ikan koi jepang

Ciri Fisik dan Jenis Ikan Koi Jepang Asli

Posted on

Ciri Fisik dan Jenis Ikan Koi Jepang Asli. Ikan koi saat ini memang sudah menjadi salah satu jenis ikan hias termahal khususnya jika ikan koi tersebut sudah pernah memnangkan sebuah kontes, maka harga yang dibanderol bisa mencapai harga 1 buah mobil.

Beberapa ikan koi yang ada saat ini umumnya merupakan hasil persilangan dari beberapa jenis dan juga tipenya dan bukan asli dari Jepang. Jikan memang ikan koi ini adalah hasil persilangan, maka tidak bisa dikatakan sebagai ikan koi Jepang.

Sejarah Koi Jepang

Dilihat dari sejarahnya, koi diambil dari bahasa Jepang yang berarti ikan karper dan jika lebih dispesifikan lagi maka merujuk pada Nishikigoi yang berarti ikan karper bersulam perak atau emas.

Di negara Jepang, koi sudah menjadi simbol persahabatan dan juga cinta sebab juga menjadi homofon dari kata lainnya yang juga berarti kasih sayang atau cinta. Nishiki dalam bahasa Jepang memiliki arti aneka warna, sementara goi memiliki arti karper, namun dalam kata nishikigoi lebih terkenal dipakai nama koi saja.

Dengan terus berkembangnya jaman, warna dari ikan koi semakin terbentuk dan sesudah bertahun-tahun dibudidayakan, maka didapatkan warna merah cerah atau biru cerah. Mulai dari sini, masyarakat Jepang lalu mulai menghasilkan strain warna yang lebih tajam dan indah, sampai pada tahun 1870 diperoleh kohaku yakni warna merah dan putih, kemudian tahun 1910didapatkan shiroutisiri dengan kombinasi warna putih serta hitam dan kinutsuri yang memiliki perpaduan warna hitam dan kuning.

Saat niigata koi dipamerkan pada expo tahunan Tokyo pada tahun 1914, menjadi saat ikan koi mulai memiliki pamor lebih di seluruh wilayah Jepang dan mulai tersebar juga ke seluruh dunia.

Jenis Ikan Koi Dari Jepang

  1. Koi Shiro Utsuri

Koi yang berasal dari Jepang asli adalah koi shiro utsuri, jika dilihat ikan koi ini memiliki corak yang hampir serupa dengan zebra yakni kombinasi antara warna hitam dan putih. Ikan koi jenis ini menjadi salah satu yang terunik, menarik dan bernilai sangat fantastis.

Corak dan juga warna ikan koi shiro utsuri juga akan semakin berubah mengikuti pertumbuhan ikan tersebut. Akan tetapi dari segi warnanya masih tetap. hanya mungkin terjadi perubahan yang tidak terlalu banyak. Untuk anda yang tertarik dengan koi shiro utsuri ini dan ingin membelinya, maka pastikan jika warna di area kepala mempunyai unsur putih dan juga hitam.

Corak warna menjadi ciri khas penting pada ikan koi Jepang shiro untsuri, apabila hanya terdapat 1 warna saja seperti putih saja atau hitam saja, maka terasa kurang dan tidak melambangkan koi Jepang.

Ciri fisik berikutnya yang bisa dilihat adalah warna yang ada pada bagian kepala koi terdiri dari 40 persen warna hitam dan 60 persen warna putih. Jika diperhatikan dengan lebih teliti, maka pola warna hitam pada area kepala akan menyerupai huruf V dan ini bisa anda gunakan sebagai ciri khas dari koi shiro utsuri yang asli.

Sedangkan untuk koi shiro utsuri yang lebih klasik, maka komposisi antara putih dan hitam lebih seimbang dibagian badan secara merata.

2. Ikan Koi Aka Hikarimono

Koi asli dari Jepang berikutnya adalah koi aka hikarimono yang juga sangat populer serta diminati para pencinta koi. Kualitas dan ketenaran ikan koi jenis ini berjalan beriringan.

Hampir serupa dengan koi shiro utsuri, harga yang dibanderol untuk satu ekor koi aka hikarimono ini juga sangat tinggi dan kombinasi warnanya lebih terlihat unik.

