Jenis Ikan Koi Yang Cepat Besar

Jenis Ikan Koi Yang Cepat Besar. Belum lama ini, ikan koi hias warna-warni (Cyprinus carpio) yang berasal dari Jepang diperkenalkan ke Indonesia. Sekarang banyak yang memeliharanya sebagai ikan hias di tambak. Tapi, masih banyak yang belum mengenalnya. Nyatanya, koi tidak sepopuler ikan mas Carassius auratus. Lagipula, harganya tinggi, jadi hanya orang kaya yang bisa membelinya.Sebenarnya ada juga Koi “lokal” yang harganya tidak terlalu mahal, tapi kualitasnya tidak seperti Koi impor. Mungkin suatu saat nanti Indonesia juga akan menghasilkan Koi yang berkualitas baik.

Jenis Ikan Koi Yang Cepat Besar

Bagi yang kini mulai tertarik memelihara Koi, berikut beberapa tips yang perlu diketahui saat membeli Koi, serta perawatannya.Ikan koi merupakan salah satu jenis ikan yang berukuran besar dan umumnya menjajah, sehingga harus dipelihara di dalam kolam.

Untuk membuat agar Ikan Koi Mmempunyai ukuran yang maksimal,berikut ini akan kamis share sedikit tips tentang

Cara Memelihara Ikan Koi Agar Cepat Besar

Selalu perhatikan kualitas airnya

Ikan yang hidup di lingkungan perairan penuh tentunya sangat mempengaruhi pertumbuhan dan kesehatannya apabila kualitas air yang digunakan kurang diperhatikan.

Dalam beberapa kasus terlihat bahwa pertumbuhan ikan koi akan cenderung lambat bila air kolam tidak pernah dibersihkan dan agak sedikit  terlihat sangat kotor. 

Membersihkan kolam secara rutin minimal seminggu sekali merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas air agar pertumbuhan ikan koi berjalan dengan baik. Parameter yang harus diperhatikan dari kualitas air kolam antara lain adalah tingkat keasaman, kekeruhan kolam, adanya polutan berbahaya dan suhu.

Berikan nutrisi terbaik dan tambahkan vitamin pelengkap.

Pertumbuhan ikan besar tentunya dipengaruhi oleh pemberian pakan yang diberikan, sehingga memperhatikan jenis pakan dan cara pemberiannya yang benar merupakan salah satu langkah dalam upaya menggemukkan ikan. Koi merupakan hewan omnivora yang harus menyeimbangkan pola makannya dengan berbagai jenis dan tentunya bergizi tinggi. Pemberian pakan ikan koi dilakukan dua sampai tiga kali sehari dan pada cuaca dingin ikan makan lebih sedikit untuk membuatnya cukup dua kali sehari. Memberi makan berlebihan dapat membuat ikan stres dan mengubah kualitas air kolam Anda.

Pastikan ikan koi tidak stres di kolam.

Salah satu faktor yang membuat ikan koi kecil adalah karena kondisi ikan koi yang stres dan tidak nyaman di dalam kolam. Selain memperhatikan kualitasnya, cara lain agar ikan koi tumbuh subur adalah dengan memastikan ikan selalu memiliki tingkat kesenangan dan kenyamanan yang cukup serta terhindar dari stres. Beberapa langkah untuk menjaga kenyamanan kolam selain memastikan kualitas air tetap terjaga, seperti membersihkan kolam setiap saat, menyeimbangkan ukuran kolam dengan jumlah ikan di dalamnya, segera melakukan karantina ikan bermasalah. , dll.

Sediakan aksesoris di kolam Ikan koi

Sebenarnya koi bisa dipelihara di kolam atau akuarium, namun kebanyakan kolam masih menjadi pilihan utama. Aksesoris di dalam kolam juga cukup berpengaruh dalam membuat bibit ikan koi bagian atas tumbuh besar. Beberapa aksesoris yang bisa ditambahkan pada ikan koi antara lain filter, air mancur, dan bebatuan yang juga akan memberikan nilai estetika lebih dibandingkan rumah dengan kolam koi.

Dalam tahapan atau langkah-langkah memelihara ikan koi,sudah pasti anda memerlukan beberapa treatment dan  perawatan khusus agar ikan koi dapat tumbuh sehat dan besar dengan cepat, seperti kondisi kolam, jenis pakan dan juga beberapa faktor penting lainnya.

Berikut akan kami berikan cara memelihara ikan koi agar bisa cepat dimanfaatkan.

