Jenis Jenis Ikan Koi Lokal Yang Bagus Murah Great No 1

Jenis jenis ikan koi lokal yang bagus dan murah. Banyak yang memelihara ikan jenis ini. Biasanya ikan ini dipelihara untuk mempercantik tampilan rumah. Bibit ikan koi ini konon berasal dari daratan di jepang, lalu kemudian secara cepat ikan koi ini cepat menyebar ke negara lain dan kini banyak dibudidayakan di Indonesia.

Jenis Ikan Koi Terbaik

Ikan koi merupakan salah satu hewan yang memiliki umur panjang, bahkan di Jepang usianya bisa mencapai 200 tahun.

Menurut mitos, ikan koi memiliki elemen yang paling dianggap membawa keberuntungan dalam aturan Feng Shui. Ikan koi melambangkan kekayaan, hubungan bahagia, dan keberuntungan.

Hal-hal yang berhubungan dengan ikan koi bisa Anda terapkan, mulai dari melukis hingga membesarkannya langsung di kolam rumah Anda. Ikan koi juga mudah dipelihara karena cara makannya tidak sulit dan mudah beradaptasi dengan lingkungan.

Jenis Jenis Ikan Koi Lokal

ikan koi lokal sebenarnya SAMA dengan ikan koi import. Hanya saja di luar negeri, ada beberapa koi lokal yang tidak populer atau asing dan tidak ada breedernya di luar negeri.

Beberapa koi lokal yang tidak jarang ditemui di luar neger adalah : jenis ikan koi kumpay atau slayer, cagoi aragoke, matsukawabake, karasi mata merah.

Butuh Ikan Koi? Hubungi https://jualikankoi.id

ikan koi lokal yang sama dengan ikan koi import adalah anakan yang diturunkan dari beberapa generasi ikan import. Jenisnya tentu sama dengan ikan koi import. yang umum adalah : kohaku sanke showa shiro kujaku goshiki chagoi midori soragoi karasi matsuba karasu asagi shusui

Joglo Koi Farm Kediri

Ciri-ciri Jenis Ikan Koi Lokal

Ikan koi lokal sebenarnya banyak yang memiliki kualitas bagus, bahkan lebih bagus dari ikan koi Import. Tetapi perbedaannya di keturunan, pakan dan kolam, sehingga banyak yang tidak sebagus ikan koi import. Ciri-ciri ikan koi lokal biasanya :

  • Ukuran dewasa lebih kecil
  • Tidak berpunuk
  • Cepat matang dan bertelur meskipun usia muda
  • Warna cepat finish meskipun kecil

Tentunya jenis ikan koi lokal ini ciri-cirinya bisa seperti import asal dirawat dengan baik dan memiliki gen yang bagus.

jenis jenis ikan koi lokal

Jenis Ikan Koi Showa

Showa. Ini adalah jenis ikan koi terbaik di antara ikan koi lainnya. Showa merupakan salah satu jenis ikan koi terpopuler di kalangan penghobi. Meski dalam warna terlihat seperti Sanke. Perbedaannya adalah pada warna pola dibandingkan dengan sanke, di mana bayangan showa akan menunjukkan warna putih dan merah yang menutupi dasar hitam.

Jenis Ikan Koi showa

Selain itu, tidak seperti Sanke, warna hitam Showa juga bisa menutupi kepala. Menariknya, pada beberapa jenis Showa berkualitas tinggi, nadanya bisa terlihat seperti kilat. Bahkan tak jarang akan terlihat seperti bunga. Yang lebih mengejutkan adalah bahwa ikan terbaik Showa dijual seharga Rs 2,1 miliar pada tahun 2013.

Baik di Indonesia maupun di dunia, koi showa ini merupakan salah satu jenis ikan yang sering dijadikan sebagai ikan hias. Padahal, pada awalnya ikan ini sering digunakan untuk konsumsi di tempat asalnya, Jepang.

Namun seiring dengan perkembangannya, ikan koi mengalami beberapa variasi baik dari warna sisik maupun bentuk tubuhnya, sehingga tujuan pemeliharaannya pun berubah menjadi ikan hias.

Baca pula : Jenis Ikan Koi Showa

Jenis Ikan Koi Kikokuryu

koi kikokuryu.

