Harga Ikan Koi Kohaku

Harga Ikan Koi Kohaku. Memelihara ikan Koi bukan hanya sekedar memelihara ikan hias. Karena? Karena ikan koi memiliki kelebihan dan keistimewaan dibandingkan ikan hias manapun yang ada di muka bumi.

Salah satu keistimewaan ikan Koi adalah ketampanannya dengan corak dan warna yang beragam. Ada puluhan bahkan ratusan jenis ikan koi hasil budidaya penangkaran yang dilakukan secara serius dan intens secara turun temurun.

Fakta Menarik Ikan Koi Kohaku

Koi dibagi menjadi 13 varietas untuk memudahkan identifikasi pola dan warna. Salah satunya adalah varietas Kohaku. Kohaku sangat populer di kalangan pecinta koi karena penampilannya yang sederhana dan elegan. Meski hanya memiliki 2 warna, Kohaku telah memikat hati jutaan orang untuk menjadikannya sebagai kolam renang dekoratif di rumah.

Harga Ikan Koi Kohaku

Warna merah di Kohaku membentuk pola yang berbeda, seperti lukisan di atas kanvas putih. Jika ada sekelompok ikan koi di dalam kolam, yang menjadi pusat perhatian adalah Koi Kohaku, bahkan bagi orang awam sekalipun. Dengan tampilannya yang “eye-catching”, wajar jika para penghobi pemula ingin selalu menjaganya.

Ini dimulai dan diakhiri dengan Kohaku

Dalam komunitas koi, ada ungkapan yang berbunyi: “Menjaga Koi dimulai dan diakhiri dengan Kohaku”. Intinya jika seseorang membiakkan koi, awalnya mereka selalu ingin memelihara koi jenis kohaku ini. Setelah itu, ia akan menggabungkan koleksi dengan varietas lain seperti Sanke, Showa, Utsuri, Shusui dll.

Setelah bertahun-tahun membiakkan koi dan memiliki banyak pengetahuan dan pengalaman di dunia koi, seseorang akan menjadi pencinta ikan koi yang hebat dan, pada saatnya, akan kembali ke koi favoritnya, Kohaku.

Harga  Ikan Koi Daftar harga
Ikan Kohaku Koi 7-12 cm Rp. 15.000
Ikan Koi Kohaku 12-18 cm Rp. 45.000
Ikan Koi Kohaku 18-25 cm Rp. 100.000
Ikan Koi Kohaku 28 cm Rp.200.000
Ikan Koi Kohaku 35 cm up Rp.350.000
Ikan Koi Kohaku 45 cm up Rp.700.000-1.000.000

 

Juara di berbagai acara Kontes Koi (Pertunjukan Koi)

Salah satu bukti bahwa Kohaku menjadi koi favorit para pecinta koi adalah kemunculan Kohaku sebagai pemenang di berbagai acara kontes koi yang diadakan, baik di Indonesia maupun di negara lain. Bahkan untuk kelas paling bergengsi. 

Kohaku sering memenangkan gelar Grand Champion.

Sebagai catatan, ikan Koi pemenang Grand Champion harus memenuhi kriteria tertentu yaitu dengan rata-rata panjang tubuh lebih dari 80cm. Anda dapat membayangkan bagaimana lilitan ini membuat koi berukuran lebih dari 80cm.

Seekor koi yang bisa mencapai ukuran lebih dari 80 cm harus dipelihara rata-rata minimal 7 atau 8 tahun. Proses pemeliharaan koi juga tidak mudah, karena membutuhkan kondisi air tambak yang baik, luas tambak yang memadai serta kualitas nutrisi yang baik untuk menunjang pertumbuhan tubuh koi dan warnanya.

Selain itu, mempertahankan Kohaku agar muncul sebagai pemenang Grand Champion jelas tidak mudah. Mengejar kualitas Kohaku sejak kecil membutuhkan kesabaran. Jika ada penjual kohaku berkualitas baik, harganya juga meroket.

Harga Ikan Koi Kohaku

Ikan koi Kohaku pernah menjadi jenis Koi termahal di dunia

Rekor ikan Koi termahal di dunia saat ini juga dipegang oleh seorang Kohaku bernama S Legend yang diproduksi oleh sebuah peternakan koi besar di Jepang, yaitu Sakai Koi Farm.

Koi ini memiliki panjang 101cm dan pemiliknya adalah warga negara Taiwan yang konon pernah membeli Kohaku pada lelang koi di Jepang dengan harga fantastis 203.000.000 atau setara dengan hampir Rp. 27 miliar. Sebagai tambahan informasi, S Legend juga berhasil meraih Grand Champion pada All Japan Combined Nishikigoi Show ke-48.

