makanan ikan koi agar cepat besar

Jenis Makanan Ikan Koi Agar Cepat Besar Paling Ampuh

Posted on

Jenis Makanan Ikan Koi Agar Cepat Besar Paling Ampuh. Jika anda ingin ikan koi peliharaan anda bisa cepat tumbuh besar, maka jenis pakan juga harus diperhatikan dan bisa memenuhi semua kebutuhan gizi ikan koi. Apalagi perubahan suhu udara yang sering terjadi juga menjadi faktor pentingnya pemenuhan gizi ikan koi.

Ikan koi sebenarnya memiliki sifat omnivora sehingga bisa makan hewan kecil dan juga tumbuhan, berikut ini kami akan memberikan beberapa jenis makanan ikan koi agar cepat besar terbaik untuk anda.

Jenis Makanan Ikan Koi

Pakan ikan koi terdiri dari 2 jenis yakni pakan alami dan juga buatan, sebagian pakan terbuat dari roti, sayuran, buah-buahan dan juga cacing.

Jika pakan alami bisa diberikan cacing dan udang yang merupakan jenis makanan kesukaan ikan koi, selain itu pemberian pakan nalga juga akan memperpanjang umur ikan koi.

Selain itu, ulat juga menjadi makanan alami yang bisa diberikan ke ikan koi sebagai sumber protein sehingga bisa tumbuh besar dengan cepat. Sedangkan untuk jenis sayur dan buah bisa diberikan jeruk dan juga semangka.

Koi yang belum terbiasa makan sayur dan buah harus diberikan latihan supaya mereka mau makan berbagai buah serta sayuran sebab sangat penting untuk proses tumbuh ikan koi.

Ada beberapa jenis biji yang tidak boleh diberikan untuk ikan koi seperti jagung dan kacang polong sebab tidak bisa dicerna oleh ikan koi.

Hindari juga memberikan makanan kadaluarsa pada ikan koi sebab proses oksidasi akan berdampak buruk untuk kesehatan ikan koi, usahakan untuk memberi makan koi dengan batas penyimpanan tidak lebih dari 3 bulan.

Membuat Pakan Alami Supaya Koi Cepat Besar

Selain beberapa bahan alami yang bisa diberikan, ikan koi juga bisa diberikan pakan buatan dan tahapannya akan dijelaskan berikut ini.

  • Campur udang kecil dengan telur, bawang putih, vitamin C dan juga agar agar.
  • Tambahkan sedikit air dan haluskan menggunakan blender.
  • Untuk menambah aroma bisa melarutkan pelet dalam air panas dan tambahkan dengan bubuk agar agar lalu campur ke dalam blender kemudian dinginkan.
  • Sesudah dingin, potong-potong adonan menjadi bagian yang kecil kecil seperti bentuk cacing sehingga bisa dimakan dengan mudah oleh ikan koi.

Kandungan Penting Dalam Pakan Koi

  1. Protein

Protein sangat baik untuk pertumbuhan dan menjadi makanan ikan koi agar cepat besar, selain itu protein juga akan memperbaiki jaringan yang rusak serta menghasilkan sperma dan telur yang berkualitas bagus.

Protein harus terdiri dari 13 asam amino esensial, untuk protein alami bisa didapatkan dari cacing sutra dan juga protein dalam bentuk pelet dengan presentasi protein tinggi lebih dari 30 persen.

  1. Lemak

Lemak juga menjadi sumber energi yang penting agar pertumbuhan koi bisa besar dengan cepat. Lemak juga berperan sebagai penyedia fatty cids serta komponen vital dari membran yang menyelimuti dinding sel secara keseluruhan.

Asam linoleat sangat dibutuhkan ikan koi dalam pertumbuhan ikan koi. Lemak sendiri mempunyai titik lebur rendah yang sangat mudah dicerna ikan koi dan lemak alami bisa didapat dari ikan, gandum serta kedelai. Namun harus diperhatikan agar tidak memberikan makanan basi pada ikan koi sebab itu akan tersimpan di hati dan menyebahkan sakit bahkan kematian ikan koi.

  1. Karbohidrat

Karbohidrat juga menjadi sumber energi dalam metabolisme tubuh koi, akan tetapi tidak boleh diberikan secara berlebihan sebab kemampuan hati ikan koi untuk menyimpan glikogen akan menurun. Untuk sumber protein yang baik bagi ikan koi adalah roti dan kacang-kacangan selain jagung atau kacang polong.

