10 Jenis Ikan Koi yang Bagus

Jenis Ikan Koi yang Bagus. Sektor perikanan yang saat ini sedang booming memang merupakan kegiatan yang prospeknya cukup menjanjikan, apalagi jika dilakukan di Indonesia yang notabene negara agraris dan untuk saat ini.

10 Jenis Ikan Koi yang Bagus

Terutama kegiatan di bidang ikan hias. Berbagai jenis pembudidayaan ikan banyak dilakukan dan cenderung menjadi kegiatan utama terutama oleh masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah budidaya Ikan Koi, dimana ikan hias jenis ini memiliki harga jual yang lumayan tinggi hanya untuk satu ekor ikan saja, bahkan 1 ekor ikan koi kohaku dengan panjang hampir 45 cm dengan harga 5 jutaan dijual di bandung.

Budidaya koi bisa dikatakan memiliki masa depan yang menjanjikan dan tentunya sangat menguntungkan. Dimana disisi lain budidaya ikan koi juga mampu mendatangkan penghasilan yang melimpah.

Namun untuk menunjang dan tentunya juga bisa meningkatkan kesuksesan dan meraih kesuksesan dalam hal usaha budidaya ikan koi yang ingin anda lakukan, ada baiknya anda memulai bisnis ikan koi ini terlebih dahulu dengan cara menyeleksi dan memilih bibit ikan koi. yang tentunya hal ini akan mendukung apakah ikan koi yang anda budidayakan memiliki kualitas atau tidak.

JOGLO KOI FARM

Mojoroto gg 8 Barat. Kota Kediri, Jawa Timur

Hubungi: Β 082339754779

Jenis Ikan Koi yang Bagus

Ikan Koi Kohaku

Ikan Koi Kohaku merupakan salah satu jenis ikan koi yang tergolong ikan koi tertua dibandingkan ikan koi lainnya. Jenis Kohaku koi ini biasanya merupakan jenis yang memiliki warna dasar putih dengan berbagai corak atau warna dasar merah cerah yang bercampur menjadi satu dengan putih dan bertengger di atasnya. Sebagian besar kohaku jenis ini memiliki pola dasar putih dengan corak merah cerah dan ada keunggulan yang pasti terbaik di kelasnya.

Jenis Ikan Koi yang Bagus

Ikan Koi Taisho Sanke

Jenis ikan koi yang satu ini merupakan jenis ikan koi yang memiliki warna dasar putih solid terutama ikan koi Taisho Sanke, sekilas terlihat sedikit mirip dengan jenis koi kohaku. Padahal, perbedaannya sendiri terletak pada bagian pola yang bercampur 1 dengan warna merah yang dipadukan dengan corak hitam pekat yang cukup acak.

Ikan Koi Showa Sanshoku

Ikan koi Showa Sanshoku atau lebih akrab disebut showa merupakan salah satu jenis ikan koi yang bentuknya mirip ikan koi Sanke. Perbedaan utama antara kedua jenis koi ini terletak pada pola hitam yang dimiliki ikan ini.

Pola warna hitam pada Showa koi cenderung menyebar ke seluruh tubuh, sedangkan untuk jenis koi Sanke hanya ada di bagian atas kepala.

Ikan Koi Asagi

Ikan koi Asagi merupakan salah satu jenis ikan koi asli Jepang dimana jenis ini memiliki corak biru pada bagian belakang badan dan terdapat juga kombinasi warna merah-jingga kecil pada bagian perut dan siripnya. Jenis asagi koi ini merupakan jenis ikan koi yang memiliki corak merah cerah yang berada tepat di atas gurat sisi tubuh ikan, sehingga corak merahnya juga sedikit memanjang. Untuk harga bibit ikan koi asagi ukuran 10-25cm mencapai 80.000-250.000 / ekor.

Baca Juga: Racikan Pakan Alami Untuk Ikan Koi

Ikan Koi Goromo

Goromo, pada dasarnya, adalah Kohaku dengan garis tepi biru atau hitam yang ditambahkan ke setiap skala merah. Ada tiga subtipe goromo yang dikenal hingga saat ini, yaitu Budo Goromo, Ai Goromo dan Sumi Goromo.

Budo goromo memiliki batas biru off-scale yang menciptakan efek cluster seperti anggur. Ai goromo memiliki batas biru hanya di dalam tangga merah. Sedangkan sumi goromo memiliki tepi hitam pada sisik yang dapat membuat polanya tampak hampir seluruhnya hitam.