Mengetahui hal ini, Anda hanya bisa menggelengkan kepala, bagaimana ikan koi kohaku bisa mencapai harga setinggi itu. Begitulah besarnya Kohaku. Jadi sudah sepatutnya kohaku koi jenis ini menjadi pecinta koi koi terpopuler di dunia.

Jika Anda baru saja memainkan koi, Anda dapat memilih dari tiga Jenis Ikan Koi. Biasanya kualitas bagus (koi impor) bisa sangat mahal.

Nah, jika anda ingin membeli ikan koi coba perhatikan bagaimana cara memilih Ikan Koi Koi di bawah ini, agar tidak salah pilih.

Kesan pertama Melihat Ikan Koi

Cara memilih koi kohaku yang pertama harus memperhatikan kesan pertama yaitu bagaimana kesan pertama saat melihat koi. Bisa dikatakan poin ini merupakan gambaran umum tentang koi.

Anda dapat melihat saat pertama kali bertemu mereka, apakah koi terlihat bagus atau biasa saja.

Jika Anda terkesan pada pandangan pertama, Anda dapat melihat lebih spesifik pada faktor-faktor lain.

Beberapa kontes ikan hias juga menggunakan faktor kesan pertama sebagai bagian dari penilaiannya.

Tubuh Koi Kohaku

Ikan Kohaku Koi yang baik, memiliki tubuh yang proporsional, tidak kurus dan tidak terlalu gemuk.

Paling banter, koi dengan “torpedo” seperti anatomi, jadi sedikit gemuk di tengah dan lebih kecil di kepala dan ekor. Ini bisa dilihat dari atas, bukan dari samping.

Koi merupakan ikan hias yang paling baik dipelihara di kolam, karena termasuk ikan yang keindahannya bisa dilihat dari atas (belakang).

Ada banyak ikan koi di pasaran yang gempal, tapi sayangnya perutnya bengkak.

Namun, jika Anda membeli ikan yang diimpor langsung dari Jepang, biasanya perutnya tidak akan kembung.

Warna Koi Kohaku yang bagus

Salah satu kelebihan dari Koi Kohaku adalah dari segi warna, namun hal ini tergantung dari jenis koi itu sendiri.

Koi yang berkualitas baik, akan memiliki warna yang cerah tergantung jenisnya.

Misalnya seorang kohaku, dikatakan kohaku yang baik jika memiliki warna merah cerah dan putih bersih bukan kekuningan.

Showa, memiliki warna dasar hitam pekat dengan warna merah kontras dan putih bersih.

Harga Ikan Koi Kohaku

Selain itu, komposisi warna juga merata.

Sanke, memiliki warna dasar putih salju dengan warna merah mencolok dan hitam pekat. Komposisi warnanya juga terdistribusi merata.

Oleh karena itu, sebelum membeli ikan sebaiknya cari tahu dulu jenis ikan mana yang ingin dibeli, agar bisa diketahui warna mana yang paling cocok untuk tiap jenis.

Garis warna

Yang dimaksud dengan garis warna adalah batas antar model warna. Oleh karena itu, koi yang baik memiliki tepi yang jelas, tidak mengalami gradasi warna.

Perbedaan antara garis tepi merah dan putih, misalnya, adalah tidak ada gradasi, tetapi perbedaannya lebih mencolok

Sisik ikan Koi Kohaku

Kapanpun anda memilih ikan hias jenis apapun, pastikan sisiknya masih utuh dan tidak ada percikan warna, termasuk cara memilih Ikan Koi Kohaku yang baik.

Jika sisik ikan rusak, ada kemungkinan koi tersebut telah tergores benda tajam atau ada perlakuan buruk saat menangani ikan.

Sirip Ikan Koi Kohaku

Bagian sirip ini juga penting untuk diperhatikan. Beberapa penyakit ikan dapat menyebabkan sirip lepas. Jadi jika Anda melihat koi dengan sirip segar, bisa jadi itu karena suatu penyakit.

Namun hal ini pun belum bisa dipastikan, karena sirip bisa saja rusak akibat cakaran atau gigitan ikan lainnya.

Tak perlu khawatir, sirip ikan yang masih segar dari gigitan ikan lain biasanya bisa tumbuh kembali dalam beberapa saat.

Namun, jika Anda pernah melihat sirip Ikan Koi Kohaku segar di toko, Anda tidak boleh membelinya. Ingat, tujuan Anda adalah membeli ikan yang bagus, bukan ikan yang tergores!