Cara Tepat Budidaya Ikan Koi di Kolam Terpal Supaya Untung Besar

Posted on

Cara budidaya ikan koi.

carabudidayaikankoi

Ikan Koi menjadi salah satu ikan hias yang sangat diminati masayarakat dari berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Ikan yang masih satu keluarga dengan ikan mas ini memiliki penampilan sangat cantik dan dianggap akan memberikan keberuntungan untuk pemeliharanya.

Koi dengan warna indah serta mempunyai bintik atau spot unik juga akan dibanderol dengan harga yang sangat tinggi dan bidudaya ikan koi juga semakin berkembang serta menjadi incaran para pengusaha karena akan memberikan keuntungan yang berlimpah.

Untuk anda yang tertarik dengan budidaya ikan koi ini dan belum mempunyai pengetahuan luas mengenai budidaya ikan koi, bisa melihat ulasan tentang budidaya ikan koi di kolam terpal yang akan kami ulas secara tuntas untuk panduan anda.

Tips Budidaya Ikan Koi

Untuk membudidayakan ikan koi dibutuhkan beberapa teknik khusus sehingga bisa menghasilkan banyak ikan koi unggulan dengan harga jual yang fantastis.

  • Cari lokasi terbaik untuk mulai mengembangkan usaha ikan koi tersebut dan lokasi yang baik adalah tempat bebas dari predator dan juga pencuri ikan koi tersebut.
  • Untuk penempatan kolam ikan koibisa dilakukan didalam ataupun diluar ruangan.
  • Langkah selanjutnya adalah belajar tentang cara budidaya ikan koi dimulai dari bibit, pertumbuhan ikan koi dan juga panen.

Kelebihan Kolam Ikan Koi Terpal

Ada banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan jika membudidayakan ikan koi pada kolam ikan terpal, berikut penjelasan selengkapnya.

Memberikan Keuntungan Berlipat

Ikan koi merupakan jenis ikan yang membutuhkan perawatan khusus dan membutuhkan biaya yang cukup banyak sehingga budidaya ikan ini juga termasuk mahal. Membudidayakan ikan koi memakai media terpal akan memberikan keuntungan berlipat jika dibandingkan dengan material kolam lainnya.

Suhu Air Lebih Stabil

Terpal tidak hanya memiliki harga yang lebih terjangkau, akan tetapi juga lebih bersih atau steril. Suhu air yang ada pada kolam ikan koi terpal akan terjaga dan air juga akan tampak lebih tenang yang akan membuat ikan koi bisa berkembang dengan baik.

Tidak Bau Tanah

Jika pada kolam ikan lain hasil panen ikan akan berbau tanah atau lumpur, berbeda dengan kolam ikan koi terpal yang tidak akan menghasilkan bau lumpur dan ini akan lebih disukai para konsumen.

Menjaga Volume Air

Budidaya ikan koi di kolam terpal juga merupakan solusi terbaik untuk daerah yang kurang air seperti contohnya daerah tepi pantai yang kurang bisa menahan air. Budidaya ikan koi dalam tepi pantai atau daerah lain dengan kadar air yang kurang biasanya akan mengalami masalah yakni volume air yang terus berkurang sebab meresap kedalam tanah secara langsung, oleh karena itu kolam ikan koi terpal menjadi solusi terbaik yang bisa anda gunakan.

Panen Lebih Mudah

Karena ukuran dari kolam ikan terpal biasanya tidak begitu besar, maka panen ikan koi juga bisa dilakukan dengan cukup mudah. Selain itu, bagian darak kolam juga hanya sedikit mengandung lumpur bahkan tidak ada sama sekali dan ini akan mempermudah proses panen ikan koi.

Perawatan Lebih Cepat

Saat melakukan pembersihan atau pengeringan kolam ikan terpal sebelum dipakai kembali juga akan berlangsung lebih cepat jika dibandingkan dengan kolam lainnya. Pembersihan dan pengeringan kolam ikan koi untuk membunuh bibit penyakit membutuhkan waktu 1 sampai 2 hari. Ini sangat berbeda jauh dengan kolam ikan jenis lain yang membutuhkan waktu 2 sampai 7 hari untuk proses pengeringan kolam.