Ikan ini dihargai mulai Rp. 1,8 juta, cukup sepadan dengan modelnya yang indah.

Jenis Ikan Koi yang Bagus

Jenis Ikan Koi yang Bagus#2

Ikan koi ogon

Dengan warna kuning keemasannya, ikan ini sangat digemari para kolektor ikan koi. Koi Ogon adalah jenis persilangan antara Koi punggung kuning dan jenis Shiro-Fuji.

Awal percobaan tidak menghasilkan warna emas di seluruh tubuh, namun setelah 6 generasi keturunan Koi yang disilangkan, muncullah Ogon emas yang eksotis.

Harga ikan ini cukup mahal, namun masih di bawah goromo, yakni sekitar Rp. 1,5 juta.

Ikan Koi Kinginrin

Ciri khas ikan koi kinginrin memiliki tubuh seperti ikan mas. Warna kulitnya kuning, tidak menunjukkan itu adalah jenis ikan Koi. Namun, tampaknya itu adalah salah satu jenis Koi hasil persilangan.

Kamu bisa menemukannya dengan harga yang cukup mahal yakni Rp 900 ribu masing-masing.

Ikan Koi Ghosiki

Jenis ikan ini hampir sama dengan jenis Sanke karena memiliki topi berwarna merah di atasnya dengan warna dasar abu-abu. Hanya saja pria Sanke itu berkulit putih. Siripnya berwarna putih dengan sisi punggung juga menghadirkan garis putih susu pendek.

Terlihat sangat cantik dan elegan, bukan? Ikan ini dibandrol dengan harga mulai dari Rp 700 ribuan.

Jenis Ikan Koi yang Bagus

Ikan Koi Hariwake

Bisa dikatakan bahwa Doitsu Hariwake merupakan jenis ikan Koi termewah. Tubuhnya berwarna putih keperakan seperti mutiara. Ada bintik kuning muda di beberapa lokasi yang tersebar. Siripnya juga berwarna putih keperakan.

Mata di satu sisi memiliki kelopak putih dan sisi lainnya berwarna kuning. Dari harganya saja tentunya sudah sangat terlihat begitu jelas bahwa ikan koi ini cukup eksklusif yaitu dibanderol dengan harga Rp 700 ribu, sama seperti goshiki.

Ikan Koi Hikarimono

Hikarimoyomono memiliki warna dasar putih pucat dengan corak buram hitam di bagian punggung. Polanya dimodelkan seolah-olah itu adalah tulang yang digambarkan pada ikan.

Ikan jenis ini cukup sulit didapatkan. Apalagi ikan ini juga cukup mahal, sekitar Rp 700 ribu per ekor.

Ikan Koi Matsuba

Matsuba adalah koi yang menggabungkan dasar logam padat dengan pola jaring hitam. Warna dasar matsuba dapat bervariasi. Gin natsuba memiliki warna dasar putih, sedangkan ki matsuba memiliki warna dasar kuning alias matsuba memiliki warna dasar merah.

Sementara itu, satu-satunya variasi matsuba adalah doitsu matsuba. Jenis matsuba ini banyak ditemukan di pasaran dengan kisaran harga Rp 500.000.

Ikan Tancho Koi

Tancho adalah variasi kohaku yang sangat populer, di mana pola merah tunggal muncul sebagai titik merah tunggal di kepala. Tancho sangat dihormati di industri koi Jepang karena kemiripannya dengan Grus japonensis, atau bangau mahkota merah.

Ikan ini cukup unik dan berbeda, harga ikan ini tidak mahal juga tidak murah, berkisar antara Rp 125 ribu hingga Rp 550 ribu.

Ikan Koi Shiro Utsuri

Seunik jenis Tancho, ikan koi Shiro Utsuri memiliki 2 warna yang berbeda, yaitu hitam pekat dengan putih bersih jika pembiakan ikannya bagus.

Jenis koi ini sangat digemari karena memiliki warna dasar yang berbeda. Secara umum harga ikan ini berkisar antara Rp 130.000 hingga Rp 300.000.

Β Ikan Koi Hi Utsuri

Hi utsuri memiliki corak gelap dengan warna hitam, oranye dan merah tua. Jika Anda menyukai warna yang sedikit gelap, Anda pasti akan jatuh cinta dengan koi jenis ini. Variasi hi utsuri termasuk gin rin hi utsuri dan doitsu hi utsuri.

Secara umum hi utsuri memiliki harga antara Rp. 125.000 dan Rp. 300.000 bila warnanya berubah menjadi merah tua menjadi oranye.