Jual Ikan Koi Ogon Platinum

Ikan Koi merupakan salah satu spesies ikan yang tidak pernah kehilangan penggemarnya. Ikan yang dipercaya membawa keberuntungan ini memiliki daya tarik tersendiri. Tak heran jika para hobbyist rela menghabiskan banyak waktu, tenaga dan uang untuk ikan hias ini. Ditambah dengan jenis ikan koi yang sangat beragam, penggemar tidak pernah kehabisan bahan untuk dibicarakan.

Ikan koi sangat populer di Jepang sehingga banyak orang yang percaya bahwa Jepang adalah negara asal ikan cantik ini. Menurut sebuah buku tentang koi, tertulis bahwa ikan ini berasal dari Tiongkok dan air tawar negara tersebut merupakan habitat asli ikan koi. Namun, orang sudah mengira bahwa ikan koi berasal dari Jepang.

Jual Ikan Koi Ogon Platinum

Kali ini admin akan sedikit mengulas tentang ikan koi jenis Ogon Platinum,yang mana jenis ini sebenarnya dari segi postur dan warna sangat mirip dengan ikan koi jenis ogon pada umumnya,namun ada sedikit perbedaan dasar di sini.

Nah lebih lengkapnya simak penjelasan admin dibawah ini.

Sebagaimana yang admin jelaskan di atas bahwa jenis ikan koi Ogon ini kebanyakan mempunyai warna emas atau coklat tua,namun hal berbeda justru ditunjukkan oleh Ikan Koi Ogon Platinum. Jual Ikan Koi Ogon Platinum

Yang mana jenis koi ogon platinum sendiri tidak menampakkan ciri-ciri yang khas, yakni tiadanya warna putih serta merah bahkan warna emas pada tubuhnya. Justru tubuh jenis ikan Koi ini warnanya lebih ke silver dan pastinya akan tampil begitu mewah dan juga kelihatan begitu eksotis, nuansa platinum sungguh terdapat pada dirinya. Tak heran jika satu ekornya di dapat dibanderol  dengan harga mencapai Rp. 1.400.000,dengan ukuran 34-36 cm

Tentunya harga ini akan melambung tinggi mengingat pertumbuhan ikan koi jenis Ogon Platinum, ini agak lambat dibandingkan dengan jenis koi lainnya. Serta,pemberian pakan pada ikan koi jenis  Ogon Platinum ini juga harus benar-benar diperhatikan secara seksama agar senantiasa ikan koi ini tumbuh besar dan sehat.

Nah,admin disini juga akan membagikan sebuah tips untuk anda yang ingin usaha atau budidaya ikan koi,namun terhalang oleh adanya lahan yang cukup luas untuk membangun kolam atau bahkan membuat kolam minimalis saja tidak cukup luas tanah yang anda miliki,namun bukan berarti anda tak bisa budidaya ikan koi,karena sekarang ini sudah banyak orang yang sukses budidaya ikan koi hanya bermodal dengan kolam terpal,dan hasilnya pun juga tak kalah dengan panen yang ada di kolam semen atau kolam sawah. Jual Ikan Koi Ogon Platinum

Kali ini admin akan sedikit menginformasikan kepada anda semuanya tentang bagaimana sih budidaya ikan koi di kolam terpal,dan apa saja hal yang perlu di siapkan?

Admin akan kupas tuntas itu semua disini…..

Membangun kolam terpal

Kolam ikan terpal dapat dibuat dengan dua cara yaitu dengan kolam yang dibuat di atas tanah dengan ukuran atau ketinggian tertentu, atau dengan kolam yang ditenggelamkan ke dalam tanah dengan ukuran dan kedalaman tertentu. Buatlah kolam ikan terpal yang dibuat di bagian bawah, maka perlu dibuat rangkanya, bisa dibuat dari bahan kayu tertentu, atau bisa juga dibuat dari bahan yang lebih padat terutama besi, beton cor atau baja.

Untuk kolam ikan yang terbuat dari terpal jauh di dalam tanah, rangkanya tidak harus dibuat, karena kami hanya perlu menyandarkan terpal langsung ke dinding bagian bawah. Usahakan membangun kolam di tempat yang tenang atau mendapatkan sinar matahari atau sirkulasi udara yang cukup. Sementara itu, ukuran dan kedalaman areal tambak dapat menyesuaikan dengan jumlah ikan yang akan dibudidayakan.

