Harga Ikan Koi Terbaru 2020

Ikan koi merupakan salah satu jenis ikan yang paling populer di kalangan pecinta ikan hias. Ikan asli Jepang ini memiliki variasi yang berbeda-beda dengan corak yang unik sehingga bisa memanjakan setiap mata yang melihatnya. Harga Ikan Koi Terbaru 2020

Harga ikan koi yang tidak terlalu mahal terutama untuk spesies asli juga menjadi alasan mengapa ikan hias ini dipilih untuk menghiasi kolam di rumah-rumah.

Jika Anda penggemar ikan hias, tidak ada salahnya untuk membawa pulang berbagai jenis ikan koi dengan corak berbeda. Ada beberapa alasan ikan ini layak mendapatkan pilihan, salah satunya karena koi tidak membutuhkan perawatan yang terlalu banyak. Karenanya, Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk merawat ikan yang satu itu.

Harga Ikan Koi Terbaru 2020

Jenis ikan Koi

Sebelum memilih varian tertentu, ada baiknya mengetahui berbagai jenis ikan koi yang ada saat ini. Secara umum, koi terbagi menjadi dua jenis, lokal dan impor. Harga ikan koi impor jauh lebih mahal dari pada ikan koi lokal. Ini karena ikan tersebut didatangkan langsung dari luar negeri, terutama dari Jepang sebagai tanah air.

Pada dasarnya ikan koi lokal dan impor berasal dari satu nenek moyang yang sama yaitu Jepang. Koi diperoleh melalui persilangan ikan mas selama berabad-abad untuk menciptakan koi dengan sifat berbeda. Namun berbagai jenis koi yang dibawa ke Indonesia kemudian dibudidayakan.

Budidaya ikan koi ini melahirkan banyak varietas baru karena sebagian petani melakukan silangan ikan koi dengan jenis ikan lainnya untuk mendapatkan pola yang diinginkan. Karena itu, kemurnian ikan koi menurun meski tidak berganti jenis. Hal ini selanjutnya mempengaruhi harga ikan.

Bagi pecinta ikan koi, ada perbedaan yang sangat jelas antara koi lokal dan impor. Dari segi warna, ikan koi impor lebih tajam warna dan coraknya dibanding ikan koi lokal. Saat berukuran di bawah 50 cm, perbedaan ini tidak terlalu terlihat. Namun, jika koi memiliki tinggi lebih dari 50cm, warna koi lokal akan terlihat sedikit pudar, sedangkan koi impor akan tetap jernih dan cerah. Harga Ikan Koi Terbaru 2020

Perbedaan lainnya adalah ukuran mata dan bentuk tubuh. Koi import memiliki mata yang lebih besar dari koi lokal, bahkan matanya terlihat seperti hampir lepas dari kepala. 

Sementara itu, seperti ikan lainnya, koi lokal memiliki ukuran mata yang pas. Dari segi bentuk, koi impor terlihat lebih memanjang sedangkan koi lokal agak membulat.

  • Ikan Koi Kikokuryu

ikan koi jenis Kikokuryu,yang mana jenis ini memang cukup mengesankan dan begitu cantik sekali.

Jenis ikan koi ini bernama Kikokuryu yang mana jenis ikan koi ini sangat dikenal karena mempunyai keunikan yakni pada bagian kepala tidak mempunyai sisik atau lebih dikenal dengan sebutan (doitsu). 

Kebanyakan jenis Kikokuryu ini mempunyai kerangka kepala dengan dasar warna putih,lalu dicampur dan dipadukan dengan warna hitam legam yang mana di sisi bawah kepala ikan ini terdapat barisan berupa sisik halus, di sepanjang bagian belakang barisan, dan di kepala di sekitar mata dan hidung.

Ikan koi jenis Kikokuryu biasanya dianggap sebagai satu-satunya ikan koi dengan versi warna mirip dengan logam,yang masih kerabat dekat dengan jenis ikan koi kumonryu. Cukup sulit menemukan jenis yang satu ini. 

Ukuran Koi Ikan Koi KikokuryuHarga per Ekor
Ikan Koi Kikokuryu 8-12 cmRp 100 ribu
Ikan Koi Kikokuryu 12-15 cmRp 175 ribu
Ikan Koi Kikokuryu 15-18 cmRp 250 ribu
Ikan Koi Kikokuryu 20 cmRp 300 ribu
Ikan Koi Kikokuryu 25 cmRp 450 ribu
Ikan Koi Kikokuryu 30 cm – 37 cmRp 750 ribu

  • Ikan Koi Tancho Sanke

Pada dasarnya jenis Ikan Koi Tancho merupakan jenis ikan koi yang cukup simple dan gampang dikenal oleh sebagian orang,yang mana untuk jenis tancho ini mempunyai bulatan warna merah yang berada tepat di atas kepala ikan koi,serta mempunyai warna tubuh Putih Tulang dan bersih.