Minim Hama dan Penyakit

Hama serta penyakit yang biasanya menyerang ikan koi terutama pada benih sangat jarang ditemui pada kolam ikan terpal, sehingga hama serta penyakit bisa lebih diminimalisisr.

Hidup Ikan Lebih Lama

Kualitas air yang bisa lebih terkontrol, membuat kelangsungan hidup atau survival rate lebih tinggi jika dibandingkan dengan kolam ikan jenis lainnya.

Cara Membuat Kolam Kolam Ikan Koi Terpal

Agar budidaya ikan koi bisa berjalan dengan baik, maka dubutuhkan tambak atau kolam ikan yang sudah memenuhi standar budidaya ikan jenis ini. Satu cara yang bisa anda gunakan adalah membuat kolam ikan koi dari terpal yang juga sudah banyak digunakan para pengembang biak ikan pedaging atau ikan hias seperti ikan koi ini. Silahkan beli di jual ikan koi

Membuat kolam terpal bisa dilakukan dengan 2 cara yakni dibangun diatas tanah memakai ukuran dan tinggi tertentu atau cara kedua dengan membuat kolam masuk di dalam tanah dengan ukuran dan kedalaman tertentu juga.

Jika anda ingin membuat kolam ikan koi terpal diatas tanah, maka anda membutuhkan kerangka seperti material kayu atau bahan solid lain seperti baja, besi atau cor beton. Sedangkan kolam ikan koi terpal yang dibuat masuk ke dalam tanah tidak memerlukan kerangka sebab anda bisa menyandarkan kolam ikan langsung dengan dinding tanah.

Perhatikan lokasi pembuatan kolam ikan koi mendapatkan sirkulasi udara baik dan sinar matahari yang cukup. Sedangkan untuk ukuran serta kedalaman kolam ikan bisa disesuaikan dengan jumlah ikan koi yang akan dipelihara.

Ukuran Kolam Ikan Koi Terpal

Secara umum, kolam ikan terpal dibangun dengan ukuran 4 x 5 x 1 meter, artinya panjang sebesar 4 meter, panjang 5 meter dan kedalaman 1 meter. Untuk ukuran kolam ikan ini maka anda butuh terpal berukuran 6 x 7 meter dan jenisnya merupakan terpal yang halus. Sesudah tanah galian siap maka lapisi kembali dengan terpal yang sudah disiapkan dan ujung semua bagian tepi dengan sangat kuat. Selain itu, tambahkan juga ring besi dibagian terpal yang diberi lubang sehingga tidak akan mudah bocor.

Cara Perawatan Kolam Ikan Koi Terpal

Untuk perawatan kolam ikan koi terpal juga terbilang mudah dan anda hanya perlu membersihkan air kolam secara rutin. Selain itu, tambahkan juga dengan beberapa tanaman kecil yang digunakan sebagai tempat tinggal ikan. Tambahkan air secukupnya ke dalam kolam dan masukan bibit ikan koi kedalam kolam.

Filter Air Untuk Perkembangan Ikan

Supaya hasil ikan koi yang anda budidayakan berkualitas tinggi, maka gunakan juga filter air di dalam kolam ikan terpal. Dengan menggunakan terpal, maka proses tumbuh ikan koi akan berjalan dengan baik. Untuk penempatan filter bisa diletakkan pada bagian dasar kolam sehingga air akan selalu terjaga kebersihannya. Sedangkan sisa pakan dan segala kotoran yang adan di dalam kolam akandiserap oleh filter.

Pembibitan Ikan Koi

Untuk proses pembibitan budidaya ikan koi di kolam terpal juga bisa dilakukan dengan 2 cara yakni meletakkan benih-benih ikan koi langsung ke dalam kolam ikan terpal atau denganmemasukan ikan betina serta jantan dan tinggal menunggu sampai benih bisa diproduksi. Akan tetapi, pembibitan awal ini memiliki banyak resiko, sebab kemungkinan ikan mati sebelum bisa menghasilkan benih.

Demikian ulasan yang bisa kami berikan mengenai budidaya ikan koi di kolam terpal yang bisa kami bagikan. Kemudahan yang didapat dari kolam ikan terpal ini membuat para peternak ikan koi lebih memilih menggunakan kolam ikan koi dari terpal ini supaya keuntungan yang didapat bisa berlipat ganda.