Desain Kolam Ikan Koi

Beberapa penggemar ikan koi lebih cenderung untuk tidak terlalu menghiraukan adanya kepentingan dari aspek pembuatan kolam serta kesiapan akan kolam itu sendiri dan cenderung biasa-biasa saja,namun akan tetapi kebanyakan orang-orang banyak juga yang mempunyai pikiran tentang adanya sebuah aspek keindahan ketika membangun kolam ikan koi,namun akan tetapi masih saja banyak yang melupakan syarat yang cukup bagi kolam ikan Koi.

Pada dasarnya terdapat beragam keindahan dan juga kesehatan pada ikan koi yang mana hal ini sangat dipengaruhi oleh kondisi air yang ada di dalam kolam koi. Kolam ikan koi dpaat menggambarkan sebuah representatif yang cukup murni dan tentunya hal ini juga sangat banyak meliputi  beberapa syarat yang harusnya cukup mumpuni bagi kehidupan ikan Koi.

Desain Kolam Ikan Koi

Hal pertama yang perlu diperhatikan bagi anda selaku penggemar ikan koi adalah tentang tips membuat kolam koi yang benar-benar representatif bagi kelangsungan hidup dan kesehatan ikan Koi yang anda budidaya.

Baca Juga: Teknik Singkat Membuat Kolam Ikan Koi

Pada dasarnya jenis ikan koi merupakan Ikan hias yang terlihat anggun dan indah jika dilihat dari bagian punggung,bukan dari bagian samping,maka dengan begitu memelihara ikan hias koi dalam aquarium tidak akan dapat menikmati keindahan koi secara maksimal. Maka dari itu,anda membutuhkan jenis kolam yang tepat agar ikan koi dapat bermanuver dan berenang secara bebas.

Maka,pastikan juga agar kualitas air yang ada di dalam kolam ikan koi ini tetap terjaga,di  mana hal ini lah yang merupakan sebuah faktor penting akan penentu kesuksesan ketika anda memelihara jenis ikan Koi.

Untuk anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang membuat dan mendesain kolam ikan koi,silahkan klik disini

Tahapan membuat kolam ikan koi dengan baik dan benar:

Perancangan Desain Kolam

Setidaknya, untuk saat ini saja terdapat 3 buah jenis desain serta arsitekstur untuk kolam ikan koi yang mana ke 3 jenis itu berlandaskan berupa bentuk dan ukuran,aksesoris. Untuk bentuk sendiri biasanya menggunakan bentuk persegi, lingkaran, dan model bebas. Namun,untuk bentuk persegi ini kerap sekali digunakan baik dalam budidaya ikan koi maupun jenis ikan lainnya. Bentuk persegi ini biasa diciptakan dengan fungsi agar kolam ikan koi tetap mempunyai style formal dan nampak elegan.

Sementara itu, kolam dengan bentuk lingkaran dan elips sangat cocok untuk anda yang mempunyai desain rumah bergaya elegan, mewah, tradisional, dan cocok juga di bangun di ruangan informal. untuk model terakhir, yakni gaya bebas yang mana gaya ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada bangunan rumah wisata dan juga penginapan seperti villa dan hotel. Hal ini difungsikan agar para pengunjung memperoleh sebuah inspirasi desain kolam yang lebih banyak.

Desain Kolam Ikan Koi

Tentukan Kedalaman Kolam Ikan Koi

Sebagian orang mungkin akan beranggapan bahwa agar dapat menikmati keindahan ikan Koi, mereka meyakini dapat membuat Kolam Koi yang dangkal yakni antara 30 cm sampai 50 cm saja, sehingga ikan Koi sangat mudah untuk dilihat, pendapat semacam itu sebenarnya sah-sah saja,namun akan tetapi jenis Kolam dengan kedalaman yang dangkal,nantinya akan membuat Ikan koi tidak bisa tumbuh secara maksimal.

Bila Ikan Koi dengan ukuran jumbo dipelihara pada Kolam dengan kedalaman yang Dangkal,maka lambat laun akan membuat tubuh ikan koi ini menjadi bengkok sehingga mengurangi unsur keindahan pada tubuh ikan koi

Solusinya adalah dengan cara membuat Kolam Koi dengan kedalaman yang cukup namun,disini kondisi air juga harus selalu bersih dan juga terlihat jernih sehingga meskipun Kolam Ikan koi sangat dalam,namun kita hanya cukup melihat dari kejauhan saja.

