5 Cara Memilih Jenis Ikan Koi Kohaku Yang Berkualitas

Jenis Ikan Koi Kohaku Tahukah anda Bahwa koi termahal di dunia adalah Jenis KOHAKU ?

Rekor ikan Koi termahal di dunia dikala ini pula dipegang oleh seekor Kohaku yang bernama S Legend yang di hasilkan dari peternakan koi terkemuka di Jepang ialah Sakai Koi Farm.

5 Cara Memilih Jenis Ikan Koi Kohaku Yang Berkualitas

Koi ini panjangnya 101 centimeter serta pemiliknya merupakan seseorang masyarakat negeri Taiwan, yan

 

g konon sudah membeli Kohaku tersebut pada suatu kegiatan lelang koi di Jepang dengan harga fantastis 203. 000. 000 ataupun setara nyaris Rp. 27 Miliyar. Bagaikan bonus data, S Legend pula sudah sukses memenangkan Grand champion pada 48th All Japan Combined Nishikigoi Show.

Mengenali perihal ini, kamu pasti cuma dapat menggeleng- gelengkan kepala, gimana dapat seekor ikan koi Kohaku dapat menggapai harga setinggi itu. Seperti itu hebatnya

Kohaku. Hingga pantaslah bila Koi tipe Kohaku ini merupakan Koi yang sangat

Ikan Koi Termahal Di dunia

banyak digemari oleh para pecinta koi di segala dunia

Ada banyak jenis atau ragam Koi. Diantaranya yang paling populer adalah KOHAKU. Koi dengan jenis kohaku ini mudah dibedakan dengan jenis lainnya, karena kohaku hanya memiliki 2 warna yaitu merah dan putih.

Di pasaran, harga ekor kohaku  sangat bervariasi, tergantung dari ukuran pola dan kualitas warnanya. Sebagai gambaran, untuk koi berukuran 25-30cm, jika kualitas koi sedang harganya berkisar Rp. 100.000 s / d 300.000. Namun jika kualitas koi lebih tinggi dari standar, harganya juga bisa jauh lebih tinggi dan tidak ada harga referensi.

JOGLO KOI FARM

Mojoroto gg 8 Barat. Kota Kediri, Jawa Timur

Hubungi:  082339754779

Jenis Ikan Koi Kohaku

Kohaku berkualitas tinggi atau sering disebut ‘show quality’ artinya koi yang layak diikutsertakan dalam kontes koi (pertunjukan koi), harganya bahkan bisa mencapai ratusan juta rupiah bahkan lebih. Selain itu, koi menang dalam kontes koi.

Apa pendapat Anda tentang Koi Kohaku yang memiliki kualitas tinggi (kualitas pertunjukan)? Berikut ulasannya.

 

Jenis Ikan Koi Kohaku

Namanya Ikan Koi Kohaku. Kalau anda menyukai Film Jepang, tentu teringat dengan nama kohaku dan Tatsuya dari Gank motor Mugen di Film High and Low Kelompok SWORDS. Tapi ini gak ada hubungannya dengan itu. Sekarang kita akan membahas tentang ikan koi Kohaku.

Bersumber pada sejarah, dini ditemui kohaku merupakan temuan koi merah serta putih di dekat tahun 1804 serta 1829. Awal mulanya menciptakan corak nada- nada Red carps gelap. Ikan diketahui buat Hookazuki.

Dari koi ini, dihasilkan anakan bercorak putih. Setelah itu ikan koi putih diresapi dengan api Koi merah diucap Higoi. Koi menangkap koi dengan corak merah perut.

Setelah itu timbul lagi koi dengan pola yang berbeda, kening bercorak merah( Zukinkaburi), corah- red di kepala( Menkaburi), bibir merah( Kuchibeni), serta merah di bagian balik( Sarasa).

Varietas kohaku terus berkembang paling utama di wilayah Niagata, yang hingga saat ini diketahui bagaikan pusat buat budidaya ikan koi. Jenis kohaku yang saat ini populer generasi Hachi Hi, kalau ikan koi wanita dengan kepala merah, yang disilangkan dengan Stud Sokura Kana( pola Cherry blossom) dekat tahun 1880.