Namun hal ini tak berlaku untuk jenis ikan koi Tancho sanke,yang mana kebanyakan jenis tancho sanke ini  mempunyai di bagian dahinya, yakni warna orange. Harga Ikan Koi Terbaru 2020

Lalu pada bagian tubuhnya warna putih susu dengan bercak hitam yang sangat khas untuk ikan koi jenis Sanke dan Showa,dengan adanya penambahan warna seperti ini lah yang  memberikan kesan elegan. Siripnya warna putih susu dengan sedikit bercak hitam yang berpadu cantik.

Ukuran Koi Ikan Koi Tancho SankeHarga per Ekor
Ikan Koi Tancho Sanke 8-12 cmRp 100 ribu
Ikan Koi Tancho Sanke 12-15 cmRp 175 ribu
Ikan Koi Tancho Sanke 15-18 cmRp 250 ribu
Ikan Koi Tancho Sanke 20 cmRp 300 ribu
Ikan Koi Tancho Sanke 25 cmRp 450 ribu
Ikan Koi Tancho Sanke 30 cm – 37 cmRp 750 ribu
  • Ikan Koi Orenji Ogon

ikan koi Orenji Ogon ini pada bagian sisiknya yang berada di dekat punggung dan tubuh bagian samping cenderung agak gelap legam. 

Kepalanya sendiri dominan mempunyai warna orange sedikit kekuningan. Pada bagian Sirip juga terdapat unsur warna orange, namun agak keputihan. Begitu pun dengan ekornya yang berwarna oranye keputihan. Harga Ikan Koi Orenji Ogon ini per ekornya adalah Rp. 900.000,untuk ukuran 36-39 cm. 

Ukuran Koi Ikan Koi Orenji OgonHarga per Ekor
Ikan Koi Orenji Ogon 8-12 cmRp 120 ribu
Ikan Koi Orenji Ogon 12-15 cmRp 155 ribu
Ikan Koi Orenji Ogon 15-18 cmRp 275 ribu
Ikan Koi Orenji Ogon 20 cmRp 300 ribu
Ikan Koi Orenji Ogon 25 cmRp 450 ribu
Ikan Koi Orenji Ogon 30 cm – 37 cmRp 750 ribu
  • Harga Ikan Koi Tancho Kikusui

ikan koi Tancho Kikusui,yang mana secara spesifik jenis Tancho Kikusui ini hampir sama dengan jenis Ikan koi Tancho pada umumnya,namun tentu saja beda nama pasti beda pula karakteristik kedua jenis ikan koi ini. Mari sama-sama kita jabarkan apa saja perbedaan antara ikan koi Tancho kikusui ini,dan apa saja menariknya dari jenis ikan koi ini.

Secara spesifik jenis Ikan Koi Tancho Kikusui ini merupakan varian lain dari jenis Koi Tancho, yang mana untuk jenis ini memiliki warna tubuh putih namun ada unsur warna sedikit keperakan yang berada di area punggung ikan koi,dengan ciri khas yang sama dengan jenis tancho pada umumnya,dengan aksen berupa bulatan berwarna Merah menyala dan ada pula sebagian yang berwarna oranye yang berada tepat di area kepala. 

Yang membedakan tancho kikusui ini adalah bulatan jingga dan badan yang bersih berwarna putih susu,namun ada aksen warna perak yang ada di sela-sela tubuh koi jenis tancho kikusui ini. 

Ukuran Koi Ikan Koi Tancho KikusuiHarga per Ekor
Ikan Koi Tancho Kikusui 8-12 cmRp 120 ribu
Ikan Koi Tancho Kikusui 12-15 cmRp 155 ribu
Ikan Koi Tancho Kikusui 15-18 cmRp 275 ribu
Ikan Koi Tancho Kikusui 20 cmRp 300 ribu
Ikan Koi Tancho Kikusui 25 cmRp 450 ribu
Ikan Koi Tancho Kikusui 30 cm – 37 cmRp 750 ribu

Add a Comment

Your email address will not be published.