Jenis Ikan Koi Tanpa Sisik

Jenis Ikan Koi Tanpa Sisik. Ikan Koi adalah salah satu jenis ikan hias yang secara luas disimpan dan disebarluaskan sebagai ikan hias yang begitu ornamental karena memang Ikan Koi ini merupakan ikan hias yang penuh dengan warna yang indah. Koi sebenarnya masih terkait erat dengan konsumsi ikan mas, tetapi karena variasi warna berlimpah mereka cenderung digunakan sebagai hewan ornamental.

Jenis Ikan Koi Tanpa Sisik

Berdasarkan pola warna yang dimiliki biasanya ikan koi tertentu ada yang mempunyai sisik,namun juga ada jenis ikan koi yang tidak bersisik sama sekali,dan biasa disebut dengan Doitsu, kali ini kami akan sedikit mengulas tentang beberapa jenis ikan koi yang tidak mempunyai sisik dan apa saja jenis ikan koi yang tidak mempunyai sisik tersebut.

Seperti diketahui, ikan koi yang saat ini menghuni kolam sebagai ikan hias ini berasal dari negeri Sakura di Jepang. Rasanya gurame (gurame) untuk konsumsi warga sekitar. Ikan mas konsumsi pertama kali dikenal di Jepang 400 hingga 600 tahun yang lalu dan berasal dari daratan Cina. Ikan mas ini termasuk subspesies Asia Timur dari Caprinus Carpio Heamatopterus.

Kemudian pada tahun ke-37 pada masa pemerintahan dinasti Meiji (awal abad ke-20), jenis ikan mas lain dari Jerman, yang dikenal tanpa sisik, diperkenalkan.

Adalah Shinnosuke Matsubara, Kepala Dinas Perikanan Jepang, yang berpendapat bahwa dengan masuknya ikan mas Jerman tentunya akan meningkatkan jenis ikan yang dikonsumsi di Jepang.

Dari kerjasama dengan dua ilmuwan Jerman, Dr. Bruno Hofer dan Franz Doffline kemudian memilih 40 ekor ikan muda yang diambil dari sebuah kolam di desa Earl oh Eisch di selatan Bavaria. Ke 40 ekor anak ikan tersebut kemudian dibawa dari Jerman ke Jepang, tetapi banyak yang mati selama perjalanan dan hanya tersisa 1 ikan gurame cermin dan 6 ikan mas kulit.

Dari 7 anakan ikan tersebut, koi tanpa sisik tersebut kemudian disilangkan dengan ikan gurame lokal dan berhasil dibudidayakan sebagai ikan konsumsi di Jepang.

JOGLO KOI FARM

Mojoroto gg 8 Barat. Kota Kediri, Jawa Timur

Hubungi:  6285235603340

Baca Juga: 7 Langkah Pelihara Ikan Koi

Orang Jepang sering sekali menyebut kata “Dutch” dengan Doitsu (baca “doits”). Dan dengan aksara seperti ini yang akan dijadikan  alasan pemberian nama doistu, ikan mas tanpa sisik asli Jerman disebut Doitsu Goi, “Doitsu” berarti Jerman dan “Goi” berarti ikan.

Karakteristik DoitsuGoi

DoitsuGoi, ikan mas baru yang diperkenalkan di Jepang, dalam banyak hal berbeda dari ikan mas lokal yang sudah ada. Sifat morfologi dan fisiologis ikan mas Doitsu pada awalnya hanya dimanfaatkan untuk meningkatkan produksi ikan untuk konsumsi dan bukan sebagai ikan hias.

Karena tidak bersisik, ikan mas jerman ini mudah dibersihkan dan siap disajikan sebagai makanan. Inilah alasan utama mengapa ikan dari zaman Jerman ini banyak dipilih sebagai ikan konsumsi, selain juga berukuran lebih besar dan lebih banyak daging. Laju pertumbuhan yang baik juga menjadi faktor penyebab impor ikan mas Jerman.

Perbedaan fisiologis antara ikan mas Jepang dan DoitsuGoi

  • DoitsuGoi tumbuh lebih cepat dari ikan mas lokal.
  • Berkat tingkat pertumbuhannya yang unggul, DoitsuGoi mengonsumsi lebih banyak pakan
  • Doitsu betina menahan telur lebih cepat
  • Jika pada persilangan antara DoitsuGoi dan ikan mas maka unsur hibrida (pewarisan) dari Doitsu Goi sangat dominan.
  • Umur normal Doistu Goi lebih rendah dari pada ikan mas
  • Doitsu Goi kurang tahan terhadap serangan penyakit

Perbedaan secara morfologi sangat jelas terlihat antara ikan mas Jepang dan juga jenis ikan Doitsu Goi

