Harga Ikan Koi Semua Jenis Update 2020

Tentunya bagi kebanyakan orang sudah tidak asing lagi dengan ikan koi. Ikan koi merupakan ikan hias air tawar yang paling populer dan sering dipelihara oleh banyak orang. Berasal dari Jepang, ikan ini memiliki banyak sekali variasi dengan corak yang sangat unik sehingga dapat memikat dan memanjakan mata saat memandang ikan Koi. Harga Ikan Koi Semua Jenis Update 2020

Harga ikan koi juga tidak terlalu mahal, terutama untuk jenis koi lokal. Inilah yang menjadi alasan kenapa ikan hias yang satu ini banyak dipilih oleh sebagian besar masyarakat untuk menghiasi kolam di rumah. Jika Anda penggemar ikan hias, tidak ada salahnya membawa pulang ikan koi.

Harga Ikan Koi Semua Jenis Update 2020

Sebenarnya banyak alasan ikan koi ini layak dijadikan pilihan. Salah satu alasannya adalah tidak membutuhkan banyak perawatan. Jadi Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk merawat ikan-ikan ini. Konon, ada juga yang beranggapan memelihara ikan koi membawa hoki.

Oleh karena itu, catatan buku membahas harga semua jenis ikan koi impor dan lokal secara rinci. Harga ikan koi ini tergantung dari ukuran dan jenisnya. Semakin besar ikan koi, semakin mahal harganya. Jadi pembahasan kali ini bisa dijadikan referensi bagi anda yang ingin memelihara ikan koi.

  1. Harga Ikan Koi Shusui Asagi

Jenis ikan Koi Shusui Asagi merupakan jenis ikan koi yang mempunyai varian tubuh dengan corak warna putih dan sedikit terdapat bercak berupa polkadot di bagian tubuh,dengan sisik berwarna hitam atau keabu-abuan  yang mana pola polkadot ini secara menyeluruh berada dan menjari di bagian punggungnya. 

Sirip pada ikan koi jenis Shusui Asagi ini cenderung mempunyai warna orange, dan pada bagian dekat ekor juga ada sedikit warna jingga yang memperindah.

Ukuran Koi Ikan Koi Shusui AsagiHarga per Ekor
Ikan Koi Shusui Asagi 8-12 cmRp 135 ribu
Ikan Koi Shusui Asagi 12-15 cmRp 160 ribu
Ikan Koi Shusui Asagi 15-18 cmRp 300 ribu
Ikan Koi Shusui Asagi 20 cmRp 325 ribu
Ikan Koi Shusui Asagi 25 cmRp 400 ribu
Ikan Koi Shusui Asagi 30 cm – 37 cmRp 600 ribu

 

  1. Harga Ikan Koi Kumonryu

Jenis Kumonryu,yang mana secara sekilas ikan koi jenis ini hampir sama seperti saudara dekatnya yakni jenis beni kumonryu,yang mana untuk jenis Beni kumonryu ini mempunyai perpaduan warna antara merah dan juga hitam. Nah,lalu apa saja perbedaan antara ikan koi jenis Kumonryu dengan Beni kumonryu,maka simak ulasan di bawah ini.

Jenis ikan Koi Kumonryu adalah jenis ikan koi yang  mempunyai warna dengan kombinasi antara putih susu dan hitam legam dan ikan jenis ini tidak mempunyai sisik sedikit pun,lantas untuk Warna putihnya sendiri lebih banyak daripada hitamnya. Harga Ikan Koi Semua Jenis Update 2020

Corak pada jenis Kumonryu ini memang cenderung abstrak sekali,namun akan tetapi tetap meninggalkan kesan yang elegan dan terlihat begitu unik. Jadi dapat dipastikan pula tiada yang memiliki bentuk corak tubuh yang serupa dengan Koi jenis kumonryu ini. Sedangkan  untuk bagian sirip dadanya sendiri ada yang berwarna putih semua, namun ada pula yang hitam semua. 

Ukuran Koi Ikan Koi KumonryuHarga per Ekor
Ikan Koi Kumonryu 8-12 cmRp 145 ribu
Ikan Koi Kumonryu 12-15 cmRp 190 ribu
Ikan Koi Kumonryu 15-18 cmRp 350 ribu
Ikan Koi Kumonryu 20 cmRp 400 ribu
Ikan Koi Kumonryu 25 cmRp 470 ribu
Ikan Koi Kumonryu 30 cm – 37 cmRp 550 ribu

 

  1. Harga Ikan Koi Kinginrin

Secara menyeluruh jenis ikan Koi Kinginrin adalah salah satu jenis yang mempunyai ciri-ciri yang secara spesifik mirip dengan Ikan karper. Sementara untuk kulitnya membawa warna kuning cerah sedikit agak berkilau, ikan koi jenis Kinginrin ini tidak menampakkan warna pucat.

