Cara Merawat Ikan Koi

Cara Merawat Ikan Koi. Koi merupakan salah satu jenis ikan hias yang dipercaya dapat membawa keberuntungan atau rejeki bagi pemiliknya. Namun, merawat spesies ikan ini sangatlah rumit.Hal ini dikarenakan ikan koi berasal dari daerah subtropis sehingga perlu dijaga pada suhu yang sejuk dibawah suhu rata-rata di Indonesia. Kurangnya ilmu pengetahuan dan juga pemahaman tentang cara memelihara ikan koi dapat mengakibatkan hal yang begitu fatal yakni berupa kematian pada ikan koi itu sendiri. Akan sangat disayangkan jika ikan yang sangat mahal itu mati sia-sia karena perawatan yang tidak tepat oleh pemiliknya.

Cara Merawat Ikan Koi

Untuk menghindari hal tersebut, pemilik ikan harus memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang cara merawat ikan Koi yang benar, serta mengetahui cara merawat ikan Koi yang sakit.

Berikut Tips Merawat Ikan Koi

Tempat perawatan

Merawat ikan koi tentunya membutuhkan wadah atau tempat yang sesuai. Tempat pemeliharaan ikan koi ini macam-macam medianya,namun biasanya para breeder ini menggunakan media seperti kolam yakni sebuah bangunan yang biasanya terbuat dari bahan semen atau bisa juga dengan batuan alam (beton), dan seiring berkembangnya teknologi,kini ada kolam ikan koi yang terbuat dari bahan plastik atau terpal. Yang terpenting adalah bagaimana anda dapat menjaga kolam ikan koi tersebut dan memastikan agar tidak terjadi kebocoran pada dinding kolam, dan tujuannya tentunya untuk mengumpulkan air sebagai media agar koi tetap hidup.

Hal terpenting saat membangun kolam adalah ukurannya. Ini karena Koi tidak bisa dipelihara di kolam yang terlalu kecil. Ukuran idealnya adalah 3×2 meter.

Ikan Koi ini bisa dipelihara tidak hanya di kolam saja melainkan dpat dipelihara di akuarium asalkan mempunyai ukuran yang cukup lebar sesuai dengan jumlah dan ukuran koi yang dipelihara. Merawat koi di akuarium memerlukan perawatan khusus karena kualitas air sangat mudah menurun karena kondisi wadah yang terbatas. Untuk itu diperlukan perawatan intensif.

Cara Merawat Ikan Koi

Perhatikan Kualitas air Kolam

Kualitas air berpengaruh besar terhadap kualitas hidup ikan hias cantik tersebut. Kualitas air sebagai media konservasi ikan Koi harus dijaga. Berbagai macam serangan hama dan penyakit bisa saja sewaktu-waktu hinggap jika kondisi air yang digunakan berkualitas buruk.

Air ini harus memiliki kisaran suhu 27-28 derajat Celcius. Selain itu, kandungan amonia pada air kolam harus dijaga agar tidak melebihi 0,02 miligram per liter. Amonia yang terlalu banyak bisa menjadi racun bagi ikan koi. Amonia ini berasal dari produk limbah metabolisme ikan koi dan juga dari makanan yang tidak dimakan.

Selain itu, kandungan nitrit dalam air sebaiknya tidak lebih dari 0,2 miligram per liter. Saat amonia dan nitrit terlalu tinggi, ikan koi bisa berisiko mati. Ikan koi juga sensitif terhadap kekerasan air kolam.

Baca Juga:  Cara Memilih Ikan Koi Shusui

Perawatan Ikan Koi dari Segi Makanan

Makanan Ikan Koi

Selain untuk kelangsungan hidup, pakan dan nutrisi ikan koi juga berperan dalam menjaga warna sisik ikan agar terlihat lebih cerah dan enak dipandang.

Makanan ikan bagi ikan Koi memiliki beberapa syarat yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah harus bebas zat berbahaya seperti pewarna tambahan. Jika ikan koi ini terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mana diantara pakan tersebut ada satu yang mengandung senyawa seperti beta-karoten dan astaxanthin, maka dengan jangka panjang ikan koi ini dapat mengalami kerusakan organ vital di dalam hati.

