Jual Ikan Koi Tancho Sanke

Jual Ikan Koi Tancho Sanke. Ikan koi dikenal luas karena orang Jepang suka memelihara ikan ini dan memasarkannya ke negara lain. Orang Jepang percaya bahwa ikan ini membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Ikan ini dikatakan sebagai simbol persahabatan abadi dan cinta sejati. 

Ikan koi adalah jenis ikan mas atau karper yang memiliki nama ilmiah Cyprinus caprio. Budidaya ikan koi berkembang di Blitar berkat Presiden Soekarno yang dianugerahi penghargaan ikan Koi oleh pemimpin China. Ikan koi sudah populer di Indonesia sejak tahun 1960-an.

Pangsa pasar koi tumbuh dari waktu ke waktu, meskipun ikan tersebut kurang menarik di masa lalu. Ikan koi impor semakin mahal sehingga harga ikan koi lokal semakin kompetitif.

Jual Ikan Koi Tancho Sanke

Agar berhasil membudidayakan ikan koi, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini agar Anda tidak mengalami kerugian karena telah mengeluarkan uang untuk memelihara ikan tersebut.

Kali ini admin akan sedikit menginformasikan kepada anda tentang Ikan koi jenis Tancho Sanke,yang mana ikan koi jenis tancho sanke ini hampir sama dengan jenis koi tancho pada umumnya,namun ada beberapa faktor yang jadi pembeda antara kedua jenis ikan ini.

Jenis ikan Koi Tancho sanke ini memiliki bulatan pada bagian dahi atau atas kepala berwarna merah menyala, dan ada perpaduan warna hitam Bulat di sekujur tubuhnya,itulah yang membedakan antara ikan koi jenis tancho dan tancho sanke. Jual Ikan Koi Tancho Sanke

Tubuh koi tancho sanke ini sejatinya mempunyai warna putih susu dengan bercak hitam khas Koi yang memberikan kesan elegan. Siripnya warna putih susu dengan sedikit bercak hitam yang berpadu cantik. Satu ekor dari ikan Koi Tancho Sanke ini adalah Rp. 500.000,dengan rata-rata ukuran mencapai 28-32 cm.

Persiapan pemeliharaan ikan koi

Ikan koi bisa dikatakan simpel, mudah dan sulit dalam perawatannya, apalagi jika belum paham cara memeliharanya.

Banyak dari kita yang bertelur mati karena perawatan yang tidak tepat, terutama saat kita meletakkan ikan yang baru dibeli di kolam baru.

Nah, berikut beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum memulai ikan koi:

  1. Siapkan kolam / akuarium ikan koi

Pertama-tama perlu disiapkan tempat untuk ikan koi, bisa berupa kolam ikan atau akuarium.

Dan pada artikel kali ini kita akan membahas cara memelihara ikan koi di kolam ikan.

  1. Isi kolam dengan air bersih

Air bersih membuat ikan koi hidup dan bertahan lama. Selain bersih, kehati-hatian juga harus dilakukan untuk memastikan air yang Anda masukkan tidak terkontaminasi bahan kimia berbahaya yang dapat membahayakan kesehatan ikan.

Biasanya, kolam ikan koi yang baru dibuat (terutama yang terbuat dari semen) meninggalkan bau dan zat yang berbahaya bagi ikan.

Rendam kolam dalam air selama 2 minggu untuk menghilangkan bau dan zat berbahaya di dalam kolam. Gantilah dengan air baru setelah seminggu.

Pada minggu kedua, coba ganti airnya, dan untuk percobaan anda bisa memasukkan ikan kecil atau ikan lainnya.

Jika ikan mampu bertahan 1-3 hari, berarti kolam ikan tersebut cocok untuk menerima ikan Koi. Jual Ikan Koi Tancho Sanke

  1. Siapkan ikan koi

Setelah kolam disiapkan, ikan koi pun disiapkan. Jika Anda masih kurang paham harga pasar ikan Koi, silahkan baca artikel ini.

Sifat ikan koi yang baik

Bentuk tubuh ikan Koi ideal dan tidak kurus.

Ikan agresif / tidak diam di dasar kolam.

Organ tubuh ikan lengkap, disebut juga non-defective.

Warna ikannya ringan dan tidak kusam, serta tidak ada luka pada tubuhnya.

Anda juga bisa mengecek insang dan memetik ikan dengan insang berwarna terang.

