Fungsi Utama Filter Kolam Koi

Untuk anda yang saat ini sedang atau bahkan sudah memelihara ikan koi dalam kurun waktu yang lama mungkin anda pernah merasakan halyang dinilai terasa sukar,ketika anda melihat kolam ikan koi yang anda bangun terasa tampak kotor dan nampak tak terawat,dalam hal ini mungkin saja karena anda tidak menggunakan aksesoris pendukung lainnya seperti halnya  filter kolam ikan koi.

Penggunaan filter di kolam koi ini dapat meningjkatkan taraf hidup ikan koi,dan juga ikan koi i nin akan berjaya terus menerus maka nantinya ikan koi yang anda pelihara ini akan terasa cepat atau bahkan sangat lambat,maka ketika  membuat ikan koi mudah terserang penyakit.

Fungsi Utama Filter Kolam Koi

Tapi tahukah anda bahwa kalau kolam ikan koi baik yang di dalam rumah maupun di luar rumah ini rupanya memiliki sebuah keuntungan. Untuk lebih jelasnya silahkan anda simak di bawah ini,karena kami bakal menyajikan rahasia dari keuntungan memiliki kolam ikan koi di rumahmu.

Namun sebelum membahas tentang kolam koi, ternyata ada berbagai macam serta jenis  media kolam yang mana pembuatan kolam ini tergantung dari jenis ikan koi itu sendiri. Dari beberapa jenis kolam koi yang masif ditemui adalah adalah jenis kolam  dalam, kolam dangkal, maupun kolam alami.

Baca Juga: Keuntungan Mmepunyai Kolam Ikan Koi

Pada umumnya jenis kolam ikan koi ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar batu bata atau bisa juga dengan  cor beton yang kuat dan kokoh,dengan berbagai macam bentuknya.

Namun,akan tetapi apapun jenis kolam koi yang anda punya atau yang akan anda buat, hal yang terpenting dari kolam koi adalah adanya sistem filter kolam koi. Sistem filter kolam koi ini sangat penting agar dapat menjaga kesehatan ikan koi dan juga membuat air tidak semakin keruh yang disebabkan oleh sisa sisa makanan,atau kotoran lain.

Jika anda masih bingung tentang cara memilih dan memahami sistem filter kolam koi yang tepat, mungkin sedikit pembahasan pada artikel ini dapat membantu anda dalam menentukan jenis filter mana yang anda kehendaki.

Pembuatan Filter Kolam Koi

Kehidupan ikan yang berada di alam bebas, sungai misalnya, kondisi pada air mengalir ini akan membuat air terus menerus mengalir dari mata air yang jernih. Hal ini lah yang kedepannya akan membuat supply oksigen yang diperlukan oleh ikan koi ini akam senantiasa tercukupi tanpa ada sedikit kekurangan.

Di dalam kolam buatan, sama sekali berbeda keadaannya. Kita harus benar-benar mengupayakan agar oksigen di dalam air kolam berada dalam jumlah yang mencukupi.

Fungsi Utama Filter Kolam Koi

Adanya  hasil dari pengeluaran dan juga pencernaan ikan koi adalah amonia yang mana zat amonia ini keluar lewat kotoran ikan. Di samping itu, sisa-sisa makanan juga dapat menghasilkan amonia.

Zat amonia merupakan jenis zat yang bersifat racun bagi ikan koi. Sehingga amonia ini harus segera dikeluarkan dari dalam kolam ikan agar tidak mengendap terlalu lama di dalam kolam. Fungsi Utama Filter Kolam Koi

Hal ini disebabkan karena ikan koi merupakan salah satu jenis ikan hias yang wajib membutuhkan oksigen dalam jumlah yang banyak,yang mana fungsi utama oksigen selain juga memberikan udara segar pada kolam,fungsi lain ini juga dapat membantu proses pencernaan pada ikan koi.

Sistem Filtrasi Air Pada Filter Kolam Koi

Tidak seperti jenis ikan arwana yang mana dapat dipelihara di dalam aquarium, jenis ikan koi ini umumnya dipelihara di dalam sebuah kolam yang cukup besar dan luas,lalu di dalam kolam inilah ikan koi hidup secara berkelompok, dari mulai makan hingga membuang kotoran.

