Cara Tips

Cara Singkat Memilih Ikan Koi Juara

Cara Singkat Memilih Ikan Koi Juara

Salah satu jenis ikan hias yang cukup terkenal di Indionesia bahkan di Luar negeri sekalipun mengenal jenis ikan hias yang satu ini. Ya,nama ikan hias yang kami maksud adalah ikan koi yang secara garis besar ikan hias ini berasal dari Negeri Matahari Terbit Jepang. Ikan koi ini merupakan jenis ikan hias hasil persilangan antara ikan mas dan ikan karper.

Ikan koi ini merupakan ikan yang pertama kali diperkenalkan secara luas oleh masyarakat di Jepang hingga ke penjuru dunia,masyarakat asli di negara Jepang merupakan penghobi ikan koi paling fundamental dibandingkan di negara lain. Dan hingga sekarang orang-orang yang tinggal di Jepang sudah paham betul akan kepercayaan serta mitos yang menyelimuti bahwa jenis ikan koi ini bisa membawa keberuntungan bagi orang yang memilikinya.

Cara Singkat Memilih Ikan Koi Juara

Lain Jepang,lain pula di negara Cina,yang mana warga negara China ini memiliki sebuah kepercayaan bahwa ikan hias jenis koi memiliki suatu simbol kekuatan dan juga telah menjadi legenda dari negara tirani. Jenis ikan koiΒ  ini mulai diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1960-an saat Presiden Soekarno memiliki hubungan persahabatan dengan pemimpin Cina.

Baca Juga: 5 Jenis Ikan Koi Terbaik

Ketika itu para bangsawan dari negeri tirai bambu Cina sedang mengadakan kunjungan ke negara Indonesia, lalu kemudian beberapa pemimpin dari negara Cina memberikan sebuah hadiah menarik kepada Bung Karno yaitu berupa sepasang ikan koi.

Dari sItulah terungkap beberapa asal-usul ikan koi kenapa bisa menyebar ke indonesia, selanjutnya kita akan membahas tentang bagaimana cara yang tepat untuk membudidayakan ikan koi ini.

Cara Singkat Memilih Ikan Koi Juara

Bagi anda yang tertarik atau ingin mencoba untuk memelihara ikan koi,namun tidak mempunyai pengetahuan lebih akan jenis ikan ini,maka anda sekarang ini janganlah khawatir lagi,karena sejatinya memelihara ikan koi ini tidak begitu menyusahkan.

CARA MEMILIH IKAN KOI SEBAGAI IKAN HIAS

Untuk keperluan koi hias, maka ikan koi harus berada di kolam atau juga bisa di aquarium dengan ukuran yang besar, berikut ini adalah beberapa tips mengenai cara memilih ikan koi yang baik:

  1. Pada tahap awal ini,hal yang anda persiapkan adalah memilih terlebih dahulu ikan koi dengan landasan bentuk serta postur tubuh ikan koi itu sendiri,dan juga memastikan ikan hias yang anda pilih adalah ikan koi dengan postur tubuh ideal.
  2. Pastikan agar anda jangan salah plih terhadapap ikan koi yang banyak memiliki garis punggung lurus, atau yang tidak begitu melengkung.
  3. Ikan koi yang baik memiliki gaya berenang yang seimbang, hal ini dapat terjadi karena ikan koi merupakan ikan hias yang memiliki pasangan sirip yang seimbang antara bagian kanan dan juga kiri, dan tak hanya itu saja,melainkan ikan koi ini juga memiliki garis tubuh seimbang dan simetris.
  4. Pilihlah ikan koi yang memiliki bagian sirip dada dan juga bagian sirip perut yang sama besarnya.
  5. Pahami dan juga perhatikan akan bentuk sirip pada ikan koi,secara umum ikan koi yang mempunyai ciri-ciri bagus adalah yang memiliki ukuran pada bagian sirip atas dan di bagian punggung serta sirip yang berada di bagian ekor yang begitu proporsional, balance, dan tentunya sangat sesuai dengan ukuran tubuh serta panjang ikan koi
  6. perhatikan pula bentuk kepala, yang semuanya ini meliputi bagian mata, mulut, dan insang,dan pastikan agar semuanya sama-sama seimbang dan serasi jika di lihat. Acuan singkat bagi anda yang menginginkan ikan koi dengan kualitas bagus,agar supaya jangan memilih ketika bagian hidung ikan koi ini sedikit mancung, atau terlalu masuk sehingga tenggalam dalam timbunan daging.
  7. Perhatikan juga pada bagian hidung ikan koi,usahakan agar tidak terlalu terbuka, hal ini bisa jadi peringatan buat anda kalau ikan koi tersebut pernah mengalami suatu penyakit, terutama penyakit pada insang. Cara Singkat Memilih Ikan Koi Juara

