10 Jenis Ikan Koi dan Harganya

Jenis Ikan Koi dan Harganya. Ikan Koi merupakan salah satu ikan yang sangat populer di dunia maupun di Indonesia. Jenis ikan koi sangat banyak dan tentunya memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri, sehingga banyak disukai pecinta ikan hias.

10 Jenis Ikan Koi dan Harganya

Awalnya ikan asal Jepang ini dijadikan sebagai ikan konsumen, namun seiring perkembangannya ikan koi berkembang biak dan memiliki banyak variasi warna yang indah dan bentuk yang unik.

Jenis Ikan Koi dan Harganya

Ikan koi kini menjadi jenis ikan hias yang sangat mahal harganya. Jenis ikan koi juga lebih banyak. Diambil dari beberapa sumber berikut ini beberapa jenis ikan koi termahal dan terpopuler di mata para pecinta ikan hias.

Ikan Koi Sanke

Jenis ikan koi terbaik dan termahal kedua adalah ikan koi Sanke. Ikan koi ini memiliki warna hitam khas yang lebih dominan dan variasi seperti merah putih. Pola abstrak merupakan bonus tambahan dari ikan koi jenis ini. Harga ikan koi ini cenderung lebih mahal,yakni berkisar di harga Rp 20 juta per ekor.

Jenis Ikan Koi dan Harganya

Ikan Koi Kohaku

Jenis ikan koi yang termahal di dunia selanjutnya adalah fishaku koi. Koi fishaku berasal dari petani ikan koi di Jepang. Banyak orang memelihara ikan koi kohaku karena memiliki warna yang indah dan sangat elegan. Ada jenis koi kohaku yang hanya berwarna merah dan putih, dan ada juga ikan kohaku yang berwarna merah, hitam dan putih. Ikan koi jenis kohaku ini pernah dijual dan laku dengan harga fantastis sekitar Rp1,1 miliar pada lelang ikan koi Nigata di Jepang tahun 2010 lalu.

Ikan Koi Asagi

Ikan koi asogi termasuk dalam daftar jenis ikan koi termahal karena warnanya yang hitam keperakan mulai dari pangkal kelapa hingga ekornya. Sedangkan sirip dan kepala ikan koi asogi didominasi warna merah, kuning dan putih. Harga ikan koi jenis ini berkisar Rp5 juta per ekor.

Baca Juga: Tips Singkat Memilih Ikan Koi

Ikan Koi Dainichi Showa

Ikan koi jenis ini juga harganya sangat mahal, mengingat tubuhnya memiliki corak yang sangat khas yang membuat para pecinta koi ingin memilikinya. Meski tidak secara lelang, ikan koi showa dainichi masih bisa dibeli dengan harga standar di pasar ikan koi yang berkisar Rp 100 juta per ekor.

Ikan Koi  Showa Ginrin

Ikan koi jenis ini juga termasuk kedalam golongan koi dengan harga yang sangat mahal. Ada fakta yang mengejutkan pada ikan koi showa ginrin ini dimana ikan koi jenis ini selalu mengikuti perlombaan kejuaraan nasional tertinggi di Jepang dan menjadi pemenang pada tahun 1976, 1977, 1979 dan 1980. Yang pasti dengan banyak keberhasilan. Harga tertinggi ikan koi ini di lelang sekitar Rp 425 juta.

Ikan Koi Shiro Bekko

Ikan koi jenis ini tergolong unik karena tidak terdapat warna putih pada tubuhnya walaupun jumlahnya hanya sedikit. Variasi warna ikan koi yang lebih mahal sangat beragam dan berkisar dari hitam merah, hitam kuning, hitam jingga dan hitam perak. Jenis ikan koi termahal di dunia ini bisa berukuran hingga 80 cm saat dewasa. Harga ikan koi bekko jenis ini di pasaran dijual dengan harga Rp10 jutaan.

Ikan Koi Tancho

Ikan Koi jenis Tancho adalah salah satu jenis ikan koi yang tergolong dalam spesies kohaku. Ikan ini sangat populer di kelompok spesies tersebut. Ada banyak legenda yang membuat koi tancho sangat dihormati oleh orang Jepang. Ciri-ciri Koi Tancho bisa anda temukan di bagian kepala yang berupa titik merah atau mirip dengan bendera Jepang yang tidak ditemukan pada jenis koi lainnya. Harga Ikan Koi Tancho per ekor size 40 cm up 1,5 juta.

