Jual Ikan Koi Kumonryu

Ikan koi atau biasa disebut gurame merupakan salah satu jenis ikan hias yang berasal dari dua negara yaitu China dan Jepang. Ikan koi ini merupakan hasil perkawinan berbagai jenis ikan mas.

Ikan koi ini diperkenalkan ke seluruh penjuru dunia oleh orang Jepang yang gemar memelihara ikan koi. Dimana orang Jepang percaya ikan koi ini bisa membawa keberuntungan bagi orang yang memilikinya.

Jual Ikan Koi Kumonryu

Sementara itu, orang Tionghoa percaya bahwa ikan koi adalah simbol kekuatan, dan legenda tanah tirani ini juga percaya bahwa ikan koi dapat berenang di air terjun di Sungai Kuning di Tiongkok.

Ikan koi diperkenalkan ke Indonesia pada tahun 1960-an saat Presiden Soekarno bersahabat dengan para pemimpin Tiongkok. Saat itu orang Tionghoa sedang berkunjung ke Indonesia, kemudian beberapa pemandu Tionghoa memberikan hadiah menarik berupa ikan koi kepada Bung Karno. Jual Ikan Koi Kumonryu

Pada kesempatan kali ini,admin akan membahas seputar jenis ikan koi khusus nya jenis Kumonryu,yang mana secara sekilas ikan koi jenis ini hampir sama seperti saudara dekatnya yakni jenis beni kumonryu,yang mana untuk jenis Beni kumonryu ini mempunyai perpaduan warna antara merah dan juga hitam. Nah,lalu apa saja perbedaan antara ikan koi jenis Kumonryu dengan Beni kumonryu,maka simak ulasan di bawah ini.

Jenis ikan Koi Kumonryu adalah jenis ikan koi yang  mempunyai warna dengan kombinasi antara putih susu dan hitam legam dan ikan jenis ini tidak mempunyai sisik sedikit pun,lantas untuk Warna putihnya sendiri lebih banyak daripada hitamnya. 

Corak pada jenis Kumonryu ini memang cenderung abstrak sekali,namun akan tetapi tetap meninggalkan kesan yang elegan dan terlihat begitu unik. Jadi dapat dipastikan pula tiada yang memiliki bentuk corak tubuh yang serupa dengan Koi jenis kumonryu ini. Sedangkan  untuk bagian sirip dadanya sendiri ada yang berwarna putih semua, namun ada pula yang hitam semua. Harga Ikan Koi Kumonryu per ekornya adalah Rp. 600.000,dengan ukuran 30-35 cm. Jual Ikan Koi Kumonryu

Saat ini sentra budidaya ikan koi lokal berada di Sukabumi, Batu, Malang dan Blitar. Banyak pertanyaan tentang budidaya ikan koi di pasar Indonesia. Inilah salah satu pertanyaan yang sering muncul sebelum kita mencoba membudidayakan ikan koi ini.

Sejujurnya, toko ikan koi sangat sedikit di Indonesia saat ini. karena harga koi lokal kita masih lebih jelek dari koi dari negara lain.

Namun,perlu anda ketahui juga mengapa harga Ikan koi terutama jenis Kumonryu terbilang mahal? Hal tersebut tentunya sangat sebanding dengan cara perawatan dan juga memeliharanya,menurut para breeder profesional menjelaskan bahwa Ikan Koi jenis Kumonryu ini agak sulit untuk dibudidayakan,dan tumbuh nya pun sedikit melambat dibandingkan dengan jenis koi pada umumnya.

Maka,dari itu di sela-sela artikel ini admin akan menyuguhkan juga tentang bagaimana cara merawat dan memelihara ikan koi,khusus nya jenis Kumonryu.

Gimama, tertarik beternak ikan koi yang bagus seperti yang saya katakan tadi? Jika anda tertarik, yuk simak ulasan tentang budidaya ikan koi ini.

Kenali jenis indukan koi

Dalam memilih indukan unggul agar hasil perkawinan anakannya sempurna nantinya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan berdasarkan beberapa pengalaman para pecinta dan peternak ikan koi.

Bentuk tubuh (postur), corak warna, kerapatan warna, dan berbagai faktor lainnya antara lain menjadikan syarat ikan Koi indukan yang cantik jika dilihat.

Bentuk atau postur tubuh

Menurut standar juri internasional di Jepang, koi yang memiliki bentuk ideal adalah koi yang memiliki perbandingan tinggi terhadap panjang dengan perbandingan 1: 2.5 dan 1: 3. Dengan postur tubuh bulat, tapi tidak terlalu gemuk.

Tentunya mereka sudah memiliki standar untuk menjadikan ikan koi ini sebagai ras dewasa berumur sekitar 2 tahun. Bentuk tubuh dilihat dari atas seperti torpedo dan lainnya.

Gaya berenang

Koi perlu memiliki gaya berenang yang baik seperti istirahat dan berayun dalam keseimbangan pada waktu tertentu. Nah, gerakan seimbang ini dipengaruhi oleh ukuran sirip yang simetris (seimbang).