Berikut Daftar Jenis-Jenis Ikan Koi Yang Paling Banyak diminati oleh penghobi ikan koi,diantaranya adalah:

Ikan Koi Kohaku

Ikan koi kohaku merupakan jenis koi tertua daripada jenis lainnya. Jenis koi Kohaku ini merupakan jenis koi yang cukup simple dan hanya mempunyai 2 buah warna saja,yakni warna dasar putih bercampur warna merah,serta tambahan berupa corak dengan dasar yang berwarna merah diatasnya.

Ikan Koi Sanke

Ikan koi jenis sanke ini merupakan varian koi yang sama-sama memiliki warna dasar putih yang solid,dan juga sekilas ikan koi sanke ini hampir mirip dengan jenis koi kohaku. Perbedaannya cukup simple dan sama-sama terletak di bagian pola dan warna merah merona yang dapat dikombinasikan dengan balutan berwarna hitam pekat. Jenis Taisho Sanke ini lebih sering disebut dengan sanke agar para pecinta ikan mudah mengucapkannya.

Cara Singkat Memilih Ikan Koi Juara

Ikan Koi Showa

Jenis ikan koi Showa Sanshoku atau yang lebih akrab dipanggil dengan sebutan showa,merupakan jenis ikan koi yang agak mirip dengan jenis sanke. Hal yang menjadi perbedaan utama antara kedua jenis koi ini adalah terletak pada bagian bentuk serta pola warna hitam yang ada pada ikan ini. Adanya pola warna hitam yang ada pada koi jenis showa ini akan sangat menyebar dengan cepat di seluruh tubuh,sedangkan untuk jenis koi sanke yang notabene hanya mempunyai perbedaan sedikit dengan koi jenis showa yang terletak pada bagian atas saja.

Ikan Koi Tancho

Ikan koi jenis tancho merupakan jenis ikan koi yang masih berafiliasi kedalam koi spesies kohaku. Ikan koiΒ  tancho ini juga tak kalah populer dengan kelompok spesies tersebut. Hal semacam ini disebutkan bahwa jenis ikan koi tancho ini mempunyai banyak cerita baik diambil dari mitologi jepang kuno dan beberapa transkrip budaya tiongkok berabad-abad silam dan tentunya hal ini juga begitu melegenda. Maka,tak heran jika ikan koi jenis tancho merupakann ikan koi yang banyak dihormati oleh sebagaian besar masyarakat di negara Jepang. Ciri-ciri ikan koi jenis tancho yang bisa anda temui pada bagian kepalanya, yaitu adanya pola atau titik berwarna merah / mirip gambar bendera Jepang yang tidak ditemui pada jenis koi lainnya.

Ikan Koi Asagi

Jenis ikan koi Asagi merupakan satu dari sekian banyak jenis ikan koi yang benar-benar asli dari negara jepang yang mana jenis ini memiliki pola warnaΒ  biru dan pada bagian belakang tubuh juga ada sedikit kombinasi antara warna merah dan warna orange yang terletak pada bagian area sekitar perut dan juga sirip. Cara Singkat Memilih Ikan Koi Juara

Ikan Koi Shusui

Jenis ikan koi Shusui adalah salah satu jenis ikan koi yang masih mempunyai keturunan dari koi spesies Asagi yang mana dalam hal ini sama-sama mempunyai perbedaan dari jenis koi asagi yang dapat dilihat dari bentuk dan juga warna yang adaΒ  pada sisik masing-masing. Sisik dengan sebutan dorsal inilah membedakan antara warna jaring biru pada ikan koi jenis koi Asagi. Sebagaian besar jenis ikan koi shusui ini memiliki keturunan asagi,maka anda perlu mencermatinya agar tidak salah dengan koi jenis Asagi.