Kikokuryu adalah koi tanpa kepala (doitsu) dengan dasar putih yang dipadukan dengan area hitam di dalam barisan sisik, di sepanjang bagian belakang barisan, dan di kepala di sekitar mata dan hidung.

Ulasan Tentang jenis ikan koi kikokuryu

Kikokuryu biasanya dianggap versi logam dari kumonryu. Cukup sulit menemukan jenis yang satu ini. Kamu bisa memiliki jenis ikan koi kikokuryu dari joglokoi.

jenis ikan koi kikokuryu

Jenis Ikan Koi Kohaku

Ikan koi Kohaku. Ikan koi kohaku adalah basic dari ikan koi yang tentunya orang sangat kenal dan paling banyak dipelihara.

Ikan koi kohaku ini mempunyai ciri khusus memiliki warna dasar putih dan corak merah besar di atasnya. Jenis ikan Koi Koi dibedakan berdasarkan bentuk pola di punggungnya.

jenis ikan koi kohaku

Pertama, maruten yang memiliki dasar berwarna putih dengan pola bulat di bagian kepala dan punggungnya. 

Kedua, nidan, yang memiliki dua pola di sepanjang punggung, juga inazuma, yang hanya memiliki satu pola di sepanjang punggung dengan tambalan petir.

Joglo Koi Farm Kediri

Namun banyak peminat ikan koi yang merasa bahwa ikan koi kohaku terlalu mirip dengan ikan mas. Namun jangan salah, pasaran harganya berkisar 300 ribu hingga Rp 1 jutaan. Namun ikan Kohaku terbaik yang pernah dijual seharga Rp 1 miliar di Lelang Ikan Koi Nigata pada tahun 2010.

Memilih bibit ikan koi yang bagus pula tidak kalah berarti bagaikan langkah dini buat membudidayakan ikan koi terbaik yang di idamkan. Oleh karena itu jangan pula salah seleksi penyedia bibit ikan koi. Hendaknya cari yang baik serta percayakan saja pada JOGLO KOI FARM dengan alamat website jualikankoi. id. Sebab disini ialah penyedia ikan koi luar biasa unggulan serta dipastikan tidak mengecewakan.

Baca juga :  jenis ikan koi kohaku

Jenis Ikan Koi Sanke atau Taisho Sanshoku

Jenis ikan koi terbaik kedua adalah ikan koi Sanke. Ikan koi sanke merupakan salah satu jenis ikan koi yang cukup menarik perhatian. Ikan koi jenis ini memiliki warna dasar putih yang dipadukan dengan corak merah dan hitam.

jenis ikan koi sanke

Ikan Sanke koi dikatakan berkualitas tinggi. Ikan ini memiliki corak warna seperti kohaku, namun terdapat warna pelengkap yaitu hitam.

Banyak juga yang mengatakan bahwa Sanke sekilas terlihat hampir seperti kohaku. Apa yang membedakan keduanya adalah bahwa pola merah di belakang Sanke biasanya dipasangkan dengan warna hitam. Untuk kelas harga di pasaran, harga ikan koi ini berkisar antara Rp 300 ribu hingga menyentuh nominal Rp 1,5 juta.

Joglo Koi Farm Kediri

Namun ketika anda menemukan 1 atau beberapa jenis ikan koi Sanke yang masuk kedalam klaster jenis terbaik maka sudah pasti nilai jual nya makin tinggi,dan bahkan pernah dijual seharga Rp 100 juta di pelelangan Jepang.

Baca juga artikel lengkap Jenis Ikan Koi Sanke

Jenis Koi Slayer

Slayer. Selayaknya nama yang dibawa yakni slayer, jenis ikan ini mempunyai sirip panjang. Namun untuk yang platinum ini di katakana mahal lantaran mempunyai warna lebih unik dibandingkan dengan jenis koi yang lain. Adapun warna khas dari jenis platinum koi slayer ini adalah satu warna saja. Semakin bersih coraknya alias tidak ada sedikit corak lain.

