Jual Ikan Koi Tancho Goshiki

Ikan koi merupakan jenis ikan hias yang berasal dari negara Sakura “Jepang” ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Sekarang kita tidak perlu jauh-jauh ke Jepang untuk membeli ikan koi hias. Hal ini dikarenakan banyaknya pembudidaya ikan koi di Indonesia.

Ikan koi sudah dibudidayakan di Indonesia sejak lama. Banyak petani ikan koi yang sukses menghasilkan penjualan jutaan rupiah setiap bulannya. Selain manfaatnya yang menggiurkan, tidak sulit juga untuk membudidayakan ikan koi. Makanan ikan koi mudah didapat, hanya dengan menyediakan pellet ikan berkualitas tinggi maka ikan koi akan tumbuh besar dengan cepat.

Jual Ikan Koi Tancho Goshiki

Pada kesempatan kali ini,admin akan sedikit menjelaskan salah satu jenis ikan koi yang cukup kompatibel untuk anda pelihara atau anda budidayakan,yang akan admin bahas kali ini adalah jenis ikan koi Tancho Goshiki,yang mana sebenarnya jenis ini hampir sama dengan jenis Tancho pada umumnya,yakni mempunyai bulatan merah yang ada di bagian kepala,namun ada beberapa hal yang membedakan kedua jenis ikan ini,mari simak sama-sama perbedaan nya. Jual Ikan Koi Tancho Goshiki

Sekilas jenis ikan koi Tancho Goshiki ini untuk warna pada tubuh hampir mirip sekali dengan Jenis ikan koi Goromo. Tetapi pada jenis Koi Tancho Goshiki ini lebih mempunyai warna tubuh yang sama sekali tidak ada warna putih nya, malah sebaliknya jenis ikan koi Tancho Goshiki ini mempunyai warna pada tubuh berupa abu-abu dan agak sedikit pekat. 

Pada bagian kepalanya juga terdapat bulatan warna merah namun ada pula yang berwarna orange. Siripnya sendiri juga tak lepas oleh sisi gelap. Lanjut di bagian Di bagian punggung juga terdapat sebuah garis dengan ukuran cukup pendek dengan warna gelap,atau lebih ke warna hitam. Di pasaran saja Harga untuk 1 ekor  Ikan Koi Tancho Goshiki dibanderol dengan harga antara Rp. 800.000/ ekor,untuk ukuran 34-36 cm.

Bagi anda yang berminat untuk membesarkan ikan koi jenis Tancho Goshiki ini sebenarnya cukup mudah dan simple,hanya saja terdapat perawatan yang terbilang khusus untuk budidaya ikan koi jenis Tancho Goromo ini,apalagi menjaga warna hitam nya ini supaya kedepan nya tidak pudar dan berubah menjadi abu-abu muda.

Hal yang perlu anda perhatikan dalam menjaga warna ikan koi Tancho Goshiki ini terletak pada pemberian pakan yang berkualitas dan tentunya pakan yang optimal.

Di bawah ini adalah beberapa faktor yang menentukan warna ikan koi:

Chromatophores

Kualitas air

Warna latar belakang

Rumput laut koi

suhu

KROMATOPHOR

Kromatofor adalah pigmen penghasil warna pada sel kulit ikan Koi yang terdiri dari pigmen merah (eritrin), hitam (melanin) dan kuning (xantin).

Warna ikan koi didapat dari salah satu pigmen warna atau kombinasi dari ketiga pigmen warna tersebut. Misalnya, jika koi berwarna oranye, itu sebenarnya adalah kombinasi pigmen merah dan kuning. Misalnya koi berwarna coklat, itu adalah kombinasi pigmen hitam dan kuning.

Jika sel kulit koi tidak mengandung chromatophores, maka ikan koi adalah ikan albino putih. Jual Ikan Koi Tancho Goshiki

Ketajaman warna pada ikan Koi bergantung pada posisi kromatofor, juga kepadatan sel kulitnya. Semakin dekat dengan permukaan kulit, Koi akan semakin cerah dan ringan. Ketika kepadatan chromatophores semakin tinggi maka warna ikan koi juga semakin terang dan jernih.

Pigmen warna tersebut tidak disintesis oleh ikan Koi sendiri, tetapi diperoleh dari konsumsi pigmen warna dari makanan. Nah, itulah yang dimanfaatkan para breeder untuk bisa mengatur ketajaman dan kecerahan ikan Koi. Nutrisi makanan sangat penting dalam mencerahkan warna ikan koi.

