Ikan Koi Asli Jepang

Beberapa kebanyakan orang percaya bahwa jenis koi adalah Ikan Koi Asli Jepang ini merupakan cikal bakal lahirnya ikan hias nan cantik ini dan masih banyak juga yang menghubungkan ikan koi ini dengan beragam mitos yang ada hingga sekarang,bahwa ikan koi menjadi sebuah lambang akan hubungan erat dengan keberuntungan,kepercayaan semacam ini merupakan mitos yang lahir dari kebudayaan di negeri tirai bambu Cina. Maka,untuk itu banyak sekali orang yang senang akan memelihara ikan hias yang satu ini, selain  itu juga ikan koi ini merupakan sebuah hobi namun juga sebagai lahan bisnis yang cukup menjanjikan.

Ikan Koi Asli Jepang

Khusus di negara Jepang,yang mana jenis Ikan Koi Asli Jepang ini sempat dianggap sebagai ikan hias yang membawa keberuntungan. Hal ini tak lepas dari kisah sejarah pada negara Jepang. Hal ini,terjadi Sekitar abad ke 12, yang mana dahulu kala ada seorang kaisar di Jepang yang gemar sekali memperhatikan ikan koi peliharaannya. Sang kaisar ini pun memperhatikan ikan koi miliknya tak seperti biasanya. Ikan koi yang biasanya melenggak lenggok lembut kini terlihat seperti ingin melompat dari dasar kolam.

Meskipun ikan koi ini mempunyai banyak jenis,yang semua itu terdapat pada nama yang disertai corak namun kebanyakan orang akan menghafal pada warna saja dan cenderung lupa akan nama jenis koi tersebut.

Anda dapat mempelajari tentang warna dasar pada ikan koi. Yang mana secara garis besar jenis ikan koi ini didomianis oleh jenis Gosanke, Shiro (putih), Utsurimono, Asagi, Tancho, Hikarimono, Goromo, Hikarimoyo, Matsuba, dan Kawarimono.

Kali ini admin akan uraikan tentang bermacam-macam jenis Ikan Koi Asli Jepang

  1. Jenis Ikan Koi Kohaku

Ikan koi kohaku merupakan salah satu jenis ikan koi yang paling terkenal dan juga paling tua di antara ikan koi lainnya. Koi ini paling banyak dijumpai di berbagai tempat dan cukup familiar di kalangan masyarakat. Ikan koi kohaku ini mempunyai warna dasar putih cerah dengan balutan warna merah yang menyala di tubuhnya.

  1. Ikan Koi Kujaku

Yang kedua ialah jenis koi kujaku. Yang mana jenis koi kujaku ini mempunyai nama yang hampir mirip dengan kohaku. Namun bukan hanya mirip saja dalam hal penyebutan nama,melainkan juga terdapat pada corak warnanya yang sekilas juga hampir mirip dengan jenis kohaku. Koi kujaku ini dasarnya berwarna putih tulang dan disertai dengan tambahan corak warna merah/orange sedikit kehitaman dan secara merata di sekujur tubuh ikan koi Harganya juga tidak jauh berbeda dengan koi kohaku.

Ikan Koi Asli Jepang

 

  1. Ikan Koi Shiro Bekko

Ikan Koi shiro bekko ini merupakan  jenis ikan koi air yang dikenal cukup indah. Hal ini,sangat sesuai dengan namanya (shiro), ikan koi ini dominan berwarna putih cerah dengan disertai corak hitam di tubuhnya.

Ikan koi shiro bekko dapat dibilang cantik karena terdapat bagian warna hitam di yang terletak di bagian kepala. Adapun di bagian sirip dada ikan koi ini,terdapat garis garis yang indah. Namun,akan tetapi tidak semua ikan koi shiro bekko ini memiliki garis tersebut.

  1. Jenis Koi Shiro Utsuri

Ikan Koi utsuri dan shiro bekko merupakan jenis koi dengan varian yang sekilas hampir sama. Padahal jika dilihat secara detail terdapat banyak perbedaan yang cukup mendasar pada warna dan juga polanya.

