yang akan admin urai di bawah ini

Alasan Berbisnis Koi

Alasan berbisnis ikan koi yang pertama dapat dilihat dari sisiΒ  ekonomi atau juga biasa dari persoalan pendapatan. Yang manaΒ  jenis ikan koi merupakan salah satu ikan hias yang mempunyai harga yang tergolong sangat tinggi hingga saat ini. Untuk ikan koi yang mempunyai corak indah, maka akan dibanderol dengan harga selangit,dan bahkan ada juga ikan koi yang mempunyai harga sekitar 20 juta rupiah.

Alasan kedua mengapa usaha ikan koi adalah dari faktorΒ  pasar. Ya,faktor kedua ini cukup menentukan untuk usaha dibidang ikan koi,dan terbilang cukup mengesankan dan sangat bagus dalam jangka panjang, terlebih di negara Indonesia sendiri saat ini masih banyak sekali para pecinta ikan koi yang mempunyai jumlah permintaannya tidak pernah surut. Seperti dijelaskan di atas, ada salah satu daerah di kawasan Jawa timur ini terkenal karena menjadi sentra usaha serta budidaya ikan koi yakni di wilayah kabupaten Kediri,yang mana tak hanya penjualan dalam wilayah dalam negeri saja,bahkan sudah merambah ke dunia pasar global.

Kiat Sukses Budidaya Ikan Koi

Bersamaan dengan itu maka bisnis akan ikan koi semakin berkembang secara pesat dan juga mempunyai kualitas akan produksi yang dihasilkan, tak hanya pasar global saja,namun untuk pasar ikan koi kategori lokalan saja juga terus menunjukan progress positif dari waktu ke waktu.

Terlebih dari tahun ke tahun penggemar ikan koi ini terus melancarkan perburuan mereka dan mencari cari jenis ikan koi dengan varian corak yang cukup ini,guna untuk melengkapi koleksi ikan koi mereka. Banyak pula dari kalangan yang tergolong awam yang banyak menyukai ikan koi ini,dan setidaknya digunakan hanya untuk menghiasi kolam yang ada di pekarangan rumah atau bisa juga untuk menghiasi kolam di area taman dan juga berada lokasi-lokasi umum.

Memulai usaha sampingan ikan hias koi.

Jika anda tertarik untuk menekuni budidaya ikan koi, maka sebaiknya anda terlebih dahulu untuk melakukan perbandingan keuntungan budidaya ikan koi atau memilih budidaya ikan konsumsi. Sebagai catatan saja,bahwa jenis usaha di bidang budidaya ikan hias ini akan memberikan sebuah potensi keuntungan yangΒ  cukup menjanjikan dan mempunyai prospek yang lebih besar pula. Karena hal ini lebih mementingkan dari segi kualitas saja, jenis ikan hias koi ini juga mempunyai harga yang cukup mahal dan biasa nya per ekornya pun dapat mencapai ratusan ribu,tergantung jenis serta ukuran yang anda pilih. Sementara, untuk ikan konsumsi dihargai per kilo. Maka, dengan perbandingan semacam ini harga jual ikan hias jauh lebih mahal dari pada ikan untuk konsumsi. Kiat Sukses Budidaya Ikan Koi

Konsumen yang sudah menyukai jenis ikan hias pun akan berani membayar dengan tarif yang lebih mahal,hanya untuk menyalurkan kesenangannya saja. Karena tidak mengejar kuantitas, maka dengan ini usaha budidaya ikan hias tidak memerlukan tempat usaha yang luas. Anda juga tidak perlu susah payah untuk membangun kolam ikan yang luas, Cara pemeliharaan ikan hias koi ini juga hampir sama dengan pemeliharaan ikan konsumsi dan bahkan relatif lebih mudah dan cenderung efisien.

Begitu pula dengan pemeliharaan ikan koi. Yang mana jenis Ikan koi ini bisa anda pelihara di dalam kolam semen ataupun jenis kolam tanah. Untuk pembuatan kolam ikan koi ini minimal anda membangun dengan Ukuran panjang kolam sekitar 2 meter dan lebar 3 meter, dan itu pun sudah cukup bagi ikan koi untuk berenang.

Agar tidak menghambat pertumbuhan dan tentunya dapat merusak warna punggung pada tubuh ikan koi, maka anda dapat membuat kolam koi dengan kedalaman yang dianjurkan antara 50 hingga 100 centimeter saja. Dalam hal ini bertujuan untuk mencegah ikan koi melompat, dan pastikan agar jarak air ke bibir kolam minimal 30 centimeter. Dan satu hal lagi,jangan lupa untuk membuat saluran pembuangan yang berada tepat di bawah kolam dengan penyaluran air yang bersih dari atas menggunakan sebuah pipa atau selang.

Kiat Sukses Budidaya Ikan Koi

Desain pembuatan kolam ikan koi ini tentunya sangat berhubungan erat dengan pendistribusian air. Selain memperhatikan estetika dalam kolam, maka anda harus juga memperhatikan tentang perencanaan dalam hal pendistribusian air bersih di dalam kolam. Pengelolaan air ini merupakan suatu hal yang sangat penting. Yang mana distribusi air yang baik haruslah yang mampu untuk mengalirakan air bersih ke semua kolam. Selain itu juga,pastikan agar jalur koneksi dengan sistem penyaringan juga diperhatikan secara seksama. Desain kolam yang baik akan menjadikan pemakian pompa air menjadi lebih efektif.

Untuk menjaga agar pertumbuhan ikan koi ini tetap stabil,maka hal yang anda perlukan adalah pasokan air yang cocok. Maksud kami disini adalah derajat keasaman (pH) air yang cocok untuk ikan koi sekitar 6 sampai 8. Pastikan juga agar sirkulasi air ini tetap terjaga dengan menggunakan bantuan pompa yang dapat menyalurkan airΒ  sebanyak 35 liter per menit. Untuk penyaringan air, menggunakan beberapa tahap penyaringan. Kiat Sukses Budidaya Ikan Koi

Kedalaman Kolam Ikan Koi

Sebagian orang mungkin akan beranggapan bahwa agar dapat menikmati keindahan ikan Koi, mereka meyakini dapat membuat Kolam Koi yang dangkal yakni antara 30 cm sampai 50 cm saja, sehingga ikan Koi sangat mudah untuk dilihat, pendapat semacam itu sebenarnya sah-sah saja,namun akan tetapi jenis Kolam dengan kedalaman yang dangkal,nantinya akan membuat Ikan koi tidak bisa tumbuh secara maksimal.

Bila Ikan Koi dengan ukuran jumbo dipelihara pada Kolam dengan kedalaman yang Dangkal,maka lambat laun akan membuat tubuh ikan koi ini menjadi bengkok. Kiat Sukses Budidaya Ikan Koi