Jenis Ikan Koi Terbaik

Jenis Ikan Koi Terbaik.Ingin tahu jenis ikan terbaik dengan harga gila? Anda tahu … bisa ratusan atau bahkan milyaran rupee. Apa ikan terbaik di dunia dengan harga yang konyol ini? Ikan tersebut adalah ikan Koi atau ikan mas Cyprinus carpio. Banyak yang memelihara ikan jenis ini. Biasanya ikan ini dipelihara untuk mempercantik tampilan rumah. Bibit ikan koi ini konon berasal dari daratan di negeri Cina,lalu kemudian secara cepat ikan koi ini cepat menyebar ke negara Jepang dan kini banyak dibudidayakan di Indonesia. Ikan koi merupakan salah satu hewan yang memiliki umur panjang, bahkan di Jepang usianya bisa mencapai 200 tahun.

Menurut mitos, ikan koi memiliki elemen yang paling dianggap membawa keberuntungan dalam aturan Feng Shui. Ikan koi melambangkan kekayaan, hubungan bahagia, dan keberuntungan. Hal-hal yang berhubungan dengan ikan koi bisa Anda terapkan, mulai dari melukis hingga membesarkannya langsung di kolam rumah Anda. Ikan koi juga mudah dipelihara karena cara makannya tidak sulit dan mudah beradaptasi dengan lingkungan.

Ikan koi dianggap ikan yang lembut dan jinak. 

Tidak ada pemimpin dalam kelompok koi, atau laki-laki kasar yang mengganggu betina. Sebagai salah satu penghuni lama, Ikan koi ini tentunya tidak akan menyiksa ikan koi yang baru tiba atau yang baru saja di masukkan ke kolam atau media lain. Ikan koi ini ternyata dulunya dipercaya sebagai Ikan dengan metode gaya renang yang sangat  legendaris dan tentunya ikan koi ini dengan sigap dapat berenang melawan arus.

Melihat ciri-cirinya, tidak heran jika ikan ini dilambangkan dengan kesuksesan profesional dan prestasi yang tinggi. Ikan ini juga dipercaya membawa tuah bagi pelajar dan masyarakat yang bekerja. Saat ini banyak sekali jenis ikan di dunia dan sudah banyak pula yang menjualnya. Bagi anda yang belum mengenal ikan koi yang satu ini, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai ikan koi terbaik dengan harga yang luar biasa mahal.

Jenis Ikan Koi Terbaik

Jenis Ikan Koi Terbaik

  1. Ikan Koi Kohaku

Jenis ikan koi terbaik adalah Kohaku. Ikan koi kohaku adalah basic dari ikan koi yang tentunya orang sangat kenal dan paling banyak dipelihara.

Ikan koi kohaku ini mempunyai ciri khusus memiliki warna dasar putih dan corak merah besar di atasnya. Jenis ikan Koi Koi dibedakan berdasarkan bentuk pola di punggungnya.

Pertama, maruten yang memiliki dasar berwarna putih dengan pola bulat di bagian kepala dan punggungnya. 

Kedua, nidan, yang memiliki dua pola di sepanjang punggung, juga inazuma, yang hanya memiliki satu pola di sepanjang punggung dengan tambalan petir.

Namun banyak peminat ikan koi yang merasa bahwa kohaku koi terlalu mirip dengan ikan mas. Namun jangan salah, pasaran harganya berkisar 300 ribu hingga Rp 1 jutaan. Namun ikan Kohaku terbaik yang pernah dijual seharga Rp 1 miliar di Lelang Ikan Koi Nigata pada tahun 2010.

  1. Ikan Koi Sanke

Jenis ikan koi terbaik kedua adalah ikan koi Sanke. Ikan koi sanke merupakan salah satu jenis ikan koi yang cukup menarik perhatian. Ikan koi jenis ini memiliki warna dasar putih yang dipadukan dengan corak merah dan hitam. Ikan Sanke koi dikatakan berkualitas tinggi. Ikan ini memiliki corak warna seperti kohaku, namun terdapat warna pelengkap yaitu hitam.

Banyak juga yang mengatakan bahwa Sanke sekilas terlihat hampir seperti kohaku. Apa yang membedakan keduanya adalah bahwa pola merah di belakang Sanke biasanya dipasangkan dengan warna hitam. Untuk kelas harga di pasaran, harga ikan koi ini berkisar antara Rp 300 ribu hingga menyentuh nominal Rp 1,5 juta. Namun ketika anda menemukan 1 atau beberapa jenis ikan koi Sanke yang masuk kedalam klaster jenis terbaik maka sudah pasti nilai jual nya makin tinggi,dan bahkan pernah dijual seharga Rp 100 juta di pelelangan Jepang.