jenis ikan koi slayer

Jenis Ikan Koi Chagoi

Chagoi atau ikan koi polosan adalah ikan alpha atau pemimpin dalam hal makan. Sering disebut jenis koi Chagoi adalah ikan penjinak. Ikan koi chagoi merupakan salah satu jenis ikan koi yang memiliki ciri khas tubuh berwarna abu-abu. Warna tersebut juga didominasi oleh warna kekuningan yang ada pada tubuh ikan koi namun terlihat sangat tipis sekali.

jenis ikan koi Chagoi

Jika dilihat dari penampilan ikan.koi tersebut maka anda bisa menyimpulkan bahwa ikan koi ini memiliki warna yang kurang cantik. Maka dari itu ikan koi ini sangat jarang sekali disukai oleh para pecinta koi.

Namun harga yang dibanderol untuk ikan koi per ekornya ini cukuplah murah. Jadi anda bisa membelinya untuk melengkapi kolam ataupun akuarium yang anda miliki.

Joglo Koi Farm Kediri

Ikan Koi Soragoi

Soragoi adalah jenis Chagoi berwarna Abu2. Bisa berharga mahal untuk jenis chagoi ginrin berpunuk. Soragoi adalah salah satu ikan koi yang biasa juga disebut dengan ikan koi hantu. Hal tersebut dikarenakan ikan koi ini mempunyai warna hitam yang cukup menyeramkan.

jenis ikan koi soragoi

Warna hitam yang dimiliki oleh ikan koi ini terlihat semut dengan kelabu mirip seperti ikan lele. Tubuh dari ikan ini juga hampir sama seperti ikan mas yang mana juga sangat sedikit sekali peminat. Sedikitnya peminat dari ikan koi ini dikarenakan warna yang dimilikinya tidak seindah ikan koi jenis lainnya.

Baca Juga : Harga Ikan Koi Besar

Ikan Koi Asagi

Koi Asagi sangat unik dan memiliki warna silver yang sangat menambah kesan elegan pada ikan koi jenis ini. Selain itu, keindahan koi jenis ini juga terdapat pada coraknya yang berwarna merah, jingga, kuning, putih atau kombinasi tiap bagian tubuhnya.

jenis ikan koi asagi

Karena keindahannya, koi asogi ini kerap menjadi incaran dan buron para pecinta ikan hias, meski harganya bisa mencapai setinggi 5 jutaan untuk satu ekornya. Banyak orang mengatakan bahwa dengan melihat tubuh yang anggun dan indah dari koi ini, rasa penat dan penat bisa hilang.

Ikan koi bekko juga tidak kalah menarik dari jenis lainnya. Dengan corak yang didominasi warna putih disertai corak hitam, diyakini mampu memberikan sugesti penenang dan menghilangkan penat.

Jika Anda tidak suka warna putih, jangan khawatir, bekko ini juga memiliki motif dominan merah dan hitam sebagai hiasan. Selain itu, keunikan dari koi jenis ini adalah perkembangan tubuhnya yang bisa mencapai panjang hingga 80 sentimeter.

Ikan Koi Tancho

Jenis ikan koi ini merupakan salah satu jenis ikan koi yang masih tergolong spesies kohaku koi. Jenis koi ini bisa dibilang yang paling populer dari jenisnya.

Salah satu kekhasan dari tancho koi ini adalah adanya bintik merah besar di kepalanya. Simetri titik menentukan kualitas trah ini.

jenis ikan koi tancho

Titik besar di kepala sering dikaitkan dengan bendera Jepang saat ini. Oleh karena itu, koi tancho sangat dihormati dan dihormati oleh masyarakat di Jepang. Selain itu, banyaknya legenda dan cerita rakyat Jepang tentang koi juga membuatnya istimewa.

Jenis Ikan Koi Sushui

Ikan Koi Shusui merupakan keturunan dari spesies Asagi yang tentunya dapat dibedakan dengan perbedaan sekecil apapun. Perbedaan ini terdapat pada warna sisik punggung yang membedakan warna jaring biru pada koi Asagi. Sebagai ikan trah, Anda perlu memperhatikan agar tidak salah dengan koi jenis asagi.