  1. Perhatikan kualitas air

Agar ikan koi dapat tumbuh dengan baik maka kualitas air kolam ikan harus selalu dijaga. Pertumbuhan koi akan berkembang lambat karena kualitas air tambak yang buruk. Karena itu, pastikan air kolam selalu diganti atau dikuras minimal seminggu sekali. Namun jika 1 minggu belum berlalu dan air sudah keruh, sebaiknya segera diganti.

Jika air kotor tidak segera dikuras, ikan di dalam kolam akan menjadi lemah. Untuk tingkat pH air yang ideal, pH air yang ideal adalah 7,0 hingga 8,0 dan koi tidak akan mampu bertahan pada pH air di bawah 5,0 atau di atas 10,0.

Mengenai komposisi airnya, pastikan air yang digunakan bebas kaporit yang umumnya digunakan pada air olahan. Mohon endapkan air terlebih dahulu sebelum digunakan atau Anda dapat menambahkan anti klorin ke dalam air.

Jika menggunakan air alami, perhatikan kemungkinan bercampurnya air dengan berbagai bahan seperti merkuri, kadmium, insektisida, fenol atau minyak. Suhu air juga menjadi faktor penting agar ikan koi dapat tumbuh dengan optimal. Suhu standar yang dibutuhkan adalah antara 25 hingga 27 derajat Celcius agar metabolisme dapat dipercepat dan dimungkinkan untuk menyediakan makanan dalam jumlah besar yang selanjutnya akan mempercepat pertumbuhan ikan koi secara maksimal.

Jenis-Jenis Ikan Koi Yang Cepat Besar

Ikan Koi Kohaku

Menurut Para Ahli di Bidang Ikan Koi, Kohaku merupakan ikan koi hidup yang memiliki warna dasar putih dengan bintik-bintik merah. Kohaku memiliki pola seperti bendera Jepang dengan bagian putih bersih seperti warna salju.

Jenis Ikan Koi Yang Cepat Besar

Ikan Koi Sanke / Taisho Sanshoku

Menurut Para Ahli di Bidang Ikan Koi, Ikan Koi Jenis Sanke merupakan ikan koi yang memiliki warna dasar putih dengan bintik merah dan hitam. Pola dasar merah ditemukan di kepala dan garis hitam lebar di dada.

Ikan Koi Showa

Menurut SNI, Showa merupakan ikan koi hidup yang memiliki warna dasar hitam dengan bintik-bintik merah dan putih. Warna merah yang menonjol di bagian dada disebut Hi Showa, sedangkan Showa yang memiliki warna dominan putih disebut Kindai Showa.

Ikan Koi Utsurimono

Menurut Para Ahli di Bidang Ikan Koi, Utsurimono merupakan ikan koi hidup bersisik dengan warna dasar hitam.

Ikan Koi Tancho

Menurut Para Ahli di Bidang Ikan Koi, Tancho merupakan ikan koi yang memiliki pangkal putih dengan lingkaran merah di kepala yang melewati mata dan mulut.

Jenis Ikan Koi Yang Cepat Besar

Ikan Koi Sushui

Menurut Para Ahli di Bidang Ikan Koi, Sushui merupakan ikan koi yang memiliki ukuran besar namun bersisik lembut dan berwarna biru tua di punggungnya.

Ikan Koi Asagi

Menurut Para Ahli di Bidang Ikan Koi, Asagi merupakan ikan koi yang memiliki punggung berwarna biru abu-abu, sirip merah, dan penutup insang.

Ikan Koi Koromo

Menurut Para Ahli di Bidang Ikan Koi, Kromo merupakan ikan koi yang memiliki warna dasar putih dengan corak biru di bagian pinggir tubuhnya.

Ikan Koi Goshiki

Menurut Para Ahli di Bidang Ikan Koi, Goshiki merupakan ikan koi yang memiliki lima unsur warna yaitu merah, putih, hitam, biru muda, dan biru tua.

Ikan Koi Hikari Mojimono

Menurut Para Ahli di Bidang Ikan Koi, Hikari Mojimono merupakan ikan koi yang memiliki warna dasar metalik dan bentuk sisiknya menyerupai jaring. Dan hanya ada satu warna yang muncul ketika dewasa annti yang berada di sekujur tubuhnya.

Ikan koi Hikari moyomono

Menurut Para Ahli di Bidang Ikan Koi, Hikari Moyomoni merupakan ikan koi yang memiliki warna dasar metalik berbentuk sirip menyerupai jaring. Pola yang muncul bermacam-macam, mirip dengan Kohaku dan Sanke.

Ikan Koi Hikari Usturimono

Menurut Para Ahli di Bidang Ikan Koi, Hikari Utsurimono merupakan ikan koi yang memiliki warna dasar metalik dan sisik seperti jaring serta bercorak hitam.