Biasanya, kolam terpal bisa dibuat berukuran sekitar 4 × 5 × 1 meter yang artinya memiliki lebar 4 meter, panjang 5 meter, dan kedalaman 1 meter. Untuk kolam ikan dengan ukuran ini kita membutuhkan terpal berukuran sekitar 6 × 7 meter. Untuk mendapatkan ikan Koi kami menggunakan terpal yang halus.

Setelah bingkai atau penggalian disiapkan, kami menutupinya dengan terpal dan mengikat ujungnya dengan erat. Jangan lupa menambahkan ring besi pada bagian terpal yang berlubang agar tidak mudah robek. Lalu kami tuangkan dalam air jernih.

Teknik budidaya ikan koi

Setelah kolam siap, kita bisa mulai menanam ikan koi. Cara beternak atau cara beternak ikan koi tergolong sulit. Namun, selama kita merawat ikan koi dengan baik, hasilnya juga akan bagus.

Bibit ikan Koi bisa kita dapatkan dengan cara membeli atau melakukan proses penetasan. Untuk proses pembiakannya bisa kita lakukan dengan mengkombinasikan ikan koi jantan dan betina dengan gonad dewasa. 

Biasanya, induk betina yang sudah siap bertelur bisa dipasangkan dengan tiga induk jantan yang sudah siap membuahi sel telur dengan sperma.

Setelah kita menanam benih di kolam terpal yang kita buat, langkah selanjutnya adalah kita tinggal merawatnya dengan baik. Berikan makanan secara teratur, kemudian jaga air dalam kondisi dan bersih dengan memasang filter dan pengatur suhu air.

Langkah selanjutnya ialah….

Pemilihan bibit ikan

Cara budidaya ikan koi selanjutnya adalah dengan memilih bibit ikan. Pemilihan benih ikan Koi dilakukan dengan memilih induk Koi yang berkualitas. Induk ikan koi berkualitas tinggi ini bisa didapatkan langsung dari penjual benih ikan. Harga benih ikan kualitas tinggi memang tidak murah, namun dapat dipastikan hasil dari pembibitan berkualitas baik dan lebih menguntungkan. Jual Ikan Koi Ogon Platinum

Penempatan bibit ikan

Setelah bibit dan kolam siap, langkah selanjutnya dalam budidaya ikan koi adalah dengan memasukkan bibit ikan ke dalam kolam tersebut. Pertama, benih ikan ditempatkan di pohon ek pemijahan. Setelah pemijahan berhasil, induk ikan dan benih dibagi ke dalam kolam yang berbeda. Pemisahan ini dilakukan sedemikian rupa agar indukan tidak memakan ikan Koi kecil. Selain itu, ikan koi yang masih muda harus dipisahkan sesuai ukurannya.

Taruh air di kolam

Cara budidaya ikan koi selanjutnya adalah dengan mengatur air di dalam kolam. Pastikan air di kolam koi memiliki tingkat keasaman 8,5 hingga 6,5. Selain itu, gunakan filter air untuk menyaring air agar tidak keruh. Air keruh dapat mencegah ikan koi panen atau mati. Kualitas air sangat penting untuk budidaya ikan Koi.

Memberi makan ikan

Cara memelihara ikan Koi di kolam juga harus memperhatikan asupan makanan yang diberikan. Makanan ikan koi sebaiknya tidak terlalu banyak. Ini karena terlalu banyak makanan menyebabkan penyakit dan membuat air keruh.

Tambahkan ikan jika perlu

Cara terakhir budidaya ikan koi adalah dengan menambah ikan koi baru. Menambahkan ikan Koi baru ke dalam kolam Koi tidak bisa dilakukan secara langsung. Ini harus disesuaikan terlebih dahulu agar ikan tidak mudah stres.

Proses pemijahan ikan koi

Saat bertelur, pastikan kolam sudah siap untuk diintroduksi oleh breeding stock. Pertama masukkan indukan betina dan kemudian indukan jantan.

Tanda pemijahan dimulai dengan induk betina berenang di sekitar kolam, diikuti oleh pejantan dan berusaha mengikat tubuhnya pada betina. Gerakan di sekitar kolam lebih cepat sampai betina melepaskan telurnya yang menempel di kakaban (tempat proses pemijahan), dan ikan jantan melepaskan sperma dan membuahi.

 

Add a Comment

Your email address will not be published.