Penyakit

Jenis Penyakit Ikan Koi

Jenis Penyakit Ikan Koi

Budidaya ikan koi pasti tidak terlepas dari yang namanya masalah penyakit. Dalam hal melakukan budidaya, tentunya anda pernah mengalami ikan koi anda terkena penyakit,dan kasus yang paling fatal bisa mengakibatkan kematian,hal utama ketika ikan koi terkena penyakitย  terkena parasit dan non parasit.

Berikut admin akan jelaskan tentang beberapa jenis penyakit yang biasa menerpa ikan koi,serta cara pencegahan nya.

Jenis Penyakit Ikan Koi

1.ย  KUTU BULAT

Salah satu jenis penyakit ikan koi yang cukup familiar adalah penyakit kutu bulat,yang mana jenis penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak disebabkan oleh sebuah kutu atau parasit,yang mana di dalam bahasa latin disebut Argulus Japonicus. Penyakit kutu bulat ini merupakan jenis penyakit yang bekerja dengan cara masuk kedalam insang,jenis penyakit kutu bulat ini masuk kedalam jenis penyakit kelas Arguloida (Branchiura). Kutu bulat ini secara umum terlihat dengan berbentuk bulat dengan mempunyai ukuran antara 3 โ€“ 9 mm dan dapat dilihat jelas dengan mata telanjang.

Baca Juga: Cara Tepat Merawat Ikan Koi

Penyaklit kutu bulat ini bekerja dengan cara menyerang ikan koi yang dengan sengaja memasukan ikan baru tanpa melalui proses karantina terlebih dahulu atau bisa juga ikan koi yang baru di beli langsung dimasukan tanpa disertai treatment terlebih dahulu,dan bisa juga bisa karena keadaan air yang ada di kolam tidak dicampur dengan obat kutu,dan karena itulah terkadang menjadi sumber wabah banyaknya kutu bulatย  di dalam kolam.

GEJALA KLINIS SERANGAN KUTU BULAT PADA IKAN KOI

  • Ikan koi akan sering berenang secara liar,dan cenderung menyukai menggosokan badannya ke dinding dan dasar kolam (flashing) atau terkadang juga sering melompat ke permukaan kolam.
  • terdapat beberapa munculnya luka lalu terinfeksi kutu bulat,dan hal itu juga akan terlihat jelas adanya bekas tempat gigitan dengan lapisan lendir secara berlebih.
  • Ikan koi yang di sinyalir terkena kutu bulat ini akan cenderung berdiam diri di bagian sudut atau pancuran pada kolam.
  • Di beberapa kasus yang sering terjadi,ikan koi ini akan sedikit demi sedikit kehilangan nafsu makan dan di hari berikutnya akan terlihat begitu lemas tak berdaya.
  • Jika ikan koi berenang dengan salah satu sirip samping dilipat, dan ketika dipantau pada bagian sirip,maka akan jelas terdapat terdapat bintik bintik merah maka sudah dapat dipastikan bahwa kutu bulat (agulus) sedang menempel pada sirip ikan koi
  • Jika sudah dalam keadaan atau berada di level parah,maka biasanya ikan koi ini akan berdiam diri dan tidak banyak bergerak di dasar kolam dan tidak mau makan,dan sudah pasti tubuh ikan koiย  ini juga akan lemas.
  • Untuk ciri-ciri lain terdapat semacam bisul dengan adanya bintik yang menghitam dan juga terdapat serabut keluar dari bintik tersebut, ini yang disebut dengan kutu jarum.

Jenis Penyakit Ikan Koi

PENCEGAHAN KUTU BULAT PADA IKAN KOI

  • Jangan sekali-kali memasukan ikan baru tanpa didahului dengan proses karantina,atau bisa juga dengan anda memberikan obat kutu bulat di area kolam dan diamkan hingga beberapa jam.
  • Setelah tahap itu dilakukan,dan untuk menstabilkan air di dalam kolam,maka lakukan pemberian obat kutu bulat ini secara reguler setiap 3 bulan sekali.
  • Pemberian Abate 1 gr per 1000 liter air ini juga sangat dianjurkan untuk membasmi kutu bulat dari dalam kolam,lakukan cara ini setiap bulan sekali agar kutu bulat benar-benar hilang dari dalam kolam dan juga untuk mencegah serangan kutu jenis lainnya.

