Jual Ikan Koi Sumi Goromo

Jual Ikan Koi Sumi Goromo. Apakah Anda ingin beternak ikan koi di rumah? Jika demikian, maka ada 3 hal yang perlu tersedia untuk membesarkan Koi.

Tapi pertama-tama tentunya ada yang bertanya: “Kenapa susah sekali? Harus ada ini dan itu? Apakah mungkin membudidayakan Koi tanpa syarat wajib ini?

Sebenarnya budidaya ikan koi ini merupakan peluang usaha yang cukup menjanjikan dan tentunya ada pula resiko yang cukup besar yang harus anda pelajari dan harus siap mental pastinya.

Jual Ikan Koi Sumi Goromo

Secara menyeluruh ikan koi memang banyak sekali jenis nya,dan semuanya bergantung pada warna,corak dan pola yang bisa dibilang unik dan memukau. Satu diantara sekian banyak jenis ikan koi,ada satu jenis yang cukup menarik untuk kita bahas kali ini,yakni jenis Sumi goromo,yang mana ikan koi jenis ini hampir sama dengan jenis goromo pada umumnya,namun ada beberapa kriteria yang membedakan kedua jenis ini.

Sepintas Ikan Koi Sumi Goromo ini memang banyak dikatakan mirip dengan koi jenis Budo Goromo, hanya saja ada sebuah hal yang membedakan yang ada pada tubuhnya,bahwa jenis Sumi Goromo ini  tidak ada unsur warna kemerahan di tubuh nya maupun di bagian mulut.  Jual Ikan Koi Sumi Goromo

Corak pada Koi Sumi Goromo  sendiri justru berwarna hitam pekat semuanya. Jenis ikan ini juga jadi kebanggaan tersendiri bagi para penggemar Koi lantaran dianggap mirip sebuah bahan porselen,halus dan pekat. Di pasaran ikan koi jenis Sumi Goromo ini dipatok dengan harga yang cukup fenomenal yakni di angka Rp. 600.000/ ekor,dengan ukuran 30-35 cm.

Memelihara dan membesarkan Ikan koi terutama jenis sumi goromo ini sebenarnya susah-susah gampang,dan perlu perlakuan khusus sebenarnya,maka dari itu kali ini admin akan share sedikit pengalaman tentang memelihara ikan koi khusus nya jenis Sumi goromo secara singkat dan detail.

Merawat ikan koi tentunya membutuhkan wadah atau lokasi yang biasa disebut dengan kolam ikan atau koi pond. Jenis kolam koi juga bermacam-macam. Ini bisa berupa bangunan semen (beton) atau plastik atau terpal, dll. Yang terpenting jangan sampai bocor, dan tujuannya tentunya untuk mengumpulkan air sebagai media agar koi tetap hidup.

Tidak hanya di kolam renang. Koi juga bisa dipelihara dalam akuarium asalkan cukup lebar untuk jumlah dan ukuran koi yang dipelihara. Merawat Koi di akuarium memerlukan perawatan khusus, karena kualitas air dapat dengan mudah memburuk dengan kondisi wadah yang terbatas. Untuk itu diperlukan perawatan intensif

Hal terpenting saat membangun kolam adalah ukuran. Mengapa demikian? Karena Koi tidak bisa dipelihara di kolam yang terlalu kecil. Ukuran idealnya adalah 3 x 2 meter.

Secara umum memelihara ikan KOI di dalam akuarium sama dengan memelihara ikan mas atau ikan hias lainnya. Perlengkapan yang dibutuhkan meliputi:

  1. Aerator

Penggunaan aerator wajib dilakukan baik di kolam maupun di dalam akuarium dalam ruangan, terlebih jika ikan KOI banyak terdapat. Tidak ada perbedaan antara aerator ikan KOI dan ikan mas koki. Jadi jika Anda sudah memiliki aerator, Anda bisa langsung menggunakannya.

Tidak apa-apa, tetapi tentu saja Anda tidak bisa memelihara koi yang besar dan semakin besar koi Anda, kolam yang sempit akan membatasi ruang koi.