Kotoran ikan koi ini juga bukan hanya menghasilkan limbah fisik saja,namun juga menghasilkan limbah kimia, maka dari itu adanya sistem filtrasi pada kolam ikan koi ini diperlukan,dan juga seharusnya dirancang secara profesional dan terjamin agar dapat secara signifikan dapat menangani kedua masalah tersebut.

Filter pada kolam koi yang baik adalah yang terbagi dalam 2 bagian, yaitu filtrasi yang bersifat biologis yang mana berfungsi untuk mengorganisir adanya bakteri aerobik (nitrifikasi) yang nantinya akan secara maksimal dapat memecah komponen kimia di dalam limbah/kotoran ikan.

Yang kedua adalah adanya sistem filtrasi Mekanis, yang mana dengan adanya sistem filtrasi mekanis ini  untuk membasmi bagian limbah fisik seperti kotoran ikan, daun kering, serangga mati dll.

Membuat bottom drain atau pembuangan bawah

Sebagian besar kolam yang sudah jadi atau yang sudah siap untuk buidaya ikan koi,pada umumnya telah memiliki adanya saluran pembuangan di bagian bawah. Hal ini ditujukan agar mempermudah dalam membersihkan kotoran yang jatuh ke bagian dasar kolam.

Perlu anda ketahui juga bahwa lokasi saluran bawah ini dapat anda buat di bagian terdalam dari kolam anda. Kolam yang tidak memiliki saluran pembuangan bawah akan membuat kotoran menumpuk pada dasar kolam lalu tumbuh menjadi bahan kimia berbahaya yang dapat mengganggu kehidupan ikan koi. Fungsi Utama Filter Kolam Koi

Untuk tipe kolam dengan saluran bottom drain ini setidaknya anda harus rutin untuk melakukan tahap penyedotan atau bisa juga dikuras secara total,yang mana hal ini bertujuan untuk membuang kotoran yang mengendap di dasar kolam.Pada bagian ini,nantinya kolam ikan koi yang sebelumnya memiliki saluran pembuangan secara dasar, maka akan digabungkan dengan saluran lain yang biasanya langsung diarahkan pada tangki penampungan atau tangki pengendapan.

Fungsi Utama Filter Kolam Koi

Cara Membuat Saluran Bawah Kolam

Untuk membantu anda dalam pembuatan saluran pembuangan bagian bawah yang tepat, Maka anda dapat memilih dengan bahan pipa atau besi batang dengan ukuran masing-masing  3 inchi dan juga gunakan pompa hisap dengan kekuatan mencapai 2500 galon per jam,lalu kemudian jika anda menggunakan pipa dengan ukuran  5 inchi berarti anda juga membutuhkan pompa hisap dengan kekuatan 3500 galon per jam.

Hal ini bertujuan untuk memastikan saja bahwa anda memilih tangki pengendapan dengan ukuran sesuai yang anda inginkan dan untuk mencocokkannya dengan saluran bawah yang anda buat. Umumnya ukuran pada tangki yang tepat adalah sekitar 20% dari kapasitas pembuangan bawah kolam. Maksudnya jika anda menggunakan pipa dengan ukuran 4 inchi yang mana dengan aliran 2500 galon per jam, berarti ukuran volume ideal dari tangki pengendapan sekitar 250 galon

Adanya gaya gravitasi ini nantinya akan membuat batuan sedimen yang ada di dalam kolam akan membantu dalam pembuangan jenis kotoran yang mengendap ke dasar kolam,cara kerja batuan sedimen ini akan melakukan pengendapan dan dalam waktu kedepan akan tersapu bersih. Begitu pula yang terjadi pada kolam ikan koi anda,banyaknya  kotoran yang mengendap akan tersedot secara maksimal melalui saluran bawah tanah dan nantinya akan ditampung pada tangki pengendapan.

Untuk itu  maka kolam koi anda akan terus terjaga akan kebersihannya dan juga menjaga kadar oksigen di dalam air. yang perlu anda lakukan hanyalah rutin memeriksa filter pada pompa, apabila sudah terlalu kotor maka anda perlu menggantinya. Begitu pula kotoran yang mengendap pada tangki pengendapan juga mesti rutin dibuang secara teratur. Fungsi Utama Filter Kolam Koi

Add a Comment

Your email address will not be published.