Maka, lebih baik kolam yang anda bangun itu tetap berukuran kecil namun mendapat kualitas yang sangat baik daripada mempunyai kolam yang besar tetapi kualitas airnya sangat buruk.

Dengan anda memahami relevansi serta prinsip dasar Kolam Koi maka anda pun hanya tinggal melakukan perawatan saja terhadap ikan koi anda agar tidak mudah terserang beragam penyakit.

Desain Kolam Ikan Koi

Tahap pembuatan Kolam Koi yang representatif,ini memang memerlukan biaya yang tidak sedikit,yang mana terkadang akan berbenturan dengan biaya yang tersedia Maka dari itu, dalam tahapan pembuatan Kolam ikan Koi ini setidaknya anda pun terlebih dahulu untuk  menyesuaikan dengan berbagai macam kondisi yang saat ini anda alami,baik dari segi finansial maupun segi dari lahan pekarangan itu sendiri. Desain Kolam Ikan Koi

DASAR KOLAM IKAN KOI

Dasar kolam ikan koi, hendaknya dibuat agak sedikit miring.

Hal ini bertujuan untuk anda agar dapat memudahkan aliran air saat nanti dilakukan pengurasan, atau penggantian air.

Di samping itu juga, bagian dasar pada kolam ikan koi yang dibuat miring, ini bertujuan untuk memungkinkan kotoran ikan dapat berkumpul di suatu tempat tertentu. Yakni,tempat yang paling rendah,sehingga nantinya akan terasa mudah pada saat membersihkannya nanti.

Yang perlu anda perhatikan juga, adalah dengan mengusahakan aagr membuat dasar kolam ikan koi ini tidak ada satu pun permukaan yang yang mempunyai tekstur kasar. Agar tidak memungkinkan terjadinya sebuah gesekan yang melukai tubuh ikan koi saat melakukan gerakan yang ekstrim sekalipun. Permukaan pada bagian dasar kolam yang tidak kasar, juga tidak berbahaya bagi sang pemilik kolam saat membersihkannya.

TEKNIS PENGERJAAN PEMBUATAN KOLAM

Thaap awal ini dapat anda kerjakan dengan membuat sebuah lubang galian dengan ukuran dan juga bentuk seperti yang telah anda tetapkan sebelumnya.

Setelah galian ini terbentuk, maka segera untuk memasangkan tatanan pada batu bata dengan pasir dan juga semen yang mana telah disediakan sebelumnya. Atur juga pada bagian  posisinya dan atur sedemikian rupa hingga sesuai dengan desain yang hendak akan direncanakan.

Setelah selesai, maka selanjutnya adalah melapisi dinding kolam ikan koi dengan adonan semen yang telah disediakan terlebih dahulu.Dan juga usahakan agar adonan semen ini jauh lebih banyak,agar kolam ikan koi tidak mudah bocor. Jika perlu, maka anda dapat menggunakan pelapis khusus anti bocor atau waterproof yang secara khusus diperuntukkan untuk kolam. Desain Kolam Ikan Koi

PEMILIHAN CAT KOLAM IKAN KOI 

Pemilihan cat warna putih yang anda alokasikan pada dinding kolam ikan koi yang mana hal ini nampaknya akan membuat ikan koi akan terlihat lebih bagus. Namun,akan tetapi jika kolam ikan koi yang hendak kita gunakan lapisan dinding keramik, tampaknya pengecatan ini tidak diperlukan.

Saluran pemasukan air ini dapat kita buat dari bahan pipa besi yang mana dapat terhubung dengan pengisi air, misalnya saja ketika anda ingin menggunakan sebuah pompa air listrik untuk mengisi air kolam ikan koi.

PEMASANGAN FILTER IKAN KOI

Untuk mudahnya,anda dapat menggunakan sistem pompa mekanik agar kinerja serta tenaga yang dikeluarkan akan lebih mudah dibuat dan cenderung bekerja dengan efisien. Anda pun dapat menggunakan pompa untuk menyedot air yang akan hendak akan difilter,kemudian anda baru bisa memasukkan air ke dalam bak yang ada di dalamnya,yang mana telah kita berikan sebelumnya berupa filter.

Bagian dinding dan juga bagian dasar kolam ini dapat anda gunakan keramik mozaik. Tentu ini akan lebih indah dan baik.

Berikut ini adalah sebuah jenis tayangan yang cukup menarik tenatng mengenai cara membuat kolam ikan baik di depan maupun di dalam rumah baik dengan desain minimalis dan cantik.

Add a Comment

Your email address will not be published.