Jenis Ikan Koi shusui

Ikan Koi Shiro

Joglo Koi Farm Kediri

Ikan Shiro utsuri memiliki perbedaan yang mengejutkan dibandingkan dengan enam ikan sebelumnya. Koi ini memiliki warna dasar hitam dengan warna dasar putih. Jenis koi terbaik dalam spesies Shiro Utsuri memiliki ciri kombinasi warna hitam dan putih di bagian kepalanya.

jenis ikan koi shiro

Shiro adalah pasangan dari ikan koi showa. Kebanyakan breeder atau petani menyilangkan varietas jenis shiro dan showa untuk mendapatkan hasil anakan yang cukup bagus

Jenis Ikan Koi Blitar

Di Blitar Jenis koi bermacam-macam. Blitar sebagai pusat budidaya koi di seluruh Indonesia memiliki jumlah petani koi yang sangat banyak. Untuk mendapatkan ikan koi blitar, cukup menghubungi joglokoifarm dan anda bisa memilih berbagai jenis koi yang diinginkan.

Pertama kali blitar sebagai pusat ikan koi adalah karena Presiden Soekarno membawa ikan koi dari jepang untuk dibudidayakan di Indonesia an akhirnya di bawa ke tanah kelahiran beliau yaitu Blitar. Beliau tertarik dengan warna koi MERAH PUTIH yang mewakili bendera Bangsa Indonesia.

jenis ikan koi blitar

Sebagai pusat budidaya ikan koi, Koi blitar terkenal memiliki beberapa keunggulan di banding pembudidaya ikan koi lainnya di Nusantara. Beberapa keunggulannya adalah :

Tubuh Cepat Besar
Pola Beragam Kaya Warna
Corak Warna Tajam dan Indah

Jenis Ikan Koi Termahal

Mahal dan Murahnya ikan koi sebenarnya sedikit sekali dipengaruhi dari jenisnya. Semua ikan koi bsa berharga murah, bisa berharga mahal. Tergantung dari KUALITASNYA. Jenis ikan koi termahal sesuai dengan harga jualnya umumnya adalah jenis Kohaku, Showa, Sushui.

Jenis ikan koi termahal lainnya adalah Sanke, Asagi, Kujaku, Showa Doitsu. Review tentang jenis ikan koi termahal bisa di baca pada artikel disini.

Joglo Koi Farm Kediri

Jenis Ikan Koi Yang Cepat Besar

Ikan Koi yang cepat Besar :

  • Cagoi Soragoi Karasi Midori Tembaga
  • Kohaku Sanke
  • Ikan Koi Import

Ikan Koi yang pertumbuhannya lambat :

  1. Slayer Kumpay
  2. Showa
  3. Ochiba Sigure
  4. Sushui Asagi
  5. Goshiki

jenis ikan koi yang cepat besar

Jenis Ikan Koi Yang Bagus

Tidak ada patokan untuk hobiis ikan koi yang bagus. Ikan koi yang bagus adalah yang paling disukai dan memberi kepuasan bagi pemiliknya serta menambah kebahagiaan.

Ikan Koi yang bagus biasanya memiliki ciri2 sebagai berikut :

Warna tajam, bodi seperti torpedi, Bulki berpunuk, Mulut bulat, Sehat Tidak Cacat, Sirip dan Ekor Lebar, POLA SEIMBANG indah dipandang mata, Pertumbuhan cepat dan bisa jumbo 60cm up

Jenis Ikan Koi Terbaik

Jenis Ikan Koi Terbaik

Jenis Koi Terbaik adalah Jenis Gosanke yaitu Showa Sanke dan Kohaku. Ini menurut pendapat yang umum berlaku secara internasional. Karena di setiap kontes, ikan jenis gosanke dikategorikan kelas A. Ada Beberapa alasan kenapa koi terbaik adalah Kohaku Sanke dan Showa yaitu :

  1. Harganya mencapai Termahal
  2. Sulit di budidayakan untuk mendapatkan kualitas bagus
  3. Warna di Kolam Paling Indah
  4. Paling digemari Hobiis.

JOGLO KOI FARM

Mojoroto gg 8 Barat. Kota Kediri, Jawa Timur

Hubungi:  6282143557972

Jenis Ikan Koi Terbaik

Shiro Bekko

Perpaduan warna silver dan kuning di bagian kepala membuat koi shiro bekko semakin anggun ketika berada dalam air.