  • Bentuk tubuh DoitsuGoi lebih bulat dan lebih pendek dari ukuran ikan mas Jepang.
  • Serpihan Doitsu Goi berbeda dengan ikan mas Jepang. Ada empat jenis timbangan yang bisa ditemukan pada Doitsu Goi, yaitu:
  1. Ikan Mas Cermin (Glass Carp), yaitu sisik hanya pada bagian punggung, hampir simetris pada kedua sisi kolom vertebral.
  2. Gurame belang, yaitu ada dua baris sisik dari kepala sampai ekor di punggung dan dua baris sisik tunggal di sepanjang gurat sisi (rusuk)
  3. Kulit Ikan Mas yang tidak memiliki sisik sama sekali
  4. Ikan mas lapis baja, yang sisik-sisiknya tersebar secara acak di tubuhnya

Budidaya DoitsuGoi Sebagai Ikan Hias di Jepang

Doitsugoi pertama kali dibesarkan dengan ikan koi (Nishikigoi) sekitar 100 tahun yang lalu. Peternak yang membesarkan Doitsugoi bersama Asagi adalah Kichigoro Akiyama pada tahun ke-41 era Kaisar Meiji (1908). Persilangan ini menghasilkan varietas baru yang kita kenal sekarang sebagai Shusui.

Perbedaan paling mencolok antara Asagi dan Shusui adalah susunan tangga. Selain itu, tubuh Shusui lebih bulat dan lebih panjang.

Bagaimana cara mengevaluasi variasi Doitsu?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas mengenai ciri-ciri Doitsu Goi, terdapat beberapa perbedaan mendasar antara Doitsu koi dan Wagoi, yaitu bentuk tubuh, struktur kulit dan sisik serta ekspresi warna. Untuk membahas kriteria evaluasi Doitsu koi kita harus memperhatikan empat perbedaan mendasar ini.

Bentuk tubuhnya

Semua keturunan Doitsu Goi memiliki bentuk tubuh yang panjang dan bulat. Cara menilai varietas koi lainnya, bentuk tubuh koi Koi Doitsu yang bulat dan panjang pasti disukai para pecinta koi.

Jenis Ikan Koi Tanpa Sisik

Ikan Koi Kohaku

Ikan koi Kohaku adalah jenis ikan koi paling dasar dan tentunya paling banyak digemari oleh semua kalangan pecinta ikan hias.

Ikan koi Kohaku ini hadir dengan warna dasar putih dan memiliki pola merah menyala yang menghiasinya. Lalu jenis lain dari koi kohaku ini adalah Doitsu atau tanpa sisik,yang mana ikan koi kohaku jenis ini sama sekali tidak mempunyai sisik sama sekali di sekujur tubuhnya,dan menjadikan tubuh ikan koi ini terasa licin dan sedikit susah untuk di pegang.

Di satu sisi keunggulan ikan koi kohaku doitsu ini mempunyai warna merah yang begitu jreng dan menyala,tidak sama dengan kohaku yang mempunyai sisik,dan dari segi warna merah itulah yang membedakan antara kohaku dengan kohaku doitsu atau tanpa sisik,dari segi harga pun juga sedikit lebih beda antara kohaku dan kohaku doitsu.

Jenis Ikan Koi Tanpa Sisik

Taisho sanke

Taisho sanke atau sering disebut dengan Koi sanke adalah jenis ikan koi yang secara dasar mirip dengan jenis kohaku,yakni terdapat warna putih dan merah,namun ada sedikit perbedaan antara koi sanke dengan koi kohaku,yakni terdapatnya aksen berwarna hitam yang ada pada tubuh koi jenis sanke. 

Ternyata jenis koi sanke ini juga hadir dengan varian doitsu nya,yang secara sekilas hampir sama dengan kohaku doitsu yang tidak mempunyai sisik sama sekali.

Jenis Ikan Koi Tanpa Sisik

Showa sanshoku

Ikan Koi Showa sanshoku atau biasa disebut showa saja adalah ikan koi dengan warna dasar hitam dan memiliki pola warna merah dan putih yang menghiasi itu. Secara sekilas jenis ikan koi showa ini hampir sama dengan jenis sanke,yang mana sama-sama mempunyai aksen berwarna hitam di bagian tubuhnya. Hanya saja,ada sedikit perbedaan yang cukup mencolok dari kedua jenis ini,yakni letak warna hitam pada kedua jenis koi ini. 

Bila ada warna hitam yang terdapat pada area kepala atau dahi,maka jelas itu merupakan Ikan Koi jenis Showa,sedangkan bila tidak ada warna hitam di atas kepala atau di dahi maka jenis itu adalah Koi Sanke.

Sama dengan Sanke dan Kohaku,bahwa jenis koi showa ini juga mempunyai varian doitsu nya,atau tidak mempunyai sisik yang mana ciri khusus tersebut hampir sama dengan ciri kohaku doitsu,dari segi harga pun juga sedikit berbeda.

 

Jenis Ikan Koi Tanpa Sisik

JOGLO KOI FARM

Mojoroto gg 8 Barat. Kota Kediri, Jawa Timur

Hubungi:  6285235603340