Jenis Ikan Koi Dan Harga

Jenis Ikan Koi Dan Harga.Ada banyak jenis ikan koi yang dipasarkan di Indonesia. Ikan koi dipercaya membawa keberuntungan. Dengan keyakinan tersebut, harga ikan koi pun melambung tinggi. Bahkan untuk beberapa tipe harganya sangat fantastis. Maka tak heran jika hanya yang kaya memelihara ikan hias mewah ini.

Ikan koi berasal dari China yang kemudian dibawa ke Jepang untuk dibudidayakan sebagai bahan makanan. Namun ternyata ikan koi lebih banyak diminati sebagai ikan hias karena sifatnya yang unik dan indah. Mulai dari jenis ikan koi lokal hingga impor. Ada begitu banyak jenis koi, sangat sulit untuk membedakannya kecuali jika Anda ahli di bidangnya.

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan jenis ikan koi dan harganya bisa membaca informasinya di bawah ini.

Jenis Ikan Koi

1. Jenis Ikan Koi Tancho

Jenis ikan koi yang banyak diminati adalah koi tancho. Jenis ini dapat dikenali dengan mudah karena warna dasarnya putih dan memiliki pola bulat jingga di bagian dahi. Namun, tidak semua jenis Tancho begitu khas. Karena ada juga Tanchos yang tidak berkulit putih dan punya banyak alasan.

Harga ikan koi tancho berkisar Rp. 700.000 – Rp. 1.000.000.

2. Ikan Koi Shiro Utsuri

Nah, selanjutnya adalah Shiro Utsuri. Meski sama-sama memiliki warna dasar putih seperti Tancho, Shiro Utsuri memiliki corak berbeda, hitam di sekujur tubuhnya. Jenis ini ukurannya lebih besar dari jenis koi lainnya.

Harga Ikan Koi Shiro Utsuri koi berkisar Rp. 700.000 – Rp. 800.000.

Jenis Ikan Koi Dan Harga

3. Ikan Koi Ki Utsuri

Perbedaan paling mencolok antara Shiro Utsuri dan Ki Utsuri adalah warna dasarnya. Sementara Shiro Utsuri pada dasarnya berwarna putih, Ki Utsuri pada dasarnya berwarna oranye. Dari segi ukuran tubuh, Ki Utsuri memang lebih kecil dari Shiro Utsuri. Dengan warna yang unik ini, Ki Utsuri dinilai lebih mahal yaitu Rp. 850.000 – Rp. 900.000.

4. Ikan Koi Slayer Kumpay

Kumpay Slayer adalah salah satu ikan koi termahal. Bagaimana tidak, kombinasi warna silver dan orange di sekujur tubuhnya sangat menawan. Selain itu siripnya sangat panjang sehingga dinamakan kupu-kupu koi. Perpaduan warna dan ukuran sirip mampu membuat tampilan ikan koi Kumpay Slayer sangat anggun dan menawan.

Harga koi Slayer Kumpay berkisar Rp. 1.500.000 – Rp. 2.000.000.

Baca Juga: 5 Jenis Ikan Koi Paling Laris Di Pasaran

5. Jenis Ikan Koi Chagoi

Jika Anda seorang pemula dan memiliki anggaran terbatas, Anda dapat membeli Chagoi koi. Sayangnya koi jenis ini memiliki warna yang kurang menarik yaitu kombinasi abu-abu dan kuning tanpa alasan. Sehingga terlihat monoton dan membosankan. Namun jika ingin belajar bagaimana cara merawatnya, tak ada salahnya mencoba dulu dari yang termurah.

Harga Ikan Koi Chagoi koi antara Rp. 200.000 – Rp. 400.000.

6. Ikan Koi Ochiba Shigure

Meskipun Ochiba Shigure semurah Chagoi, warnanya lebih cerah. Ochiba Shigure memiliki warna dasar putih pucat dengan corak oranye halus. Jenis ini cocok untuk kolam ikan koi pelengkap.

Ochiba Shigure berharga Rp. 200.000 – Rp. 300.000.

7. Ikan Koi Soragoi

Meskipun Ikan koi biasanya diidentikkan dengan warnanya yang indah dan cerah, namun hal ini jauh berbeda dengan ikan koi jenis Soragoi yang sebenarnya memiliki warna dasar hitam keabuan. Tentu saja Soragoi diiklankan sebagai hantu koi karena warnanya yang gelap dan terlihat menyeramkan. Biasanya para pecinta ikan koi membelinya sebagai pelengkap kolam.

Harga Ikan Koi Soragoi cukup murah yaitu Rp. 400.000 – Rp. 600.000.

Jenis Ikan Koi Dan Harga

8. Ikan Koi Kumonryu

Kumonryu merupakan salah satu jenis ikan koi yang memiliki corak unik. Pada bodinya terdapat kombinasi warna hitam dan putih yang cantik. Kombinasi warna ini membuatnya elegan. Tentunya jika harganya cukup mahal.