2. BUSUK MULUT

Penyakit busuk mulut adalah sejenis penyakit yang disebabkan adanya infeksi bakteri. Hadirnya jenis penyakit semacam ini ditandai dengan beragam gejala dengan timbulnya memar pada tubuh ikan koi,yang biasanya berwarna putih atau juga bisa berwarna abu-abu,yang ada di sekitar kepala, sirip, insang serta rongga mulut pada ikan koi.

Luka memar itu kemudian hari dapat bekembang dan akan mulai terjadi sebuah bentukan dengan bentuk seperti sebuah kapas yang berwarna putih kelabu, terutama berada di sebelah rongga mulut ikan koi, dan kebanyakan kasus yang paling banyak terjadi ketika penyakit busuk mulut ini membuat semacam luka dan di ahri kemudian menimbulkan borok pada area bibir dan merambah ke area kerongkongan ikan koi,dan lebih parahnya bahkan mulut ikan koi ini kerap jadi tak dapat terkatup.

Jenis Penyakit Ikan Koi

Penyebab

Penyakit busuk mulut ini adalah sejenis penyakit yang disebabkan oleh dserangan bakteri jenis flexibacter columnaris. Dan bakteri jenis inilah yang merupakan bakteri yang mempunyai sifat negatif dengan ciri khas berupa uraian sepertiย  benang tipis.

Bakteri ini dapat hidup didalam air pada jasad-jasad organik atau biota di dalam air yang sudah mati, atau juga bisa bersemayam pada benda-benda padat, serta juga pada kulit ikan koi sehat.

Busuk mulut ini pada umumnya akan berlangsung berinteraksi pada suhu di atas 20ยฐ C, dan pada umumnya dengan adanya penyakit ini,akan menyusul peristiwa seperti, terluka yang disebabkan oleh penangan ikan koi yang kurang pengawasan atau juga bisa ketika ikan koi tidak sengaja menabrak dinding kolam. Jenis Penyakit Ikan Koi

Pengobatan Ikan Koi Yang Terkena Busuk Mulut

Penyembuhan pada penyakitย  busuk mulut ini kerap sekali terjadi dengan sekalian serta penyembuhan terhadap serangan jamur. Hal semacam ini dapat anda kerjakan untuk lebih menjaga dan agar nantinya aman-aman saja,lantaran serangan busuk mulut ini kerap memiliki tanda-tanda sama juga dengan serangan jamur.

Oleh karena itu maka, untuk jenis penyakit busuk mulut ini,kebanyakan para breeder ini kerap mengobati busuk mulut dengan obat jenis bakterida atau bisa juga dengan fungsida sekalian secara teratur. Untuk,memulai Perendaman ini maka anda dapat merencanakan tahapan awal yakni memakai obat phenoxyethanol.

3.KUTU JANGKAR

Kutu Jarum atau juga biasa disebut dengan Kutu Jangkar (Anchor Worm) merupakan jenis parasit yang mana secara fisik bisa dilihat dengan mata telanjang, karena kutu ini berukuran cukup besar yaitu antaraย  1 โ€“ 1,5 cm. Mengapa disebut dengan kutu jarum? Sebab,memang jenis penyakt ini mempunyai ciri dan juga bentuk yang menyerupai seperti sebuah jarum,yang menempel di sekitar tubuh ikan koi.

Kutu jarum ini juga dapat disebut sebagai Kutu Jangkar,karena hewan ini cenderung senang menancapkan kepalanya kedalam tubuh ikan koi dengan menggunakan semacam perangkat yang sangat mirip dengan jangkar.

Pencegahan Kutu Jangkar Pada Ikan Koi

Sebagai upaya pencegahan, selain anda harus senantiasa menjaga agar kualitas air kolam semakin baik, maka anda juga sepatutnya untuk memantau kondisi air kolam secara berkala,atau anda juga dapat menggunakan bantuan cairan kimia lain seperti dipterex yaitu sejenis insektisida organofosfat yang dapat membasmi adanya kutu jangklar dan juga hama parasit lainnya.

Penggunaan dipterex ini berfungsi untuk mencegah timbulnya parasit di kolam ikan koi yang mana dapat dilakukan selama periode 2 mingguan, dan tentu saja dengan dosis yang tepat.

Jika anda menemukan indikasi bahwa ikan koi yang anda pelihara terserang kutu jangkar maka ada upaya sederhana yang dapat anda lakukan yakni dengan cara mencabut kutu jangkar tersebut dengan bantuan sebuah cupit atau pinset,agar kutu jangkar yang menempel pada tubuh ikan koi tersebut dapat diangkat,tanpoa melukai ikan koi. Jenis Penyakit Ikan Koi