Evaluasi pola dari merah serta putih pada kohaku

Sebab kohaku merupakan jenis koi yang simpel dalam pola, hingga evaluasi buat ikan ini pula jadi sangat ketat. Kesimpulannya, Pola Corak Merah serta putih dapat jadi aspek berarti kohaku. Pola yang sangat balance dikira mempunyai evaluasi yang besar.

Pola Kohaku

Secara Universal, koi Kohaku sebab mempunyai corak Merah( Hi), serta putih. Pola kohaku, idealnya mempunyai kedalaman corak yang bagus, serta yang lebih berarti kalau dimensi kohaku yang baik bila corak Merah( Hi) mempunyai garis tegas, pola seragam. Batasan garis merah serta gelap diucap“ kiwa”.

Corak Merah hi pada suatu kohaku umumnya terdapat 2, ialah, corak merah kekuning- kuningan, cenderung agak hitam, serta corak tidak gampang buat memudar. Tetapi corak ini dikira kurang elok.

Pola kohaku berikutnya merupakan kecokelatan merah. Perihal ini bisa menciptakan corak yang indah, semi- transparan, namun umumnya gampang memudar.

Hallmark kohaku bagus yang lain merupakan putih ia wajib seputih salju. Corak kurang baik umumnya putih buat kekuningan. Perihal ini dikira bisa membuat corak merah tidak menonjol.

Pola kohaku terdiri dari corak Hi, yang meliputi 50 hingga 70% dari totalitas badan koi.

Tipe- Tipe kohaku

Cocok pola ini, hi dari kohaku serta tipe- tipe kohaku yang terdapat:

  • Inazuma kohaku, pola hi yang terus bersinambung dari kepala ke ekor, namun nampak zig zag. Secara harfiah, Inazuma berarti Petir.
  • Nidan kohaku, kohaku mempunyai 2 ciri hi( 2 nuansa merah di badannya).
  • Sandan Kohaku, bila koi mempunyai 3 corak Merah( 3 hi pada badannya).
  • Yondan kohaku merupakan koi yang mempunyai 4 ciri hi( 4 corak merah di badannya).
  • Goten zakura kohaku, bila Jenis Ikan Koi Kohaku mempunyai corak bunga ceri. Merah brindle membentuk corak semacam anggur.
  • Kanoko kohaku, IIS suatu koi dengan kepala penuh Hi, namun bagian dari badannya bercorak merah brindle. Ini sesungguhnya tercantum dalam Koi Kawarimono, bukan Kohaku.
  • Gin Rin Kohaku, dengan corak mengkilap susu. Melamin bisa memantulkan sinar.
  • Maruten Kohaku, IIS a koi with hi in the head like a crown. Corak Merah pula terdapat di bagian lain dari badan.
  • Tancho Kohaku, corak hi di kepala mirip dengan maruten kohaku, tetapi perbedaannya merupakan corak badan bercorak putih.
  • Doitsu kohaku, namely koi kohaku yang ialah hasil dari persilangan antara ikan koi serta ikan KP Jepang ikan koi skala minimun Jerman.
  • Mentakaburi kohaku, Jenis Ikan Koi Kohaku corak kepalanya didominasi oleh corak merah, corak Hi. Bagian badan putih dalam corak yang terdiri dari satu, 2, 3, ataupun lebih.
  • Kucibeni Kohaku, corak Koi sesuai untuknya, tetapi corak Merah terpisah di bagian bibirnya, sehingga nampak semacam lipstik. Indah.
  • Langsung Hi Kohaku, ialah bila pola hi pada koi ini silih berhubungan, serta nampak kominan.
  • Pola Omoyo Kohaku dari kepala ke ekor, nampak penuh.

Di antara penggemar ikan koi, terdapat pola kohaku yang umumnya tidak diharapkan. Sangat dihindari. Di antara mereka terdapat Bozu serta Menkaburi.

