ikan koi yang bagus

Panduan Memilih Ikan Koi Yang Bagus dan Berkualitas

Posted on

Ikan koi yang bagus adalah warna khas yang sangat cerah dan sangat bervariasi. Ikan koi menjadi salah satu jenis ikan hias yang sangat diminati sebab bisa dipelihara pada kolam yang akan memberikan efek menenangkan dan sangat baik untuk menghilangkan stress.

Banyak penggemar koi yang tidak ragu untuk mengeluarkan uang lebih hanya untuk mendapatkan ikan koi berkualitas bagus, bahkan ada yang sampai rela mengeluarkan uang sampai jutaan rupiah hanya untuk bisa mendapatkan satu ekor ikan koi yang bagus.

Supaya anda tidak menyesal saat memilih ikan koi, berikut ini kami akan memberikan panduan untuk membantu anda dalam mendapatkan ikan koi terbaik untuk dipelihara di kolam hunian anda.

Pilih Ikan Koi Dengan Postur Simetris

Ikan koi dengan kualitas baik akan memiliki postur tubuh yang simetris dengan bentuk punggung lurus saat sedang tidak bergerak dan juga sedikit melengkung saat sedang berenang.

Ada kalanya anda akan melihat ikan koi dengan perut yang membulat, coba periksa dulu apa ikan tersebut sedang mengandung atau tidak. Namun, postur ikan koi yang kurus juga menjadi tanda jika ikan berada dalam kondisi tidak prima atau sedang sakit.

Untuk panjang dan tinggi tubuh koi yang ideal adalah 2.6 : 1 sampai 3 : 1. Bentuk ikan juga akan lebih terlihat semakin menyempit ke arah ekornya. Selain itu, perhatikan juga seluruh bagian tubuh koi untuk meastikan tidak terdapat cacat pada badan koi. Periksa juga kelengkapan siripnya serta ukuran kepala yang terlihat proporsional.

Pilih Koi Dengan Warna Jelas Serta Tegas

Warna yang ada pada badan koi sebenranya bukanlah masalah yang penting, namun yang perlu diperhatikan apakah warna tersebut terlihat jelas dan tegas dalam arti satu warna dengan warna lainnya tidak boleh tercampur sehingga membuat warna terlihat pudar.

Misalnya, jika koi berwarna merah, maka harus benar-benar terlihat sangat jelas dan tidak tercampur dengan warna putih, hitam atau kuning sehingga warna terlihat merah agak kehitaman, merah agak oranye dan sebagainya.

Masing-masing warna yang ada pada badan koi harus terpisah dan tidak saling menyambung, bebas dari bercak, seperti contohnya pada koi kohaku maka warna haruslah memiliki warna merah lebih bersih dibandingkan warna putih.

Ikan Koi yang bagus bercorak unik

Corak yang ada pada badan koi dibentuk dari gabungan beberapa warna yang terjadi secara alami dan membentuk sebuah pola. Apabila anda beruntung, maka anda bisa mendapatkan ikan koi dengan simbol yang sering kita lihat, seperti contohnya huruf arab, hangeul, kanji atau susunan warna yang membentuk seperti pohon, matahari, bulan, gunung dan lain sebagainya.

Semakin unik corak terbantuk pada badan koi, maka kualitasnya juga akan semakin meningkat, akan tetapi pastikan juga jika corak tersebut dibentuk dengan alami dan bukan buatan manusia dengan menerapkan beberapa perlakuan tertentu. Selain itu, pastikan juga jika corak sangat bersih dan tidak bercampur antara satu warna dengan warna lainnya.

Perhatikan Pola Warna Koi

Semua tanda yang ada pada badan koi juga harus proporsional dan salah satu bagian yang penting adalah bagian putih area mulut dan juga ekornya.

Untuk bagian kepala yang membentuk seperti huruf juga harus terlihat ideal. Sedangkan untuk kontes, maka bagian yang paling diperhatikan adalah bagian kepala, punggung dan juga ekor.

Warna merah yang ada pada bagian kepala harus terlihat sangat tegas dan untuk jenis ikan koi kohaku akan lebih baik jika mempunyai garis putih di bagian lehernya, sedangkan untuk bagian ekor harus berwarna putih bersih dan tidak kehitaman.