  1. Ikan Koi Showa

Jenis ikan koi terbaik ketiga adalah ikan koi Showa. Ini adalah jenis ikan koi terbaik di antara ikan koi lainnya. Showa merupakan salah satu jenis ikan koi terpopuler di kalangan penghobi. Meski dalam warna terlihat seperti Sanke. Perbedaannya adalah pada warna pola dibandingkan dengan sanke, di mana bayangan showa akan menunjukkan warna putih dan merah yang menutupi dasar hitam.

Selain itu, tidak seperti Sanke, warna hitam Showa juga bisa menutupi kepala. Menariknya, pada beberapa jenis Showa berkualitas tinggi, nadanya bisa terlihat seperti kilat. Bahkan tak jarang akan terlihat seperti bunga. Yang lebih mengejutkan adalah bahwa ikan terbaik Showa dijual seharga Rs 2,1 miliar pada tahun 2013.

Baik di Indonesia maupun di dunia, ikan koi ini merupakan salah satu jenis ikan yang sering dijadikan sebagai ikan hias. Padahal, pada awalnya ikan ini sering digunakan untuk konsumsi di tempat asalnya, Jepang.

Namun seiring dengan perkembangannya, ikan koi mengalami beberapa variasi baik dari warna sisik maupun bentuk tubuhnya, sehingga tujuan pemeliharaannya pun berubah menjadi ikan hias.

Jenis Ikan Koi Terbaik

4. Ikan Koi Tancho

Jenis ikan koi ini merupakan salah satu jenis ikan koi yang masih tergolong spesies kohaku koi. Jenis koi ini bisa dibilang yang paling populer dari jenisnya.

Salah satu kekhasan dari tancho koi ini adalah adanya bintik merah besar di kepalanya. Simetri titik menentukan kualitas trah ini.

Titik besar di kepala sering dikaitkan dengan bendera Jepang saat ini. Oleh karena itu, koi tancho sangat dihormati dan dihormati oleh masyarakat di Jepang. Selain itu, banyaknya legenda dan cerita rakyat Jepang tentang koi juga membuatnya istimewa.

5. Ikan koi asagi

Koi Asagi sangat unik dan memiliki warna silver yang sangat menambah kesan elegan pada ikan koi jenis ini. Selain itu, keindahan koi jenis ini juga terdapat pada coraknya yang berwarna merah, jingga, kuning, putih atau kombinasi tiap bagian tubuhnya.

Karena keindahannya, koi asogi ini kerap menjadi incaran dan buron para pecinta ikan hias, meski harganya bisa mencapai setinggi 5 jutaan untuk satu ekornya. Banyak orang mengatakan bahwa dengan melihat tubuh yang anggun dan indah dari koi ini, rasa penat dan penat bisa hilang.

Ikan koi bekko juga tidak kalah menarik dari jenis lainnya. Dengan corak yang didominasi warna putih disertai corak hitam, diyakini mampu memberikan sugesti penenang dan menghilangkan penat.

Jika Anda tidak suka warna putih, jangan khawatir, bekko ini juga memiliki motif dominan merah dan hitam sebagai hiasan. Selain itu, keunikan dari koi jenis ini adalah perkembangan tubuhnya yang bisa mencapai panjang hingga 80 sentimeter.

Jenis Ikan Koi Lainnya

Ikan Koi Shusui

Ikan Koi Shusui merupakan keturunan dari spesies Asagi yang tentunya dapat dibedakan dengan perbedaan sekecil apapun. Perbedaan ini terdapat pada warna sisik punggung yang membedakan warna jaring biru pada koi Asagi. Sebagai ikan trah, Anda perlu memperhatikan agar tidak salah dengan koi jenis asagi.

Jenis Ikan Koi Terbaik

Ikan koi Shiro Utsuri.

Ikan Shiro utsuri memiliki perbedaan yang mengejutkan dibandingkan dengan enam ikan sebelumnya. Koi ini memiliki warna dasar hitam dengan warna dasar putih. Jenis koi terbaik dalam spesies Shiro Utsuri memiliki ciri kombinasi warna hitam dan putih di bagian kepalanya.