Selain itu ikan ini juga memiliki warna hitam dengan bentuk kecil-kecil di sekujur badannya. Shiro bekko juga punya anatomi yang tidak jauh berbeda dengan ikan mas biasa.

Shiro Utsuri

Koi shiro utsuri jika dilihat sekilas nampak hampir sama dengan koi shiro bekko. Akan tetapi jika diperhatikan secara mendetail, tentu memiliki perbedaan, mulai dari pola sampai warna.

Shiro utsuri lebih dominan warna hitam di badannya.

Kohaku

Tipe ikan koi ini bisa dibilang paling familiar di masyarakat. Ia memiliki ciri khas warna merah dan putih.

Koi ras kohaku ini merupakan jenis koi paling tua diantara ikan koi. Selain itu koi jenis ini termasuk ke dalam koi tercantik di dunia.

Kujaku

Keluarga ikan koi kujaku ini tampak cantik dengan bulatan warna merah di kepala bagian atasnya. Sekilas mungkin mirip seperti kohaku.

Meski memiliki penampilan yang hampir mirip, namun coraknya berbeda.

Shiro Matsuba

Ikan koi shiro matsuba memiliki warna dasar putih dengan sedikit warna hitam pada bagian sisiknya.

Tapi jika melihatnya hanya sekilas atau tidak terlalu diperhatikan, warna ikan koi shiro matsuba ini hanya terlihat putih saja.

Tancho

Ikan koi tancho merupakan ras terbaik, Untuk mengenali jenis ikan ini cukup mudah, karena memiliki warna merah yang begitu mencolok yaitu tepat di atas kepalanya.

Sedangkan untuk warna dasarnya sendiri berwarna putih atau silver.

Aka Matsuba

Aka matsuba masih satu jenis dengan shiro matsuba, Perbedaannya hanya pada warna dasar yang dimiliki. Koi aka matsuba memiliki warna dasar merah dengan pola warna hitam menyerupai jaring di punggungnya.

Sedangkan shiro matsuba memiliki warna dasar putih. Untuk warna hitam yang menyerupai jaring ini memang warna hitam sungguhan bukan bekas luka. Sebab ada beberapa penjual yang menawarkan ikan koi aka matsuba palsu.

Tancho Showa

Ikan koi tancho showa hampir serupa dengan ikan koi utsuri shiro dan kohaku sanke. Jenis ikan ini memang begitu unik, sebab merupakan hasil persilangan antara koi kohaku dengan utsuri shiro.

Perbedaannya memang hanya terletak pada corak ikan, dari segi bentuk dan dan lainnya kurang lebih sama.

Tancho Kohaku

Sebetulnya ikan hias koi jenis tancho kohaku sangat mirip dengan jenis tancho. Pembedanya ialah bulatan merah di kepalanya lebih terlihat presisi.

Tentu berbeda halnya dengan koi tancho yang memiliki warna merah di kepala yang lebih tidak beraturan.

Selai hal tersebut, koi tancho kohaku memiliki warna merah di bagian kepala dengan warna merah cerah tanpa noda.

Tancho Goromo

Jenis ikan koi selanjutnya ialah jenis tancho goromo. Jika dilihat dari segi fisiknya, koi jenis ini memiliki warna dasar putih dengan corak hitam di bagian kepala. Selain corak hitam di bagian kepala, terdapat perisai diantara bagian mata.

Namun sayangnya untuk saat ini, jenis ikan hias koi tancho goromo memiliki jumlah populasi yang sedikit.

Tancho Kujaku

Ikan ini  memiliki titik-titik hitam pada bagian warna putih tubuhnya. Ada corak lingkarang berwarna merah di bagian kepalanya.

Sirip Ikan Koi Tancho Kujaku titik hitamnya juga merata di sekujur tubuh bagian atas dan samping.

Tancho Sanke

Ikan koi jenis tancho sanke mirip dengan ikan koi tancho showa. Mulai dari warna dasar hingga corak yang terdapat pada tubuhnya.

Akan tetapi yang menjadi pembeda, koi jenis tancho sanke memiliki tambahan corak warna, yaitu warna hitam di bagian belakang, tepatnya hampir dekat ekor.