Rincian Badan Ikan Koi

Apabila dilihat lebih merinci untuk bagian badan ikan koi yang bagus, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti dibawah ini.

Gari Punggung Lurus Serta Punggung Melengkung Sewajarnya

Apabila dilihat dari atas, maka garis punggung koi harus terlihat lurus dan saat bergerak maka punggungnya terlihat melengkung dengan wajar.

Saat dilihat dari arah samping, maka garis atas dan bawah badan melengkung dengan wajar, dalam artian bagian sebelah badan tidak boleh terlalu melengkung dan bagian badan bawah tidak membentuk garis lurus.

Sirip Terlihat Sempurna

Sirip besar dan terbentuk dengan indah yang sesuai dengan badan koi akan membuat ikan koi terlihat sempurna. Dari semua sirip, bagian yang paling penting adalah sirip dada, sirip ini tidak boleh memiliki cacat yang disebabkan bawaan lahir atau penyakit.

Sedangkan pada beberapa koi yang kurang pakan akan memiliki sirip yang kecil atau kerdil. Perhatikan juga jika sirip perut, sirip ekor dan sirip punggung terbentuk dengan sempurna.

Bentuk Kepala Yang Sempurna

Ikan koi ada yang enak dilihat dan juga tidak dan ada yang memiliki hidung mancung serta bersandar ke depan, kedua jenis hidung ini harus dihindari sebab menjadi ciri koi yang kurang bagus dan yang benar adalah bentuk hidung koi yang tidak terlalu menonjol namun juga tidak tenggelam tertutup dengan daging.

Selain itu, cacat yang ada pada rahang juga harus diperhatikan. Cacat ini bisa terjadi karena sakit akar insang atau gill root yang biasanya terjadi saat koi masih kecil. Cacat rahang tersebut akan memberikan pengaruh besar terhadap penilaian seekor ikan koi.

Selain itu, bentuk kepala ikan koi yang lebar serta besar juga tidak bagus dilihat dan penyakit ini juga akan berpengaruh dalam pembentukan mulut serta insang ikan koi. Selain itu, antara bagian rahang, mulut dan juga mata harus terlihat sempurna dan serasi.

Perbandingan Yang Sempurna

Perbandingan dari lebar, panjang dan juga tinggi ikan koi menjadi penentu apakah koi tersebut bagus atau tidak. Untuk rasionya adalah antara 1 sampai 2.6 dan juga 1 sampai 3.0 yang sudah termasuk ukuran memadai dan sempurna.

Kesehatan Ikan Koi

Dari segi kesehatan, jangan memilih koi yang terlihat lemas dan bergerak lambat saat berenang serta tidak seimbang atau sebaliknya lebih banyak diam di bagian dasar kolam.

Selain itu, jangan pilih ikan koi yang insangnya bergerak dengan cepat, sebab ini menjadi ciri ikan koi yang sulit bernapas. Selain itu, pilih koi yang memiliki bentuk sirip tegak dan tidak lemas terkulai ke salah satu sisi.

Jangan pilih koi yang senang menyendiri dari kerumunan koi lainnya sebab ini dikatakan sebagai salah satu naluri ikan koi supaya tidak menularkan penyakit pada ikan koi lainnya.

Meskipun ikan koi sudah memiliki warna tegas dan cerah dan telah memenuhi persyaratan ikan koi yang bagus, akan tetapi ada baiknya anda menghindari ikan koi dengan ciri-ciri kesehatan kurang sempurna ini, sebab meskipun bisa disembuhkan, koi tetap akan cacat fisik dan pertumbuhannya akan terhambat.

Cara Membedakan Koi Lokal dan impor

  • Warna koi lokal kalah tajam dengan koi impor.
  • Koi impor lebih murni jika dibandingkan dengan ikan koi lokal seperti contoh putih pada koi impor tidak pudar dan bercampur warna kuning.
  • Bentuk koi lokal lebih langsing sementara koi impor lebih bulat namun tidak gemuk.
  • Koi lokal memiliki sifat yang lebih liar dibandingkan dengan koi impor dna bisa dilihat dari koi impor yang lebih mudah ditangkap dibandingkan dengan koi lokal.

 

One thought on “Panduan Memilih Ikan Koi Yang Bagus dan Berkualitas

Comments are closed.