Diskusi Jenis Ikan Koi Kikokuryu Terbaik 2022

Jenis Ikan Koi Kikokuryu. Mungkin ada pembaca yang kebingungan dengan jenis ikan koi kikokuryu. Berikut ini saya cuplikan diskusi tentang cara memilih jenis ikan koi kikokuryu yang baik.

Jenis Ikan Koi Terbaik

Jenis Ikan Koi Kikokuryu

Dear All, boleh dong sharing informasi bagaimana cara penilaian jenis Kikoryu (bener gak nulisnya ?) yang ideal ? Karena saya pribadi (sementara) sangat menyukai jenis2 yang mengkilap & terlihat putih (golongan Hikari ?), jadi pengen tau lebih banyak tentang Gin Kikoryu ? (Wah, nulis varietasnya juga ragu2 nih, bener gak ya ?

jenis ikan koi kikokuryu
jenis ikan koi kikokuryu

Untuk jenis ikan koi kikokuryu, apakah pattern warna merah / kuning juga mengikuti aturan pada kohaku, misalnya tidak boleh ada warna yang mengenai mata atau turun ke pipi, dll

Juga warna hitam untuk jenis ini, apakah memang beda dg hitam nya gosanke ? Yg sepengetahuan saya, warna hitam jenis ini merupakan kumpulan dari dot2 warna hitam

Bagaimana juga memilih tosai jenis ini menurut buku Kokugyu ? Ada dibahas gak ya dibuku tsb ?

Jawab :

Untuk penilaian jenis ikan koi kikokuryu adalah sesuai dengan standar hikarimono yaitu ketebalan hikarinya
untuk masalah pattern, memang klo bisa seperti kohaku, namun ada baiknya klo ada literature seperti kokugyo dibaca dan dipahami benar2, karena dr yg saya baca kokugyo bukan memuat pakem2 penilaian namun lebih cenderung bagaimana memahami keindahan living jewel.

Untuk hitam dr jenis ini merupakan dari hitam kumonryu, biasa ada di sepanjang badannya, namun untuk lebih jelasnya dilihat dari motoguro yang ada. jenis ini biasanya lebih disukai yang warna emasnya seperti tembaga.

Sepertinya untuk kokugyo belon ada cara pemilihan tosai untuk jenis ini dikarenakan jenis ini jg baru muncul di khalayak ramai beberapa tahun ini. CMIIW
namun sekedar saran, seumpama ada tosai yang mau dipilih usahakan yang patternnya seperti kohaku, dan yang lebih penting adalah tingkat ketebalan hikari nya.

Kikokuryu = Kumonryu Metallic —-> point pada ketebalan Hikari nya . 🙂 🙂

Jenis Ikan Koi Kikokuryu Menurut Ahli

Type (A) Kikokuryu
Masuk akal jika Sumi tidak tampil bagus di bodi platinum. Tapi Koi Mr. Igarashi memiliki Sumi yang kuat di bodi platinum. Sumi dan platinum dibagi dengan jelas. Ini sangat ideal. Ujung sirip dada bersinar dengan baik. Anda mungkin bertanya-tanya mengapa jenis ikan koi kikokuryu keluar dari Kin Kikokuryu. Sejujurnya, karena dia menggunakan Kikokuryu sebagai orang tua laki-laki, ini masuk akal.

Tipe (B) Kin Kikokuryu
Ini adalah tipe yang sangat baru di dunia Koi. Sangat misterius bagaimana jenis Koi ini muncul, tetapi Mr. Igarashi membuat misteri itu menjadi kenyataan. Ini adalah jenis yang sangat menarik dan kami berharap banyak Koi yang indah akan dikembangkan dari jenis ini.

Tipe (C ) Kin Kikokuryu
Ini adalah jenis pencampuran tipe (A) dan (B). Saat Pak Matsuo memberi Hi di Kumonryu untuk menciptakan Beni Kumonryu dengan mencampur Kohaku dan Kumonryu, Pak Igarashi mencoba memberi Hi di jenis ikan koi kikokuryu. Karena Kikokuryu adalah Koi metalik, sulit untuk menempatkan Hi dan Sumi yang baik. Dan setelah banyak usaha, dia akhirnya berhasil menempatkan Hi dan Sumi dengan baik. Berasal dari jenis ini, Kin Kikokuryu yang cantik telah dikembangbiakkan.

Tipe (D) Momiji
Ini adalah tipe (C ) tanpa kilau. Tuan Igarashi menamakannya “Momiji”. Ini memiliki berbagai warna dari kuning ke merah seperti warna musim gugur ( eMomiji ‘dalam bahasa Jepang). Ini adalah Koi yang menarik dan menarik bagi para kolektor Koi. Di pertunjukan Koi, itu akan masuk dalam kategori Kawarimono.

Tipe (E) Kin Kikokuryu
Tipe (C ) terutama memiliki satu langkah besar. Pada tipe (E), polanya menjadi lebih halus. Polanya sama pentingnya dengan varietas lainnya. Dua Koi dalam gambar keduanya memiliki pola yang bagus. Pewarnaan ini mungkin terlihat lemah, tetapi itulah yang dimiliki tipe ini. Jadi ini baik-baik saja.

Juga, Sumi muncul di seluruh tubuhnya dari kepala hingga bagian ekor. Ini adalah faktor penting dari varietas ini. Harap diingat ini sebagai karakteristik Kin Kikokuryu. Tipe ini terkadang terlihat sangat mirip dengan Kujyaku, tapi Sumi ini adalah petunjuk untuk membedakan mereka.

Tipe (F) Kin Kikokuryu
Jenis ini sangat mirip dengan Kujyaku. Namun jika dilihat lebih dekat, seluruh tubuhnya memiliki Sumi tidak seperti Kujyaku. Hai pewarnaan itu indah. Polanya sangat bagus. Di antara dua Koi ada yang memiliki pola yang lebih baik. (F) memiliki pola desain yang lebih baik.

Tetapi Gambar 1 memiliki Sumi yang lebih kuat pada tubuh seperti wajah dan sirip dada . Di pertunjukan Koi, kami menilai tidak hanya keindahan tetapi juga karakter yang dimiliki varietas tersebut. Di antara kedua Koi tersebut, meskipun Koi (P) memiliki pola yang lebih baik, karakter jenis ikan koi kikokuryu yang lebih baik.

Jenis Ikan Koi Terbaik