Jenis Ikan Koi dan Harganya

Ikan Koi Kawarimono

Untuk jenis Koi Kawarimono ikannya merupakan spesies persilangan atau persilangan. Bahkan warna tubuhnya menjadi aneh, tidak seperti Koi. Ciri-ciri ikan Koi ini tidak memiliki ciri khas warna merah Koi. Namun warna bodi ada pada warna lain seperti ungu polos, hijau polos, biru polos, coklat muda dan sebagainya.

Harga Ikan Koi Kawarinomo: Rp 200.000 / ekor

Ikan Koi Ogon

Ciri-ciri ikan koi ogon sungguh sangat indah, warna koi ogon yang kuning keemasan. Jenis ikan Koi Ogon ditemukan pada tahun 1946 oleh seseorang bernama Sawati. Jelas, Koi Ogon adalah jenis persilangan antara Koi punggung kuning (namanya tidak diketahui) dan jenis Shiro-Fuji. Awal percobaan tidak menghasilkan warna emas di seluruh tubuh, namun setelah 6 generasi keturunan Koi yang disilangkan, muncullah Ogon emas yang eksotis.

Harga ikan Ogon Koi: Rp 100.000 / ekor

Ikan Koi Utsurimono

Ikan Koi Utsurimono memiliki 3 variasi warna dasar kulit yaitu: putih susu, merah jingga dan kuning. Setiap warna juga memiliki ciri khas ikan Koi dan namanya sendiri dalam bahasa Jepang yaitu: Shiro-Utsuri (putih), Hi Utsuri (merah) dan Ki Utsuri (kuning).

Harga Ikan Koi Utsurimono: Rp 800.000 / ekor.

Jenis Ikan Koi dan Harganya#2

Ikan Koi Shusui

Jenis ikan Koi Shusui agak mirip dengan Hikarimoyomono, hanya saja bagian merahnya lebih banyak. Ciri-ciri ikan Koi Shushui juga memiliki corak seperti tulang rusuk yang berwarna abu-abu pada bagian punggungnya.

Shusui Koi Fish Harga: Rp 400.000 / ekor.

Jenis Ikan Koi dan Harganya

Ikan Koi Shiro Utsuri

Ikan Koi Shiro Utsuri jenis ini memiliki tubuh berwarna putih dengan corak hitam dan hitam. Ikan ini sangat cantik saat berenang di air, tampak bersinar seperti batu alam. Ciri-ciri ikan Koi ini berukuran cukup besar seperti ikan gurame. Pola hitam ada di samping badan dan agak di pangkal sirip.

Harga Ikan Koi Utsuri: Rp 700.000 / ekor

Ikan Koi Ki Utsuri

Warna ikan Koi Ki Utsuri merupakan perpaduan antara oranye dan hitam. Warna dasar ikan Koi ini berwarna oranye dengan corak hitam. Ukuran tubuhnya cukup kecil, sirip dan ekornya berwarna hitam. Ada juga jenis Utsuri yang memiliki warna jingga kemerahan, namun sebagian besar berwarna jingga (jingga) yang mudah ditemukan.

Harga Ikan Koi Ki Utsuri: Rp 850.000

Ikan Koi Matsuba

Ikan Koi Matsuba memiliki tubuh yang relatif besar seperti ikan mas. Ada yang warna tubuhnya jingga, ada juga yang kuning. Di bagian punggungnya, ikan Koi ini memiliki ciri sekelompok sisik agak hitam yang memanjang dari bawah kepala hingga mendekati ekor.

Harga Ikan Koi Matsuba: Rp 500.000 / ekor

Ikan Koi Platinum Ogon

Seperti Ogon emas, Ogon Platinum tidak menunjukkan karakteristik Koi, yaitu tidak adanya warna putih dan merah. Memang,dari segi tubuh saja sudah menandakan bahwa ikan koi jenis ini mempunyai harga yang cukup mahal berwarna silver, corak platinum benar-benar ada pada dirinya.

Harga Ikan Koi Ogon platinum: Rp 1200.000 / ekor

Ikan Koi Yamabuki Ogon

Jenis ikan Koi Ogon Yamabuki ini juga dikenal sebagai Ogon saja atau Ogon biasa. Ciri khas ikan Koi ini adalah warnanya yang kuning keemasan dengan latar belakang kulit yang agak putih susu. Siripnya kombinasi putih dan kuning.

Harga ikan Koi Yamabuki Ogon: Rp 900.000 / ekor