Ikan koi  Kinginrin adalah satu diantara jenis ikan koi yang asal mulanya merupakan hasil dari persilangan antara Koi jenis Ogon dengan Yamabuki. Tubuh ikan koi kinginrin ini cukup dominan dan bahkan mirip dengan ikan karper.

Banyaknya jenis ikan koi yang terbuat dari hasil hibrida membuat ikan koi ini banyak digemari dari seluruh dunia. Selain warnanya yang bening dan cerah, polanya juga sangat unik dan beragam juga. Oleh karena itu ikan Koi ini termasuk salah satu ikan hias terindah dan terbaik di dunia. Varietas dan jenis ikan koi dibedakan berdasarkan pola pada tubuhnya. Corak unik pada sisik membuat ikan ini tampak anggun dan mewah.

Ukuran Koi Ikan Koi KinginrinHarga per Ekor
Ikan Koi Kinginrin 8-12 cmRp 150 ribu
Ikan Koi Kinginrin 12-15 cmRp 180 ribu
Ikan Koi Kinginrin 15-18 cmRp 350 ribu
Ikan Koi Kinginrin 20 cmRp 475 ribu
Ikan Koi Kinginrin 25 cmRp 500 ribu
Ikan Koi Kinginrin 30 cm – 37 cmRp 700 ribu

Faktor yang menyebabkan harga ikan Koi berbeda

Harga ikan koi sangat bervariasi. Beberapa ikan koi ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau, sedangkan yang lainnya dijual dengan harga yang sangat mahal. Harga tersebut sangat bergantung pada kualitas dan kesempurnaan pola ikan koi.

Namun yang menjadi pertanyaan sekarang adalah mengapa ikan koi begitu mahal di Jepang dibandingkan dengan ikan koi yang dijual di Amerika? Simak penjelasan berikut untuk jawaban atas pertanyaan di atas:

Sulitnya mendapatkan ikan koi yang berkualitas. Nilai ikan koi di Jepang sangat tinggi. Ini karena prosesnya sangat rumit. Para pembudidaya ikan koi tidak dapat dengan mudah membudidayakan ikan ini karena mereka mungkin memiliki 10.000 ikan koi dan harganya sangat mahal untuk memelihara semuanya.

Seiring dengan pertumbuhan ikan ini, para pembudidaya ikan akan memberikan sejumlah uang saku dan macam-macam. Peternak harus sangat selektif dalam menghilangkan ikan yang bentuknya buruk. Beberapa ikan koi yang lumayan tapi kurang bagus bahkan bisa dijual di toko ikan di Jepang. Di Amerika, ini biasanya disebut sebagai koi “kelas kolam” dan dijual dengan harga lebih rendah. Harga Ikan Koi Semua Jenis Update 2020

Tahap selanjutnya, mereka mulai memilah-milah kategori ikan berdasarkan jenis ikan koi yang dibudidayakan. Misalnya saat mengawinkan Kohaku (merah putih) ikan Koi dengan warna kuning dan hitam harus dipisahkan.

Kemudian petani ikan akan menentukan ikan koi mana yang dapat dijual dengan harga yang lebih tinggi dan memilih mana yang akan dipelihara dan kemudian menjualnya dengan harga yang lebih tinggi lagi, mungkin sekitar $ 10-20.000. Tidak semua ikan koi jepang harganya mahal, tapi semua ikan koi jepang berkualitas tinggi cenderung mahal karena proses seleksi yang lama.

Dari 10.000 unggas, mungkin 20-30 ekor kualitas terbaik berukuran panjang 18 “, kemudian tumbuh menjadi 26” dan pada akhirnya hanya 2-3 ekor yang akan sangat berkualitas dan sisanya akan dijual.
Saat musim panen, pembudidaya ikan harus terus memindahkan ikan Koi dari kolam ke pasar dengan tetap menjaga kualitasnya.

Mereka juga harus membuat keputusan sulit tentang ikan mana yang akan dipelihara dan ikan mana yang akan dijual dalam kelompok umur yang berbeda. Para pembudidaya perlu mengetahui bahwa ikan telah mencapai potensi maksimalnya dan dapat dijual, atau mereka perlu mengetahui bahwa ikan menunjukkan tanda-tanda perkembangan yang buruk dan ikan tersebut harus dijual.

Add a Comment

Your email address will not be published.