Harga Ikan Koi Kumonryu berkisar Rp. 600.000 – Rp. 700.000.

9. Ikan Koi Shusui

Shusui memiliki tiga kombinasi warna, yaitu hitam yang membentuk pola di sepanjang punggung, putih keperakan di bagian samping tubuh, serta oranye di sekitar perut dan sirip. Meski komposisi warnanya unik, Shusui terjangkau hingga Rp. 400.000 – Rp. 500.000.

10. Jenis Ikan Koi Goromo

Ada juga ikan koi yang memiliki kombinasi empat warna yaitu Goromo. Goromo merupakan hasil persilangan antara Kohaku dan Asagi, menghasilkan jenis baru dengan corak dan warna yang indah yaitu indigo, orange, black, dan purple.

Harga Ikan Koi Goromo berkisar Rp. 450.000 – Rp. 700.000.

11. Ikan Koi  Ogon

Ikan Koi Ogon adalah jenis Utsuri yang langka. Satu warna dan tanpa pola. Namun karena keberadaannya yang langka, Ogon masih memiliki banderol harga yang tinggi hingga saat ini. Anda harus merogoh kocek minimal Rp. 1.500.000 – Rp. 1.600.000 per ekor.

12. Ikan Koi Asagi

Meski termasuk salah satu jenis ikan koi yang lebih mahal, Asagi memiliki banyak penggemar. Karena corak Asagi memang unik, yaitu perpaduan antara biru metalik dengan jingga.

Harga Ikan Koi Asagi adalah Rp. 1.100.000 – Rp. 1.500.000.

Jenis Ikan Koi Dan Harga

13. Ikan Koi Showa Sanshoku

Jika Anda menyukai ikan koi dengan banyak corak, Showa Sanshoku bisa menjadi pilihan. Corak tubuhnya sangat banyak dan indah memenuhi seluruh bagian tubuhnya.

Harga Showa Sanshoku koi Rp. 1.000.000 – Rp. 1.200.000.

14. Ikan Koi Taisho Sanke

Kecantikan Taisho Sanke terpancar dari noda hitam di punggungnya. Selain itu, ada kombinasi warna lain yang membuat Taisho Sanke semakin cantik, yaitu oranye dan putih. Taisho Sanke adalah tipe yang mudah ditemukan. Jadi harganya cukup murah yaitu Rp. 300.000 per ekor.

15. Ikan Koi Kawarimono

Kawarimono adalah hasil persilangan. Namun, alih-alih menghasilkan spesies yang cantik, justru sebaliknya, spesies yang dihasilkan tidak menarik dan terlihat aneh. Tentunya warna pada tubuhnya selalu didominasi oleh satu warna, seperti hijau polos, biru polos dan ungu polos. Sama sekali tidak ada alasan yang membuatnya glamor.

Harga Ikan Koi  Kawarimono relatif murah yaitu Rp. 200.000 per ekor.

16.Ikan Koi Shiro Bekko

Warna dasar Shiro Bekko adalah putih susu dengan corak hitam yang langka di tubuhnya. Sekilas, koi jenis ini terlihat seperti permen susu manis. Pantas saja Shiro Bekko banyak diminati.

Harga Ikan Koi Shiro Bekko adalah Rp. 800.000.

17. Ikan Koi  Hikarimoyomono

Jenis ikan koi ini tergolong jenis ikan koi yang sangat langka. Warna dasarnya putih keperakan, dengan balutan corak yang ada di bagian belakang. Karena keberadaannya yang langka, maka kebanyakan para pecinta ikan koi jarang memiliki jenis ini. Harganya juga lumayan, yaitu antara 900.000 Rupiah.

18. Ikan Koi Hikari Utsurimono

Jenis ini termasuk jenis Utsurimono, hanya saja variasi warnanya semakin indah seperti ungu, jingga dan kuning. Harga per orang Rp. 900.000.

19. Ikan Koi Kinginrin

Sekilas, jenis ikan koi Kinginrin ini tidak seperti jenis ikan koi pada umumnya, namun masih dalam kategori ikan koi,mesikupun secara spesifik ikan koi jenis kinginrin ini lebih mirip dengan ikan mas. Ikan Koi jenis ini mempunyai warna tubuh yang dominan kuning keemasan, dan memang benar,jenis koi ini hampir mirip dengan ikan mas. Meski satu warna, Kinginrin hadir dengan harga yang lumayan mahal yakni Rp. 900.000 per ekor.

20. Ikan Koi Matsuba

Ukuran tubuh matsuba lebih besar dari koi lainnya, lebih mirip ikan mas. Matsuba sendiri didominasi satu warna, biasanya kuning atau oranye. Di bagian punggung terdapat sirip kehitaman mulai dari bawah kepala hingga dekat ekor.

Harga pasaran Matsuba adalah Rp. 500.000.

JOGLO KOI FARM

Mojoroto gg 8 Barat. Kota Kediri, Jawa Timur

Hubungi:  082339754779