Selain itu, makanan tidak boleh membuat air keruh. Kualitas air yang buruk mempengaruhi kualitas hidup ikan Koi. Makanan koi juga harus mengandung nutrisi tertentu. Pemberian pakan ini tentunya juga harus benar-benar diatur agar nantinya tidak terjadi kelebihan dan mencemari air kolam.

Penanganan hama dan penyakit

Karena ikan koi mudah terserang hama dan penyakit, maka diperlukan wadah karantina sendiri. Wadah ini bisa anda siapkan secara sederhana yakni berupa kolam ikan kecil,atau bisa anda gunakan media lain seperti  kotak gabus, atau wadah lain yang digunakan untuk merawat koi yang sakit.

Ikan Koi yang sakit dirawat secara intensif. Jika anda tidak memiliki tangki untuk tempat karantina, maka hal yang dikhawatirkan akan sering terjadi yakni terjangkit penyakit yang menyerang satu ikan koi bisa menyebar dengan cepat ke ikan koi lainnya.

Selain penggunaan tangki karantina, ikan koi ini juga harus senantiasa sering diberikan asupan vitamin dan tentunya dengan teknik perawatan lain agar hama dan penyakit tidak menyerang mereka. Salah satunya adalah pembersihan air dan kolam secara rutin.

Cara Merawat Ikan Koi

Pemberian Rutin Pakan Ikan Koi

Pemberian pakan ikan koi harus sesuai standar dan juga tahu dosis pastinya, perlu anda ketahui bahwa saluran pencernaan pada ikan koi ini sangat pendek.

Dengan cara ini, Anda harus pandai memberi makan ikan koi dan juga mengatur jumlah dan kuantitas yang tepat, agar ikan tidak mengeluarkan biaya berlebihan. Jika ikan memiliki makanan berlebih maka ikan koi akan lebih berisiko mengalami gangguan kesehatan bahkan bisa mengancam nyawa mereka.

Berikan pakan yang dapat mencerahkan warna tubuh Ikan Koi

Karena ikan koi ini memang merupakan jenis ikan hias yang terkenal dengan ragam warna dan corak yang menyebar dari ekor hingga kulitnya yang indah, dengan ini kita dapat memberikan makanan yang dapat mencerahkan warna tubuh ikan koi tersebut.

Pakan ikan koi yang diutamakan kedepannya dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perubahan tubuh ikan koi tersebut dan juga dapat diberikan sebagai contoh adalah spirulina, udang, atau krill.

Merendam Pelet di Air Terlebih Dahulu

Sebelum memberi makan ikan koi, langkah sebelumnya adalah merendam bola ikan koi terlebih dahulu. Rendam pelet koi di dalam air kolam selama kurang lebih 30 detik hingga 2 menit.

Hal ini dimaksudkan agar tekstur pellet ikan koi lebih aman dan lebih mudah dicerna ikan, terutama bila ikan koi berukuran kecil.

Tekstur pellet ikan koi yang cenderung mengering dapat berkembang pada saluran pencernaan ikan koi dan dapat menyebabkan kerusakan pada saluran pencernaan, dan nantinya akan menyumbat dan mengancam kehidupan ikan koi juga.

Perawatan Ikan Koi bedasarkan Faktor Kolam

Menjaga kesegaran air kolam

Proses selanjutnya adalah memastikan bahwa kondisi kolam koi cukup luas atau paling tidak bisa di alirkan melalui udara bebas, atau bisa juga dengan bantuan alat bantu seperti pompa air, atau bisa juga dengan filter jadi agar air di kolam selalu segar dan tidak mudah keruh.

Anda juga bisa menambahkan beberapa jenis bahan lain yang dapat membuat air tetap dingin dan mencegah serangan hama

 

Menyediakan Tanaman Alami Di Dalam Kolam Renang

Selain mendapatkan nutrisi dari makanan yang kami berikan, banyak nutrisi lain untuk ikan koi juga bisa berasal dari tumbuhan alami yang bisa tumbuh bebas di sekitar kolam.

Ada beberapa jenis tumbuhan yang bisa dijadikan pakan alami ikan koi yaitu algae dan duckweed. Selain itu kami juga dapat mensupply beberapa potong sayuran seperti kacang polong, wortel, bayam, selada, sayuran ini dapat menjadi pelengkap tambahan bagi ikan koi tanpa efek samping apapun.

JOGLO KOI FARM

Mojoroto gg 8 Barat. Kota Kediri, Jawa Timur

Hubungi:  6285235603340