Warna dan pola

Salah satu syarat terpenting agar nilai jual yang tinggi dari Koi ini adalah warna dan coraknya, dimana Koi tersebut harus memiliki warna yang cemerlang (kontras). Dan juga memiliki batasan yang jelas antar pola.

Usahakan untuk memilih indukan agar ikan koi ini memiliki jenis yang bening. Kemudian dipasangkan dengan tipe yang sama atau mendekati itu. Yang terpenting adalah memilih pria yang benar-benar baik, mulai dari pola dan lain-lain. Karena nantinya yang mempengaruhi faktor anak anjing adalah laki-laki.

Ikan koi mulai bertelur

Ada juga hal-hal yang harus diperhatikan dalam proses pemijahan agar hasil pemijahan bisa lebih maksimal. Pertama, ukuran kolam sebaiknya menggunakan bak besar dengan bentuk melingkar.

Harga Ikan Koi Kumonryu

   Panjang    Harga
5 – 10 cm 3 – 10 Ribu Rupiah
10 – 15 cm 15 – 30 Ribu Rupiah
15 – 20 cm 40 – 70 Ribu Rupiah
20 – 25 cm 70 – 150 Ribu Rupiah
25 – 30 cm 150 – 300 Ribu Rupiah
30 – 35 cm 300 – 500 Ribu Rupiah
35 – 40 cm 500 – 1 Jt Rupiah
40 – 45 cm 700 – 2 Jt Rupiah

Jual Ikan Koi Kumonryu

Kami menjual koi dengan harga yang cukup murah. Untuk pengiriman ke berbagai kota di pulau jawa dan Seluruh Nusantara. Kami melakukan pengiriman dengan kereta api, bus, atau perjalanan. Kami sangat berpengalaman dalam pengemasan dan pengiriman ke seluruh Indonesia menggunakan sistem port-to-port (dari bandara ke bandara tujuan).

Bibit ikan koi atau ikan koi berukuran besar dikemas dalam kotak polistiren tahan panas demi keselamatan ikan, sehingga benih dapat bertahan hingga 18 jam. 

Di tempat pemijahan kita harus menyiapkan air dengan kedalaman sekitar 60-120 cm agar pasangan ikan lebih leluasa.

Biasanya, ikan koi kawin sekitar 8-12 jam setelah pengebirian atau ketika bahasa normalnya digabungkan di dalam kolam. Jadi jika memasukan indukan jantan dan betina pada sore hari, ikan akan kawin pada malam hari.

Bagi anda yang penasaran dengan proses kawin ikan koi ini. Anda bisa menempatkan indukan sekitar jam 9 malam pada malam hari dan pada pagi hari bisa langsung melihat proses kawin.

Usahakan agar kolam atau tempat pemijahan tetap tertutup karena ada dua faktor yang sangat penting: Pertama, setelah menikah, orang tua laki-laki dan perempuan melepaskan sperma dan telurnya di area kolam.

Pemisahan bahan penetasan dari telur

Jangan lupa bahwa setelah induk mengeluarkan sperma dan sel telurnya, Anda bisa langsung memisahkannya dari kolam lalu merawat indukan dengan antiseptik. Tujuannya agar pengambilan sel telur tidak terganggu dan sisa sperma serta sel telur hilang, tidak berubah menjadi jamur pada tubuh ikan.

Dan jika telur terkena sinar matahari maka dapat menyebabkan tumbuhnya jamur pada telur. Faktor kedua tentunya ikan ini sama dengan kita, kalau pasti mau bikin anak di tempat gelap, hehehe.

Terakhir menjadi tempat pembuahan antara telur dan sperma ikan. Ini juga salah satu faktor terpenting, karena jika benda tidak dipasang, maka pemupukan akan menumpuk dan hasilnya tidak akan maksimal, atau bisa dibilang hasil garapan petani buruk.

Untuk menghindari masalah ini, saya sarankan menggunakan paranet di tepi kolam renang. Karena nantinya akan memudahkan kita untuk membawa telur ikan tersebut ke dalam kolam penangkaran dan juga pemupukan telur yang maksimal.

Usai melakukan pemijahan yang saya katakan tadi, saatnya kita menetaskan telur ikan. Langkah pertama adalah menyiapkan kolam untuk telur menetas.

Agar telur dapat menetas secara optimal, ada beberapa hal yang perlu kita waspadai. Pertama, buatlah kolam yang sedang dengan air bersih dan tenang.

Usahakan untuk menjaga suhu kolam sekitar 26-30 derajat Celcius dalam kondisi normal. Anda juga bisa mengatur kolam di tempat terbuka dengan pencahayaan yang bagus.

Selanjutnya pindahkan paranet yang berisi telur ikan koi ke dalam kolam penetasan. Biasanya telur menetas dan berubah menjadi larva dalam waktu 48 jam. Pastikan suhu kolam terjaga seperti yang disebutkan di atas.