Jenis Jenis Ikan Koi

Jenis Jenis Ikan Koi. Ada beberapa jenis hal yang harus diketahui untuk membudidayakan ikan koi dengan baik. Oleh karena itu, sebagai pembudidaya ikan koi pemula perlu mengetahui dengan baik hal tersebut agar penangkaran ikan koi dapat dilakukan secara maksimal. 

Karena seringkali, jika Anda tidak memahami cara membudidayakan ikan koi dengan baik, ikan koi mungkin tidak dapat berkembang biak atau tumbuh secara optimal. Sehingga usaha yang dijalankan berupa ikan koi tidak bisa berjalan sesuai keinginan. 

Jenis Jenis Ikan Koi

Ikan Koi atau yang lebih dikenal dalam bahasa latinnya Cyprinus carpio L merupakan ikan hasil persilangan beberapa ikan mas (kerper) kemudian menghasilkan benih ikan dengan kualitas unggul dan varian warna yang beragam, menjadikan ikan koi semakin menarik. Kemudian ikan koi ini tumbuh dan menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia.

Ikan koi merupakan salah satu jenis ikan hias yang cukup populer keberadaannya dan menurut mitos yang berkembang, ikan hias ini dapat meraup keuntungan besar. Dengan fakta tersebut, tidak heran jika banyak orang yang mencari ikan koi sebagai hewan peliharaan atau bisa juga dijadikan sebagai business park baru.

Kali ini admin akan sedikit menjelaskan kepada anda semuanya tentanghal menarik serta cerita ikan koi dari mulai pemberian nama dan arti nama dibalik warna pada tubuh Ikan Koi

Jenis-Jenis Ikan Koi Paling Terkenal

Ikan Koi Shiro Bekko

Begitu juga untuk ikan koi jenis shiro Bekko. Jenis ikan koi ini juga setidaknya ada dengan 3 subspesies dengan campuran kombinasi warna yang tentunya berbeda. Diantaranya adalah Shiro Bekko, Koi Ki Bekko dan Iowa Bekko aka.
Untuk jenis koi yang juga dikenal dengan bekko, kedua jenis koi tersebut tidak memiliki corak merah pada tubuhnya. Hanya saja semuanya memiliki bintik-bintik dengan warna hitam yang sama.

Ikan Koi Utsurimono

Ikan Koi Utsurimono memiliki warna dasar hitam dengan beberapa warna tambahan. Ada sekitar 3 subspesies, diantaranya ikan koi shiro utsuri, koi ki utsuri dan ikan koi hi utsuri.
Untuk tipe pertama paling sedikit memiliki kombinasi warna hitam putih, untuk tipe kedua dengan warna hitam kuning dan hitam oranye.

Ikan Koi Gonsanke

Bagi pecinta ikan hias khususnya ikan koi pasti sudah tidak asing lagi dengan ikan koi gonsake. Ikan koi gonsake sendiri merupakan salah satu jenis ikan koi dengan kombinasi warna yang cukup menawan. Koi gosanke setidaknya memiliki 3 jenis yang berbeda yaitu kohaku, sanke dan showa. Ikan koi kohaku adalah jenis ikan koi yang memiliki warna sangat standard yakni dengan warna dasar putih lalu ada sedikit aksen corak dengan warna merah. Koi Sanke jenis ini memiliki kombinasi warna hitam dan merah. Sedangkan ikan koi showa memiliki sisik berwarna putih, hitam, dan merah.

Ikan Koi Asagi

Bisa dibilang ikan asagi koi sendiri merupakan ikan koi yang paling lama dikenal di kalangan peminat koi. Mungkin jenis ikan koi ini sendiri mungkin yang paling berkesan di antara spesies lainnya, karena ikan koi ini memiliki bintik-bintik di tubuhnya dan pola bintik-bintik itu sendiri sangat unik dibandingkan dengan spesies koi lainnya.
Kini ada juga ikan koi shusui yang juga berkerabat dengan ikan koi asagi. Pola yang menempel di tubuhnya juga hampir sama.

Jenis Jenis Ikan Koi

Ikan Tancho Koi

Ikan koi tancho ini juga merupakan jenis ikan koi dengan subspesies yang berbeda-beda, tancho goromo memiliki warna tubuh yang merah jambu dengan bintik-bintik hitam di dahi. Yang kedua adalah jenis tancho kohaku yang memiliki warna badan putih dengan bintik merah di dahi.
Kemudian varian ketiga adalah tancho goshiki yang memiliki dahi berwarna merah dengan warna tubuh hitam putih dan yang terakhir adalah tancho kujaku serta jenis sanke.