Bozu merupakan sebutan buat koi fishaku yang tidak mempunyai corak merah di kepalanya. Corak Hi buat kohaku sangat berarti. Bozu umumnya dihindari sebab alibi kecantikannya. Namun bila aspek lain semacam wujud badan, hingga wajib dipertimbangkan.

Menkaburi berarti topeng. Maksudnya, bila kepala kohaku diisi dengan corak merah, serta melewati batasan mata, apalagi hingga ke mulut. Tipe menkaburi pula tidak sangat diharapkan, serta sepanjang lomba, tipe ini sangat bisa jadi tidak lulus apalagi pada sesi dini.

Cara Memilih Ikan Koi Kohaku Berkualitas

Bentuk tubuh

Bentuk tubuh Jenis Ikan Koi Kohaku dan jenis koi lainnya merupakan faktor penting pertama yang dievaluasi dalam menentukan kualitas koi. Bentuk tubuh ideal koi adalah seperti “torpedo” yang bulat dan panjang. Jika dilihat dari atas, punggung tampak sedikit lebih lebar dari kepala atau yang biasa dikenal dengan istilah “bulky” (chubby atau gempal). Tubuh koi tidak terlalu kurus atau terlalu pendek (buntek). Bentuk kepalanya juga menyerupai oval.

Bentuk tubuh Koi yang baik adalah punggungnya tampak sedikit lebih lebar dari pada kepalanya

Warna merah (Hai)

Yang kedua adalah kualitas warna merah atau yang disebut “halo”. Kualitas bagus adalah tebal, seragam dan sama sekali tidak ada bintik merah. Hi ada di sana, yaitu di tepi pola (kiwa) harus ada batas warna terang, tidak ada penurunan warna.

Kualitas warna merah (hi) tebal, seragam dan tidak ada gradasi warna pada bagian tepinya. Putih juga putih salju.

Warna putih (Shiroji)

Berikutnya adalah putih (Shiroji). Warna putih Kohaku haruslah putih salju. Ini adalah Kohaku yang tampak paling tangguh dengan warna putih yang indah. Biasanya yang sering kita jumpai adalah warna putih yang agak kekuningan.

Pola Warna Kohaku

Yang dimaksud pola disini adalah warna merah pada punggung koi, yang jika dilihat dari atas akan membentuk pola (blok) tertentu. Pola warna merah untuk Kohaku juga dikenal sebagai “langkah” atau blok warna.

Pola merah pada Kohaku yang baik adalah 2 atau 3 langkah. 2 anak tangga disebut “nidan”, sedangkan 3 anak tangga disebut “sandan”. Jika jumlah operan hanya 1 (straight hi), sepertinya terlalu sederhana. Artinya, lebih baik jika berupa 2 atau 3 langkah, mana saja yang lebih dinamis dalam polanya. Sedangkan bila motifnya terlalu banyak, seperti 5 anak tangga (godan) atau lebih, maka motifnya terlihat kecil dan berantakan.

Jenis Ikan Koi Kohaku

Kohaku yang lebih dari 5 operan jarang sekali berkualitas tinggi dan bahkan tidak bisa menang dalam kontes koi.

Pola luas (Omoyo)

Pola (blok) merah pada Kohaku yang baik adalah pola lebar atau “omoyo”. Model kecil disebut “komoyo” dan biasanya model komoyo ini kurang diminati, kecuali untuk mengisi celah-celah pada komposisi model secara keseluruhan.

Motif “omoyo lebar” (kanan) lebih diutamakan daripada motif yang tampak kecil atau “komoyo” (kiri)

Ini adalah foto Kohaku yang memenangkan gelar “GRAND CHAMPION” di ALL JAPAN KOI SHOW tahun demi tahun. Komposisi warna merah cukup dominan, rata-rata 60-70% dibandingkan warna putih

Komposisi warna dan motif

Pola warna merah (hi) harus sedikit lebih dominan daripada warna putih. Komposisinya bervariasi dari 60 hingga 70%. Artinya, jika diperhatikan secara keseluruhan, warna pola warna merah adalah 60-70%, sisanya putih. Jika komposisi warna merah lebih kecil dari warna putih, keseluruhan susunan pola tampak kurang baik, yang berarti jarak antar pola merah tampak terlalu jauh.