Ki Bekko

Ikan koi jenis ki bekko terlihat lebih indah, apalagi bagi kamu yang menyukai ikan hias dengan warna cerah.

Ki bekko memiliki warna dasar kuning dengan corak warna hitam di sekujur tubuhnya, mulai dari kepala hingga ekor.

Aka Bekko

Koi aka bekko secara garis besar mirip dengan koi bekko lainnya, yang menjadi pembeda hanyalah terdapat pada warna dasar.

Jika koi dengan jenis ki bekko memiliki warna dasar kuning pada bagian tubuhnya, maka aka bekko ini berwarna dasar merah.

Kumonryu

Kumonryu adalah ikan yang paling unik sekaligus menakjubkan. Setiap tahunnya koi kumonryu mampu mengubah warnanya sendiri.

Entah apa penyebab yang pastinya. Namun rumornya, perubahan yang terjadi pada ikan koi kumonryu ini karena pergantian suhu dan PH yang terdapat dalam air.

Koi kumonryu merubah dirinya pada musim dingin menjadi berwarna hitam, sedangkan pada musim panas atau musim semi tubuhnya menjadi warna putih.

Beni Kumonryu

Ikan koi jenis beni kumonryu ini memiliki kemampuan yang sama dengan ikan koi kumonryu biasa. Mereka dapat mengubah warna tubuhnya ketika memasuki musim dingin.

Jika koi kumonryu biasa dapat mengubah warna tubuhnya menjadi hitam, maka jenis beni kumonryu ini mengubah tubuhnya menjadi warna merah.

Aka Hajiro

Ikan koi aka hajiro merupakan turunan dari jenis ikan koi hajiro.

Namun, Aka Hajiro memiliki warna tubuh merah secara keseluruhan. Hanya bagian siripnya saja yang punya corak putih.

Hajiro

Jika ikan koi jenis yang lain memiliki variasi warna, setidaknya terdiri dari dua warna, namun koi hajiro hanya memiliki satu warna, yaitu hitam saja.

Cocok untuk variasi warna di kolam.

Beni Kikokuryu

Jenis ikan koi ini terbilang unik dan cantik. Ikan koi beni kikokuryu memiliki 3 warna berbeda yang menyelimuti tubuh si ikan.

Meskipun terlihat kurang rapi, namun warnanya yang abstrak membuat visualnya menawan.

Kikokuryu

Ikan koi kikokuryu memiliki corak yang begitu rapih. Berwarna dasar putih dengan corak hitam yang terus berjejer dari kepala hingga ekor.

Jika kamu perhatikan secara seksama dan mendetail, motif yang dimiliki ikan ini seperti hal kuda zebra.

Goromo

Jenis koi goromo merupakan hasil perkawinan antara kohaku dengan asagi atau asagi dengan sanshoku.

Keunikan yang dimiliki koi goromo adalah corak yang indah dengan warna dasar putih. Kebanyakan dari jenis goromo ini memiliki corak berwarna merah dan hitam dengan lingkaran biru di setiap sisinya.

Sumi Goromo Fish

Sumi goromo fish memiliki kesamaan dengan ikan koi jenis shiro utsuri. Terutama warna dasar yang dimiliki serta motif di seluruh tubuhnya. Koi ini tampak cantik dengan warna hitam dan putih yang mengkilap.

Budo Goromo

Ikan hias koi budo goromo memiliki penampilan yang hampir sama dengan ikan koi kohaku. Bedanya, budo guromo memiliki warna merah pada coraknya.

Koi ini digadang-gadang merupakan jenis koi yang memiliki kualitas tinggi.

Ogon

Jenis ikan koi ogon memiliki keistimewaan tersendiri, dengan warna kuning emas mengkilat. Koi ogon ini pertama kali ditemukan pada tahun 1946 oleh sawati bersama dengan putranya, yang kemudian dijadikan sebagai ikan koi indukan.

Setelah beberapa kali dikawinkan, disilangkan dengan koi lain, barulah muncul ikan koi ogon ini. Ikan koi ogon ini merupakan generasi 4-5 dari perkawinan ikan tersebut.

