Fungsi Tumbuhan Hijau Di Kolam Ikan Koi

Anda ingin membuat kolam untuk budidaya ikan koi? Maka anda wajib mengikuti tips berikut ini,yang mana dengan tips ini mungkin akan membantu anda untuk merealisasikan keinginan anda dalam membangun kolam koi tersebut.

Pada dasarnya jenis Ikan koi (Cyprinus Carpio) adalah salah satu jenis ikan yang banyak dipelihara khusus nya di negara Indonesia,karena ikan koi ini mempunyai keindahan tubuh dan juga corak yang beragam.

Fungsi Tumbuhan Hijau Di Kolam Ikan Koi

Jenis Ikan koi ini mempunyai corak dan juga warna yang khas dan dipercaya mampu membawa keberuntungan oleh beberapa orang di negara Jepang. Ikan koi ini mempunyai gerakan yang cukup  lincah dan juga gesit,maka dengan sifat dan karakter tersebut membuat ikan ini sangat ampuh untuk menghilangkan penat dan juga stres untuk beberapa saat.

Baca Juga: Kolam Ikan Hias Untuk Ikan Koi

Biasanya, jenis ikan koi ini tidak dipelihara di dalam akuarium,melainkan di budidayakan di kolam,sebab keindahan ikan koi ini terdapat pada bagian punggungnya. Selain itu,ukuran kolam yang kebanyakan luas dan besar yang lebih besar juga memungkinkan koi bisa bergerak lebih leluasa.

Ciri Khas ikan koi :

  • Ikan koi sangat senang menggosokkan tubuhnya di pinggir atau dasar kolam.
  • Ikan koi ini dominan membutuhkan oksigen dalam jumlah yang begitu melimpah
  • Ikan koi ini sangat menyukai kolam bertipe rarus
  • Ikan koi ini memerlukan paparan cahaya matahari secara langsung untuk menjaga keindahan pada sisiknya
  • Ikan koi cenderung lebih menyukai air dengan suhu hangat daripada suhu dingin.

Fungsi Tumbuhan Hijau Di Kolam Ikan Koi

Berikut panduan pembuatan Kolam Ikan Koi :

  1. Pemilihan Lokasi

Berdasarkan tata letak dan lokasinya, kolam yang diajdikan untuk budidaya ikan koi ini dapat dibedakan menjadi dua jenis yakni jenis kolam indoor dan ada juga kolam outdoor. Maksud dari kolam jenis indoor ini adalah sebuah kolam yang letaknya ini berada di dalam suatu bangunan atau rumah dan biasanya sering kita jumpai berada di restoran Mewah ataupun Rumah Sakit. Sedangkan jenis kolam outdoor adalah jenis kolam yang tata letaknya berada di luar ruangan atau di halaman taman. Fungsi Tumbuhan Hijau Di Kolam Ikan Koi

  1. Perancangan Desain Kolam

Setidaknya sampai saat ini terdapat 3 jenis desain untuk kolam ikan koi yang mana ke 3 jenis itu berdasarkan bentuk, yakni ada yang berbentuk persegi, lingkaran, dan dengan model bebas. Namun,untuk bentuk persegi ini kerap sekali digunakan dalam menjalankan binis budidaya ikan koi maupun jenis ikan hias lainnya.

Bentuk persegi ini  diciptakan agar kolam tetap mempunyai style formal. Gaya seperti  ini sangat cocok untuk pelengkap rumah minimalis, modern, dan ruangan untuk keperluan lainnya.

Bentuk persegi ini  diciptakan agar kolam tetap mempunyai style formal. Gaya seperti  ini sangat cocok untuk pelengkap rumah minimalis, modern, dan ruangan untuk keperluan lainnya.

Fungsi Tumbuhan Hijau Di Kolam Ikan Koi

  1. Perancangan Sistem Filterisasi

Sebagaimana kolam ikan pada umumnya, jenis kolam koi pun juga perlu dilengkapi oleh beragam sistem filterisasi yang berguna untuk menghasilkan oksigen dan juga menjaga kebersihan air di dalam kolam.

Untuk anda yang ingin membuat kolam koi,sediakan pula untuk sistem filterisasi yang juga dilengkapi dengan dua macam saluran, yaitu saluran untuk air bersih dan juga saluran untuk air kotor.

  1. Penentuan Ukuran Kolam

Pada tahap ini, setidaknya anda memerlukan sebuah ketelitian dan juga perhitungan yang begitu matang,agar nantinya kolam yang dihasilkan bisa sesuai dengan rancangan dan juga desain yang anda inginkan.