  1. Vitamin

Vitamin mempunyai peran penting untuk pertumbuhan ikan koi khususnya saat pemijahan. Akan tetapi vitamin yang diberikan tidak boleh terlalu banyak dan tidak boleh terlalu sedikit, sebab akan menimbulkan gangguan klinis.

  1. Mineral

Mineral mempunyai kegunaan dasar untuk membantu proses metabolisme dalam tubuh ikan koi, sehingga juga penting untuk diberikan agar pertumbuhan bisa terjaga dengan maksimal.

Cara Memberi Makan Ikan Koi

Cara memberikan makanan ikan koi agar cepat besar juga haruslah tepat sehingga ikan koi bisa tumbuh dengan pesat dan sehat. Jika pakan terlalu banyak diberikan maka akan mengotori air serta berubah menjadi racun saat sisa pakan tersebut berubah menjadi amoniak.

Perut ikan koi tidak seperti manusia sehingga akan makan terlalu berlebihan. Apabila tidak diawasi dengan baik maka ikan koi akan kekenyangan dan akhirnya mati dengan cepat pada saat budidaya ikan koi

Jumlah pakan ikan koi yang paling benar adalah 5 persen dari berat badan ikan koi ukuran kecil, sementara untuk ikan koi dewasa adalah 2 persen dari berat badannya.

Saat anda memberi makan pada ikan koi, maka makanan tersebut harus segera habis dalam waktu setidaknya kurang dari 5 menit serta tidak ada sisa pada kolam ikan koi.

Feces pada ikan yang makan berlebihan akan sangat banyak dan keadaan kolam ikan menjadi kotor sehingga tidak sehat untuk ikan koi, ini menyebabkan ikan koi gampang terserang stress, tidak nyaman dan akhirnya akan mati.

Jika anda ingin merubah pakan koi, maka harus dilakukan secara bertahap dengan cara mengurangi porsi pakan lama dan menggantinya dengan jenis pakan yang baru. Jika perubahan pakan dilakukan secara cepat, maka koi tidak bisa beradaptasi.

Dalam pakan ikan koi yang bagus akan mengandung karbohidrat, lemak, protein, mineral dan juga vitamin yang cukup sehingga tidak hanya berpengaruh terhadap perkembangan pesat ikan koi, namun juga akan berpengaruh terhadap warna ikan koi yang semakin cerah dan tegas.

Jika makanan yang mengandung serat besar seperti buah dan sayur juga harus diperhatikan supaya tidak ada yang tersisa dan tidak dimakan ikan koi sebab kolam akan terlihat kotor dan menyumbat saluran pembuangan, sekligus menutup lubang kipas atau lubang pipa yang ada di dalam kolam ikan.

Jadwal Makan Ikan Koi

Saat memberikan makan pada ikan koi juga harus memperhatikan kondisi cuaca pada kolam ikan yang berkaitan dengan suhu air di dalam kolam ikan. Jika suhu rendah, maka pemberian makan bisa lebih dikurangi.

Berikut ini adalah detail hubungan dari suhu air dan juga frekuensi makan ikan koi selengkapnya.

  • Suhu metabolisme tertinggi ikan koi adalah pada suhu air antara 22 sampai 26 derajat celcius. Dalam suhu ini, ikan koi bisa diberi 3 sampai 4 kali makan setiap harinya dengan pakan yang mengandung protein tinggi dengan makanan ikan koi agar cepat besar seperti.karbohidrat dan lemak.
  • Untuk suhu 18 sampai 22 derajat celcius, maka ikan koi cukup diberik makan 1 hingga 2 kali dalam sehari dengan kadar protein sampai 40 persen.
  • Pada suhu 16 derajat celcius, maka ikan koi hanya cukup diberi pakan 1 kali sehari dan kadar protein yang diberikan adalah 30 persen serta bisa dicampur dengan jenis pakan lain seperti sayuran.
  • Jika suhu menurun sampai 15 derajat celcius, maka ikan koi hanya perlu diberi makan 1 kali sehari dan dalam jangka waktu seminggu hanya boleh diberikan makan sebanyak 6 kali dna 1 hari tidak diberi makan apapun. Untuk kadar proteinnya adalah 25 persen dan bisa dikombinasikan dengan karbohidrat tinggi.
  • Apabila suhu semakin menurun hingga jauh dibawah 15 derajat celcius, maka ikan koi cukup diberi makan 4 sampai 5 kali dalam seminggu atau diberikan saat ikan koi benar-benar sudah lapar saja.