Ikan ini sering disebut dengan ogon dengan ciri khas berwarna metalik dan lebih dominan dengan 1 jenis warna saja. Untuk tipe dan juga kombinasi warna pada koi ogon ini memiliki banyak variasi yang berbeda dan tidak hanya dominan dengan warna metalik. Anda bisa membeli di jual ikan koi

Beberapa jenis warna ikan koi ogon adalah koi metalik dengan warna putih atau platinum yang disebut dengan platinum ogon, koi ogon berwarna kuning terang atau emas yang disebut dengan yamabuki ogon, ikan koi berwarna metalik abu-abu yang disebut dengan nezu ogon dan koi ogon berwarna oranye metalik yang disebut dengan orenji ogon.

Dengan warna yang cerah tersebut, koi ogon juga banyak diminati pencinta koi. Kekuatan utama dari koi ogon ini adalah dari segi kualitasnya serta hikari atau tingkat cermelang warna metalik dan juga kujaku yang meningkat.

Untuk level konteks kojaku dalam sebuah kontes masuk dalam kategori hikarimoyo dan kin showa, yamato nishiki, dotsu hariwake dan juga kikusui. Pola kuhaku pada kujaku ini menjadi satu daya tarik dari koi ogon ini.

Kujaku merupakan koi metalik atau ogon dari varian matsuba yang memiliki pola warna oranye atau meraah, sementara pola matsubanya seperti pola bulu merak sehingga dinamakan dengan kujaku dan kujaku dalam bahasa Jepang memiliki arti burung merak.

Dalam koi metalik, bentuk pola net kujaku menjadi sangat penting untuk anda pertimbangkan saat ingin membeli ikan koi jenis ini. Selain itu, tingkat cemerlang warna metalik atau hikari juga menjadi faktor penentu dari kualitas kukaju. Fukurin yang terlihat bening dan bersih akan membuat kujaku terlihat lebih menarik dan bentuk tubuh koi juga harus sesuai dengan standar penilaian.

Saat awal mula, kujaku yang dibudidayakan adalah versi dotsu atau tidak memiliki sisik. Akan tetapi semakin lama semakin susah menemukan kujaku dotsu yang berkualitas. Untuk bagian kepala kuajku ada yang berwaran dan ada yang bersih namun tidak terlalu penuh dengan warna, hanya beberapa buah warna saja.

Selain 2 jenis ikan koi Jeoang yang sudah dijelaskan diatas, masih banyak jenis lain yang juga memiliki corak sangta unik dan dibanderol dengan harga yang tinggi.

  • Koi Asagi: Memiliki pola warna biru di bagian belakang serta warna merah atau oranye di bagian perut sampai ke sirip. Untuk tipe terbaik adalah yang memiliki pola merah tidak memankang diatas garis lateral dan tipe koi asagi adalah hi asagi dan gin rin asagi.
  • Ki utsuri: Ikan koi dengan harga sangat mahal dari kelompok utsuri lainnya. Memiliki kombinasi pola kuning diatas badan berwarna hitam.
  • Shusui: Merupakan koi turunan versus asagi namun tidak serupa. Jenis ini memiliki sisik sepanjang garis dorsal pada bagian atas belakang untuk mengganti pola jaring biru dari asagi. Bagian sirip dan perut didominasi dengan warna merah serta oranye.
  • Kumonryu: Merupakan ikan koi yang bisa merubah pola sampai beberapa kali sepanjang hidup seperti dari putih solid menjadi hitam atau kombinasi kedua warna tersebut.
  • Chagoi: Ikan koi yang mempunyai genetik ikan mas liar dan paling jinak dibandingkan jenis ikan koi lain. Warna lebih cenderung pucat yaitu perunggu atau coklat.
  • Girin Gowa: Jenis koi yang sering menang dalam kontes Supreme Championship.
  • Matsuba: Ikan koi Jepang dengan badan padat dan berwarna logam lengkap dengan pola jaring hitam. Bersi lain memiliki warna dasar putih, kuning dan merah.
  • Showa Sanshoku: Memiliki pola hampir serupa dengan sanke, namun showa memiliki pola hitam disemua badan.