Goshiki Goromo

Goshiki Goromo adalah hasil perpaduan dari Budo dan Sumi Goromo.

Warnanya kilau putih susu dengan corak kehitaman dan kemerahan. Ikan ini punya titik-titik sisik hitam yang menyebar tipis pada seluruh tubuh.

Platinum Ogon

Sesuai dengan namanya, ikan ini memiliki warna silver atau platinum. Jenis ikan koi platinum ogon sangat indah tatkala terpapar oleh sinar matahari.

Ikan jenis platinum ogon ini memiliki warna tunggal saja.

Orenji Ogon

Sesuai dengan namanya yaitu orenji, dalam bahasa indonesia berarti oren dan dalam bahasa inggris adalah orange.

Ikan koi ini seluruh tubuhnya memiliki warna oren tanpa terkecuali. Bentuknya sendiri menyerupai ikan mas.

Yamabuki Ogon

Ikan koi yamabuki ogon memiliki warna kuning mengkilat di sekujur tubuhnya dan bintik hitam di setiap ujung sisiknya.

Koi yamabuki ogon terlihat sangat indah ketika berada dalam air yang jernih. Di Indonesia sendiri ikan koi jenis ini cukup populer.

Ki Utsuri

Ikan koi ki utsuri memiliki warna dasar hitam dengan corak warna kuning terang, ikan ini sangat cantik ketika berada di kolam dengan air yang jernih.

Apabila dibandingkan dengan koi shiro utsuri, letak perbedaannya hanya dalam hal warna saja, baik dalam warna dasar maupun corak warna.

Nezu Ogon

Ikan koi nezu ogon merupakan ikan koi dengan tubuh berwarna emas yang agak kehitaman serta mempunyai bibir yang cukup lebar. Inilah yang jadi ciri khas dari ikan koi nezu ogon.

Jika diperhatikan dengan seksama, maka ikan koi nezu ogon ini tidak sama dengan koi pada umumnya. Bahkan ada nezu ogon yang memiliki kumis, aneh bukan?

Showa Sanshoku

Showa sanshoku merupakan ikan koi yang memiliki warna dasar gelap dengan warna corak merah. Visualnya sangat cantik saat  ikan ini sedang bergerak di dalam air.

Namun jika dilihat sekilas, showa sanshoku tidak jauh berbeda dengan ikan koi taisho sanke. Perbedaannya hanya terletak pada warna dasar yang dimiliki.

Kin Showa

Ketika kamu melihat ikan koi kin showa ini pasti langsung jatuh cinta, sebab memiliki bentuk serta warna tubuh yang cantik.

Kin showa merupakan ikan koi hasil perkawinan antara ogon platinum dengan showa. Tidak heran jika ikan ini memiliki warna dasar pada tubuhnya dengan warna perak seperti halnya ogon platinum.

Akan tetapi untuk bagian tubuh lainnya, seperti corak dan bentuk lebih mirip ikan koi showa.

Boke Showa

Koi boke showa dapat dilihat dari sisik yang kusam, serta memiliki warna merah pada bagian kepalanya.

Ikan ini juga memiliki warna dasar putih serta pola yang hitam. Namun hitamnya tidak terlalu kentara, artinya tidak gelap dan tidak terang juga.

Sanke

Ada pernah yang mendengar ikan koi sanke?

Ikan koi sanke atau taisho merupakan koi dengan warna dasar putih, yang menjadikannya terlihat cantik. Koi sanke memiliki pola atau garis dengan warna merah di sekujur tubuhnya. Jika dilihat sekilas shanke ini mirip dengan ikan koi kohaku.

Shanke atau taisho memiliki perbedaan dengan kohak. Ini karena diatas punggungnya terdapat warna hitam yang tidak sampai kepala.

Koi sanke sendiri merupakan hasil perkawinan antara ikan koi kohaku dengan koi shiro bekko. Jadi tak heran jika memiliki kemiripan dengan koi kohaku.

Hi Showa

Hi showa tak jauh berbeda dengan koi showa sebab ikan ini merupakan turunan dari showa. Memiliki bentuk yang hampir sama bahkan dapat dibilang mirip.

Memiliki warna dasar putih dengan kombinasi hitam dan merah, ikan koi ini terbilang digemari banyak pecinta koi.

