Jual Ikan Koi Tancho

Jual Ikan Koi Tancho. Ikan koi, atau ikan mas pada umumnya, adalah jenis ikan hias yang berasal dari dua negara, yaitu Cina dan Jepang. Pada dasarnya, ikan hias jenis ini merupakan hasil dari berbagai jenis persilangan ikan mas dan gurame.

Kali ini kami akan sedikit menjelaskan kepada anda tentang Ikan Koi jenis Tancho,yang mana jenis ikan koi tancho ini merupakan ikan favorit bagi pembeli.

Ciri utama ikan koi tancho ini adalah adanya Bulatan Besar berwarna merah di bagian atas kepala ikan,dan bagian tubuh nya polos berwarna Putih bersih hingga sekujur tubuh.

Jual Ikan Koi Tancho

Nah.dengan bertambah nya pasokan ikan koi tancho di pasaran,membuat orang semakin penasaran tentang perawatan ikan koi tancho dan juga bagaiaman tahapan pembesaran ikan koi tancho ini. Jual Ikan Koi Tancho

Setelah anda dapatkan bibit atau indukan ikan koi jenis tancho ini,maka tahapan selajutnya adalah mengkarantina ikan koi tersebut,dengan hati2 dan penuh kesabaran,agar ikan koi tidak mudah stress dan sakit.

Maka dari itu,pahami dahulu tahapan-tahapan karantina ikan koi khusus nya jenis tancho,dibawah ini….

Pentingnya Karantina Ikan Koi Tancho

Alat yang diperlukan untuk semua penghobi dan pemilik ikan Koi Tancho adalah tangki atau wadah karantina tersendiri. Sangat disarankan agar Anda mengkarantina koi yang dibeli sebelum menambahkannya ke kolam Anda.

Ini karena kemungkinan ikan Koi Tancho yang baru dibeli, meskipun sudah berusaha keras untuk membasminya, dapat membawa parasit, bakteri, jamur, dan penyakit lainnya. Ikan Koi Tancho cenderung stres dan kelelahan saat diangkut dari peternakan atau taman kanak-kanak ke rumah pemilik baru mereka. Jual Ikan Koi Tancho

Penting bagi Anda untuk memberikan kondisi yang nyaman bagi koi Anda untuk beristirahat dan memulihkan diri dari perjalanannya.

 

Cara Karantina Ikan Koi Tancho

Dianjurkan agar ikan Koi Tancho yang baru dibeli disimpan di wadah karantina terpisah selama setidaknya 21 hari sebelum menempatkannya di kolam Anda untuk mengurangi risiko penyakit dan memberi mereka waktu untuk menyesuaikan diri.

Peralatan dasar wadah karantina meliputi:

Tangki atau wadah (volume 400-1000 liter)

Penutup jaring untuk tangki

Pompa dan filter kecil

Pompa angin

Termometer air

Kit uji untuk mengukur amonia, nitrat, pH, dan garam

Garam ikan

Pemanasan kolam atau akuarium

Penyiapan yang perlu disiapkan sebelum memperkenalkan Ikan Koi Tancho

  1. Siapkan tangki karantina tergantung pada ukuran koi Anda. Kami merekomendasikan volume 400-1000 liter.
  2. Isi tangki dengan air dari kolam Anda (dalam kondisi baik), air deklorinasi segar atau air sumur, tergantung pada air di kolam Anda.
  3. Idealnya, tangki karantina juga harus memiliki sistem filter, tetapi ventilator pompa udara juga akan berfungsi.
  4. Pertahankan suhu air 22 ° C atau lebih. Jika Anda memiliki akuarium yang lebih kecil, Anda dapat menyesuaikan suhunya dengan 1-2 pemanas akuarium.
  5. Tambahkan garam ikan hingga konsentrasi 0,3% di dalam tangki (sekitar 1 kg garam per 300 liter air).

Hal yang Dapat Dilakukan Setelah Menerima Ikan Koi Tancho

  1. Tempatkan ikan Koi Tancho Anda di akuarium karantina dan awasi dengan cermat selama 14-21 hari. Perhatikan baik-baik saat mereka memiliki masalah.
  2. Jika Anda tidak memasang sistem filter, penggantian air parsial sekitar 25% diperlukan setiap 2-3 hari. Tambahkan garam ikan untuk membantu aklimatisasi.
  3. Beri makan Koi Tancho Anda Makanan Koi yang mudah dicerna setiap hari.
  4. Periksa kadar nitrat dan amonia setiap hari.