Koi jenis Shiro bekko dan shiro utsuri merupakan jenis koi yang sama sama memiliki dua warna hitam putih. Namun untuk shiro bekko  ini berwarna dasar putih ditambah sedikit bercak hitam. Sedangkan shiro utsuri mempunyai dasar warna hitam sebagai warna dasar dan bagian corak putih sebagai tambahan akan perpaduan warna pada tubuhnya. Harga ikan  koi shiro utsuri ini sekitar Rp. 350.000 hingga mencapai 1.5 juta. Tergantung kualitas dan juga panjang tubuh ikan koi.

 

  1. Ikan Koi Shiro Matsuba

Ciri utama shiro matsuba ini mempunyai warna dasar putih dengan sedikit corak warna hitam pada bagian sisiknya. Maka sekilas ikan koi shiro matsuba ini nampak seperti jaring. Ikan koi shiro matsuba lokal  ini juga cukup terkenal dan juga harganya tidak kalah bersaing dengan jenis import.

  1. Ikan Koi Jenis Aka Matsuba

Ikan koi matsuba ini hampir sama dengan jenis ikan koi shiro matsuba,yang mana perbedaannya terdapat pada warna dasar,masing-masing yakni untuk ikan Koi aka matsuba berwarna dasar merah dengan pola hitam seperti jaring di punggungnya. Sedangkan shiro matsuba lebih dominan berwarna dasar putih. Untuk membelinya kalian harus teliti, dan jangan sampai tertipu. Sebab pola hitam di tubuhnya  ini bisa saja didapat karena luka pada ikan.

  1. Ikan Koi Tancho

Selanjutnya adalah jenis ikan koi dengan predikat terbaik yang mana diraih oleh ikan koi jenis tancho. Koi jenis tancho ini mempunyai warna yang cukup unik dan juga sangat mudah dikenali oleh sebagian orang awam. Karena jenis tancho ini merupakan ikan koi yang hanya memiliki corak warna merah di bagian kepala saja.

Sedangkan di seluruh tubuh ikan koi tancho ini mempunyai warna dasar putih cerah.

Walaupun demikian,jenis koi tancho sendiri memiliki setidaknya 3 varian yakni tancho showa, tancho kohaku, tancho ghosinki, tancho goromo, tancho kujaku dan tancho sanke. Varian tersebut akan kami bahas di bawahnya. Harga koi Tancho paling murah Rp. 450.000 tapi tergantung ukuran dan juga daerah asal.

Ikan Koi Asli Jepang

 

  1. Ikan Koi Tancho Showa

Ikan koi jenis tancho showa ini merupakan jenis ikan koi yang sangat mirip dengan jenis ikan koi utsuri shiro dan juga jenis kohaku sanke  sebab ikan ini di hasikan daril perkawinan silang antara koi kohaku dan koi jenis utsuri shiro.

 

Terdapat beberapa macam perbedaan yang cukup mendasar antara koi jenis tancho showa dengan jenis kohaku sanke ialah terdapat corak hitam di bagian kepala showa sedangkan di kepala sanke tidak ada. Ikan koi showa ini dominan berwarna dasar hitam dengan perpaduan warna putih merah. Untuk harga ikan koi tancho showa ini berkisar antara 150-300 ribu.

 

  1. Ikan Koi Asagi

Bisa dibilang ikan koi  jenis asagi sendiri merupakan ikan koi yang paling lama dikenal oleh para pecinta koi. Mungkin jenis ikan koi ini sendiri juga bisa dibilang paling berkesan diantara jenis yang lain,mengingat jika ikan koi ini mempunyai totol-totol pada tubuhnya dan pola pada totol itu sendiri sangatlah unik daripada jenis koi lainnya.

Sementara itu juga ada lagi jenis ikan koi shusui yang mana juga masih berkerabat dengan ikan koi asagi.Corak yang melekat pada tubuhnya pun juga cenderung hampir sama. Di pasaran harga koi jenis asagi ini sendiri terbilang cukup murah.

  1. Ikan Koi Kawarimono

Untuk jenis ikan Koi Kawarimono ini merupakan spesies hybrid atau persilangan. Yang mana pada bagian warna tubuh ikan koi ini  mempunyai bentuk dan juga pola yang aneh dan cukup unik, tidak seperti ikan koi pada umumnya. Ciri-ciri ikan Koi jenis kawarimono ini tidak mempunyai warna tubuh yang begitu khas dengan ikan koi pada umumnya.

Add a Comment

Your email address will not be published.