Cara pertama untuk membuat warna ikan Koi lebih cerah adalah ikan koi yang tidak diberi pakan meningkatkan kepadatan pigmen warnanya akan menjadi lebih pucat dan kurang indah. Koi yang semula berkualitas baik bisa rusak jika pakan yang diberikan tidak menambahkan unsur peningkat pigmen warna.

Jual Ikan Koi Tancho Goshiki

Di alam liar, ikan koi mendapatkan pigmen warna dari makanan seperti alga, udang, siput, dan makanan lainnya.

Di kolam penangkaran, pigmen warna ikan koi ditambahkan ke makanan yang disebut pakan trailer warna.

Hanya saja, perlu diperhatikan juga agar makanan yang mengandung penambah warna ini tidak boleh diberi makan berlebihan. Contohnya ikan Koi jenis Kohaku. Memberi makan makanan dengan penambah warna yang berlebihan akan membuat pigmen eritrin menjadi terlalu kuat, menyebabkan warna putih kohaku berubah menjadi merah muda. Faktanya, ini tidak bagus untuk rasio Koi-Kohaku.

Jika demikian halnya, yaitu jika ikan koi memiliki makanan berlebih dengan penambah warna, pemberian pakan dapat dihentikan hingga warna koi kembali normal.

Jumlah chromathophores pada ikan koi cenderung konstan sepanjang hidupnya, sehingga kepadatan pigmen warna ini di dalam tubuh menurun seiring dengan bertambahnya ukuran koi akibat luas penampang ikan koi yang semakin besar. Wajar jika ikan koi yang sudah tua dan besar memiliki ketajaman warna yang agak pudar.

Kami telah menjelaskan pada artikel sebelumnya mengenai jenis ikan Koi bahwa jenis Sanke dan Showa dapat berubah warna seiring bertambahnya usia. Ini juga terkait dengan jumlah kromatofor yang terkandung di dalam sel kulit.

Sel kromatofor adalah sel bercabang. Sehingga pigmen warna bisa bergerak dan menyebar. Ini menyebabkan warna di tengah sel memudar dan menjadi pucat.

Inilah faktor utama yang menentukan warna ikan koi. Kromatofor sendiri dipengaruhi oleh makanan, kualitas air, warna latar, alga koi, dan suhu.

Makanan ikan koi, yang dirancang untuk mencerahkan dan mencerahkan warna ikan koi, mengandung karoten tinggi.

Makanan yang mengandung karoten antara lain wortel, rumput laut, rumput laut spirulina, chlorella, mangga, sawi, kol, cabai hijau, kepiting, krustasea, krill, trout, salmon, kutu air, jentik nyamuk, cacing rambut, cacing darah, dll. Lain-lain. Makanan ini dapat ditambahkan pada makanan ikan koi dan juga menambah nutrisi protein ikan koi. Selain itu juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi untuk pigmen warna kulit.

Cara membuat pakan mencerahkan warna ikan koi dengan kerapas kepiting dan udang

Pellet ikan koi direndam dalam air hangat selama kurang lebih 15 menit.

Giling cangkang udang dan cangkang kepiting hingga halus.

Pellet yang sudah dilunakkan dicampur dengan kulit udang dan kerapas kepiting.

Perbandingan pelet, cangkang udang dan cangkang kepiting adalah 8: 1: 1.

Kulit udang dan cangkang kepiting juga bisa dibuat menjadi pasta dengan cara mencampurkan yang ditumbuk halus dengan air dan pati. Campuran bahan ini bisa dikukus dan disimpan untuk diberi makan sebagai ikan Koi. Jual Ikan Koi Tancho Goshiki

Pemberian pakan ini bisa dilakukan 2 kali sehari, pada pagi dan sore hari. Dengan dosis 1/40 berat ikan koi. Ini sesuai dengan dosis dinas perikanan. Misalnya, ikan koi sepanjang 30 cm dapat menerima 2 butir pasta seukuran biji kelereng setiap kali diberi makan.

Tidak hanya berupa pakan saja, penambahan nutrisi untuk mencerahkan pigmen warna ikan koi juga bisa dilakukan dengan menambahkan produk obat yang telah di rekomendasikan.

 

Add a Comment

Your email address will not be published.