Faktor perawatan ikan Koi Tancho

Ikan Koi Tancho yang sehat dan bahagia banyak faktornya, terutama jika tujuannya adalah untuk menghasilkan ikan champion. Dari perawatan lingkungan hingga perawatan harian, ada banyak hal yang harus diperhatikan sebelum dan sesudah Anda menerima koi dari peternak. Jual Ikan Koi Tancho

Lingkungan area yang disenangi  ikan Koi Tancho

Langkah pertama dalam memelihara Koi Tancho Anda adalah menciptakan lingkungan yang cocok untuk pertumbuhan Koi Tancho Anda, baik di kolam atau akuarium. Tabel berikut menunjukkan kondisi ideal untuk setiap lingkungan.

Lingkungan kolam koi

Ukuran ideal: 3-9 meter

Kedalaman: Idealnya 1,5 meter. Kedalaman di ruang makan harus minimal 60 cm dan area terdalam minimal 1 meter.

Lokasi: Idealnya di tempat yang memiliki cukup sinar matahari di pagi hari. Matahari memungkinkan oksigen menumpuk dan mencegah suhu air turun di musim dingin. Namun, terlalu banyak sinar matahari menyebabkan suhu air naik, mengurangi tingkat oksigen terlarut.

 Jadi Anda perlu tenang dan tetap berhati-hati.

Suhu air: idealnya 24-26 derajat Celcius. Koi adalah ikan air tawar berukuran sedang dan dapat beradaptasi dengan suhu air 8-35 derajat Celcius, tetapi suhu air yang cocok untuk mereka adalah 20-28 derajat Celcius.

Lingkungan akuarium ikan koi

Ukuran ideal: lebih tinggi dari 90 cm

Lokasi: Tempat datar dengan alas yang stabil dan tidak ada hujan atau sinar matahari langsung. Idealnya di tempat dengan sinar matahari yang cukup di pagi hari (seperti kolam).

Peralatan: Karena akuarium hanya berisi air dalam jumlah terbatas, kualitas airnya bervariasi, sehingga diperlukan sistem filter yang sangat efisien. Lapisan kerikil kecil dan bersih setebal 3 hingga 5 cm di dasar akuarium dapat berfungsi sebagai media filter.

Suhu air: 20-28 derajat Celcius adalah suhu yang sesuai, 24-26 derajat Celcius adalah suhu optimal.

Menambahkan ikan koi baru ke kolam

Setelah menerima koi yang Anda tunggu-tunggu, inilah saatnya menambahkan permata hidup ini ke kolam atau akuarium Anda. Tapi tunggu! Jangan langsung menaruhnya di kolam atau akuarium karena dapat menyebabkan perubahan besar pada kesehatannya.

Sangat penting untuk berhati-hati saat mengenalkan ikan koi ke lingkungan baru agar tidak stress. Anda harus mengingat langkah-langkah berikut saat memperkenalkan koi baru Anda ke lingkungan baru.

Langkah-langkah memasukkan ikan koi ke dalam kolam

  1. Jangan langsung membuka kantong plastik. Biarkan koi di dalam kantong plastik selama sekitar 20 menit sebelum membukanya secara perlahan.
  2. Masukkan air kolam ke dalam kantong plastik hingga setengah penuh.
  3. Biarkan koi terbiasa dengan air baru ini.
  4. Terakhir, perlahan-lahan letakkan Koi di kolam.

Langkah-langkah Membawa Ikan Koi ke Akuarium

  1. Tambahkan bak air dari akuarium Anda dan kantong plastik sehingga perbandingannya adalah 1: 1. Keluarkan koi dari tas dengan hati-hati dan letakkan di bak mandi.
  2. Ulangi proses tersebut dengan menambahkan bagian yang sama dari kantong plastik dan air akuarium ke dalam bak sampai suhu air di dalam bak sama dengan suhu air akuarium Anda.

Berikut beberapa tips tentang cara merawat Ikan Koi dengan benar:

* Pertama, kita perlu menyiapkan kolam Ikan Koi yang benar dan mendukung agar Ikan Koi bisa hidup dan berenang dengan nyaman di kolam tersebut. Antara lain: Menjaga kualitas air kolam Ikan Koi karena hal ini menjadi penentu keberhasilan dalam perawatan Ikan Koi dan bagaimana kolam Ikan Koi harus bebas bahan kimia.

 Biasanya kolam Ikan Koi baru yang bersemen masih berbau berbahaya. Rendam kolam dengan air hingga beberapa hari, bau semen akan hilang. Jika kita terus mengganti air selama seminggu kemudian mengganti air lagi seminggu kemudian dan merendamnya selama 5-7 hari, maka pertama-tama isi dengan ikan biasa untuk melihat apakah air kolam cocok untuk ikan. Kualitas air untuk mendukung perkembangan Ikan Koi yang optimal adalah sebagai berikut:

1.v suhu air berkisar dari 24-26 ° C,

2.v pH 7.2-7.4 (sedikit basa),

  1. v oksigen minimal 3-5 ppm,
  2. v CO2 maks 10 ppm,
  3. v nitrit maks 0,2.

Add a Comment

Your email address will not be published.