Jenis Ikan Koi Lain

Ikan Koi Dainichi Showa

Tahukah anda bahwa ikan koi spesies Dainichi Showa ini telah mencapai harga lebih dari 2,8 Milyar, yang mana pada saat Dainichi Showa sedang mengikuti pelelangan ikan koi pada bulan November 2015? Fantastis bukan?
Ikan koi jenis ini mempunyai harga yang sangat fantastis dibandingkan dengan harga dainichi showa pada umumnya hal ini dikarenakan ikan koi berkualitas tinggi dengan cara apapun dan sama sekali tidak ada cacat fisik dimana pun, dan tentunya ikan koi jenis ini juga memiliki tubuh yang sangat sempurna. Tidak ada minusnya, dan yang menarik tentunya memiliki corak yang unik dan sangat berbeda dengan jenis ikan koi lainnya.

Ikan Koi Maruten Kohaku

Ikan Koi Maruten Kohaku ini terjual dengan harga 1,9 miliar pada pelelangan ikan koi yang diadakan di kota Nigata, Jepang pada tahun 2010.
Ikan koi jenis ini tahu bagaimana mendapatkan harga yang fantastis karena tubuhnya yang sangat bagus dan tentunya memiliki kualitas yang sangat tinggi dan sifat fisik yang hampir sempurna, apalagi jenis ini juga memiliki panjang lebih dari 80 cm. Selain itu, maruten maruten kohaku ini memiliki rona merah yang menempel tepat di badan dan menyatu dengan warna putih, sehingga membuat ikan koi kohaku maruten ini sangat manis dan cantik.

Ikan Koi Kohaku

Ikan Koi jenis Kohaku merupakan salah satu jenis ikan koi yang paling terkenal dan tentunya jenis koi yang satu ini merupakan yang tertua diantara ikan koi lainnya. Koi biasanya ditemukan di berbagai tempat dan cukup dikenal masyarakat. Ikan koi kohaku sangat terkenal dan merupakan ikan koi Basic bagi semua para breeder pasti mempunyai jenis ikan koi jenis ini,dengan ciri khas memiliki warna dasar putih cerah dengan balutan warna merah cerah yang ada di sekeliling tubuhnya.

Jenis Jenis Ikan Koi

Ikan Koi Kujaku

Yang berikutnya adalah jenis ikan koi kujaku. Jenis koi kujaku ini merupakan ikan koi yang memiliki nama yang hampir mirip dengan kohaku. Namun, tidak hanya sebanding dalam hal atribusi sekedar nama saja, tetapi juga berlalku di dalam tone warna yang mana sekilas terlihat hampir mirip dengan tipe ikan koi kohaku. Ikan koi jenis Kujaku ini pada dasarnya berwarna putih tulang dan dipasangkan dengan tambahan warna merah / jingga yang agak kehitaman dan merata di antara ikan koi. Harganya tidak jauh berbeda dengan koi kohaku.

Jenis Koi Shiro Utsuri

Ikan koi Utsuri dan shiro bekko merupakan jenis ikan koi dengan varian yang hampir sama. Bahkan jika Anda melihatnya secara detail, ada banyak perbedaan yang cukup mendasar dalam warna dan polanya.
Shiro bekko dan shiro utsuri koi merupakan jenis koi yang sama yang memiliki dua warna hitam dan putih. Namun untuk shiro bekko ini, warna dasarnya putih ditambah sedikit bintik hitam. Shiro Utsuri kini memiliki warna dasar hitam sebagai warna dasar dan bagian putih di samping kombinasi warna pada tubuhnya.

Ikan Koi Shiro Matsuba

Hal  utama yang perlu anda ketahui tentang jenis ikan koi Shiro Matsuba adalah ikan koi yang secara menyeluruh memiliki warna dasar putih dengan sedikit warna hitam yang ada pada sisiknya. Jadi ketika di lihat secara sekilas, maka jelas bahwa Ikan Koi jenis Shiro Matsuba ini terlihat seperti layaknya jaring. Ikan koi shiro matsuba lokal ini juga cukup terkenal dan harganya tidak kalah bersaing dengan spesies impor.