. SISTEM FILTER

Jika anda memiliki kolam ikan koi yang menggunakan air tanah atau air PAM maka anda perlu membuat penyaring atau penyaring air yang akan bekerja terus menerus selama 24 jam. Pada prinsipnya, sistem filter kolam mengalirkan air dari kolam ke ruang filter, dimana air disaring melalui media filter yang ada pada saat air mengalir melalui ruang filter. Jual Ikan Koi Sumi Goromo

Mengapa air kolam harus disaring?

Karena kualitas air tambak harus selalu dijaga agar tetap menyenangkan bagi Koi. Apa penyebab penurunan kualitas air kolam? Ada banyak faktor yang menyebabkan kualitas air tambak menurun, yang terpenting adalah karena kotoran ikan koi dan sisa makanan yang larut di dalam air tambak.

Perlu dicatat bahwa kotoran ikan koi mengandung racun (amonia) yang jika dilarutkan dalam air akan melewati ambang batas, meracuni koi dan bahkan dapat membunuh koi Anda. Untuk itu diperlukan sistem filtrasi yang baik agar kualitas air kolam Anda tetap terjaga.

Ingat prinsipnya: “Memelihara Koi yang sebenarnya berarti menjaga kualitas air tambak”.

Tata letak dan konstruksi kolam

Kolam yang digunakan untuk koi biasanya merupakan kolam hias yang ada di pekarangan atau rumah. Sebaiknya kolam mendapatkan sinar matahari maksimal 60%, yaitu matahari pagi.

Terlalu banyak cahaya, terutama sinar UV, mematikan, ikan menjadi pucat dan warnanya memudar. Kolam koi bahkan dapat dibuat di ruang tertutup, asalkan pencahayaan tambahan tersedia.

Bentuk kolam koi biasanya diberi komposisi taman karena rata-rata orang ingin memelihara koi untuk melengkapi dan menambah variasi pada tamannya. Kolam bisa berbentuk persegi, bulat, lonjong atau berkelok-kelok. Yang penting tidak perlu menghiasi kolam dengan koral karena dikhawatirkan dapat membahayakan tubuh ikan.

Kedalaman kolam kecil biasanya 50-60 cm. Jika terlalu dangkal, efeknya akan kurang baik, lumut akan tumbuh dengan cepat dan terlalu banyak sinar ultraviolet, sehingga ikan menjadi pucat. Pengisiannya cukup untuk 25-30 cm, karena pemula biasanya membudidayakan ikan berukuran besar 20 cm.

Ketinggian yang tersisa dapat mencegah atau mengurangi koi untuk melompat ke darat, menyebabkan kerusakan pada sisik bahkan kematian jika tidak segera dikembalikan ke kolam. Untuk ikan dengan ukuran 5 sampai 10 cm, kedalaman air hanya 20 cm. Tentu saja, semakin besar ikannya, semakin dalam airnya.

Kolam seluas 1 m2 cukup untuk menampung 2 ekor ikan berukuran 20 cm agar pergerakan ikan tidak terhalang. Sedangkan kolam berukuran 1 x 2 m2 dengan 20 Koi muda atau jempol dewasa dapat diisi kurang lebih 5 cm.

Pemilihan Koi untuk dipertahankan

Koi yang bagus untuk pemula adalah Koi yang berumur 6 bulan sampai 1 tahun dengan tinggi 8-15 cm. Pada fase ini Koi tumbuh dengan cepat sehingga dapat diamati perkembangan pertumbuhannya, misalnya B. Kebiasaan gaya hidup, perkembangan warna tubuh dan berbagai penyakit yang mungkin timbul.

Pengalaman ini akan menjadi prasyarat penting untuk pemeliharaan lebih lanjut. Bentuk tubuh Koi yang baik adalah tubuh yang ramping dan tidak berlemak dengan pigmen warna yang tebal dan komposisi warna yang seimbang. Jual Ikan Koi Sumi Goromo

Perawatan lainnya

Air yang digunakan untuk memelihara koi harus berasal dari sumber yang diketahui tidak terkontaminasi logam berat, mengalir dan memiliki oksigen yang cukup. Jika tidak bisa, gunakan air ledeng yang tersisa sehari semalam.

Air dengan pH 7,2-7,4. Ini ideal dan menyenangkan untuk koi. Koi memiliki bentuk dan warna yang bening jika ditempatkan di kolam yang airnya bersih dan jernih.

Add a Comment

Your email address will not be published.