Untuk komposisi pola, sebaiknya membentuk pola merah seimbang yang memanjang dari kepala sampai ke ekor. Jarak antar motif juga harus terlihat seimbang, tidak terlalu sempit atau terlalu berjauhan.

Jenis Ikan Koi Kohaku

Pola (blok) berwarna merah

Pola merah yang menyentuh satu mata masih bisa diterima

Khususnya di bagian kepala, Kohaku yang baik adalah yang memiliki corak merah yang cukup besar di kepalanya. Idealnya, pola merah di kepala tidak menutupi mata koi. Jika ada pola warna merah yang menyentuh mata, hal tersebut diperbolehkan selama hanya satu mata.

Semua sirip dan ekor harus bebas dari pola merah. Kalaupun hanya berupa bintik merah, misalnya pada sirip atau ekor, akan menurunkan kualitas kohaku.

Pola merah jika dilihat dari samping harus meluas ke perut, setidaknya di tengah tubuh ikan koi.

Pola merah harus meluas setidaknya ke tengah tubuh

Pola merah (hi) di bagian belakang akan tampak lebar dan sempit ke arah ekor. Harus ada jarak antara pola merah terakhir sebelum mengenai bagian ekor. Ini disebut ‘odome’ atau ‘ojime’

Kita bisa memilih dan membeli ikan koi di pasar ikan atau ikan koi budidaya. Tapi dari segi harga, jelas berbeda. Harga ikan koi di pasar ikan tentunya lebih murah dari harga pembudidaya ikan koi. Perbedaan harga ini disebabkan karena kualitas ikan koi di peternak umumnya lebih baik daripada di pasar ikan. Namun, bukan berarti ikan koi di pasar ikan semuanya jelek. Jika kita teliti, ikan koi bisa kita dapatkan di pasar ikan dengan kualitas yang baik tetapi dengan harga yang lebih murah. Lantas bagaimana cara memilih bayi ikan koi yang berkualitas? berikut beberapa tips memilih dan membeli ikan koi yang berkualitas.

Kita bisa memilih dan membeli ikan koi di pasar ikan atau ikan koi budidaya. Tapi dari segi harga, jelas berbeda. Harga ikan koi di pasar ikan tentunya lebih murah dari harga pembudidaya ikan koi. 

Perbedaan harga ini disebabkan karena kualitas ikan koi di peternak umumnya lebih baik daripada di pasar ikan. Namun, bukan berarti ikan koi di pasar ikan semuanya jelek. Jika kita teliti, ikan koi bisa kita dapatkan di pasar ikan dengan kualitas yang baik tetapi dengan harga yang lebih murah.

Cara Memilih Bibit Kohaku Yang Baik

  1. Apa saja hal yang perlu diperhatikan saat membeli ikan koi?
  2. Beli koi dari tempat tepercaya atau peternak dan dealer bonafit.
  3. Jika Anda ingin membeli Ikan Koi Kohaku jenis tertentu, belilah dari pembudidaya Ikan Koi Kohaku yang memiliki ikan koi garis keturunan yang jelas
  4. Pilih dealer yang usahanya buka, karena di tempat seperti itu warna koi akan asliterlihat jelas.
  5. Beli dari peternak yang memelihara Ikan Koi Kohaku di air bersih dan bersirkulasi baik. Karena,kesehatan ikan koi akan benar-benar terjamin atau paling baik jika kondisi air tetap etrjaga bersih.
  6. Jika Anda membeli koi dari pekerja asing (terutama orang Jepang), gunakan sistem potong. Umumnya,pekerja asing yang masa kontrak kerjanya telah habis dan harus kembali ke negaranya jual grosir ikan koinya.