Benigoi

Benigoi merupakan ikan koi yang dapat dibilang tidak biasa sebab memiliki tubuh yang cukup gempal alias gendut. Koi benigoi tampak lebih lucu dengan badan gempalnya.

Selain memiliki tubuh gempal, perbedaan yang mencolok adalah dari segi warna. Jika koi jenis lain memiliki corak atau ragam warna maka benigoi hanya berwarna jingga terang.

Karasugoi

Ikan ini memiliki ciri khas warna gelap. Meskipun gelap, karasugoi tidak kalah menarik dengan ikan koi lainnya.

Mungkin bagi kalian bisa dijadikan sebagai pelengkap koleksi ikan koi, sebab jika dipadukan dengan ikan koi lain tentu karasugoi akan terlihat cantik juga.

Soragoi

Koi soragoi memiliki warna abu-abu sehingga dapat dipadukan dengan warna yang lain.

Tentu warna ini menjadi keuntungan bagi pecinta ikan koi, sebab koi dengan warna netral ini akan cocok dipadukan dengan koi ras apapun.

Kigoi

Kigoi adalah ikan koi dengan warna kuning emas tanpa corak sama sekali. Ukuran tubuh dan bentuknya tidak jauh berbeda dengan kelompok ikan koi lain.

Tentu dengan kalian mengoleksi ikan koi ras ini akan mewarnai kolam ya.

Chagoi

Chagoi adalah ikan koi yang berbeda dengan yang lain, terutama soal warna tubuh. Kebanyakan ikan koi memiliki warna tubuh metalik atau bisa dibilang cerah.

Sedangkan untuk ikan koi chagoi ini berwarna kuning keruh.

Doitsu Hariwake

Warna platinum atau silver dipadukan dengan warna kuning emas menjadikan ikan koi doitsu hariwake tampak benar-benar indah. Apalagi dalam keadaan atau kondisi terkena cahaya.

Untuk ukuran serta bentuk tubuh ikan koi ini tidaklah jauh berbeda alias sama.

Koi Shusui

Ada yang unik dari ikan koi shusui. Ikan ini tidak memiliki sisik sama sekali kecuali hanya sedikit di bagian punggung.

Sisik di punggung tersebut memiliki warna gelap. Sedangkan warna tubuh keseluruhan adalah warna putih dengan diselimuti warna merah atau orange .

Kikusui

Sekilas koi kikusui lebih mirip dengan koi tancho. Memiliki warna yang simpel dan hampir keseluruhan tubuhnya berwarna putih. Tapi  ada setitik atau sedikit warna merah pada bagian kepala.

Asagi

Koi asagi bisa dibilang merupakan koi yang cukup terkenal di dunia. Jenis ini juga termasuk salah satu yang tertua.

Sedangkan untuk ciri-cirinya sendiri, koi asagi memiliki warna biru dengan corak merah atau orange di bagian perutnya. Untuk bagian kepala sendiri berwarna putih bersih tanpa warna.

Ochiba Shigure 

Ochiba shigure dalam bahasa indonesia sendiri adalah daun gugur yang jatuh kedalam air. Nama ini diambil mungkin karena ikan ini  memiliki warna yang mirip dengan daun yang telah gugur.

Ikan ini merupakan hasil persilangan dari koi soragoi dan chagoi.

Yamato Nishiki

Ikan koi yamato nishiki memiliki kemiripan dengan koi showa.

Perbedaannya hanyalah warna tubuhnya. Yamato nishiki memiliki sisik lebih keperakan.

Black Dragon

Ikan koi macam black dragon terkenal dengan harganya yang mahal, kok bisa?

Alasannya cukup sederhana, ikan koi dengan spesies ini susah didapatkan alias langka. Kelangkaan ikan koi ras black dragon karena sulit untuk membudidayakannya.

Sampai saat ini black dragon masih memegang rekor sebagai ikan koi termahal yang ada di dunia. Apakah kalian tertarik untuk memilikinya.

Hikari Moyo

badannya. Koi hikari merupakan hasil dari persilangan antara utsuri dengan ogon, jenis hikari ini lumayan bagus sama halnya dengan ikan koi lainnya.