  1. Taruh ikan koi di kolam

Sebelum Anda memasukkan ikan ke dalam kolam sebaiknya Anda mengarantina terlebih dahulu di dalam wadah / akuarium kecil agar ikan tidak stres saat ditempatkan langsung di kolam ikan.

Karantina selama satu malam, lalu masukkan ikan bersama dengan air di kolam ikan Koi.

Cara merawat ikan koi dengan baik

  1. Jaga kebersihan kolam

Ikan koi merupakan ikan yang tidak bisa hidup di air yang kotor dan keruh. Itulah mengapa Anda harus selalu menjaga kebersihan kolam.

Untuk menjaga ikan tetap bersih dan sehat, ganti 1/4 air kolam dengan yang baru. Selain menjaga kebersihannya juga bermanfaat untuk menghilangkan zat berbahaya yang dapat menyebabkan berbagai penyakit koi.

  1. Pakan secukupnya

Asupan makanan yang cukup membantu ikan tumbuh besar dengan cepat dan memperbaiki warnanya. Untuk ini Anda harus memberinya makan secara teratur minimal dua kali sehari, pada pagi dan sore / malam hari.

  1. Pantau kesehatan ikan

Lihat ikan koi yang sering Anda pelihara. Jika terlihat ikan menunjukkan gejala sakit, segera pisahkan dan tempatkan di karantina tersendiri. Segera minum obat.

  1. Pantau suhu kolam ikan koi

Suhu air sangat mempengaruhi pertumbuhan ikan koi. Suhu air yang ideal untuk ikan Koi adalah antara 24 dan 26 derajat Celcius.

Ganti air kolam setiap 2 minggu sekali

Agar kualitas air tambak koi tetap bagus dalam budidaya ikan koi, hal ini harus dilakukan dengan cara sebagai berikut:

Gantilah air kolam secara teratur. Sebaiknya ganti air kolam koi setiap 2 minggu sekali. Jual Ikan Koi Tancho Sanke

Metode ini dilakukan dengan menggunakan filter kecil. Tujuannya untuk menghilangkan sisa makanan dari zat beracun.

Bersihkan kolam dengan selang untuk menyedot dasar kolam. Sedangkan kotoran yang ada di permukaan diangkat dan dibuang. Selain itu, jangan terlalu sering melakukan pencucian karena dapat membuat ikan stres.

Membatasi jumlah ikan di kolam dan tingkat keasaman kolam

Pembatasan jumlah ikan dalam metode budidaya ikan koi bertujuan untuk meningkatkan jangkauan gerak ikan agar ikan koi tumbuh lebih optimal.

Kapasitas tambak yang kurang memadai (terlalu padat) dapat menghambat pertumbuhan ikan.

Selain membatasi jumlah ikan, Anda juga perlu memperhatikan keasaman air tambak ikan koi. Keasaman ikan Koi mencapai nilai 6,5-8,5 dan harus selalu dijaga agar ikan Koi selalu sehat.

Anda bisa menggunakan berbagai jenis media atau kolam budidaya ikan koi yang sesuai dengan kondisi dan budget yang Anda miliki. Berikut ini jenis-jenis kolam budidaya ikan koi yang harus Anda pahami.

Kolam utama

Kolam koi jenis ini sebaiknya terbuat dari semen atau kolam beton. Kolam utama sebaiknya dipisahkan antara koi jantan dan betina. Satu kolam bisa diisi dengan 1-2 ekor / m2 induk koi dengan kedalaman kolam minimal 1.2 m. Kolam utama harus memiliki sistem filtrasi dan aerasi tingkat tinggi.

 Kolam pemijahan

Kolam untuk pemijahan koi bisa menggunakan segala jenis kolam tanah, plastik, atau semen. Namun jika berencana menggunakan kolam beton atau semen, pertimbangkan kolam dengan dinding licin, kedalaman air maksimal 50 cm, luas kolam 3 x 4 m untuk koi dengan ukuran 50 cm, dan luas kolam 3 m x 2 m. Dibangun untuk induk koi berukuran 40. cm.

Kolam pembiakan

Kolam penetasan telur koi pemijahan bisa menggunakan akuarium, bak fiber, terpal, atau kolam permanen yang terbuat dari semen atau beton. Kolam penangkaran harus berdinding licin, ada caren agar panen lebih mudah, ada ventilasi dan kolam sebaiknya dipasang di dalam atau di luar ruangan.

Add a Comment

Your email address will not be published.