Adapun kedalaman kolam yang cocok untuk budidaya ikan koi yang cukup ideal adalah kurang lebih sekitar 1 meter untuk jenis ikan koi yang mempunyai ukuran kurang dari 30 cm, lalu kemudian ukuran 1-1,5 meter untuk ikan koi yang berukuran antara 30-50 cm, dan yang terakhir dengan kedalaman lebih dari 3 meter untuk ikan koi yang berukuran lebih dari 60 cm.

Selain itu,terdapat sebuah hal yang mana harus anda perhatikan juga dalam pembuatan sebuah kolam ikan koi,yakni tentang sistem filtrasi yang ada pada kolam ikan koi

Selanjutnya adalah pembahasan tentang jenis  tanaman yang mana cocok dijadikan untuk hiasan di dalam kolam ikan koi,yang mana tanaman air ini juga mampu menambah kualitas kolam agar kehidupan koi menjadi lebih baik.

Hanya saja, pemilik kolam ikan koi ini mesti memperhatikan spesies tanaman yang cocok hidup dan berdampingan dengan koi. Mereka juga mesti memahami tata letak yang tepat.

Sesuai sebutan nya, jenis tanaman ini merupakan sejenis tanaman air yang memang dapat mengambang secara bebas di atas permukaan air. Maka,akar tanaman ini ada yang tertancap di dasar lumpur, namun juga ada juga yang menggantung. Tanaman jenis ini biasanya mudah dirawat. Mereka juga bisa memperkaya keindahan warna bersama koi. Selain itu, keberadaan tanaman ini bisa menyaingi alga. Malah,jenis tanaman ini bisa menyaring kadar fosfat dan nitrogen dalam kolam.Berikut ini beberapa tanaman mengambang yang menjadi rekomendasi:

  1. Water Hyacinth/Eceng Gondok

Tanaman begitu populer yang mana tanaman ini juga sering dipilih orang untuk menemani ikan koi yang ada di kolam. Akar tanaman eceng gondok ini  sangat mirip layaknya sarang pada burung,dan berada di dalam, sementara untuk bagian bunganya tumbuh dengan warna biru atau ungu. Selain untuk memperindah, tanaman eceng gondok ini juga secara efektif mampu menyaring kolam dari nutrisi yang berlebih yang cenderung berbahaya bagi keselamatan ikan koi. Kelebihan eceng gondok yakni cepat tumbuh dan bereproduksi.

  1. Water Lettuce/Selada Air

Seperti halnya tanaman eceng gondok, jenis tanaman ini juga dapat mengapung dengan sempurna dan cenderung bebas. Tanaman water lettuce ini merupakan sejenis tanaman yang lebih senang tumbuh di iklim dengan kondisi hangat. Kelebihan tanaman water lily ini adalah mampu memberikan keteduhan pada ikan koi,serta dapat membantu juga untuk menghalangi ikan koi dari para predator. Sementara kekurangannya terletak pada sifatnya yang bisa jadi invasif dan sulit dikendalikan.

  1. Water Lily/Teratai

Tanaman water lily atau yang biasa disebut dengan teratai,merupakan salah satu jenis tanaman air yang cukup recomended untuk dijadikan hiasan pada kolam ikan koi,yang mana jenis tanaman ini cukup banyak digunakan para penambak ikan koi. Keberadaan tanaman water lily ini bisa saja menambah nilai estetika di dalam kolam. Namun yang lebih penting dari itu, water lily ini mengasimilasi kandungan air yang di sinyalir kelebihan nutrisi. Hanya saja, anda perlu memperhatikan pertumbuhannya yang sering berlebihan.

  1. Lotus/Seroja

Selain tanaman water lily atau teratai,jenis tanaman lotus ini juga kerap menjadi pilihan utama untuk menghiasi kolam ikan koi. Daun pada tanaman lotus atau seroja ini dominan sangat lebar dan tentunya sangat cocok untuk dijadikan tumbuhan peneduh di kala panas. Selain itu juga,tanaman teratai ini juga bisa menambah keindahan dan juga menambah aroma harum di sekeliling kolam. Namun,akan tetapi anda perlu juga untuk mengawasi pertumbuhan tanaman lotus ini,pasalnya jenis tanaman lotus merupakan tipe tumbuhan yang memerlukan banyak air dan juga paparan sinar matahari dan kelembabannya rendah. Fungsi Tumbuhan Hijau Di Kolam Ikan Koi

Add a Comment

Your email address will not be published.